×

Warning

JFolder: :files: Path is not a folder. Path: /home/u649568162/public_html/images/stories/travel-guide/kolaka_utara/pantai_berova"

×

Notice

There was a problem rendering your image gallery. Please make sure that the folder you are using in the Simple Image Gallery plugin tags exists and contains valid image files. The plugin could not locate the folder: images/stories/travel-guide/kolaka_utara/pantai_berova"

Kabupaten Kolaka Utara
Kabupaten Kolaka Utara

LOGO KOLAKA UTARA

KABUPATEN KOLAKA UTARA

pasirputihtolala

 

SAMBUTAN

Sambutan Bupati

SAMBUTAN BUPATI KOLAKA UTARA
bupati kolaka uatara

Drs. H. Nur Rahman Umar, M.H.

Assalamualaikum Wr. Wb,
Puji syukur dipanjatkan ke hadirat Allah SWT, karena hanya atas ridha dan perkenaannya maka pada kesempatan yang berbahagia ini kami dapat menghantarkan buku Profil Pariwisata Kabupaten Kolaka Utara dalam bentuk Travel Guide to North Kolaka.

Buku Panduan Wisata ini disajikan sebagai bahan informasi, promosi sekaligus pertimbangan bagi para wisatawan baik domestik atau Manca Negara yang telah atau belum mengunjungi destinasi wisata yang ada di Kolaka Utara.

Isi buku panduan wisata ini memuat berbagai potensi unggulan destinasi pariwisata yang cukup beragam dan perlu untuk dikembangkan, yang terdiri dari wisata alam, wisata bahari sebagai wisata budaya, wisata religi dan wisata buatan.

Prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara dalam memacu program unggulan daerah disektor pariwisata selain sektor pertanian. Apabila dalam penyajian buku Panduan Wisata ini masih diperlukan informasi tambahan dapat diakses melalui website Pariwisata Kolaka Utara.

Saya merasa bangga sekaligus mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menerbitkan buku Travel Guide to North Kolaka sebagai alat promosi destinasi unggulan Daerah Kabupaten Kolaka Utara.

Terima Kasih.

Sambutan Kepala Dinas

SAMBUTAN KEPALA DINAS PARIWISATA

kepala dinas pariwisata kolaka utara

Ir. Muh. IDRIS AR, M.S

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas izinnya pembuatan buku profil pariwisata Kabupaten Kolaka Utara dapat diselesaikan dengan baik, Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka Utara berinisiatif membuat buku ini sebagai bahan informasi yang dapat mendukung pembangunan sektor pariwisata, terutama dalam rangka memperluas jangkauan informasi tentang potensi pariwisata dikabupaten Kolaka Utara.

Kabupten Kolaka utara berupaya untuk menata pembangunan dari berbagai sektor unggulan termasuk diantaranya adalah pembangunan sektor kepariwisataan. Berbagai potensi wisata yang tertuang dalam buku ini dapat dijadikan referensi bagi wisatawan untuk melakukan kunjungan dikabupaten Kolaka Utara.

Ucapan terima kasih kami sampaikan khususnya Kepada bapak Bupati Kolaka Utara yang memberikan dukungan hingga penulisan buku ini dapat berjalan dengan baik. Selain itu ucapan terima kasih yang setulus tulusnya kami sampaikan kepada masyarakat Kabupaten Kolaka Utara yang telah terlibat dalam penulisan buku ini, semoga bantuan yang telah diberikan merupakan bentuk nyata dukungan terhadap proses pembangunan Kabupaten Kolaka Utara

W A S S A L A M
Lasusua, Mei 2018

Sambutan Pidii

SAMBUTAN PIDII

Agus Suryadi

AGUS SURYADI

Pariwisata di Indonesia merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi besar untuk mendukung roda perekonomian pemerintah daerah maupun pusat. Berbagai lokasi wisata dengan beragam budaya yang melekat dapat ditemukan di sepanjang wilayah Bumi Pertiwi kian menarik perhatian pengunjung, baik wisatawan lokal maupun asing. Hal inilah yang menjadi kekuatan bagi pengembangan pariwisata di Indonesia hingga saat ini.Sektor pariwisata tumbuh begitu pesat sehingga pemerintahan Jokowi - JK berani memproyeksikan sektor pariwisata akan menjadi penyumbang devisa terbesar pada 2019.

