Kabupaten Buru
Kabupaten Buru

logoburu Copy

cover buru 2

SAMBUTAN

Sambutan Bupati

SAMBUTAN BUPATI KABUPATEN BURU
bupatiburu

RAMLY. I. UMASUGI, S.Pi, MM

Salam Sejahtera bagi Kita semua,

Sebagai daerah kepulauan yang beriklim tropis, Kabupaten Buru memiliki beragam potensi, keindahan alam dari puncak gunung hingga pesona bawah lautnya maupun keanekaragaman budaya dari bahasa sampai adat-istiadatnya menjadi potensi wisata yang sangat menarik. Semua itu merupakan anugerah yang harus didukung dan dilestarikan keberadaannya.

Buku ini berjudul“Travel Guide to Buru” memaparkan secara singkat tempat-tempat wisata yang dapat Anda kunjungi berikut akses dan sarana serta prasarana yang tersedia. Beragam obyek wisata dihadirkan dalam buku ini mulai dari Wisata Pantai, Wisata Alam, Wisata Religi, Wisata Sejarah/Budaya sampai Wisata Kuliner guna mempermudah Anda yang akan berwisata ke Kabupaten Buru.

Semoga buku“Travel Guide to Buru”ini dapat memenuhi harapan Anda dan bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih !

Sambutan Kepala Dinas

SAMBUTAN KEPALA DINAS PARIWISATA
KABUPATEN BURU

 kadispar

Drs. ISTANTO SETYAHADI

Salam Wisata,

Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, hingga buku berjudul“Travel Guide to Buru”ini dapat diselesaikan dengan baik.

Sebagai langkah awal dalam mengoptimalkan dan memperkenalkan keragaman potensi pariwisata Kabupaten Buru inilah kami hadirkan buku “Travel Guide to Buru”ini. Buku ini hadir sebagai media informasi dan promosi sekaligus menjadi panduan bagi para wisatawan, baik domestik ataupun manca negara, untuk mengunjungi Kabupaten Buru yang penuh keindahan menakjubkan. Tujuan lain tentunya adalah upaya menggali investasi dari para pemilik modal dan sebagai informasi awal maupun sebagai referensi bagi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat dalam mengambil kebijakan guna memajukan Sektor Pariwisata di wilayah Maluku khususnya di Kabupaten Buru.

Buku pedoman ini merupakan referensi tentang kekayaan potensi pariwisata Kabupaten Buru yang memiliki keunikan baik dari sisi alam dan budaya. Akhir kata, kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan buku panduan wisata Kabupaten Buru ini, kami sampaikan terima kasih. Dengan harapan semoga buku ini dapat menjadi panduan bagi yang berkunjung ke Kabupaten Buru dan bermanfaat dalam mendukung promosi pariwisata yang berkelanjutan.

Ayo main ke Buru....

Ayo main ke Simeulue.

Sambutan Pidii

SAMBUTAN PIDII

Agus Suryadi

AGUS SURYADI

Pariwisata di Indonesia merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi besar untuk mendukung roda perekonomian pemerintah daerah maupun pusat. Berbagai lokasi wisata dengan beragam budaya yang melekat dapat ditemukan di sepanjang wilayah Bumi Pertiwi kian menarik perhatian pengunjung, baik wisatawan lokal maupun asing. Hal inilah yang menjadi kekuatan bagi pengembangan pariwisata di Indonesia hingga saat ini.Sektor pariwisata tumbuh begitu pesat sehingga pemerintahan Jokowi - JK berani memproyeksikan sektor pariwisata akan menjadi penyumbang devisa terbesar pada 2019.

Diawali dari sebuah kesadaran akan kebutuhan yang besar terhadap informasi industry pariwisata yang lengkap dan mampu mengintegrasikan seluruh kegiatan pariwisata serta dapat memberikan berbagai pelayanan informasi untuk para turis, tamu yang berkunjung dan juga masyarakat pada umumnya, Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII) bekerjasama dengan PT. Qayris Cipta Kreasindo serta didukung oleh Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) dan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), memprakarsai pembuatan Travel Guide to Buru, yaitu Panduan Wisata Kabupaten Simeulue yang dikemas dalam bentuk buku, disajikan dalam dua bahasa (Indonesia – Inggris). 

Buku ini mencoba untuk mengungkap secara lengkap tentang potensi obyek wisata di Kabupaten Buru, dengan segala keindahan yang mempesona yang dimilikinya. Disamping itu juga memberikan petunjuk tentang akses menuju ke lokasi, sarana dan prasarana yang tersedia, keunggulan dari masing-masing obyek wisata dan kuliner yang tersedia.

Harapan kami, semoga penerbitan buku Travel Guide to Buru ini dapat meningkatkan pelayanan informasi pemerintah Kabupaten Buru kepada berbagai kalangan yang membutuhkan informasi, baik untuk masyarakat Kabupaten Buru maupun wisatawan dan tamu yang datang ke Kabupaten Buru dengan berbagai kepentingan.

Jakarta, April 2018
Agus Suryadi,
Chairman of PIDII

Sambutan ASPPI

SAMBUTAN KETUA UMUM ASOSIASI PELAKU PARIWISATA INDONESIA (ASPPI)

ketum aspi

DJOHARI SOMAD

Sebagai bentuk kepedulian akan Kepariwisataandi Indonesia dan peran strategis dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia sekaligus mendukung kehidupan ekonomi khususnya dalam kegiatan kepariwisataan dan menunjang pembangunan Pariwisata Indonesia, dibentuklah Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI). Pembentukan tersebut juga didasari oleh tanggung-jawab akan masa depan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, berpartisipasi aktif dalam mengisi kemerdekaan dan perwujudan cita-cita Nasional. 

Pembuatan buku panduan wisata yang berjudul Travel Guide to Buru sejalan dengan Visi dari ASPPI yaitu Memajukan pariwisata Indonesia dengan meningkatkan profesionalisme pekerja pariwisatanya. Visi yang kemudian dijabarkan dalam Misi ASPPI tersebut merupakan cerminan tekad ASPPI untuk memajukan Kepariwisataan Indonesia, yang kita tahu memiliki aneka ragam bentuk wisata yang mempesona, baik Wisata Alam, Wisata Bahari, Wisata Budaya/Sejarah, Wisata Kuliner maupun berbagai bentuk Wisata lainnya. 

Fungsi dan peran ASPPI adalah membantu Pemerintah dalam membina dan memajukan pariwisata Nasional, dengan kegiatan menunjang program Pemerintah di dalam Pembangunan Nasional dan membantu memelihara ketertiban, keamanan dan kenyamanan wisatawan. ASPPI sebagai Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia merupakan wadah berkumpulnya individu pelaku pariwisata di Indonesia baik dari bidang Biro Perjalanan, Hotel, Transport, Penerbangan, Restorant, Pramuwisata dan lain lain. 

Buku Travel Guide to Buru yang diterbitkan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Buru bekerjasama dengan Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII) dan PT Qayris Cipta Kreasindo ini merupakan salah satu upaya yang didukung penuh oleh ASPPI, karena tujuannya untuk mempromosikan Kepariwisataan di Indonesia dengan berbagai keragaman budayanya.

Semoga buku Travel Guide to Buru ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu menjadi panduan pagi para wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Buru sekaligus sebagai media promosi pariwisata Kabupaten Buru dengan berbagai keistimewaan, keunggulan dan fasilitas yang tersedia. Terima kasih.

