Kabupaten Maluku Tenggara Barat
Kabupaten Maluku Tenggara Barat

logo mtb

tanimbar

SAMBUTAN

Sambutan Bupati

SAMBUTAN BUPATI MALUKU TENGGARA BARAT
bupati mtb

PETRUS FATLOLON, SH. MH.

Puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat dan tuntunan-Nya sehingga sebuah buku panduan wisata yang berjudul “Travel Guide to Tanimbar” dapat diselesaikan dan dapat digunakan sebagai informasi bagi para wisatawan baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan Mancanegara yang berkunjung ke Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Bumi Duan Lolat.

Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang terletak pada gugusan Kepulauan Tanimbar memiliki beragam obyek wisata yang tersebar di seluruh desa dan kecamatan yang masing-masing memiliki keunikan dan keindahan yang menjadi daya tarik yang luar biasa jika ditata dan dikembangkan secara baik.

Sejalan dengan Visi “Mewujudkan Masyarakat Maluku Tenggara Barat yang Cerdas, Sehat, Berwibawa dan Mandiri”, maka prioritas untuk mengembangkan Sektor Pariwisata di Kabupaten Maluku Tenggara Barat tentu akan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi peningkatan taraf hidup masyarakat melalui berbagai peluang usaha masyarakat serta kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya.

Penerbitan buku “Travel Guide to Tanimbar”ini akan menjadi bahan promosi dan referensi bagi para wisatawan untuk dapat mengenali berbagai potensi dan daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara Barat serta akan sangat membantu dan bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan, khususnya bagi para Investor yang ingin berinvestasi di daerah ini.

Akhirnya saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya secara maksimal dalam pembuatan buku ini, khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Semoga buku panduan ini dapat bermanfaat bagi setiap orang yang menggunakannya.
Terima kasih.

Sambutan Kepala Dinas

SAMBUTAN KEPALA DINAS PARIWISATA KABUPATEN MALUKU TENGGARA BARAT

 kadis mtb

Ir. M. BATLOLONA, MT.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas Kasih dan Anugerah-Nya kami dapat menyusun dan menerbitkan buku panduan pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan judul “Travel Guide to Tanimbar”. Buku panduan ini merupakan sarana informasi kepada wisatawan baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan Mancanegara serta para pelaku industri pariwisata yang ingin berinvestasi di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Buku ini berisi gambaran umum tentang berbagai potensi dan daya tarik wisata beserta atraksi wisata yang ada di di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, selain itu juga berisi informasi ketersediaan fasilitas pendukung jasa pariwisata seperti transportasi, sarana pemerintahan, pelayanan kesehatan, komunikasi, perbankan, hotel, restoran, sarana hiburan, dan sebagainya.

Letak Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang sangat strategis yang berbatasan langsung dengan Australia dan Negara Timor Leste, member peluang yang sangat besar bagi peningkatan arus kunjungan wisatawan. Kondisi ini tentu berpeluang bagi upaya pengembangan pariwisata melalui berbagai investasi di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Kami berterima-kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara Barat yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menyusun dan merampungkan buku ini. Kiranya kehadiran buku ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi upaya peningkatan kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut memberikan kontribusi bagi penerbitan buku ini, khususnya kepada pimpinan dan karyawan PT. Qayris Cipta Kreasindo atas kerjasamanya dalam pembuatan buku ini.

Terima kasih.

Sambutan ASITA

SAMBUTAN KETUA UMUM
ASSOCIATION OF THE INDONESIAN TOURS ANDTRAVEL AGENCIES (ASITA)

ketua umum asita

H. ASNAWI BAHAR, SE, M.SI.

Pesona Indonesia...Wonderful Indonesia...

Sebagai pengantar, Data terakhir dari Biro Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Pariwisata disampaikan bahwa sektor pariwisata merupakan penyumbang DEVISA terbesar nomor 2 setelah Kelapa Sawit. Indonesia juga merupakan salah satu negara dari 20 negara yang memiliki pertumbuhan paling cepat di sektor pariwisata. Pertumbuhan pariwisata Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mencapai 25,68%.

Pemerintah saat ini sedang melakukan inovasi dan motivasi untuk menggenjot sektor pariwisata secara masif dan komprehensif, ini merupakan kebangkitan sektor pariwisata Indonesia yang memiliki peringkat dalam meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia yang tadinya menduduki posisiranking50 naik menjadi ranking42 dunia. Sektor pariwisata kini menjadi primadona baru bagi pembangunan nasional. Sumbangan devisa maupun penyerapan tenaga kerja dalam sektor ini amat signifikan bagi devisa negara, diperkirakan pada tahun 2019, sektor pariwisata menjadi penyumbang utama devisa utama Indonesia.

Dengan hasil yang dicapai sektor pariwisata saat ini Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), mengapresiasi pencapaian ini dengan menyambut baik diterbitkannya buku Travel Guide to Tanimbar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara Baratbekerjasama dengan PT. Qayris Cipta Kreasindodan Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII), yang merupakan salah satu langkah maju pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan informasi kepada para wisatawan mancanegara maupun domestik yang datang ke Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Akhir kata kami ucapkan selamat dan sukses, semoga inisiatip ini berdampak pada meningkatnya arus kunjungan wisatawan baik lokal maupun asing ke Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Demikian disampaikan, atas segala perhatian dan dukungan baik instansi pemerintah maupun stekholder di bidang pariwisata diucapkan terima kasih.