Diawali dari sebuah kesadaran akan kebutuhan yang besar terhadap informasi industri pariwisata yang lengkap dan mampu mengintegrasikan seluruh kegiatan pariwisata serta dapat memberikan berbagai pelayanan informasi untuk para turis, tamu yang berkunjung dan juga masyarakat pada umumnya, Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII) bekerjasama dengan PT. Qayris Cipta Kreasindo serta didukung oleh Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) dan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), memprakarsai pembuatan Travel Guide to North Kolaka, yaitu Panduan Wisata Kabupaten Kolaka Utara yang dikemas dalam bentuk buku, disajikan dalam dua bahasa (Indonesia – Inggris). 

Buku ini mencoba untuk mengungkap secara lengkap tentang potensi obyek wisata di Kabupaten Kolaka Utara, dengan segala keindahan yang mempesona yang dimilikinya. Disamping itu juga memberikan petunjuk tentang akses menuju ke lokasi, sarana dan prasarana yang tersedia, keunggulan dari masing-masing obyek wisata dan kuliner yang tersedia.

Harapan kami, semoga penerbitan buku Travel Guide to North Kolaka ini dapat meningkatkan pelayanan informasi pemerintah Kabupaten Kolaka Utara kepada berbagai kalangan yang membutuhkan informasi, baik untuk masyarakat Kabupaten Kolaka Utara maupun wisatawan dan tamu yang datang ke Kabupaten Kolaka Utara dengan berbagai kepentingan.

Jakarta, April 2018
Agus Suryadi,
Chairman of PIDII

Sambutan ASPPI

SAMBUTAN KETUA UMUM ASOSIASI PELAKU PARIWISATA INDONESIA (ASPPI)

ketum aspi

DJOHARI SOMAD

Sebagai bentuk kepedulian akan Kepariwisataandi Indonesia dan peran strategis dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia sekaligus mendukung kehidupan ekonomi khususnya dalam kegiatan kepariwisataan dan menunjang pembangunan Pariwisata Indonesia, dibentuklah Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI). Pembentukan tersebut juga didasari oleh tanggung-jawab akan masa depan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, berpartisipasi aktif dalam mengisi kemerdekaan dan perwujudan cita-cita Nasional. 

Pembuatan buku panduan wisata yang berjudul Travel Guide to North Kolaka sejalan dengan Visi dari ASPPI yaitu Memajukan pariwisata Indonesia dengan meningkatkan profesionalisme pekerja pariwisatanya. Visi yang kemudian dijabarkan dalam Misi ASPPI tersebut merupakan cerminan tekad ASPPI untuk memajukan Kepariwisataan Indonesia, yang kita tahu memiliki aneka ragam bentuk wisata yang mempesona, baik Wisata Alam, Wisata Bahari, Wisata Budaya/Sejarah, Wisata Kuliner maupun berbagai bentuk Wisata lainnya. 

Fungsi dan peran ASPPI adalah membantu Pemerintah dalam membina dan memajukan pariwisata Nasional, dengan kegiatan menunjang program Pemerintah di dalam Pembangunan Nasional dan membantu memelihara ketertiban, keamanan dan kenyamanan wisatawan. ASPPI sebagai Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia merupakan wadah berkumpulnya individu pelaku pariwisata di Indonesia baik dari bidang Biro Perjalanan, Hotel, Transport, Penerbangan, Restorant, Pramuwisata dan lain lain. 

Buku Travel Guide to North Kolaka yang diterbitkan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kolaka Utara bekerjasama dengan Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII) dan PT Qayris Cipta Kreasindo ini merupakan salah satu upaya yang didukung penuh oleh ASPPI, karena tujuannya untuk mempromosikan Kepariwisataan di Indonesia dengan berbagai keragaman budayanya.

Semoga buku Travel Guide to North Kolaka ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu menjadi panduan pagi para wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Kolaka Utara sekaligus sebagai media promosi pariwisata Kabupaten Kolaka Utara dengan berbagai keistimewaan, keunggulan dan fasilitas yang tersedia. Terima kasih.

Jakarta, February 2018
The Association of Indonesian Tourism Stakeholders (ASPPI),
Djohari Somad
Chairman

Sambutan ASITA

SAMBUTAN KETUA UMUM
ASSOCIATION OF THE INDONESIAN TOURS ANDTRAVEL AGENCIES (ASITA)

ketua umum asita

H. ASNAWI BAHAR, SE, M.SI.

Pesona Indonesia...Wonderful Indonesia...

