add_action('wp_body_open', 'add_code_on_body_open'); function add_code_on_body_open() { echo ''; }

“Pantai Loku Manggis”, Keindahan Negeri Senja, Bumi Ukar Sengan yang Viral di Media Sosial

 “Pantai Loku Manggis”, Keindahan Negeri Senja,  Bumi Ukar Sengan yang Viral di Media Sosial

Wisata Seram Bagian Timur – Saat sepeda motor kami terhenti, kami melihat perahu nelayan saat berlabuh di sebuah pantai kecil yang sepi. Kami segera turun, berlarian menuju pasir putih bercampur keemasan yang membentang luas di depan mata sambil memercikkan air laut jernih yang berkilauan ditimpa cahaya matahari.

Perahu kayu yang kami naiki berlabuh di sebuah pantai kecil yang sepi. Kami segera turun, berlarian menuju pasir putih yang membentang luas di depan mata sambil memercikkan air laut jernih yang berkilauan ditimpa cahaya matahari.

Pemandangan indah itu ternyata belum seberapa. Setelah naik ke atas bukit Gunung Dois tempat dimana tersimpan alat Vista dan Panser yang masih menjadi bekas pasukan Portugis dan Belanda.

Tidak hanya melihat keindahan Pantai Loku Manggis disana juga disuguhkan keindahan surga dunia dari Pulau Gofa yang sudah terkenal sejak Jaman Portugis dan Belanda. Menurut cerita masyarakat setempat sejak dulu Raja Welhemina jika hendak berlayar di Maluku Ia juga menyempatkan waktunya untuk melihat keindahan panorama di seputaran Bumi Ukar Sengan.

Raja Welhemina datng dari Belanda sampi ke Ambon dan Pulau Banda langsung menuju Pulau Gofa dan mandi dengan seluru pasukanya di Pulau Gofa. Sang Raja juga makan kalapa muda setelah itu pasukan Welhemina menuju ke Kota Raja Negeri Urung dan naik ke pangkalan perang puncak Gunung Dois.

Di atas puncak yang terjal, kami melihat pemandangan yang jauh lebih mempesona. Deretan dua pulau kecil di seputaran Desa Manggis dan di depan terlihat Pulau Gova berdiri tegak di tengah lautan berwarna tosca, bersanding kontras dengan pantai pasir putih campur keemasan di Desa Manggis.

Kami sebut Pantai Senja Desa Manggis, begitu nama tempat ini pertama kalinya kami bertandang kesini. Nama ini disematkan karena saat kami datang ke tempat ini ketika senja untuk menikmati matahari terbenam. Namun, pada umumnya masyarakat disini menyebutnya Pantai Loku.

Pantai Senja atau Pantai Loku Hati Manggis yang kami datangi ini adalah salah satu wisata alam yang ada di Desa Manggis, Kecamatan Seram Timur (Sertim), Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Sebenarnya, ini benar-benar sebuah pantai yang eksotis dimana Pantai Loku Hati memiliki senja yang tak kalah saingan dengan pantai wisata lain pada umumnya dan uniknya masih menyatu dengan daratan, dijangkau juga lebih mudah karena ia bisa diakses melalui daratan dan juga laut.

Untuk menuju Pantai Loku Manggis, pengunjung bisa dari Ibu Kota Kabupaten SBT Kota Bula dengan menggunakan kendaraan roda dua, sementara lewat Kota Terapung Geser dan Kepulauan Gorom pengunjung menggunakan Speed Boat langsung menuju ke tempat tujuan wisata yakni Pantai Loku Manggis. Untuk masuk ke pantai yang baru dibukan ini belum ada tarif harga yang di tetapkan oleh Pemerintah Desa setempat jadi pengunjung bisa memanfaatkan moment tersebut untuk berswafo dengan keluarga dan kerabat yang hendak kesana.

Nama Desa Manggis Bumi Ukar Sengan pantai Loku kini sedang menjadi viral di media sosial, menyusul beredarnya ribuan unggahan dari masyarakat saat berwisata di tempat tersebut saat liburan lebaran 2022.

Wisata Pantai Loku Desa Manggis memang sudah lama menjadi salah satu tujuan liburan favorit warga Ukar Sengan dan sekitarnya, termasuk saat lebaran. Kemudian firal saat liburan Idul Fitri tahun 2022 saat sejumlah masyarakat di Kecamatan Kiandarat, Tutuk Tolu, Siritaun Wida Timur hendak berwisata kesana dan lebih uniknya lagi. Diketahui, sejumlah masyarakat dari Kecamatan Teluk Waru dan Kota Bula juga berkunjung kesana akhir-akhir ini. Keindahan pantainya memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Selain keindahannya yang alami, pantai ini juga cocok untuk berenang dan memancing. Salah satu spot yang direkomendasikan untuk kegiatan memancing adalah di Pulau Gova yang letaknya disebelah timur pantai dan dapat diakses menggunakan perahu sewaan milik warga setempat. Bila Anda tidak tertarik dengan kegiatan memancing, Anda bisa mencoba aktivitas lain seperti olahraga air yang bisa dilakukan di pantai ini seperti bermain perahu kayu milik warga yang bisa memacu adrenalin Anda.

Bila dibandingkan Pantai Loku Manggis, wilayah Ukar Sengan relatif lebih sunyi, asri dan alami. Tempat ini juga dapat menjadi alternatif yang cocok bagi pasangan yang ingin melakukan foto prewedding dan juga pengantin baru yang menginginkan bulan madu dengan suasana yang penuh ketenangan. Walaupun belum tersedia tempat nginap namun pengunjung bisa tinggal di rumah warga setempat dimana hati mereka sangat ramah saat ada kedatangan tamu dari wilayah manapun.

Karena sebagian besar penduduk lokal banyak yang bekerja sebagai nelayan, hasil laut seperti cumi, kepiting dan berbagai jenis ikan segar amat mudah ditemui dengan harga yang terjangkau di pelelangan ikan. Buat Anda pecinta seafood, berbagai kuliner laut segar bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi perut yang lapar sehabis berkeliling pantai ini.

Selain itu, memilih Pantai Loku Manggis sebagai tempat wisata tentu saja bisa menjadikan liburan Anda berkesan. Selain menikmati suasana pantai yang relatih lebih tenang. Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pantai Loku Manggis dan Pulau Gova dengan suasana alam yang tenang, gelombang laut yang bersahabat dengan pantainya yang landai membuat pengunjung kerasan tinggal di kawasan ini.

Pantainya yang landai dengan air laut tenang nan biru menanti Anda untuk segera berenang menikmati airnya yang segar. Anda bisa nikmati suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi menikmati makan khas warga yang tersedia. Pandangan lepas ke ujung cakrawala memberi Anda ketenangan dan kenangan berlibur yang menyenangkan.(**)