Jakarta, 2 April 2018
Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA),

H. Asnawi Bahar, SE, M.Si
Ketua Umum ASITAThe Chairman of ASITA

GAMBARAN UMUM

Letak, Luas dan Batas Wilayah

Kabupaten Maluku Tenggara Barat terletak pada 6o35’24”- 8o24’36” Lintang Selatan dan 130o 37’47” Bujur Timur. Luas wilayah keseluruhan 52.995,19 km2 yang terdiri dari wilayah daratan seluas 10.102,92 km2 (19,06 %) dan wilayah perairan seluas 42.892,28 km2 (80,94 %). Kabupaten Maluku Tenggara Barat berbatasan langsung dengan; Laut Banda di sebelah Utara, Laut Timor dan Australia di sebelah Selatan, Kabupaten Maluku Barat Daya di sebelah Barat, dan Laut Arafura di sebelah Tumur. Secara administratif, wilayah Kabupaten Maluku Tenggara Barat terdiri dari 10 Kecamatan, 80 Desa, dan 1 Kelurahan.

KECAMATAN

IBUKOTA KECAMATAN

JARAK DARI KOTA KABUPATEN

DARAT (km)

LAUT (mil)

Tanimbar Selatan

Saumlaki

0

0

Wertamrian

Lorulun

17

22

Wermaktian

Seira

46

46

Selaru

Adaut

25

16

Tanimbar Utara

Larat

108

100

Yaru

Romean

120

116

Wuarlabobar

Wunlah

76

78

Kormomolin

Alusi Kelaan

47

38

Molu Maru

Adodo Molu

144

128

Penduduk

Penduduk Kabupaten Maluku Tenggara Barat berdasarkan proyeksi penduduk tahun 2016 sebanyak 111.083 jiwa yang terdiri dari 55.819 jiwa penduduk laki-laki dan 55.264 jiwa penduduk perempuan. Laju pertumbuhan penduduk 0,60%. Kepadatan penduduk 11.00 jiwa/km2. Suku asli yang mendiami kabupaten Maluku Tenggara Barat adalah suku Tanimbar. Selain itu juga terdapat suku-suku lain seperti; Jawa, Makasar, Batak, dll. Umumnya masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara Barat menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar disamping bahasa daerah seperti bahasa Selaru, bahasa Makatian, bahasa Yamdena, bahasa Selwasa dan bahasa Otemer. Agama yang dianut masyarakat yakni; agama Kristen Protestan 52,95%, agama Katolik 40,26%, agama Islam 6,79%, dan lainnya 0,08%.

Seni Dan Budaya

Kabupaten Maluku Tenggara Barat dari aspek budaya lebih dikenal dengan Tanimbar yang sangat kaya akan budaya dan adat istiadat  yang masih terpelihara hingga kini. Terdapat beberapa tradisi adat secara umum yang masih dapat dijumpai antara lain; tradisi buka kebun baru, tradisi panas pela, tradisi hubungan Duan dan Lolat. Kesenian yang sering ditampilkan dalam berbagai pagelaran yang menunjukan kekayaan budaya Tanimbar seperti: tarian Tnabar Ilaa, tarian Tnabar Fanewa, tarian Tnabar Wanatian, tarian Tnabar Kalkulu (Mpuk Ulu), tarian Angkosi/dodobol/Seti, tarian Lilike, dll. Juga terdapat beberapa lagu khas Tanimbar seperti; Amardawan, Amarlolin, Lelemuku, serta alat musik tradisional; tipa, mpampal, suling bambu dan gambus.

PROFILE PARIWISATA 

WISATA BUDAYA

Tenun Ikat Tanimbar

Masyarakat Tanimbar juga memiliki ketrampilan menenun yang diwariskan secara turun temurun. Tenun Ikat Tanimbar dikenal dari motifnya dan merupakan ciri khas tersendiri dan untuk menjaga keasliannya, kini tenun ikat Tanimbar telah memiliki sertifikat HAKI. Tenun ikat tanimbar masih digunakan dalam acara-acara adat, acara perkawinan, acara pemerintahan, bahkan dapat menjadi cinderamata bagi tamu resmi yang datang ke daerah.

Ukiran Patung Tumbur

Seni ukiran patung kayu atau yang lebih dikenal dengan nama Patung Tumbur merupakan ketrampilan membuat patung dari bahan kayu yang dilakukan oleh masyarakat desa Tumbur kecamatan Wertamrian secara turun temurun. Patung tumbur telah dikenal sejak dulu dan telah menjadi ciri khas peradaban Tanimbar karena karya-karya patung yang dibuat memberikan pesanpesan moral, adat, dan hubungan antar manusia dengan Sang Pencipta, manusia dengan alam, dan hubungan antar manusia.