Sebagai pengantar, Data terakhir dari Biro Pusat Sebagai pengantar, Data terakhir dari Biro Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Pariwisata disampaikan bahwa sektor pariwisata merupakan penyumbang DEVISA terbesar nomor 2 setelah Kelapa Sawit. Indonesia juga merupakan salah satu negara dari 20 negara yang memiliki pertumbuhan paling cepat di sektor pariwisata. Pertumbuhan pariwisata Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mencapai 25,68%.

Pemerintah saat ini sedang melakukan inovasidan motivasi untuk menggenjot sektor pariwisata secara masif dan komprehensif, ini merupakan kebangkitan sektor pariwisata Indonesia yang memiliki peringkat dalam meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia yang tadinya menduduki posisi ranking 50 naik menjadi ranking 42 dunia.Sektor pariwisata kini menjadi primadona barubagi pembangunan nasional. Sumbangan devisa maupun penyerapan tenaga kerja dalam sektor ini amat signifikan bagi devisa negara, diperkirakan pada tahun 2019, sektor pariwisata menjadi penyumbang utama devisa utama Indonesia.

Dengan hasil yang dicapai sektor pariwisata saat ini Association of The IndonesianTours and Travel Agencies (ASITA),mengapresiasi pencapaian ini dengan menyambut baik diterbitkannya buku Travel Guide to Simeulue oleh Dinas Pariwisatadan Ekonomi Kreatif Kabupaten Simeulue bekerjasama dengan PT Qayris Cipta Kreasindo dan Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII), yang merupakan salah satu langkah maju pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan informasi kepada parawisatawan mancanegara maupun domestik yang datang ke Kabupaten Kolaka Utara.

Akhir kata kami ucapkan selamat dan sukses, semoga inisiatip ini berdampak pada meningkatnya arus kunjungan wisatawan baik lokal maupun asing ke Kabupaten Simeulue.Demikian disampaikan, atas segala perhatian dan dukungan baik instansi pemerintah maupun stakeholder di bidang pariwisata diucapkan terimakasih.

Jakarta, 2 April 2018
Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA),

H. Asnawi Bahar, SE, M.Si
Ketua Umum ASITA The Chairman of ASITA

GAMBARAN UMUM

 

Letak, Luas dan Batas Wilayah

Kolaka Utara “Bumi Patampanua” yang diberkahi dengan alamnya yang mempesona, landscape Kolaka Utara terdiri dari dataran tinggi, dataran landai dan laut dengan bibir pantai yang indah. Kondisi fisik alamnya terdiri dari gunung, lembah dan laut yang memanjang dari Utara ke Selatan. Tipologi tanah yang dominan adalah jenis alluvial sehingga menguntungkan bagi lahan pertanian, perkebunan, perikanan, air payau dan jenis kegiatan lainnya. Luas wilayah Kabupaten Kolaka Utara kurang lebih 3,391,62 Kilometer persegi (daratan) sedangkan wilayah perairan laut membentang sepanjang Teluk Bone seluas kurang lebih 12.376 Kilometer persegi. Adapun batas-batas wilayah Kabupaten Kolaka Utara sebagai berikut :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Uluwoi Kabupaten Kolaka dan Konawe Utara.
  • Sebelah Selatan Berbatasan dengan Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Teluk Bone.

Topografi dan Iklim

Klimatologi Kabupaten Kolaka Utara sama seperti wilayah lainnya di Indonesia. Memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musin kemarau yang dipengaruhi dua jenis angin Muson, musim hujan terjadi akibat adanya angin Muson Barat yang bertiup dari Samudera Hindia yang mengandung banyak uap air. Sedangkan musim kemarau terjadi akibat adanya angin Muson Timur yang bertiup dari daratan Australia yang sifatnya kurang mengandung uap air, sehingga curah hujan cenderung rendah. Wilayah Kabupaten Kolaka Utara memiliki ketinggian yang umumnya dibawah 1000 meter diatas permukaan air laut dan berada disekitar daerah khatulistiwa sehingga beriklim tropis. Suhu udara minimum sekitar 20 derajat celcius dan maksimum sekitar 31 derajat celcius atau rata-rata antara 24 sampai 28 derajat celcius

Penduduk Seni Dan Budaya

Jumlah penduduk Kabupaten Kolaka Utara, yaitu sebesar 134.227 jiwa terdiri dari penduduk laki-laki sebesar 69.264 jiwa atau 51,60 % dan perempuan sebesar 64.963 jiwa atau 48,40 %, dan terdapat didalamnya berbagai etnis dengan seni dan budayanya masing-masing, di antaranya, suku Tolaki, suku Bugis, suku Makassar, dan suku Toraja.