Jakarta, February 2018
The Association of Indonesian Tourism Stakeholders (ASPPI),
Djohari Somad
Chairman

Sambutan ASITA

SAMBUTAN KETUA UMUM
ASSOCIATION OF THE INDONESIAN TOURS ANDTRAVEL AGENCIES (ASITA)

ketua umum asita

H. ASNAWI BAHAR, SE, M.SI.

Pesona Indonesia...Wonderful Indonesia...

Sebagai pengantar, Data terakhir dari Biro Pusat Sebagai pengantar, Data terakhir dari Biro Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Pariwisata disampaikan bahwa sektor pariwisata merupakan penyumbang DEVISA terbesar nomor 2 setelah Kelapa Sawit. Indonesia juga merupakan salah satunegara dari 20 negara yang memiliki pertumbuhan paling cepat di sektor pariwisata. Pertumbuhan pariwisata Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mencapai 25,68%.

Pemerintah saat ini sedang melakukan inovasidan motivasi untuk menggenjot sektor pariwisata secara masif dan komprehensif, ini merupakan kebangkitan sektor pariwisata Indonesia yang memiliki peringkat dalam meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia yang tadinya menduduki posisi ranking 50 naik menjadi ranking 42 dunia. Sektor pariwisata kini menjadi primadona barubagi pembangunan nasional. Sumbangan devisa maupun penyerapan tenaga kerja dalam sektor ini amat signifikan bagi devisa negara, diperkirakan pada tahun 2019, sektor pariwisata menjadi penyumbang utama devisa utama Indonesia.

Dengan hasil yang dicapai sektor pariwisata saat ini Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), mengapresiasi pencapaian ini dengan menyambutbaik diterbitkannya buku Travel Guide to Buru oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Buru bekerjasama dengan PT Qayris Cipta Kreasindo dan Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII), yang merupakan salah satu langkah maju pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan informasi kepada parawisatawan mancanegara maupun domestik yang datang ke Kabupaten Buru.

Akhir kata kami ucapkan selamat dan sukses,semoga inisiatip ini berdampak pada meningkatnya arus kunjungan wisatawan baik lokal maupun asing ke Kabupaten Buru. Demikian disampaikan, atas segala perhatian dan dukungan baik instansi pemerintah maupun stakeholder di bidang pariwisata diucapkan terimakasih.

Jakarta, 2 April 2018
Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA),

H. Asnawi Bahar, SE, M.Si
Ketua Umum ASITAThe Chairman of ASITA

GAMBARAN UMUM

Geografi, Topografi dan Iklim

Kabupaten Buru merupakan dataran rendah dengan tinggi antara 5 dan 60 m di atas permukaan laut dengan iklim tropis. Suhu udara rata-rata mencapai 27,1oC (maksimum rata-rata: 31,6oC dan minimum rata-rata: 24,0oC). Kelembaban udara rata-rata mencapai 87%, tekanan udara rata-rata: 1.010,1 mb, kecepatan angin rata-rata: 5 knot dan penyinaran matahari rata-rata: 70%. Jumlah curah hujan rata-rata mencapai 144,1 mm3 dan jumlah hari hujan dalam setahun mencapai 152 hari hujan (rata-rata: 12,66 hari).

Letak, luas dan batas wilayah

Buru terletak pada posisi 2⁰25’ - 3⁰55’ Lintang Selatan dan 125⁰07’ - 127⁰21’ Bujur Timur, dengan ibukota Namlea. Luas wilayah darat Buru adalah 5.577,48 km² dan luas wilayah perairan adalah 1.972 km2 dengan garis pantai sepanjang 232,18 km. Wilayah Kabupaten Buru bagian Utara berbatasan dengan Laut Seram, bagian Timur berbatasan dengan Selat Manipa, bagian Selatan berbatasan dengan Kabupaten Buru Selatan, dan bagian Barat berbatasan dengan Kabupaten Buru Selatan dan Laut Seram. Kabupaten Buru memiliki 2 gunung yaitu Gunung Rana (2.000 m di atas permukaan laut) dan Gunung Bata Bual (1.731 m dpl); terdapat 2 danau yaitu Danau Rana dan Danau Bata Bual. Kabupaten Buru terdiri dari 10 kecamatan, yang terbagi dalam 82 Desa dan 103 Dusun. Adapat Kecamatan tersebut adalah: Namlea, Waeapo, Waplau, Batabual, Teluk Kaiely, Waelata, Lolong Guba, Lilialy, Air Buaya serta Fena Leisela.

 

Penduduk

Berdasarkan proyeksi jumlah penduduk tahun 2017, penduduk kabupaten Buru berjumlah 132.100 jiwa, yang terdiri atas 67.815 laki-laki dan 64.285 perempuan. Dibandingkan dengan proyeksi jumlah penduduk tahun 2015, penduduk Buru mengalami pertumbuhan sebesar 3,02% (rasio: 105,37) dan kepadatan mencapai 17,35 orang/km2.
.

PROFILE PARIWISATA 

Kabupaten Buru menyimpan berbagai pesona bagi siapapun yang mengunjunginya. Ada berbagai tempat wisata yang menarik mulai dari Wisata Alam, Wisata Budaya hingga Wisata Religi. Begitu juga dengan Wisata Bawah Laut, beberapa spot wisata bawah laut sangat populer dan telah dikenal di berbagai komunitas dan memberikan predikat yang begitu baik terhadap pesona pariwisata Kabupaten Buru. Tidak hanya terkenal dengan warna pasir yang putih bersih, juga terkenal dengan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam.

WISATA BAHARI

Pantai Jikumerasa

Obyek Wisata Pantai Jikumerasa menyuguhkan pesona alam pantai kepada setiap pengunjung yang ingin melepaskan kepenatan dari rutinitas kerja. Berada di Kecamatan Lilialy dengan hanya berjarak sekitar 17 km dari kota Namlea, menjadikan Jikumerasa primadonna Kabupaten Buru. Wisata alam laut yang tersaji bak lukisan alam yang membentuk 3 warna tatkala matahari mulai berada tepat di atas kepala. Keindahan Pantai Jikumerasa menanti wisatawan dengan debur ombak ditemani cakrawala bersih dan pasir putih, menyuguhkan keterasingan yang mengasyikkan. Pantai ini juga menyajikan simfoni alam yang menenteramkan dan melerai segala kepenatan. Keindahannya menunggu sapaan wisatawan dalam kombinasi debur ombak dan spektrum langit serta laut yang beradu biru. Keindahan Pantai Jikumerasa dilengkapi dengan karang-karang yang terhampar luas bersama hamparan pasir putih yang menyilaukan mata. Fasilitas yang tersedia antara-lain: MCK Plus, Kios Jajanan kuliner, Gazebo, Jembatan Jetty.

Pantai Ako

Pantai ini relatif masih baru namun mampu menyedot minat pengunjung lokal untuk berkunjung. Berbagai permainan ada disini dan termasuk juga arena outbond. Fasilitas yang ada disini antara-lain: MCK Plus, Kios Jajanan Kuliner, Gazebo, Jembatan Jetty, Wahana permainan anak, Mushala, Kantin, dan Tempat menginap.

Pantai Waprea

Pantai Waprea terletak sekitar 60 km dari Kota Namlea. Pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan Manca Negara dan wisatawan Nusantara. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dengan air laut yang besih dan jernih. Tidak hanya pemandangan pantai yang indah namun juga keramahan penduduknya membuat pengunjung pasti akan betah berlamalama tinggal di pantai ini.