Bakar Batu

Bakar Batu merupakan tradisi yang masih ada dalam kebudayaan Tanimbar. Tradisi bakar batu merupakan cara masak secara tradisional yang menggunakan Batu yang ditumpuk pada sebuah lubang yang telah digali dengan diameter dan kedalaman tertentu, selanjutnya diletakkan hasil bumi seperti umbi-umbian, ikan, daging, kemudian ditutupi dengan daun pisang sebagai media penahan uap panas dari batu yang telah dipanaskan dengan api. Kini tradisi bakar batu dilakukan sebagai simbol kebersamaan dalam hubungan sosial masyarakat dan dalam pergelaran adat.

WISATA ALAM

Pantai Weluan

Pantai Weluan terletak di desa Olilit berjarak kurang lebih 4 km dari pusat kota Saumlaki dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat sekitar 10-15 enit. Pantai Weluan memiliki pasir putih sepanjang kurang lebih 2 km dengan laut yang landai sangat cocok untuk wisata air. Daya tarik di pantai Weluan antara lain terdapat 2 buah pulau (pulau Batsire dan pulau Nuskesa) yang sangat eksotis dan baik untuk diving dan snorkeling serta foto selfi. Ditempat ini juga pengunjung dapat menikmati jajanan khas Tanimbar seperti; bakar batu, rujak Tanimbar, ikan bakar, dll. Fasilitas yang ada ada dilokasi Pantai Weluan antara lain : Toilet/Ruang Ganti, Gazebo, Rumah panggung/bale-bale, tempat jajanan/kuliner, Café, serta area untuk atraksi kesenian.

Pulau Matakus

Pulau Matakus memiliki pasir yang putih dan halus dan sangat terkenal dengan wisata bawah lautnya yang indah dan menarik. Pulau Matakus termasuk wisata bahari dalam kawasan segi tiga MAN (pulau Matakus, pulau Angwarmas, pulau Nustabun). Pulau Matakus tergolong masih alami dengan ciri khas perairannya yang jernih dengan terumbu karangnya yang masih terpelihara cocok untuk kegiatan diving, snorkeling, swimming, dan memancing. Pulau Matakus terletak di sebelah Selatan Kota Saumlaki dan untuk menuju tempat ini dapat menggunakan kapal cepat (speed boat) dengan waktu tempuh 20-30 menit atau menggunakan kapal pelayaran rakyat (kapal kayu) dengan waktu tempau 1 jam. Fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain; Toilet/ Ruang Ganti, Gasebo, cottage, home stay di rumah penduduk dan Jalan setapak untuk olahraga bersepeda, serta peralatan diving dan snorkeling.

Pulau Nustabun

Pulau Nustabun termasuk dalam kawasan segitiga MAN (pulau Matakus, pulau Angwarmas, pulau Nustabun), memiliki panorama alam laut yang indah dan menarik. Di perairan sekeliling pulau dapat dijumpai keanekaragaman biota laut yang masih terpelihara baik serta sangat cocok untuk kegiatan memancing dan menyelam. Pulau Nustabun merupakan pulau kosong (tidak berpenghuni) dan di sebelah selatan pulau Nustabun terdapat sebuah pulau karang yang menjadi tempat bertelurnya burung- camar dan jenis burung laut lainnya. pulau Nustabun berjarak kurang lebih 2 mil laut dari aumlaki dan untuk mencapai pulau ini dapat menggunakan kapal cepat speed boat dari Saumlaki selama 20-30 menit dan atau dari desa Lermatan selama 15 menit.

Pulau Angwarmas

Pulau Angwarmas termasuk kawasan segitiga MAN. Pulau Angwarmas memiliki daya tarik seperti ekosistem terumbu karang yang beraneka warna, memiliki goa dasar laut sangat cocok untuk diving, snorkeling, dan selancar. Terdapat juga bunga anggrek endemik Tanimbar (Lelemuku) serta tempat berteduhnya berbagai jenis burung. Pulau Angwarmas memiliki keunikan ersendiri karena terdapat pemukiman penduduk (tnyafar) dari masyarakat desa Adaut yang bercocok tanam di pulau ini. Pulau Angwarmas dapat dijangkau dengan menggunakan speed boat dari Saumlaki sekitar 1 jam, atau dari Adaut kota Kecamatan Selaru sekitar 30 menit.

Angwarmas Island belongs to the MAN triangle area. Angwarmas Island has an attraction such as the colorful coral ecosystem, has a seafloor cave which is perfect for diving, snorkeling, and surfing. There are also endemic orchids of Tanimbar (Lelemuku) and the shelter of various species of birds. Angwarmas Island has its own uniqueness because there are settlements (tnyafar) of Adaut Village community who grow crops on the island. Angwarmas Island can be reached by speedboat from Saumlaki for about 1 hour or from Adaut City of Selaru District for about 30 minutes

Pulau Asutubun

Pulau Asutubun merupakan salah satu pulau terluar di Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Pulau Asutubun terletak di bagian ujung Selatan Pulau Yamdena berjarak kurang lebih 2 mil laut dari kota Saumlaki. Di sekitar Pulau Asutubun bertebaran beberapa pulau karang kecil yang sangat indah jika dipandang dari ketinggian. Disini terdapat pantai-pantai yang indah dengan panorama alam yang unik dan mempesona seperti Pantai Sembunyi dan Pantai Sife dengan pasir yang sangat halus seperti tepung serta terdapat danau air asin (danau Manlele).Untuk menuju tempat ini dapat menggunakan speed boat atau perahu dari Saumlaki selama kurang lebih 15-20 menit.