Dilihat dari segi seni dan budaya suku Tolaki terkenal dengan Tari Lulo dan Tari Mondotambe yang kerap disuguhkan pada acara khusus untuk menerima atau menjemput tamu kehormatan.
Suku bugis Makassar dengan Tari Padduppa Bosara. Tarian ini menggambarkan bahwa orang bugis Makassar jika kedatangan tamu senantiasa menghidangkan Bosara, sebagai tanda kesyukuran dan kehormatan. Sedangkan suku Toraja terkenal dengan Tarian Paggellu yang melambangkan acara penyambutan terhadap para patriot yang kembali dari medan perang dengan membawa kemenangan atau pada pesta pernikahan.

Dilihat dari besaran agama dan kepercayaan, sebagian besar penduduk Kolaka Utara mayoritas memeluk agama Islam, hanya sebagian kecil saja masyarakat yang memeluk agama Kristen dan Hindu.

Kunjungan Wisatawan

Data Kunjungan Wisatawan Mancanegara :

 No Bulan Wisatwan Mancanegara Wisatawan Domestik
Tahun 2017 Tahun 2017
 1  Januari   1465
 2  Februari   750
 3  Maret 500
 4  April   750
5  Mei   750
6  Juni   850
7  Juli   1580
8  Agustus   965
9  September   980
10  Oktober   1550
11  November   2865
12  Desember 50 3000
   Jumlah  50 16005

PROFILE PARIWISATA 

WISATA ALAM

Pantai Berova

{gallery}travel-guide/kolaka_utara/pantai_berova"{/gallery}

Pantai Berova atau yang dikenal dengan nama Pantai Pasir Putih Tanjung Toli-toli, ini merupakan wisata pantai yang berada dijantung Ibu kota Kolaka Utara, Lasusua. Keindahan pantai yang dihiasi dermaga, rumah-rumah (Villa), restoran,rumah bernyanyi dan kolam renang di Pantai Berova.

Rumah Karang (Pasitoddo)

Rumah Karang (Pasitoddo) merupakan objek Rumah Karang (Pasitoddo) merupakan objek dengan multi fungsi. Dimana dijadikan tempat rekreasi yang didalamnya ada spot dive, spot memancing, dan rumah inap, juga mempunyai dermaga dengan panjang hingga 3 km persegi .

Danau Biru

Danau Biru terletak di Desa Walasiho Kecamatan Danau Biru terletak di Desa Walasiho Kecamatan Wawo yang berjarak 50 Km dari Kota Lasusua Kabupaten Kolaka Utara. Keunikan danau tersebut yang terletak diatas air laut, rasa airnya payau dan lumayan dingin dengan air danau yang berwarna kebiru-biruan. Objek wisata danau biru merupakan perpaduan antara Objek Wisata Alam, Gunung dan Wisata Bahari.

Air Terjun Lapasi-pasi

Terletak di Desa RaodaAir Terjun Lapasi-pasi terletak di Desa Raoda Kecamatan Lambai, merupakan air terjun yang berada diantara dua batuan besar dengan debit air yang deras dan jernih mengalir diantara bebatuan pada dasar sungai dengan pemandangan alam hutan sekitar air terjun yang cukup mempesona.

Goa Tappareng pasonggi

Terletak di KecamatanGoa Tappareng pasonggi terletak di Kecamatan Rante angin yang berjarak 41 Km dari Kabupaten Kolaka Utara, Goa Tappareng mempunyai ukuran luas mulut Goa sekitar kurang lebih 20 sampai 30 m persegi dan menghadap searah terbenamnya matahari.

Pantai Tanjung Tobaku

Tanjung Tobaku terletak di Desa TobakuTanjung Tobaku terletak di Desa Tobaku Kecamatan Katoi Kabupaten Kolaka Utara dengan jarak tempuh 25 menit dari Ibu kota Kabupaten. Pantai Tanjung Tobaku merupakan hamparan pasir putih dengan ombak yang tenang dan mempunyai panorama alam pantai yang dipadukan dengan pemandangan dan pohon kelapa.

