add_action('wp_body_open', 'add_code_on_body_open'); function add_code_on_body_open() { echo ''; }

Ajang Duta Pariwisata Bali 2022 Perkenalkan 20 Finalis

 Ajang Duta Pariwisata Bali 2022 Perkenalkan 20 Finalis

PIDII – Bali segera memiliki Duta Pariwisata 2022 setelah sebanyak 20 putra dan putri terpilih masuk ke babak selanjutnya dalam ajang Duta Pariwisata Bali 2022. Mereka diperkenalkan pada Press Conference Duta Pariwisata Bali 2022 di Lippo Mall Kuta, Sabtu (29/1/2022) sore.

“Salah satu rangkaian utama pemilihan Duta Pariwisata Bali 2022 adalah press conference yang merupakan agenda perkenalan secara publik para finalis sebelum nantinya mengikuti grand final atau malam puncak Duta Pariwisata Bali 2022,” terang Anak Agung Putu Mayun Saputra, Direktur Duta Pariwisata Bali 2022 ditemui NusaBali.com seusai acara.

Kegiatan press conference yang juga dihadiri beberapa duta ajang pageant lain di Pulau Dewata, dimulai dengan perkenalan masing-masing finalis (opening number), yakni sebanyak 10 finalis pria dan 10 finalis perempuan. Mereka unjuk kebolehan dengan melakukan peragaan busana di atas panggung (fashion show).

Masing-masing finalis kemudian mengutarakan visi dan misi mereka sebagai duta pariwisata. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab (Q&A), yakni para finalis menjawab beberapa pertanyaan dari para undangan terkait pengembangan pariwisata Bali.

Agung Mayun yang juga merupakan Duta Pariwisata Bali 2021 sekaligus pemenang ajang Duta Pariwisata Indonesia 2021 mengungkapkan, proses pendaftaran Duta Pariwisata Bali 2022 sudah dibuka pada Oktober 2021 lalu.

Sebanyak 73 remaja putri dan 42 remaja putra mendaftar pada ajang pageant yang digelar untuk kedua kalinya ini. Usia mereka, sesuai yang dipersyarakatkan, berada pada rentang 17-24 tahun. “Sebelumnya mereka ada tes wawancara, pelatihan koreografi, dan dilanjutkan dengan membuat video aksi nyata turun langsung ke lapangan,” ujar Agung Mayun.

Dijelaskan, selama mengikuti proses seleksi protokol kesehatan tetap dijalankan. Selain mengurangi risiko penularan Covid-19, hal tersebut mengingat para finalis nantinya diharapkan menjadi contoh dalam melaksanakan protokol kesehatan di masyarakat terutama di kalangan anak muda.

“Harapan saya yang pasti mereka mau berjuang dan berkomitemn, berkolaborasi dengan pemerintah, dengan masyarakat, sehingga bisa ikut mengembangkan pariwisata Bali,” kata Agung Mayun.

Salah satu finalis putri menuturkan siap untuk berkolaborasi mendukung pengembangan pariwisata di Bali. “Dengan berkolaborasi bersama seluruh aspek yang akan mendukung berkembangnya pariwisata di kondisi ini merupakan langkah awal yang berdampak besar,” kata Ni Luh Komang Triayu Laksmi Dewi, 17.

Sementara finalis putra Wayan Angga Diastika, 19, berkomitmen ikut mempromosikan pariwisata Bali kepada masyarakat luas. “Sebagai duta pariwisata Bali saya akan gencar melakukan promosi pariwisata Bali baik melalui berbagai event dan melalui media sosial,” ujarnya.

Pemenang Duta Pariwisata Bali 2022 nantinya berkesempatan mengikuti ajang lebih tinggi, yakni Duta Pariwisata Indonesia 2022 yang malam puncak atau grand finalnya akan dilaksanakan di Kalimantan Timur, November 2022.

Untuk diketahui, ajang Duta Pariwisata Indonesia diinisiasi oleh Yayasan Abhyya Parama Mavendra dengan mengadakan pemilihan Duta Pariwisata Indonesia sejak 2021. Tujuannya untuk membentuk karakter generasi muda, agar nantinya bisa menjadi garda terdepan penggerak generasi muda yang sadar akan wisata. Selain itu juga bertujuan mengajak masyarakat lokal berdikari dalam ekonomi, kebudayaan, dan lingkungan.

Pada gelaran pertama Duta Pariwisata Indonesia dimenangkan oleh Anak Agung Putu Mayun Saputra (Duta Pariwisata Bali) dan Andi Suci Nurul Aisyah (Duta Pariwisata Sulawesi Selatan).

Finalis 20 Besar Duta Pariwisata Bali 2022:
Kategori Putri:
1. Diva Martina Mahagitadewi, 20
2. Dewa Ayu Ambari Putri, 21
3. Ni Luh Komang Triayu laksmi Dewi, 17
4. Nadya Shafira, 18
5. Nyoman Indah Laksmi Pradnyadewi, 21
6. Ni Wayan Yuna Yunita, 19
7. Komang Trisna Ayu Lestari, 20
8. Ni Luh Putu Intan Afsari, 20
9. Ida Ayu Sri Puspa Kencana, 21
10. Maria Ayu Emanuella, 22

Kategori Putra:
1. Kadek Vino Erliawan, 17
2. Muhammad Septa Yahnan, 19
3. I Made Satria Antana Jaya, 18
4. Legawa Arta Purbawisesa, 21
5. Wayan Angga Diastika, 19
6. Gede Agung Kusuma Ardiana, 20
7. Pande Putu Agus Putrabawa, 20
8. Kadek Ryo Aryawan, 21

Leave a Reply