Pulau Nukaha

Pulau Nukaha terletak di Kecamatan Yaru berjarak kurang lebih 1 mil laut dari pulau Fordata atau 30 mil laut dari kota Larat. Pulau ini dikelilingi pantai berpasir putih dan pada waktu air surut dapat embentuk garis pantai sepanjang hampir 2 km. Perairan sekitar pulau Nukaha sangat kaya dengan berbagai macam terumbu karang yang masih sehat sangat cocok untuk diving, snorkeling, dan memancing. Untuk mencapai pulau ini dapat menggunakan speed boat atau sampan dari desa Romean ibu kota Kecamatan Yaru.

Pantai Kiloon, Nama dan Wetir

Ketiga pantai berpasir putih sepanjang 8 km ini terletak di Desa Romean pulau Fordata Kecamatan Yaru. Sekitar 50 m dari tepi laut, terdapat tebing bawah laut dengan kedalaman sekitar 100 hingga 250 m. Di depan pantai ini terdapat selat Oravruan yang memiliki arus yang sangat kuat. Di selat ini terdapat banyak kelompok ikan Marlin yang menyeberangi selat antara bulan Juni dan Agustus, dan oleh masyarakat setempat menggelar tradisi lomba memancing ikan Marlin dengan menggunakan perahu tradisional. Keunikan dari lomba ini antara lain ikan hanya dapat dibunuh dengan menggunakan kepalan tangan atau dayung dan tidak diperbolehkan dengan menggunakan senjata apapun. Untuk mencapai pantai tersebut dapat menggunakan speed boat dari kota Larat sekitar 2 jam atau dari desa Kelaan di Pulau Larat sekitar 15 menit.

WISATA SEJARAH DAN BUDAYA

Perahu Batu Fampompar

Perahu Batu Fampompar berupa susunan balok-balok batu menyerupai perahu yang memperlihatkan bahwa budaya ini berasal dari tradisi budaya prasejarah. Perahu dianggap sebagai tempat untuk mencari sumber kehidupan sehingga barbagai upacara yang menyangkut keselamatan manusia baik individu maupun kelompok masyarakat dilakukan diatas perahu. Kini perahu batu digunakan sebagai tempat pertemuan/musyawarah para tua-tua adat desa dalam membicarakan hal-hal mengenai keadaan desa. Perahu batu Fampompar telah dikenal sampai ke mancanegara dan sering dikunjungi oleh wisatawan asing menggunakan kapal pesiar. Situs perahu batu ini terletak di desa Sangliat Dol Kecamatan Wertamrian berjarak sekitar 45 km dari kota Saumlaki dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat

Perahu batu Uluntutul

Perahu batu Uluntutul memiliki kekhasan dan fungsi yang sama dengan perahu batu yang berada di Desa Sangliat Dol, walaupun memiliki ciri yang sama Uluntutul memiliki ukiran yang terletak di Natar Sori yang melambangkan kejayaan. Dalam lingkungan masyarakat, Natar Sori disebut juga dengan Wain Tenin yang artinya sebagai tempat untuk bermusyawarah. Situs perahu batu ini terletak di desa Arui Bab Kecamatan Wertamrian sekitar 57 km dari kota Saumlaki dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Monuman Kristus Raja

Monuman Kristus Raja merupakan salah satu obyek wisata rohani yang berada pada lokasi fiduar di Desa Olilit berjarak sekitar 3 km dari kota Saumlaki. Monumen ini diresmikan dan diberkati oleh Duta Vatikan untuk Indonesia Mgr. Ranjit Patabendigde pada tahun 2004. Monumen ini biasanya digunakan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan keagaman khususnya umat Katolik pada setiap hari-hari besar keagamaan atau acara keagamaan lainnya. letak monumen Kristus Raja sangat strategis sehingga sudah terlihat dari jauh disaat memasuki kota Saumlaki melalui laut. Dari ketinggian monumen ini pengunjung dapat melihat pemandangan yang indah dari hamparan pulau-pulau kecil di sebelah selatan pulau Yamdena, pulau Matakus, dan pulau Selaru. Untuk menuju tempat ini dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Monumen Pendaratan Misionaris

Monumen Pendaratan Misionaris atau Wetole adalah salah satu objek wisata rohani dimana Pastor Clerks dan Capers mendarat pertama di Kepulauan Tanimbar sekaligus penyebaran Agama Katholik di Pulau Tanimbar pada tahun 1910. Objek ini terdapat di Desa Sifnana, dengan jarak tempuh dari pusat Kota Saumlaki menuju bjek wisata mencapai 2 km dengan waktu 5 menit menggunakan transportasi darat roda dua dan roda empat.