Permandian Waebotoe

Permandian Waebotoe terletak di Kecamatan Permandian Waebotoe terletak di Kecamatan Katoi yang berjarak 14 Km dari ibu kota Kabupaten Kolaka Utara, Permandian Waebotoe memiliki air yang jernih dengan arus yang relatif deras.

Goa Tengkorak

Goa Tengkorak yang berada di Desa Lapai,Goa Tengkorak yang berada di Desa Lapai,Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara,sampai saat ini belum diketahui penyebab mengapa Goa tersebut yang menyimpan misteri tentang ratusan tulang Manusia yang tersusun pada dinding- dinding Goa tersebut. Tidak hanya di Toraja saja kita biasa menemukan tengkorak dalam goa tapi di Sulawesi Tenggara ada salah satu goa yang dipenuhi dengan ratusan tulang manusia.

Pantai Tambuha

Pantai Tambuha terletak di Kecamatan Pantai Tambuha terletak di Kecamatan Watunohu yang berjarak sekitar 53 Km dariIbukota Kabupaten Kolaka Utara, terdapat pasir putih sepanjang pantai .

Air Terjun Salomore

Air Terjun Salomore terletak di Desa Mateleuno, Air Terjun Salomore terletak di Desa Mateleuno,Kecamatan Pakue Utara yang berjarak 60 Kmdari ibukota Kabupaten Kolaka Utara. Padavegetasi alam hutannya yang teduh mengalir air terjun yang indah dengan kolam alami yang cukup besar.

Pasir Putih Pakue

Pasir Putih Pakue terletak di Kecamatan Pakue Pasir Putih Pakue terletak di Kecamatan Pakue Utara merupakan salah satu dataran tinggi bagian utara dari Kabupaten Kolaka Utara, wilayah Kecamatan Pakue Utara mencakup wilayah daratan dan lautan.

Air Terjun Batu Putih

Air terjun ini terletak di Kecamatan Batu Putih Air terjun ini terletak di Kecamatan Batu Putih yang bersumber dari sungai batu yang putih dengan dihiasi bebatuan yang besar dan suara alir airnya pun mampu bembuai untuk berlama lama.

Air Terjun Tangga

Air Terjun Tangga terletak di Kecamatan Batu Air Terjun Tangga terletak di Kecamatan Batu Putih, karena aliran airnya yang mengalir mengikuti lekukan batu yang berbentuk tingkatan menyerupai tangga sehingga bagus untuk dipandang.

Air Terjun Museriri

Air Terjun Museriri terletak di Desa Lelewawo Air Terjun Museriri terletak di Desa Lelewawo Kecamatan Batu Putih, air terjun ini dengan debit air yang besar mengalir diatas lekukan bukit bebatuan, sehingga menampilkan pesona air terjun yang eksotik.

Air Terjun Tanggaruru

Air Terjun Tanggaruru terletak di Desa Air Terjun Tanggaruru terletak di DesaTanggaruru Kecamatan Porehu yang berjarak sekitar 70 Km dari ibu kota Kabupaten Kolaka Utara. Air terjun ini mengalir melalui tebing tebing terjal dengan kubikan air yang mengalir melalui formasi bebatuan.

Air Terjun Sarambu

{gallery}travel-guide/kolaka_utara/air_terjun_sarambu{/gallery}

Air Terjun Sarambu terletak di Desa Sarambu Air Terjun Sarambu terletak di Desa Sarambu Kecamatan Porehu yang berjarak kurang lebih112 Km dari ibukota Kabupaten Kolaka Utara.Air terjun dengan debit air yang besar, mengalir mengikuti undakan batu pada sebuah lereng bukit.

Pulau Bintang Tolala

{gallery}travel-guide/kolaka_utara/tolala{/gallery}

Pulau Bintang Tolala yang terletak di Desa Pulau Bintang Tolala yang terletak di Desa Bahari Kecamatan Tolala yang berjarak 80 Km dari ibu kota Kabupaten Kolaka Utara. Pulau bintang menawarkan banyak keindahan, mulai dari gugusan pulau kecil dan keindahan alam bawah laut. Dipulau Bintang dilengkapi dengan penginapan dengan interior indah ditambah dengan karamba lobster dan ikan putih.