Pantai Waeura

Pantai yang sangat layak untuk dikunjungi jika berada di Kabupaten Buru ini terletak sekitar 30 km dari Kota Namlea. Seperti halnya dengan pantaipantai lain, pantai ini memiliki panorama pasir putih dan berbatu halus dengan air laut yang sangat jernih. Disamping pemandangan pantai yang mempesona, keramahan masyarakat setempat juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Pantai La La

Terletak di Desa Lala Kecamatan Namlea sekitar 5 km dari Pusat Kota Namlea.

Pantai Ubung

Terletak di Desa Ubung Kecamatan Namlea sekitar 8 km dari pusat kota.

Pantai Lamahang

Berada di Desa Lamahang Kecamatan Lilialy, sekitar 25 km dari Pusat Kota Namlea.

Pantai Air Buaya

Pantai Air Buaya

Terletak di Desa Air Buaya Kecamatan Air Buaya sekitar 95 km dari Kota Namlea.

Pantai Masarete

Berada di Desa Masarete Kecamatan Teluk Kaiely, 46 km dari Kota Namlea, ditempuh dengan speedboat atau ferry.

Telaga Beach

Pantai Telaga 1Berada di Desa Nametek Kecamatan Namlea, sekitar 1 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Teluk Bara

Teluk BaraBerada di Desa Bara Kecamatan Air Buaya, sekitar 150 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Pantai Merah Putih

Berlokasi di Desa Namlea Kecamatan Namlea, di Pusat Kota Namlea

WISATA BAWAH LAUT

Spot Waelapia

waelapiaSpot Waelapia (Tanjung Batu Mustika) di Desa Waelapia Kecamatan Teluk Kaiely, sekitar 30 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan speed boat dan fery.

Spot Masarete

masaarateSpot Masarete (Nirwana Island) yang berada di Desa Masarete Kecamatan Teluk Kaiely, sekitar 45 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan speed boat dan fery;

Spot Jikumerasa

jikumerasaSpot Jikumerasa di Desa Jikumerasa Kecamatan Lilialy, kurang-lebih 13 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4, tersedia fasilitas umum berupa MCK Plus, Kios Jajanan Kuliner, Kios Cinderamata, Gazebo, dan Jembatan Jetty;

Spot Waeperang

waeperangSpot Waeperang di Desa Waeperang Kecamatan Lilialy, sekitar 14 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4;

Spot Waprea

wapreaSpot Waprea yang berlokasi di Desa Waprea Kecamatan Waplau, sekitar 65 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4, tersedia fasilitas umum berupa MCK Plus dan jembatan.

WISATA ALAM

Hutan Bakau Siahoni

hutan bakau siahoni CopyTerletak di Desa Siahoni Kecamatan Namlea, 10 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4, tersedia fasilitas umum berupa Keramba + Rumah Makan.

Air Terjun Waetina

air tejur waetinaAir Terjun Waetina memiliki 3 tingkatan dan di setiap tingkatannya membentuk sebuah kolam. Tempat wisata ini terletak di Desa Bara, Kecamatan Aerbuaya, sekitar 120 km arah Barat kota Namlea.

Air Terjun Waeura

air terjun waeura CopyAir Terjun Waeura ini menjadi salah satu ikon Kabupaten Buru, terletak di Desa Waeura, Kecamatan Waplau. Untuk menuju ke lokasi ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 60 km dari Pusat Kota Namlea atau jika mulai dari Desa Waeura, sekitar 100 m saja. Air Terjun Waeura menawarkan pemandangan yang sangat indah seolah lukisan alam dan merupakan tempat yang cocok untuk berfoto-ria dengan keindahan alam yang mempesona disini.

Air Terjun Waetele

air terjun waetele CopyAir Terjun Waetele memiliki 2 tingkatan dengan setiap tingkatan membentuk sebuah kolam. Terletak 1,5 km dari Unit 15 (Desa Waetele) Kecamatan Waeapo atau sekitar 25 km dari Kota Namlea.

Air Terjun Waprea

Air Terjun Waprea berada di Desa Waprea Kecamatan Waplau, 65 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4, tersedia fasilitas umum berupa MCK Plus dan Jembatan.

Air Terjun Bara dan Air Terjun Waeduna

air terjun bara Copyterletak di Desa Bara Kecamatan Air Buaya, sekitar 153,4 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Danau Waelapia

Tersembunyi di sisi lain Desa Waelapia di Kecamatan Kayeli, danau cantik ini memang belum banyak diketahui orang. Danau cantik ini dikelilingi oleh bukit yang harus dicapai dengan menggunakan long boat dari Kota Namlea selama 20 menit. Lokasi ini juga dapat dicapai dengan menggunakan KM Ferry Temi dari Namlea menuju pelabuhan Masarete, dilanjutkan dengan menggunakan long boat menuju Desa Waelapia, kemudian berjalan mendaki bukit yang dipenuhi ilalang dan pohon rindang.

Danau Rana

danau rana CopyDanau Rana adalah salah satu destinasi wisata Kabupaten Buru yang merupakan danau terbesar di Provinsi Maluku. Berada di ketinggian 700 m dengan beberapa dusun yang mengitarinya, antara-lain Dusun Air Dapa, Waegrahe, Waemite, Waeremang, Waemamboli dan Kaktuan. Penduduk setempat sangat ramah dalam menyambut para wisatawan. Bagi yang menyukai kuliner daerah, tempat ini sangat cocok dengan sajian makanan khas daerah yang erbahan dasar umbi-umbian dan colo-colo khas Maluku, juga ada hidangan berbahan dasar kacang-kacangan (kacang rebus, kacang oring, kue kacang) dan aneka sayur yang merupakan variasi kuliner local. Danau Rana dianggap sebagai tempat suci dan keramat oleh penduduk setempat. Airnya begitu tenang dan jernih dengan hiasan teratai yang tumbuh di atas permukaan danau makin menambah keasrian Danau Rana. Pemandangan di sekitar Danau dapat dinikmati dengan menggunakan perahu yang disewakan para penduduk local dengan tarif terjangkau.

Danau Jikumerasa

Danau Jikumerasa CopyAda di Desa Jikumerasa Kecamatan Lilialy, 13 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Bukit Tatanggo

bukit tatanggo Copyada di Desa Namlea Kecamatan Namlea, hanya 1 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

WISATA RELIGI/BUDAYA/SEJARAH

Masjid Agung Al-Buruj

Mesjid ini merupakan masjid agung dan sekaligus merupakan Islamic Center Kabupaten Buru, merupakan bangunan masjid yang sangat megah. Hal yang tak kalah menariknyaa adalah penamaan “Al-Buruuj” yaitu surah ke 85 dari Kitab Al-Qur’an yang penyebutannya hampir sama dengan nama Kabupaten Buru

Masjid Al-Habsy

Berada di Desa Waimiting Kecamatan Lilialy, 17 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Benteng VOC

Kejayaan Kayeli yang pernah menjadi Pusat Pemerintahan Belanda di Kabupaten Buru ditandai dengan berdirinya sebuah benteng yang dibangun VOC pada tahun 1785. Benteng setinggi 2,5 meter itu masih berdiri tegar.