Monumen Pembabtisan Pertama

Pada tanggal 14 Agustus 1913 Pastor Mathias Nieuwenhuis menyampaikan berita gembira ke negeri Belanda bahwa pada tahun itu telah dibaptis Orang Olilit yang saat itu menjadi stasi induk. Para misionaris sangat gembira setelah sekian lama menetap di desa Olillit sejak tahun 1911. Pada tahun 1913 barulah dilaksanakan pembatisan Pertama orang Olilit. Ini merupakan awal perkembangan pewartaan misi gereja Katolik di Tanimbar. Dari sinilah gereja mulai meneruskan karyanya ke desa-desa lain sampai ke Tanimbar Utara dan Fordata. Lokasi monument pembaptisan ini berada di Olilit Timur Kecamatan Tanimbar Selatan berjarak 6 km dari Pusat Kota Saumlaki dengan waktu tempuh 10-15 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Batu Tutu Ruga/Batfeini

Objek wisata Batu Tutu Ruga terdapat di Desa Tutukembong yang merupakan ibu kota kecamatan Nirunmas. Nama Batu Tutu Ruga atau dalam bahasa Tanimbar yaitu Batfein, Batfini merupakan lagenda/ ceritra Desa Tutukembong. Konon menurut masyarakat desa tersebut, Batfeni diperkirakan berada kurang lebih 200 tahun yang lalu. Awal mulanya keberadaan Batu tersebut ketika keluarga Laritmas kakak beradik yang mencari penyu di pantai/laut sebagai santapan untuk secara adat makan kebun baru. Ketika menangkap seekor penyu dengan panjang 3 m dan lebar 2 m dan hendak menyembelih, maka tuturuga berubah wujud menjadi batu dan sampai saat ini batu tersebut masih ada dan dipercaya sebagai benda sakral. Untuk mencapai tempat ini dari Kota Saumlaki sekitar 1 jam, dengan menggunakan transportasi darat

Goa Jepang

Goa Jepang merupakan salah satu peninggalan Jepang pada masa Perang Dunia ke-2 terletak di Desa Lingat Kecamatan Selaru. Goa tersebut dibangun sebagai tempat persembunyian komandan pasukan Jepang Jenderal bernama NAKAMURA. Kini kawasan Goa dan lapangan terbang serta peninggalanpeninggalan perang lainnya dijadikan sebagai obyek Wisata Sejarah. Untuk mencapai objek wisata ini dapat ditempuh dengan alat transportasi laut dari Saumlaki atau menggunakan kendaraan dari Adaut kota Kecamatan Selaru sekitar 30 menit.

Monumen Tapal Batas

Monumen Tapal Batas merupakan salah satu titik Perbatasan antara Indonesia dengan negara Australia. Monumen tersebut terletak di desa Eliasa kecamatan Selaru yang terletak paling Ujung Pulau Selaru. Dari atas monumen tapal batas ini terlihat pemandangan yang sangat indah dengan hamparan pasir putih di sepanjang pantai serta lautnya luas dengan gelombang yang sangat baik untuk berselancar. Jarak tempuh dari Ibu Kota Kabupaten menggunakan transportasi laut speed boat sekitar 3 jam atau menggunakan kendaraan dari Adaut kota Kecamatan Selaru sekitar 1 jam.

PENDUKUNG KEGIATAN PARIWISATA

Bandar Udara Mathilda Batlayeri

Bandara Udara Mathilda Batlayari Bandara terletak di Desa Lorulun, Kecamatan Wertamrian berjarak ± 21 Kilometer dari Pusat Kota Saumlaki, Panjang Landasan Pacu 1.850 m (Tahun 2018 akan ditambah menjadi 2.000 m) dan lebar Landasan Pacu 35 meter (tahun 2018 akan diperlebar menjadi 45 meter). Bandara ini dapat didarati oleh pesawat udara milik Garuda Indonesia Airways (type ATR 72 Seat) dan Wings Air (type ATR 72 Seat) tujuan Ambon - Saumlaki (PP) setiap hari.

Bandar Udara Liur Bunga Larat

Bandar Udara Liur Bunga terletak di desa Watidal yang berjarak ± 6 km dari kota Larat Kecamatan Tanimbar Utara. Panjang landasan pacu 800 m, dan lebar 23 m dan didarati pesawat milik Susi Air jenis
(LET 410) seminggu sekali.

Pelabuhan Laut dan Pelayaran

Terdapat 6 pelabuhan laut dan 2 pelabuhan penyeberangan (Pelabuhan Laut Saumlaki, Pelabuhan Laut Adaut, Pelabuhan Laut Adodo Molu, Pelabuhan Laut Larat, dan Pelabuhan Laut Tutukembong, pelabuhan penyeberangan Saumlaki, pelabuhan penyeberangan Larat, dan pelabuhan penyeberangan Wunlah.