WISATA RELIGI

Mesjid Agung Bahrurrasyad Wal Ittihad

Mesjid Agung Bahrurrasyad Wal Ittihad Masjid ini terletak di Jl. By Pass, Desa Ponggiha,Kecamatan Lasusua. Masjid megah di tepian laut ini lebih dikenal dengan nama Masjid Agung Lasusua, merujuk kepada tempat nya berdiri. Bangunan masjid ini selesai pada bulanJuni 2017 lalu. Dibangun di atas lahan seluas22.500 meter persegi, luas bangunan mesjidnya mencapai 2.500 meter persegi dan mampu menampung hingga 3000 jemaah.

WISATA BUATAN

Kolam Renang Pantai Berova

kolam renang pantai berova1Pantai Berova menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Bumi Patampanua yang kini dibanjiri pengunjung dalam maupun luar daerah Kolaka Utara. Untuk melengkapi fasilitas, Pemkab Kolaka Utara membangun kolam renang yang dikomersilkan. Kolam Renang Pantai Berova memiliki luas 20 x 50 M dibuka untuk umum setiap hari. Awalnya kolam renang ini dibuat untuk event Porprov 2018. Disini, para pengunjung selain bisa menikmati keindahan alam yang sudah tersedia di Pantai Berova, juga dapat melakukan olahraga renang. Karena konsep wisata Kolaka Utara adalah wisata dan olahraga.

Perpustakaan Daerah

perpustakaan daerah1Kini bukan hanya Mesjid Agung yang mewah yang menjadi andalan masyarakat Kolaka Utara, karna kini Kolaka Utara telah memiliki perpustakaan modern dengan fasilitas Wifi dan minuman gratis untuk para pengunjung. Sebelumnya perpustakaan daerah Kabupaten Kolaka Utara memiliki ruangan sempit yang sesak dengan buku-buku dengan jumlah pengunjung yang sangat minim, namun sekarang sudah disulap menjadi perpustakaan modern ala Eropa yang sudah siap untuk digunakan. Diharapkan dengan adanya inovasi baru ini, mampu memajukan daerah Kolaka Utara dengan tingginya minat pembaca dan memberikan rasa nyaman kepada pengunjung.

Alun-alun Kota Lasusua

alun2kota lalusuaAlun–alun Kota Lasusua merupakan tempat perhelatan pagelaran seni dan kegiatan lainnya akan tetapi juga sebagai tempat yang sangat nyaman untuk sekedar duduk santai mengajak keluarga bermain dan juga cocok untuk hunting foto, menikmati Sunrise, Alun alun Kota Lasusua menjadi salah satu tempat yang paling tepat.

Gerbang Wisata

gerbang wisataSekilas terlintas dalam benak dalam benak Gerbang Wisata apa sih..? Ternyata Gerbang Wisata merupakan salah satu kawasan destinasi wisata terpadu yang berada dalam wilayah kabupaten Kolaka Utara. Gerbang wisata bukan hanya tempat perlintasan bagi kendaraan yang melalui jalan Trans Sulawesi akan tetapi juga sebagai penyumbang sumber pendapatan asli daerah yang cukup signifikan. Dikawasan gerbang wisata terdapat beberapa daya tarik wisata diantaranya Kampung Kuliner, arena dayung dan lainnya.

Kampung Kuliner

Kolaka Utara juga kini memiliki Kampung Kuliner yang unik, selain menyajikan makanan yang memanjakan lidah juga tersedia panorama alam yang memanjakan mata pengunjung. Kampung kuliner secara resmi dibuka untuk umum pada awal tahun 2018. Kampung Kuliner ini terletak tak jauh dari kawasan wisata religi Masjid Agung Lasusua, yaitu di Jl. By Pass Lasusua, berhadapan dengan Teluk Bone dan menjadi salah satu jalur utama dilintasi warga Sulawesi Tenggara maupun Provinsi tetangga.

Kompleks Perkantoran

komplek kantorDiantara Kantor Bupati Kabupaten Kolaka utara dengan Bundaran Swawindu terdapat sebuah kompleks yang didalamnya dihuni banyak gedung yang artistic nan indah dipandang mata. Itulah Kompleks Perkantoran Pemda Kabupaten Kolaka Utara, yang didalam kompleks tersebut adalah tempat untuk beraktifitas atau bekerja, yang dilakukan oleh para Aparatur Sipil Negara dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara.