Monumen Peltu Umar

monumen peltu umarBerada di Desa Wanareja Kecamatan Waeapo, 39 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Tugu Pendaratan TNI dan Taman Makam Pahlawan

Berlokasi di Desa Ubung Kecamatan Namlea, 8 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Bunker Jepang

Berada di Desa Lala Kecamatan Namlea, 5 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Gedung Kesenian Eks Tapol

gedung kesenian Copy Copy

Berada di Desa Savana Jaya Kecamatan Waeapo, 20 Km dari Pusat Kota Namlea

WISATA AGRO

Bukit Putri

ada di Desa Waetele Kecamatan Waeapo, 40 Km dari Pusat Kota Namlea. Wisata Agro ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Waitabi

Terletak di Desa Waspait Kecamatan Fena Leisela, 80 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4, fasilitas yang ada: Resort (Penginapan), Gedung temuan, Kantor, Rumah Makan, dan Gazebo.

Kebun Buah Naga

Berlokasi di Desa Grandeng Kecamatan Lolong Guba, 50 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4

Kebun Rambutan

Berada di Desa Waegeren Kecamatan Lolong Guba, 40 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Kebun Jeruk

Terletak di Desa Grandeng Kecamatan Lolong Guba, 50 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Persawahan

Berada di Desa Wanareja Kecamatan Waeapo, 39 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh  dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Area Panen Raya

Berada di Desa Mako Kecamatan Waeapo, 39 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4, fasilitas yang ada: Balai Pertemuan.

 No.  Nama Usaha/ Business Name  Pemilik/ Usia
Owner/Age 
Alamat & No. HP/Address &
Cell-phone No. 
 Luas
Areal/
Area
1.  Kebun Buah Naga/Dragon Fruit Orchard   Bp. Sarji / 63 Thn Unit 11  Desa Grandeng, RT 05/RW 02, No. HP.
085330358936
 2 H
 2.  Kebun Buah Jeruk/Orange Groves Bp. Marjani / 49 Thn Unit 11  Desa Grandeng, RT 05/RW 02  3/4 H
 3.  Kebun Buah Jeruk/Orange Groves Bp. Sugito / 50 Thn Unit 11  Desa Grandeng, RT 05/RW 02  3/4 H
4.  Kebun Buah Jeruk/Orange Groves  Ibu Lamiran / 60 Thn Unit 11 Desa Grandeng, RT 05/RW 02  3/4 H
 5. Kebun Buah Durian Montong/ Montong Durian Orchard Bp. Sumardi / 60 Thn Unit 11 Desa Grandeng, RT 05/RW 02  3/4 H
 6. Kebun Buah Durian Montong/ Montong Durian Orchard   Bp. Suprayetno / 48 Thn Unit 11, Desa Grandeng, RT 05/RW 02  3/4 H
 7.

Kebun Buah Jambu Batu + Belimbing manis/Guava and
Sweet Star-fruit Orchard
Bp Chandra  Wainibe, Kec. Fenaleisela  1/2 H
8.

Kebun Buah Durian Montong + Lengkeng + Rambutan/
Montong Durian, Longan and Rambutan Orchard
Bp Chandra  Wainibe, Kec. Fenaleisela  1 H 
WISATA ZONA KREATIF DAN TAMAN KOTA

Bendungan Waegeren

Terletak di Desa Tifu Kecamatan Waeapo, 45 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Taman Bupolo

Berada di Desa Namlea Kecamatan Namlea, di Pusat Kota Namlea.

Lapangan Tong Lima

Berlokasi di Desa Air Buaya Kecamatan Air Buaya, 95 Km dari Pusat Kota Namlea, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Simpang Lima

Berada di Desa Namlea Kecamatan Namlea, di Pusat Kota Namlea.

Bundaran RH

Berada di Desa Namlea Kecamatan Namlea, di Pusat Kota Namlea.

WISATA KULINER

Colo Colo

Sambal khas ini dibuat dari tomat muda, bawang merah dan cabe rawit yang diiris tipis lalu diberi taburan garam dan disiram jeruk nipis, tanpa diulek. Sambal colo-colo ini juga dapat dibubuhi daun
kemangi, irisan kenari mentah atau rarobang, dan yang menyukai bisa ditambahkan kecap manis.

Ikan Kuah Kuning

Lezatnya Kuah kuning ini sudah dikenal sejak berabad lalu, bahkan juga selalu disajikan kepada para tamu yang datang ke Kabupaten Buru. Kuahnya terasa sangat segar, juga rasa asam yang bercampur dengan rasa pedasnya cabai. Ikan kuah kuning ini biasanya disajikan dengan urap daun papaya, ikan kakap merah bakar dan sambal bekasang yang dibuat dari ikan cakalang tumbuk.

Ikan Asap

Keunikan ikan asar tidak hanya pada cara memasaknya, cita rasanyapun mengundang selera. Gurihnya daging ikan asap dan aroma yang begitu menggugah selera terpancar dari tiap sisi ikan yang dihidangkan. Ikan asar sangat cocok dinikmati dengan pelengkap nasi panas dan sambal colo-colo.

Papeda

Merupakan makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan makanan khas Papua. Papeda merupakan makanan yang kaya serta, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi.

Kopi Simpang 5

Perpaduan dari berbagai rempah menambah citarasa tersendiri bagi para penikmat kopi dan sangat pas bila disandingkan dengan gorengan. Warung Kopi Simpang-5 buka 24 jam berada di Pusat Kota Namlea.

Abon Ikan Tuna

Abon yang dibuat dari ikan tuna yang diolah sedemikian rupa ini memiliki karakteristik yang kering, renyah dan gurih. Olahan abon ikan ini mempunyai bentuk yang lembut, rasa yang enak, bau yang khas
dan mempunyai daya simpan yang relatif lama.

Waji Hotong

Merupakan makanan pokok khas Kabupaten Buru yang sekilas mirip dengan gandum. Namun Hotong memiliki rasa yang lebih khas, tekstur yang lebih besar daripada gandum dan tentunya mengandung
karbohidrat yang sangat dibutuhkan tubuh sebagai pembangun tenaga. Karena keunikannya makanan ini biasanya disajikan pada acara-acara tertentu.

Gula Aren

Gula aren adalah sejenis gula alami yang dibuat dengan menggunakan bahan alami dari pohon aren.

Biji Jambu Mete

Bagian biji dari tanaman jambu mete atau yang sering dikanal dengan nama kacang mede ini banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai salah satu camilan yang lezat. Selain itu juga sering digunakan sebagai penghias makanan atau kue.

Sate Kambing Dahlia

Sate kambing adalah sejenis makanan sate terbuat dari daging kambing. Daging kambing tersebut disate (ditusuk dengan bambu yang dibentuk seperti lidi yang agak besar) dan dibumbui dengan rempah-rempah dan bumbu dapur, kemudian dibakar. Penyajiannya disajikan bersama tomat dan bawang merah yang diiris tipis kemudian diberi kecap dan ditambahkan taburan merica.

Ikan Bakar Angin Mammiri

Keunikan ikan asar tidak hanya pada cara memasaknya, cita rasanyapun mengundang selera. Gurihnya daging ikan serta campiran bumbunya membuat aroma yang begitu menggugah selera terpancar dari tiap sisi ikan yang dihidangkan. Ikan bakar sangat cocok dinikmati dengan pelengkap nasi panas dan sambal colo-colo.

SENI DAN BUDAYA

Wilayah Kabupaten Buru didiami oleh sebagian besar Suku Buru (Geba Buru) yaitu sebuah kelompok etnis yang juga menyebut diri mereka Gebfuka atau Gebemliar yang secara harafiah berarti “Orang Dunia”, atau “Orang Tanah”. Orang Buru terkait dengan kelompok antropologi Indonesia Timur dan dari titik etnogra⁰s pandang yang sama dengan masyarakat adat lain dari Kabupaten Buru dan mereka berbicara dalam bahasa Buru.