Armada pelayaran yang menghubungkan Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan wilayah lainnya, antara lain :

  • Kapal Penumpang KM. PANGRANGO, rute Ambon-Saumlaki-Tepa- Moa-Kisar (PP) dua minggu sekali;
  • Kapal penumpang KM. LEUSER, rute Larat – Tual – Dobo – Timika – Agats – Merauke (PP) dua minggu sekali;
  • Kapal perintis milik PELNI: KM. SABUK N-34, rute Saumlaki-Tepa-Saumlaki-Kupang (PP);
  • Kapal perintis KM. SABUK N-41, rute Larat – Saumlaki – Ambon (PP) dua minggu sekali;
  • Kapal penyeberangan KMP. EGRON, rute: Saumlaki – Seira – Wunla – Larat – Yaru – Molumaru (PP) dua minggu sekali;
  • Kapal penyeberangan KMP. SARDINELA, rute: Saumlaki – Dobo – Timika (PP) dua minggu sekali;
  • Kapal Cepat KM. CANTIKA LESTARI 9C, Rute Ambon – Saumlaki, (PP)

Jalan Raya

Panjang jalan keseluruhan 739.74 Km (Jalan Nasional 226.00 km, Jalan Provinsi 39,05 km dan Jalan Kabupaten 474.69 km).

Perbankan

Jumlah bank yang beroperasi di Kabupaten Maluku Tenggara Barat antara lain :

  • Bank BNI Kantor Cabang Saumlaki, BNI Kantor Cabang Pembantu Larat;
  • Bank BRI Cabang Saumlaki, BRI Unit Saumlaki, BRI unit Seira, BRI Unit Adaut,
  • BRI Cabang Pembantu Larat;
  • Bank Danamon Unit Saumlaki;
  • Bank Mandiri Unit Saumlaki;
  • Bank Modern Kantor Cabang Saumlaki;
  • Bank Modern Unit Larat;
  • Bank Maluku Cabang Saumlaki,
  • Bank Maluku Unit Larat.

Kunjungan Wisatawan

Berdasarkan data kunjungan wisatawan ke Kabupaten Maluku Tenggara Barat pada tahun 2016-2017 berjumlah 5.241 orang, terdiri dari 5.064 Wisatawan Nusantara dan 177 Wisatawan Mancanegara, seperti pada Tabel berikut:

Data Kunjungan Wisatawan yang Berkunjung ke Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Berdasarkan Kebangsaan tahun 2016-2017.

No.

Negara/Country

Jumlah/Total

A

Wisatawan Nusantara/Domestic Tourist

5.064

B

Wisatawan Mancanegara/Foreign Tourist

177

 

Eropa/Europe:

 
 

1

Belanda/The Netherlands

23

 

2

Prancis/France

10

 

3

Jerman/Germany

9

 

4

Swedia/Swedish

1

 

5

Belgia/Belgium

14

 

6

Inggris/UK

7

 

7

Italia/Italy

1

 

8

Portugal/Portugal

1

 

9

Spanyol/Spain

2

 

10

Polandia/Poland

1

 

Australia/Australia:

 
 

11

Australia/Australia

44

 

Asia/Asia

 
 

12

Malaysia/Malaysia

2

 

13

Singapura/Singapore

10

 

14

China/The People’s Republic of China

9

 

15

Korea/Korea

8

 

16

Jepang/Japan

7

 

Amerika/America:

 
 

17

Amerika Serikat/USA

25

 

18

Chili/Chile

1

 

19

Kanada/Canada

1

 

Afrika/Africa:

 
 

20

Afrika Selatan/South Africa

1

Akomodasi

Kabupaten Maluku Tenggara Barat memiliki 4 Hotel dan 3 Penginapan yang tersebar di Kota Saumlaki selaku ibukota dari Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Rincian data dapat dilihat pada Tabel berikut :

No.

Nama

Jumlah Kamar

Klasifikasi Kamar

Standart

Familiy

VIP

Superior

Deluxe

King

1

Hotel Incla

24

2

-

-

9

9

2

2

Hotel Harapan Indah

26

17

2

2

5

-

-

3

Hotel Galaxy

39

34

-

4

-

-

-

4

Hotel Beringin Dua

26

16

6

-

-

2

2

5

Penginapan Ratulel

9

8

-

-

-

-

-

6

Penginapan Kharisma

28

23

-

-

-

-

-

7

Penginapan Pantai Indah

38

27

-

-

-

-

-

Data Restoran/Rumah Makan:

A. RESTORAN

NO

NAMA USAHA / ALAMAT

NAMA PEMILIK USAHA

 
 
 

1

RESTORAN HARAPAN INDAH  (HOTEL HARAPAN INDAH)

Horbetina Ang

 
 

Jl. Bhineka Saumlaki, Kec. Tansel

No Telp.0918- 21019

 
 

2

RESTORAN ENANG MARIA (HOTEL BERINGIN DUA)

Diana Tandjaja

 
 

Jl. Sifnana Saumlaki, Kec Tanimbar Selatan. No.Telp

No Telp.+6291821914,21125-62 82238802525

 
 

3

RESTORAN GALAXY  (HOTEL GALAXY)

Eddy Santiago

 
 

Jl. Urayana Saumlaki, Kec. Tansel

No Telp.0918-22222-21777

 
 

4

RESTORAN INCLA (HOTEL INCLA)

S. Amelinda

 
 

Jl. Bhineka Saumlaki, Kec. Tansel

No Telp.0918-21821

 

 

B. RUMAH MAKAN

NO

NAMA USAHA / ALAMAT

NAMA PEMILIK USAHA

 
 

1

MARINA

Petrus P. Futwembun

 

Jl. Kompleks Pelabuhan Saumlaki, Kec.Tansel

 