Hutan Kota Lasusua

Sekelompok pohon yang tumbuh ditengahtengah Kota Lasusua berupa jenis tanaman keras atau pohon yang memang sengaja ditanam untuk memperindah lingkungan kota, itulah “HUTAN KOTA LASUSUA“. Hutan Kota Lasusua memiliki fungsi untuk keseimbangan ekologi manusia dalam berbagai hal untuk kebersihan udara, ketersediaan air tanah pelindung terik matahari dan berbagai kehidupan manusia dalam Kota Lasusua.

WISATA KULINER

Wisata Kuliner

Selain wisata alam, wisata bahari, wisata religi, dan wisata buatan, di Kolaka Utara pun punya wisata kuliner. Salah satu pusat wisata kuliner saat ini yang terkenal adalah Kampung Kuliner. Makanan atau kuliner khas Kolaka Utara yaitu: Kapurung, Lawa Ikan, Sinole (terbuat dari sagu), Lawa Sayur Paku, Dange dan Parede. Ada juga kue-kue yang biasa dijadikan hidangan pembuka seperti: Pisang Ijo Gula Cella, Cucuru Madingki, Onde-onde, Beppa Tori, Kue Lapis, Dodol Tepung Beras dan Beppa Pute, serta minuman khas nya Es Buah Kelapa Muda.

PENDUKUNG KEGIATAN PARIWISATA

Sarana Akomodasi Hotel dan Penginapan

  1. Hotel Ervin
    Jln. Trans Sulawesi Desa Tojabi Kec. Lasusua - Tlp. 082 291 231 314
  2. Hotel Berlian
    Jln. Trans Sulawesi Desa Tojabi Kec. Lasusua - Tlp. 085 310 655 050
  3. Hotel Hamkas Jaya
    Jln. Trans Sulawesi Desa Tojabi Kec. Lasusua - Tlp. 081 342 441 659
  4. Hotel Utama
    Jln Trans Sulawesi Desa Tojabi Kec. Lasusua - Tlp. 085 341 155 854
  5. Hotel Puspita
    Jln. Trans Sulawesi Desa Watuliwu Kec. Lasusua - Tlp. 085 342 208 620
  6. Hotel Almy
    Jln. Baru Desa Watuliwu Kec. Lasusua - Tlp. 082 296 724 108/ 082 347 337 737
  7. Hotel Puri Yasmin
    Jln. Padat Karya Desa Patowonua Kec. Lasusua - Tlp. Kantor 0405 2330575 / 085 340 438 155
  8. Penginapan Caca
    Desa Ponggiha. - Tlp. 082 193 277 788
  9. Wisma Amaliah
    Jln. Tomaranginang Kec. Lasusua - Tlp. 085 341 272 745/085 145 155 744\
  10. Penginapan Srikandi 
    Jln. Merdeka Kec. Lasusua
  11. Penginapan Ely’s
    Jln. Tomadina - Tlp. 081 341 557 434
  12. Penginapan Riska
    Jln. Poros Sentral Lacaria
  13. Homestay Maulana
    Jl. Pelabuhan Desa Lambai, Pohu, Ranteangin - Tlp: 0853 9701 3679
  14. Wisma Basaruddin
    Lapolu, Tiwu, Kolaka Utara 93958  - Tlp: 0823 4674 2081
  15. Wisma Peronikel
    Latowu, Batu Putih, Kolaka Utara 93955 - Tlp: 0852 4198 8980

Restoran dan Rumah Makan

  1. Rumah Makan Lesehan Shalfa
    Jln. Poros Kantor DPR - Tlp. 085 241 866 779
  2. Rumah Makan Lesehan Arya
    Jln. Trans Sulawesi Kec. Lasusua - Tlp. 085 203 296 111
  3. Café Spincolo 8
    Komp. Bundaran Suawindu - Tlp. 081 241 999 149
  4. Rumah Makan Tegal
    Jln. Trans Sulawesi Indewe - Tlp. 082 187 818 228
  5. Rumah Makan Landika
    Jl. Trans Sulawesi Desa Tojabi
  6. Restoran Suawindu
    Komp. Bundara Suawindu
  7. Café D’Balqon
    Jln . Poros Sentral lacaria  - Tlp. 085 399 380 915
  8. Café Hutan Kota
    Lingkungan Pemda Kolut
  9. Warkop F4
    Jln. Poros Kantor DPRD - Tlp. 085 241 868 372

Transportasi

Transportasi Udara
Anda dapat menggunakan pesawat ke Bandara Kota Kendari, Bandar Udara Haluoleo (sebelumnya Bandar Udara Wolter Monginsidi). Dari Kota Kendari menuju Lasusua dengan perjalanan darat membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam. Rute penerbangan domestik komersial Ujung Pandang (Makassar) – Kendari, dengan frekuensi sebanyak 77 penerbangan. Keenam operator itu adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Batavia Airlines, Merpati, Sriwijaya Air, serta Wings Air. Di Kolaka Utara menuju Objek wisata mengendarai roda empat dan roda dua sedangkan untuk wisata bahari tersedia tranportasi laut yang biasanya disebut Katinting.