Seni dan Budaya Kabupaten Buru tidaklah terlepas dari seni dan budaya wilayah Maluku pada umumnya, sebagai contoh dengan Tarian Cakalele yang mengisahkan keperkasaan putera-puteri Buru dalam sebuah peperangan. Konfigurasi tarian dari 2 orang laki-laki dengan menggunakan alat tarian berupa parang dan tombak serta menggunakan alat pengiring yang disebut toba (tifa). Tari Sawat Pesisir yang  menggambarkan keramah-tamahan masyarakat Buru dalam menyambut kedatangan tamu-tamu kehormatan daerah. Alat music yang digunakan dalam mengiringi tarian ini yaitu Tifa (gendang), Tifak Sawat (beduk kecil) dan suling bambu.

Penduduk Kabupaten Buru sebagian besar menganut agama Islam (117.401 orang), kemudian disusul agama Protestan (8.472 orang), Katolik (1.411 orang), Hindu (789 orang), Buddha (48 orang) dan Konghuchu (44 orang). Sarana peribadatan yang ada di Kabupaten ini adalah 120 mesjid, 111 mushola, 32 gereja Protestan, 10 gereja Katolik, 11 Pura dan 1 Vihara.

Kunjungan Wisatawan

Kunjungan Wisatawan pada tahun 2016 mencapai 27.122 orang dengan rincian Wisatawan Mancanegara 240 orang, sedangkan Wisatawan Nusantara 26.882 orang. Sedangkan pada tahun 2017 tercatat kunjungan Wisatawan sebanyak 40.660 orang dengan rincian Wisatawan Mancanegara 315 orang dan Wisatawan Nusantara 40.345 orang.

Aksesibilitas

Untuk ke Kabupaten Buru, pengunjung menggunakan transportasi laut dan udara melalui kota Ambon. Transportasi laut yang dapat digunakan yaitu kapal besar seperti KM. NGAPULU dan KM. DOROLANDA, namun kapal-kapal ini biasanya dua minggu sekali baru bisa ke Namlea, karena rute perjalanannya panjang yaitu Jakarta – Sulawesi – Ambon – Namlea. Biaya transportasi pulang pergi menggunakan kapal ini untuk rute Ambon Namlea yaitu sebesar Rp. 100.000 per orang dengan waktu perjalanan selama 5 jam. Selain kapalkapal besar bisa juga menggunakan kapal-kapal kecil yang banyak tersedia seperti KM. CANTIKA LESTARI 99 dengan tarif pulang pergi Rp. 120.000 per orang dengan waktu tempuh 5 jam. Selain itu pengunjung juga dapat menggunakan Alternatif lain yaitu KM. FERI yang setiap hari pasti ada, namun perjalanan yang ditempuh sekitar 6-7 jam (Ambon-Namlea) dengan tarif Rp 65.000 untuk kelas ekonomi, Rp 120.000 untuk kelas bisnis dan Rp 165.000 untuk kelas VVIP per orang.

PENDUKUNG KEGIATAN PARIWISATA

Bandara

Jika melalui udara, dapat melalui Bandara Udara Namniwel yang berjarak 20 Km dari kota Namlea merupakan bandara utama di Kabupaten Buru dengan waktu tempuh 30 menit dari Kota Namlea, menggunakan pesawat Wings Air. Jadwal penerbangan setiap hari dengan rute Ambon - Namlea jam 06.30 - 07.00 WIT dan rute Namlea - Ambon 07.25 - 08.00 WIT.

 

Pelabuhan

Pelabuhan laut Namlea melayani penyandaran kapal penumpang, kapal pelayaran rakyat, ferry dan kapal barang.

Perbankan

Di Kabupaten ini terdapat beberapa kantor bank yang operasional, yaitu:

  • BRI KCP Pulau Buru: Jl. Bunga Cengkeh, Kota Namlea, Telpon: (+62913)-21484;
  • Bank Mandiri Mako (Waegeren, Waeapo);
  • BRI Namlea; 
  • Bank Maluku Malut KCP Mako (Jl. Gatot Subroto No.26, Desa Waenetat, Mako, Waenetat, Waeapo); 
  • Bank Mandiri Ambon, Namlea (Jl. Sakura, Namlea, Buru Utara Timur); 
  • Bank Maluku ATM Kantor Bupati Buru (Jl. Ahmad Yani, Namlea); 
  • BRI Unit Namlea; 
  • BRI Unit Mako (Waeapo); 
  • Bank Maluku Namlea (Jalan Abd Bin Thalib, Namlea); 
  • KCP Bank Maluku (JL. Bunga Cengkeh, Namlea); 
  • BPD Maluku (JL. Sakura, Namlea); 
  • BNI Namlea (Jl. A. Yani, Namlea); 
  • Bank Mandiri Cabang Waeapo; 
  • Bank Modern Express (Jl. A. Yani, Namlea)

Hotel/Penginapan/Homestay

DATA USAHA HOTEL/PENGINAPAN/HOMESTAY KABUPATEN BURU TAHUN 2018
DATA OF HOTEL/INN/HOMESTAY BURU REGENCY YEAR 2018

 NO.   NAME Pemilik/
Owner
Alamat & No.HP/
Address & Cell
Phone No.
 LOCATION 
 1  WRB Bp.Chandra Wainibe
Kec. Fenaleisela
Ac+Kipas Angin, Tv Kulkas,Kamar Mandi +Wc, Kursi, Meja Rias+Lemari, Westafel
 2 Hotel Awista  H. Djuita Baharudin Jln Dermaga Ac, Tv, Meja Hias, Kursi, Meja+Lemari, Kamar Mandi+Wc



Hotel Grand Sarah Hj. Eta Hentihu Bandar Angin
‘085243015971
Ac, Tv , Meja Hias,Kursi, Westafel, Lemari,Kamar
Mandi+Wc Air Panas, Wifi
4  Ina Permai Tour and Travel M. Waikabu, Sh Bandar Angin Ac, Tv, Lemari, Kamar Mandi+Wc, Air Panas Wifi
Penginapan Isna Nuraini Sulaiman Jln Iqra Buru 082197580070 Ac, Tv, Lemari, Kamar Mandi+Wc, Dalam Air Panas
 6 Penginapan Dua Putra  Sari Nema Jln Kebun Jati
085244740144
Ac, Tv, Lemari, Kamar Mandi+Wc Dalam
 7 Penginapan Rela 

Rosna Pesilete Jln Sd Unggulan
085243698682
Ac, Tv, Lemari, Kamar Mandi+Wc Dalam
 8 Penginapan Laila Ahmad Assagaf Jln Bandar Angin Ac, Tv, Lemari, Kamar Mandi+Wc Dalam
 9 Penginapan Awistai  Bambang Riyadi Jln Dermaga Ac, Tv, Lemari, Kamar Mandi+Wc Dalam
 10 Penginapan Senyum Bupolo   Ahmat Nurlatu Batu Angus.