2

DINAR

Lintji Anggrek

 

Jl. Maltilda Batlayeri-Saumlaki, Kec. Tansel

 

3

AYAH I

Petrus Efendy

 

Kompleks Yamdena Plaza-Saumlaki, Kec. Tansel

 

4

AYAH II

Petrus Efendy

 

Jl. Ir. Saoekarno - Saumlaki, Kec Tansel

 

5

VERA

Yusnita L. H. Senduk

 

Desa Ritabel-Larat, Kec. Tanut

 

6

AYAH BARU

Sindi F. Damoyanti

 

Jl. Ir. Saoekarno - Saumlaki, Kec Tansel

 

7

INAM WATAM

Carolin Taroreh

 

Desa Ritabel-Larat, Kec. Tanut

 

8

ARTOMORO

Kasminto Taborat

 

Jl. Ir. Saoekarno - Saumlaki, Kec Tansel

 

9

ANGELY FRIED CHIKEN (AFC)

Teng Kok Siong

 

Jl. Urayana-Saumlaki, Kec. Tansel

 

10

MAHAMERU

Joni Harianto

 

Jl. Kampung Babar Saumlaki, Kec. Tansel

 

11

JAWA

Melania M. Mujilah

 

Jl. Maltilda Batlayeri-Saumlaki, Kec. Tansel

 

12

HIKMAH

Anar Saputra

 

Jl. Maltilda Batlayeri-Saumlaki, Kec. Tansel

 

13

MBAH RIRI

Supari

 

Jl. Kompleks Pasar Omele-Saumlaki, Kec. Tansel

 

14

TIRZA

Meliana Kanety

 

Jl. Maltilda Batlayeri-Saumlaki, Kec. Tansel

 

15

IRMHA

Ibrahim

 

Desa Ridool, Kec Tanimbar Utara

 

16

DEPOT HOKI 88

Budiyono Soetanto

 

Jl. Ki Hajar Dewantoro-Saumlaki, Kec. Tansel

 

17

IBU DEVA

Sunarti

 

Jl. Sifnana-Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan

 

18

RAHMAT

Pit Fasse

 

Jl. Sifnana-Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan

 

19

SOGOL

Iqnasius Tumirin

 

Jl. Bhineka-Saumlaki, Kec. Tansel

 

20

MAHKOTA

A. Marina

 

Jl. Sifnana-Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan

 

21

KAHRISMA

M. Samadara

 

Jl. Bhineka-Saumlaki, Kec. Tansel

 

22

BETE-BETE

I. Nawawi

 

Jl. Yos Sudarso-Saumlaki, Kec. Tansel

 

23

ANUGRAH

M. T. Setyo Edy

 

Jl. Ir. Saoekarno - Saumlaki, Kec Tansel

 

24

MADU RASA

Ahmad

 

Jl. Sifnana-Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan

 

25

CICI YENI

Yosnita

 

 Jl. Sifnana-Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan

 

26

PINKAN

J. Kewila

 

 Jl. Sifnana-Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan

 

27

TUNGGAL RASA

D. Saptolitomo

 

 Jl. Sifnana-Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan

 

28

SARI RASA

W. T. Tioalu

 

 Jl. Sifnana-Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan

 

29

CASANOVA

TH. Temar

 

Jl. Sifnana-Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan 

 

30

ANGELY BAKERY

Maria. Kanety, S. Pi

 

Jl. Kihajar Dewantoro-Saumlaki, Kec. Tansel

 

31

FAUZAN

Zulfahmi Solihin

 

Jl. Yos Sudarso-Saumlaki, Kec. Tansel

 

Warung Makan

NO

NAMA USAHA / ALAMAT

NAMA PEMILIK USAHA

 
 

1

YUSARA I

Sawaroli

 

Jl. Sifnana-Saumlaki, Kec. Tansel

 

2

MEY

Sanly Hamenda

 

Jl. Malthilda Batlayeri-Saumlaki, Kec. Tanel

 

3

RAJA

Amelia Gaitian/A

 

Jl. Pasar Omele Sifnana-Saumlaki, Kec. Tansel

 

4

FERNANDO

Costafina Sahulata

 

Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan.

 

5

DONAT NANIK

Muryani

 

Sifnana-Pasar Omele, Kec. Tanimbar Selatan

 

6

SOTO LAMONGAN

Sriyati

 

Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan.

 

7

SEHAN

J. Hariono

 

Saumlaki (Emperan Satos), Kec. Tansel

 

8

BAROKAH

Citra

 

Saumlaki (Emperan Satos), Kec. Tansel

 

9

GEMILANG

Karyadi

 

Jl. Kompleks Pasar Omele-Saumlaki, Kec. Tansel

 

10

SEHATI

Yuliana P. Wonata

 

Jl. Malthilda Batlayeri-Saumlaki, Kec. Tanel

 

11

MBAK DEWI

I. A. Mumini

 

Jl. Yosudarso-Saumlaki, Kec. Tansel

 

12

LIVIA

Urusla Adjas

 

 Jl. Bhineka-Saumlaki, Kec. Tansel

 

13

COTO DUA JAYA

H. Ciptabudi

 