Transportasi Laut
Anda dapat menggunakan kapal ferry KM Merak dari Pelabuhan Siwa, Bulete, Pitumpanua, Kab. Wajo menuju Pelabuhan Tobaku, Katoi, Kab. Kolaka Utara, yang menyediakan perjalanan 2 kali sehari. Begitupun sebaliknya, dari Pelabuhan Tobaku menuju Pelabuhan Siwa, membutuhkan waktu sekitar 9-10 jam perjalanan. Selain itu anda juga dapat menggunakan kapal ferry KM Camellia dari Pelabuhan Tobaku, Katoi, Kab. Kolaka Utara menuju Pelabuhan Siwa, Bulete, Pitumpanua, Kab. Wajo, begitupun sebaliknya dari Pelabuhan Siwa menuju Pelabuhan Tobaku, yang juga menyediakan perjalanan 2 kali sehari.

Biro Perjalanan

  1. Sua Windu Tour and Travel
    Komp. Bundaran Suawindu, Lasusua - Tlp: 0405-2330074/0812 4567 5678

    Daerah Kolaka Utara biasanya dijadikan paket wisata dengan daerah tetangga misalnya Luwu Timur dan Toraja, mengingat letak geografisnya yang biasa ditempuh sehari.

Shopping Center

  1. Pasar Central Lasusua
    Lasusua, Kolaka Utara 93914
  2. Pasar Lawolatu
    Lawolatu, Ngapa, Kolaka Utara 93958

Souvenir/cinderamata

Souvernir atau cinderamata yang ada di Kolaka Utara tidak kalah menarik dengan daerah lain yang memiliki tenunan dan kuliner yang khas. 

Galeri Dekranasda
Jl. Kantor DPRD, Kab. Kolaka Utara
Sarana dan Prasarana

Fasilitas dan Infrastruktur

Daftar Bank di Kabupaten Kolaka Utara:

  1. Bank Mandiri Kolaka Utara
    Jl. Tomangera No.36, Rante Limbong,  Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi  Tenggara 93911
  2. Bank Mandiri
    Patowonua, Lasusua, Kab. Kolaka Utara     93913
  3. Bank BRI Lapai
    Jl. Poros Lapai - Malili, Beringin, Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara 93958
  4. Bank Danamon Simpan Pinjam Ps. Lasusua
    Jl. Protokol, Kec. Lasusua, Puncak Monapa,  Kolaka Utara 93916
  5. BPR Bahteramas
    Jl. Poros Lasusua – Ranteangin, Watuliu,  Lasusua, Kolaka Utara 93914
  6. Western Union
    PT. Pos Indonesia – Jl. Poros Lasusua, Puncak Monapa, Kolaka Utara 93915 - Telp: (0401) 390228
  7. BNI Syariah KCP Mikro Lasusua
    Lasusua, Kolaka Utara 93913
  8. ATM BPD Lasusua
    Lasusua, Kolaka Utara 93914

Mesjid

Terdapat 164 Mesjid di Kolaka Utara yang tersebar di setiap Kecamatan

Rumah Sakit

Terdapat 1 Rumah Sakit, 16 Puskesmas, 2 1 Pustu, 148 Posyandu, 3 Klinik/Balai Kesehatan dan 104 Polindes.

KALENDER KEGIATAN PARIWISATA

Kolaka Utara mempunyai dua agenda tahunan ;
a. Pelangi Kolaka Utara dilaksanakan pada Hari Ulang Tahun Kolaka Utara setiap tanggal 6  Januari.
b. Kuliner Merah Putih yang dilaksanakan pada bulan Agustus setiap tahunnya.

Back to top
Go to bottom
iden
190041
TodayToday643
YesterdayYesterday1220
This_WeekThis_Week1863
This_MonthThis_Month13860
All_DaysAll_Days190041

Free Joomla! template by L.THEME