Ac, Tv, Lemari,Kamar Mandi+Wc Dalam
Kipas,Tv \,Lemari,Kamar Mandi+Wc
11

Tectona Home Stay 

Ir. S. P. C. Wisesa Derfas Ac, Tv, Lemari, Kamar Mandi+Wc Dalam
Kipas, Tv, Lemari, Kamar Mandi+ Wc
12 Penginapan Haider 

Farai Alamudin Jln Flamboyan
081344098132
Ac, Tv Kamar Mandi+Wc Dalam
Kipas , Kamar Madi+Wc
13 Penginapan Silta Fitria Elly Lala
085243021110
Ac, Tv Kamar Mandi Dalam+Wc
Kipas, Tv, Kamar Mandi Dalam+Wc
14 Penginapan Mami Medan  Tiur Maulina Jln Ahmad Yani
‘081363051295
Ac, Tv Kamar Mandi Dalam+Wc
Kipas Tv Kamar Mandi Dalam+Wc
Kipas Dan Kamar Mandi+Wc
15 Penginapan Setya 

Djafar Bugis Jln Ahmad Yani
08525466697
Kipas, Tv Dan Kamar Madi Luar+Wc
16 Penginapan Rama 

Dr. A. M. Laitupa Jln Pendidikan
081290840204
Kipas, Kamar Mandi Dalam+Wc
Kipas Kamar Mandi+Wc Luar
17 Penginapan Edwin Yahya Fakaubun Banda Angin
082197901263
Ac, Tv Kamar Mandi+Wc Dalam
Kipas Dan Kamar Mandi,Wc Dalam
18 Peninapan Wisma Kita Abidin Jln Pendopo Bupati
081267399967
 Ac, Tv, Wifi, Kamar Mandi+Wc Dalam, Air Panas
Ac, Tv, Wifi, Kamar Mandi+Wc Dalam
Kipas ,Tv Kamar Mandi+Wc Dalam
19 Penginapan Delta 


Salem Mukadar Jln Simpang Lima
‘0823399122040
Ac, Tv Kamar Mandi+Wc Dalam
Kipas, Tv Dan Kamar Madi+Wc Dalam
Kipas, Tv, Kamar Mandi+Wc Luar
20 Penginapan Duta Nusanara Hong Dianto Fredi Jln Pasar Lama
085254327357
Ac, Tv,Kamar Mandi+Wc Dalam
Kipas Angin Dan Kamar Mandi+Wc Dalam
21 Penginapan Germania Halima Samet Jln Baru Sd 1
085244582290
Ac, Tv Kamar Mandi+Wc Dalam
Kipas Angin Dan Kamar Mandi+Wc Dalam
22 Penginapan Aktin Mega Pasar Inpres
081247052773
Kipas Angin Dan Kamar Mandi+Wc Luar
23 Penginapan Salapeni Wel Mansur Blkng Puja Sera
085343223384
Ac, Tv Dan Kamar Mandi Dalam+Wc
24 Penginapan Asrika 

Hj Nur Alam Blakang Pujasera
082248978338
Kipas , Kamar Mandi+Wc
25 Penginapan Garuda

Emi Lim Selamas Jln Kenanga
082238851198
Ac, Tv, Kamar Mandi+Wc
Kipas, Kamar Mandi+Wc
26 Penginapan Rahmin  La Tinga Batu Angus
08124011625
Ac, Tv Kamar Mandi Dalam+Wc
Kipas, Tv Dan Kamar Mandi Dalam+Wc
27 Penginapan Dua Putra   Saripa Nema Batu Angus  Ac , Tv , Kamar Mandi Dalam+Wc
28 Rian Lestati/ Rizal 


Maryatun Waenetat
085243518686
Ac, Kamar Mandi+Wc
29 Satu Putri  Warsih Waenetat
085254223960
Kipas, Kamr Mandi+Wc
30 Lestari Kamsono Waenetat /Flamboyan
081343464555
Kipas, Kamr Mandi+Wc
31 Puri Vino  Vino Nurlatu Waenetat
082138901978
Kipas, Kamr Mandi+Wc
32 Waeapo Indah 


Hj. Sahadi Waenetat / Flamboyan
085244615110
Kipas, Kamr Mandi+Wc
33 Astri 

Santoso Waenetat
081247476700
Kipas, Kamr Mandi+Wc
34 Puri Indah  Suwati Waenetat
085243145820
Kipas, Kamr Mandi+Wc
35 Home Stay “Ako”   Adji Hentihu 82248069481 Kamar Mandi,Wc
Notes: AC means Air Condition; Kulkas means Refrigerator; Kamar Mandi Dalam means bathroom inside the room; Kipas angin means fan; Kursi means Chair; Meja rias means Dressing table; Lemari means cupboard; Westafel means washbowl; Kamar mandi luar means bathroom outside the room.Penginapan means Inn.

 

Restoran

Toko Cinderamatadan Oleh-Oleh di Kabupaten Bone Bolango, antara lain:

 NO.  Nama Usaha/
Name of
Business
Pemilik / Usia
Owner / Age
Alamat & No. HP /
Address & Cell Phone No.
Fasilitas /
Facility
 1 Resto Alexis   Endang Mahulete JL. kantor Bupati 082199812444 AC, TV, Sound system, wastafel
 2 Resto Citra Wangi    Sutrisno JL. Dermaga 081343078150 AC, wastafel, TV
 3 Resto Citra Wangi    Sutrisno Waekasar 081343313381 AC, wastafel, TV
 4 Paparisa Awista    Juwita Baharudin JL. Dermaga 082238717371 TV, Wifi, wastafel
 5 RM. Angin Mamiri    Jamaludin JL. Dermaga 82199555530 TV, Sound system, wastafe
6 RM. Rajawali   Bapak Dedi Pasar Lama 081344412750  AC, TV, Sound system, wastafel, Wifi
7 RM. Ayah 1 Ulfandri JL. Simpang Lima 081343367077  kipas angin, TV, wastafe
8 RM. Ayah 3 Ulfandri JL. Pilar 081343367077 kipas angin, TV, wastafel
9 RM. Ayah Bawah 1 Harlasman Samping POM 085344242222 kipas angin, TV, wastafel
10 RM. Ayah Bawah 2 Harlasman JL. Pelabuhan Kecil
085344242222
kipas angin, TV, wastafel
11 RM. Ayah Samping BNI Zaitun Ikhlas Samping BNI 081343325700 kipas angin, TV, wastafel
12 RM. Ayah Baru Ade Candra JL. Baru 092199123474 kipas angin, TV, wastafel
13 RM. Aroma Makasar HJ. Nasiba Depan Hasrat kipas angin, TV, wastafel
14 RM. Surabaya Ibu Eni Miftacaul
Izah
Belakang TPA
08534400
kipas angin, TV, wastafel
15 RM. Ibu Mega HJ. Juleha Saulatu JL. Bandar Angin
085244778379
TV, kipas angin
16 RM. Dahlia Ibu Rinawati 16   Simpang Lima 082199012060  TV, kipas angin
17 RM. Pendowo Sunardi Edi Susanto Daeler Honda BTN
08222325437
TV, kipas angin
18 RM. Supira Ibu Wa Ari BTN Tatanggo
08124050446
TV, kipas angin
19 RM. Bismillah Didi Purwanto Bundaran RH 082198900336 TV, kipas angin
20 RM. Joglo Sudibyo JL. Jiku Kecil 082198900972  TV, Wifi, wastafe
21 RM. Lamongan Tumpeng suratmin JL. Bundaran RH
081247061040
TV, kipas angin
22 RM. SS Hasna R Belakang TPA
085243809868
TV, kipas angin
23 RM. Al Amin Barokah La Moni  Simpang Lima 081343355201 TV, kipas angin
24 RM. Timlo Mas Rian Belakang TPA 081248697111 kipas angin
25 RM. Dewi Asih Asih Sunarsih 082248990448  TV, sound system,wastafe
26 RM. Salinu 1  Sutoyo  JL. Baru 2 081340975695 TV, kipas angin
27 RM. Salinu 2 Mujiyanti JL. Kantor Dewan
082199410779
TV, kipas angin
28 RM. Sumatra Syahril Muin Pasar Inpres 082238121705 TV, kipas angin
29 RM. Pojok Kerta Jaya Ibu Siti RM. Pojok Kerta Jaya TV, kipas angin
30 RM. Bundaran Supriharyono 30  JL. Bundaran
082238810404
TV, kipas angin
31 RM. Ciremai Ibu Firtia JL. Bundaran
081344072118
TV, kipas angin
32 RM. Ria HJ. Riani Depan Hasrat
082198877020
TV, kipas angin
33 RM. Kukuruyuk Rustam Efendi BTN dermaga 082239025417 TV, kipas angin
34 RM. Ayam Bakar 16 Ankes Sholati BTN Dermaga 082238839989 TV, kipas angin
35 RM. Upin ipin Nurfaid Depan RH 082143530408 kipas angin
36 RM. Ternate Roslina JL. Pilar 08216841509  TV, kipas angin
37 RM. Ezza Sugito Belakang TPA
085203419388
TV, kipas angin
38 RM. Barokah
lamongan
Bapak Fadlan JL. Rara 085254785419 TV, Kipas Angin
39 RM. Lesehan Putri
Kembar
BP. Ali Rahmad Waekerta 085344186009 Kipas Angin
40 RM. Ratu Ayam  Ibu Sri Lestari Flamboyan 082198451999  
41 RM. Ayah Atas Ulfandri Mako 081343367077  Kipas Angin
42 RM. Risky  Ibu Sami Waenetat 082238148480 Kipas Angin
43 RM. Surya Suryati Waekerta  
44 RM. Bundo Bp. Zainal Chan Unit 11, Desa Grandeng Kipas Angin & TV
45 RM. Arto Moro Ibu Sulastri / 32 Thn Unit 11, Desa Grandeng Kipas Angin & TV
46 RM. Restu Mama Ibu Nuraini / 35  Thn Unit 11, Desa Grandeng Kipas Angin & TV
47 Kedai Rakdjat Bp. Hermawan
Trisatya / 26 Thn
Unit 5, Desa Wanakerta Kipas Angin & TV
48 RM. Pak Kumis Ibu Wiharni Unit 17, Desa Parbulu  
49 RM. Awista  Ibu Diana Unit 17, Desa Parbulu  
50 RM. Arema Pink Bapak Takim Bapak Takim Unit 18, Desa Debowae  
51 RM. Ayu Ibu Sutiani Unit 18, Desa Debowae  
52 RM. Sederhana Ibu Nur Unit 18, Desa Debowae  
53 RM. Miyatun Ibu Minyatun Unit 1 8, Desa Debowae  
54 Warung Makan Pinisi Ibu Herlina JL. Baru 081343283955  Kipas Angin & TV
55 Warung Riski Bp. Suryono Flamboyan Kipas Angin
56 Warung Sahabat Nanang Savana Jaya 082248978049  
57 Warung Makan Rahmadi Flamboyan 085243562499  
58 Warung Pojok Ibu Resum Waekerta 082238720300 Kipas Angin
59 Warung Ibu Cendol Ibu Faisem Waetele  
60 Nasgor Jakarta Bp Rahmadi Flamboyan 082187580550  
61 Warkop Simpang
Lima
Slamet Sudarmajo Simpang Lima
081527716760
Kipas Angin & TV
62 Warkop Bento   Slamet Sudarmajo Depan Kampus 081527716760  
63 Warkop Ibu Yati Waekerta 081240238590  
Notes: Resto means Restaurant; RM is abbreviation of Rumah Makan means Dinning House; Warung means Food-stall

Balai Pertemuan

DATA BALAI PERTEMUAN / DATA OF MEETING HALL
KABUPATEN BURU / BURU REGENCY

 NO.  Pemilik / Usia
Owner / Age
Alamat & No. HP /
Address & Cell Phone No.
Fasilitas / Facility Ket / Note
 1 Hj. Eta Aisyah Hentihu   Jln.Ahmad Yani Namlea Ac, sound system, Kursi+Meja Tamu  
 2 Duwita Halija Bahrudin,ss  Jln. Dermaga Namlea  Ac, sound system, Kursi+Meja Tamu  
 3 Ade Tasmia. Tomia Jln. Mesjid Raya Namlea  Ac, sound system, Kursi+Meja Tamu  
 4 PEMDA Kantor Bupati / Regent Office Ac, sound system, Kursi+Meja Tamu, layar infokus  
 5 PEMDA Kantor BKD / BPD Office Ac, sound system, Kursi+Meja Tamu, layar infokus  
6 Bp. Chandra Wainibe Kec. Fenaleisela  Ac, Sound System, Kursi + Meja Tamu, Kipas angin  
7 Bp. Chandra Wainibe Kec. Fenaleisela Ac, Sound System, Kursi + Meja Tamu, Kipas angin, Meja bartender  
Notes: Kursi + Meja Tamu mean Guest Chair and table

Layanan Kesehatan

DATA JUMLAH RUMAH SAKIT DAN PUSKESMAS / DATA OF HOSPITAL AND PUBLIC HEALTH CENTER
DI KABUPATEN BURU / BURU REGENCY TAHUN/YEAR2018

No.  Nama Rumah Sakit/ Puskesmas
Name of Hospital and Public Health Center
(Puskesmas) 
Alamat
(Kecamatan)/
Address (District) 
Fasilitas / Facility  Keterangan /
Note 
 1  RSUD NAMLEA   NAMLEA    
 2  PUSKESMAS NAMLEA  NAMLEA    
 3  PUSKESMAS JIKUMERASA   LILIALY    
 4  PUSKESMAS KECAMATAN WAPLAO   WAPLAO    
 5  PUSKESMAS WAMLANA   FENA LEISELA    
 6  PUSKESMAS AIR BUAYA   AIR BUAYA    
 7   PUSKESMAS MAKO   WAEAPO    
8 PUSKESMAS KUBALAHIN  LOLONGGUBA    
9 PUSKESMAS KAIYELI   TELUK KAIYELI    
10 PUSKESMAS DEBOWAE  WAILATA    
11 PUSKESMAS ILATH  BATABUAL    
Notes: PUSKESMAS is abbreviation of Pusat Kesehatan Masyarakat means Public Health Center (PHC)

Souvenir

DATA USAHA SOUVENIR / DATA OF SOUVENIR BUSINESS
KABUPATEN BURU / BURU REGENCY TAHUN/YEAR 2018

No.  Nama Usaha /
Name of Business
Pemilik / Owner Alamat & No. HP /
Address & Cell-Phone No.
Fasilitas /
Facility
Keterangan /
Note 
 1 Toko/ Shop Rajawali Dedi Hongdiyanto  Jalan Flamboyan, Namlea    
 2 Toko/ShopGoza  Abang Kong  Jalan Sakura, Namlea    