Jl. Kampung Babar-Saumlaki, Kec. Tansel

 

14

SUROBOYO

Didi Rohadi

 

 Jl. Yosudarso-Saumlaki, Kec. Tansel

 

15

CITRA RASA

Sugianto

 

Jl. BTN-Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan

 

16

BERKAH

Mulyadi

 

Jl. Yosudarso-Saumlaki, Kec. Tansel 

 

17

ELISA

Nursia

 

Jl. Yosudarso-Saumlaki, Kec. Tansel 

 

18

SARI LAUT

Sunarni

 

Jl. Yosudarso-Saumlaki, Kec. Tansel

 

19

MBAK TUTIK

Tutik

 

Jl. Yosudarso-Saumlaki, Kec. Tansel

 

20

CINTA KASIH

Yanto

 

Jl. Yosudarso-Saumlaki, Kec. Tansel

 

21

MENTARI

Mujiyem

 

Jl. Yosudarso-Saumlaki, Kec. Tansel

 

22

BUTON ALMO

Sumarni

 

Jl. Yosudarso-Saumlaki, Kec. Tansel

 

23

SULAWESI

Hamida

 

Jl. Yosudarso-Saumlaki, Kec. Tansel

 

24

BANG SOGOL

Ignasius Tumirin

 

Jl. Yosudarso-Saumlaki, Kec. Tansel

 

Data Hiburan dan Rekreasi (Karaoke)

NO.

NAMA USAHA / ALAMAT

NAMA PEMILIK USAHA

 
 

1

Karaoke   MILENIUM

Tanary H. Soedarmono

 

Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan.

 

2

Karaoke DUA SAUDARA

Suhety Aziz/K

 

Jl. Ir. Soekarno-Saumlaki, Kec. Tansel

 

3

Karaoke BARDAN ( Baru )

Yuliana Pia. Bastian

 

Saumlaki Kec- Tanimbar Selatan

 

4

Karaoke ANTARIKSA

Julliana Unawirka

 

Saumlaki Kec. Tanimbar Selatan, Saumlaki

 

5

Karaoke THE BLUES

Joan Lee Mokodaser

 

Desa Olilit Barat, Kec. Tanimbat Selatan

 

6

Karaoke HEPI

Heyndro Hutapea

 

Saumlaki, Kec. Tansel Tanimbar Selatan

 

7

Karaoke KING

Laurasia M. Granita

 

Desa Sifnana-Pasar Omele, Kec. Tanimbar Selatan

 

8

Karaoke DIVA

Robert ST. Kelmaskosu

 

Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan.

 

Jasa Biro Perjalanan Wisata

NO

NAMA USAHA / ALAMAT

NAMA PEMILIK USAHA

 
 

1

PT. JEVIA JAYA PRATAMA

Rudin Tomia

 

Desa Olilit Barat, Kec. Tanimbar Selatan

 

2

KSU. ORGANDA

Benjamin Suarliak, A.Md

 

Jl. Kampung Babar-Saumlaki, Kec. Tansel

 

3

CV. SUN EXPRESS

Djerry H. Fordatkosu

 

Jl. Kampung Babar-Saumlaki, Kec. Tansel

 

4

PT. VINI AIM ORUTJAYA

Benjamin Suarliak, A.Md

 

Jl. Ki Hajar Dewantoro-Saumlaki, Kec. Tansel

 

5

PT. TRAVEL LIDYA TOHA

Markus Faraknimela

 

Jl. Satos (Lt 1) - Saumlaki, Kec. Tansel

 

6

PT. MOLLUCAS MANDIRI

Fany Melda Go

 

Jl. Malthilda Batlayeri-Saumlaki, Kec. Tannsel

 

7

CV. MASALOKA TRAVEL

Ambaruddin

 

Jl. Malthilda Batlayeri-Saumlaki, Kec. Tannsel

 

8

EBSHIA TRAVEL

P. H Lodarmase

 

Jl. Malthilda Batlayeri-Saumlaki, Kec. Tannsel

 

9

GARUDA INDONESIA

Gita Maerna A

 

Jl. Bhineka-Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan

 

10

FUSI MAPUTI

P. Romroman

 

 

 

Rental Kendaraan

SAUMLAKI Rent Car: Jalan Sifnana No. 13 RT. 01/RW. 02, Tanimbar Selatan, Maluku Tenggara Barat; Telepon: +62821-9998-9999 atau +62813-4310-1003; Kantor: +62918-21235 Fax: +62918-21235

KALENDER KEGIATAN PARIWISATA

  • Lomba perahu layar (Darwin-Saumlaki Yacht  Race) bulan Juni 2018
  • Gebyar Wisata dan Budaya Tanimbar (bulan Oktober 2018).
  • Pesta Teluk Saumlaki (bulan Oktober 2018).
  • Festival Tnyafar (bulan Agustus 2018)
  • Festival Matakus (Bulan September 2018)
  • Festival Bakar Batu (bulan Desember 2018)
  • Festival Tahun Baru.
Back to top
Go to bottom
iden
190041
TodayToday643
YesterdayYesterday1220
This_WeekThis_Week1863
This_MonthThis_Month13860
All_DaysAll_Days190041

Free Joomla! template by L.THEME