Biro Perjalanan Wisata

DATA BIRO PERJALANAN WISATA / DATA OF TRAVEL BUREAU
KAB. BURU TAHUN 2018 / BURU REGENCY YEAR 2018

No.  Nama Usaha /
Name of Business
Pemilik / Owner Alamat & No. HP /
Address & Cell-Phone No.
Fasilitas /
Facility
Keterangan /
Note 
 1 TRAVEL AYU MIRELA ANIRUDIN HASRI NAMLEA    
 2 TRAVEL AZZAMULTI ANRDRI KAMALUDIN NAMLEA    
  PT. NOERRIFAH PERDANA M.RIDWAN SUPRIATNA NAMLEA    
  PT PELNI CABANG NAMLEA PELNI NAMLEA    
  AGUS TRAVEL BAPAK JERRY UNIT 17, DESA PARBULU    

Usaha Salon

DATA USAHA SALON / DATA OF BEAUTY PARLOUR
KAB. BURU TAHUN 2018 / BURU REGENCY YEAR 2018

No.  Nama Usaha /
Name of Business
Pemilik / Owner Alamat & No. HP /
Address & Cell-Phone No.
Fasilitas /
Facility
Keterangan /
Note 
 1 Salon Alya Alya Namlea  Kipas Angin & TV  
 2 Salon Avika Avika Namlea  Kipas Angin & TV  
 3 Salon Ayu Ayu Hanafi Namlea  Kipas Angin & TV   
 4 Salon Ayu Ayu Indah Sari Namlea  Kipas Angin & TV   
 5 Salon Ati Ati Namlea  Kipas Angin & TV   
 6 Salon Marscel Murni Namlea  Kipas Angin & TV   
7 Salon Jen Jen Namlea  Kipas Angin & TV   
8 Salon Ria Fatma Idrus Namlea  Kipas Angin & TV   
9 Salon NON S. Non Namlea  Kipas Angin & TV   
10 Salon Maya Nurmaya Ahmad Namlea  Kipas Angin & TV   
11 Salon Linda Linda Namlea  Kipas Angin & TV   
12 Salon Lani Lani Namlea  Kipas Angin & TV   
13 Salon Ririn Ririn Namlea  Kipas Angin & TV   
14 Salon Anggi Anggi Namlea  Kipas Angin & TV   
15 Salon Mona Maimuna Namlea  Kipas Angin & TV   
16 Makota Salon Ibu Siti Jaria Desa Waikerta, 085201136344  Kipas Angin  
17 Yati Salon Ibu Yati Unit 5, Wanakerta, HP 0823984994  Kipas Angin & TV  
18 Salon Srikandi Pak Ari Unit 17, Desa Parbulu  Kipas Angin  
19 Salon Wati Ibu Wati Unit 18, Desa Debowae  Kipas Angin & TV   

Billyard

DATA USAHA BILLYARD / DATA OF POOL HOUSE
KAB. BURU TAHUN 2018 / BURU REGENCY YEAR 2018

No.  Nama Usaha /
Name of Business
Pemilik / Owner Alamat & No. HP /
Address & Cell-Phone No.
Fasilitas /
Facility
Keterangan /
Note 
 1 Billyard Criyan Risal Muin  Jl. Baru Nametek 2 Meja  Aktif 
 2 Billyard Griyan Iyan  Jl. Samping Kampus  3 Meja  Aktif
 3 Billyard Hendra Jaya Hendra  Simpang 5 Namlea 6 Meja Aktif
 4 Billyard Kelvin Kelvin  Simpang 5 Namlea 6 Meja Aktif
 5 Billyard Turun Naik Iskandar  Jl. Kenanga 3 Meja Aktif
 6 Billyard One Iwan  Jl. Barusalinu 5 Meja Aktif


Karaoke

DATA USAHA KARAOKE / DATA OF KARAOKE LOUNGE
KAB. BURU TAHUN 2018

No.  Nama Usaha /
Name of Business
Pemilik / Owner Alamat & No. HP /
Address & Cell-Phone No.
Fasilitas /
Facility
Keterangan /
Note 
 1 Karaoke 69 Ronal Taihutu  Jl. pasar Baru Kipas Angin  Aktif 
 2 Karaoke Diva Ismail  Jl. Pasar baru Kipas Angin Aktif
 3 Karaoke Silta Fitria Elly  Jl. Pasar baru Kipas Angin Aktif
 4 Karaoke New Franky S. Lokopesy  Jl. Baru Kipas Angin Aktif
 5 Karaoke Dinasti Mariam N Soulisa  Jl. DPR Kipas Angin Aktif
 6 Karaoke Alexis Endang Mahulete  Jl. DPR Kipas Angin Aktif

N

Cafe

DATA USAHA CAFÉ / DATA OF CAFÉ
KAB. BURU TAHUN 2018 / BURU REGENCY YEAR 2018

No.  Nama Usaha /
Name of Business
Pemilik / Owner Alamat & No. HP /
Address & Cell-Phone No.
Fasilitas /
Facility
Keterangan /
Note 
 1 Cafe De Ol One Iwan Hendrawan  Jl. Baru Nametek, Kec. Namlea AC, Kipas Angin, Wifi  Aktif 
 2 Cafe Studio Sini Hartini Sarifuddin  Jl. Flamboyan, Kec. Namlea AC, Kipas Angin, Wifi Aktif
 3 Cafe Terapung Arsad Bugis  Jl. Pelabuhan Lama, Kec. Namlea AC, Kipas Angin, Wifi Aktif
 4 Cafe Ako Adji Hentihu  Jikumerasa, Lilyaly 082248069481 Sound System,Kipas Angin Aktif
 5 Cafe Markas Rio  Jl. Pendopo Wakil, Kec. Namlea Sound System, Kipas Angin Aktif
 6 Roch Royal  Fino  Jl. Pasar Lala AC, Kipas Angin, Sound System, Wifi  Aktif

KALENDER KEGIATAN PARIWISATA

Peluncuran Kalender Pariwisata dilakukan oleh Pemda Bone Bolango melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan mengusung jargon Bone Bolango Legenda Pariwisata Alam di Provinsi Gorontalo. Semua kegiatan Bone Bolango terkait dengan promosi, wisata, perdagangan, budaya dan sebagainya akan disusun menjadi satu kalender tahunan. Pada bulan April mendatang itu akan ada event Pesona Pinogu, Pinogu Adventure, Festival Budaya Pinogu, Kuliner Pinogu, Pinogu Off Road, Porkab, dan open turnamen bulu tangkis. Selanjutnya pada bulan Mei akan ada event Bone Bolango Expo, lomba fotografi, pemilihan Nou dan Uti, Pesona Olele, Minum Kopi Organik Massal, Lomba Cipta Menu. Pada bulan Mei dan Juni juga akan ada event Gebyar Ramadhan dan Festival Tumbilo Tohe.

 NO MONTH  EVENT 
 1  January  Festival of Orphans
 2  February  Lake Perintis Dangdut Festival
 3  March  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)
 4 April   Regency Sports Week (PORKAB)
 5 May  Gebyar Ramadhan and Tarawih Tour
 6  June   Gebyar Ketupat Lebaran
 7   July   Bone Bolango Fair, Pinogu Adventure , Cooperative Day
 8 August  Gebyar of Independence Day, Goes Bonebol
 9 September   Healthy Bonebol, HP Cup Tournament, Bonebol 10K
 10 October   Bone Bolango Expo, Dive Olele, Lake Perintis Fishing Mania, Fruit Tourism.
 11 November   Creative Bone Bolango, the Tent of the Youth, Creating Menu Contests
 12 December   People Festive and Dzikir in the End of the Year
Back to top
Go to bottom
iden
200045
TodayToday218
YesterdayYesterday1140
This_WeekThis_Week2613
This_MonthThis_Month23864
All_DaysAll_Days200045

Free Joomla! template by L.THEME