Kabupaten Simeulue
Kabupaten Simeulue

logo daerah

cover siemulue

SAMBUTAN

Sambutan Bupati

SAMBUTAN BUPATI SIMEULUE
Foto Bupati

ERLI HASIM, SH., S.Ag., M.I.Kom.

Assalamualaikum,
Sebagai daerah kepulauan yang beriklim tropis, Kabupaten Simeulue memiliki beragam potensi, keindahan alam dari puncak gunung hingga pesona bawah lautnya maupun keanekaragaman budaya dari bahasa sampai adat-istiadatnya menjadi potensi wisata yang sangat menarik. Semua itu merupakan anugerah yang harus dipelihara dan dilestarikan keberadaannya.

Buku ini berjudul “Travel Guide to Simeulue” memaparkan secara singkat tempat-tempat wisata yang dapat Anda kunjungi berikut akses dan sarana serta prasarana yang tersedia. Beragam obyek wisata dihadirkan dalam buku ini mulai dari Wisata Bahari, Wisata Pantai, Wisata Alam, Wisata Religi, Wisata Sejarah/Budaya sampai Wisata Kuliner guna mempermudah Anda yang akan berwisata ke Kabupaten Simeulue.

Semoga buku “Travel Guide to Simeulue”ini dapat memenuhi harapan Anda dan bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih !

Sambutan Kepala Dinas

SAMBUTAN KEPALA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN SIMEULUE

kadis

ABD. KARIM, S.Pd.

Salam Pesona Wisata,

Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, hingga buku berjudul “Travel Guide to Simeulue”ini dapat diselesaikan dengan baik. 

Sebagai langkah awal dalam mengoptimalkan dan memperkenalkan keragaman potensi pariwisata Pulau Simeulue inilah kami hadirkan buku “Travel Guide to Simeulue”ini. Buku ini hadir sebagai media informasi dan promosi sekaligus menjadi panduan bagi para wisatawan, baik domestik ataupun manca negara, Pulau Simeulue yang indah menakjubkan. Tujuan lain tentunya adalah upaya menggali investasi dari para pemilik modal dan sebagai informasi awal maupun sebagai referensi bagi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat dalam mengambil kebijakan guna memajukan Sektor Pariwisata di wilayah Aceh khususnya di Kabupaten Simeulue.

Buku pedoman ini merupakan referensi tentang kekayaan potensi pariwisata Kabupaten Simeulue yang memiliki keunikan baik dari sisi alam maupun budaya. 

Akhir kata, kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan buku panduan wisata Kabupaten Simeulue ini, kami sampaikan terima kasih. Dengan harapan semoga buku ini dapat menjadi panduan bagi yang berkunjung ke Kabupaten Simeulue dan bermanfaat dalam mendukung promosi pariwisata yang berkelanjutan.

Ayo main ke Simeulue.

Sambutan Pidii

SAMBUTAN PIDII

Agus Suryadi

AGUS SURYADI

Pariwisata di Indonesia merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi besar untuk mendukung roda perekonomian pemerintah daerah maupun pusat. Berbagai lokasi wisata dengan beragam budaya yang melekat dapat ditemukan di sepanjang wilayah Bumi Pertiwi kian menarik perhatian pengunjung, baik wisatawan lokal maupun asing. Hal inilah yang menjadi kekuatan bagi pengembangan pariwisata di Indonesia hingga saat ini.Sektor pariwisata tumbuh begitu pesat sehingga pemerintahan Jokowi - JK berani memproyeksikan sektor pariwisata akan menjadi penyumbang devisa terbesar pada 2019.

Diawali dari sebuah kesadaran akan kebutuhan yang besar terhadap informasi industry pariwisata yang lengkap dan mampu mengintegrasikan seluruh kegiatan pariwisata serta dapat memberikan berbagai pelayanan informasi untuk para turis, tamu yang berkunjung dan juga masyarakat pada umumnya, Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII) bekerjasama dengan PT. Qayris Cipta Kreasindo serta didukung oleh Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) dan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), memprakarsai pembuatan Travel Guide to Simeulue, yaitu Panduan Wisata Kabupaten Simeulue yang dikemas dalam bentuk buku, disajikan dalam dua bahasa (Indonesia – Inggris). 

Buku ini mencoba untuk mengungkap secara lengkap tentang potensi obyek wisata di Kabupaten Simeulue, dengan segala keindahan yang mempesona yang dimilikinya. Disamping itu juga memberikan petunjuk tentang akses menuju ke lokasi, sarana dan prasarana yang tersedia, keunggulan dari masing-masing obyek wisata dan kuliner yang tersedia.

Harapan kami, semoga penerbitan buku Travel Guide to Simeulue ini dapat meningkatkan pelayanan informasi pemerintah Kabupaten Simeulue kepada berbagai kalangan yang membutuhkan informasi, baik untuk masyarakat Kabupaten Simeulue maupun wisatawan dan tamu yang datang ke Kabupaten Simeulue dengan berbagai kepentingan.

Jakarta, April 2018
Agus Suryadi,
Chairman of PIDII

Sambutan ASPPI

SAMBUTAN KETUA UMUM ASOSIASI PELAKU PARIWISATA INDONESIA (ASPPI)

ketum aspi

DJOHARI SOMAD

Sebagai bentuk kepedulian akan Kepariwisataandi Indonesia dan peran strategis dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia sekaligus mendukung kehidupan ekonomi khususnya dalam kegiatan kepariwisataan dan menunjang pembangunan Pariwisata Indonesia, dibentuklah Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI). Pembentukan tersebut juga didasari oleh tanggung-jawab akan masa depan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, berpartisipasi aktif dalam mengisi kemerdekaan dan perwujudan cita-cita Nasional. 

Pembuatan buku panduan wisata yang berjudul Travel Guide to Simeulue sejalan dengan Visi dari ASPPI yaitu Memajukan pariwisata Indonesia dengan meningkatkan profesionalisme pekerja pariwisatanya. Visi yang kemudian dijabarkan dalam Misi ASPPI tersebut merupakan cerminan tekad ASPPI untuk memajukan Kepariwisataan Indonesia, yang kita tahu memiliki aneka ragam bentuk wisata yang mempesona, baik Wisata Alam, Wisata Bahari, Wisata Budaya/Sejarah, Wisata Kuliner maupun berbagai bentuk Wisata lainnya. 

Fungsi dan peran ASPPI adalah membantu Pemerintah dalam membina dan memajukan pariwisata Nasional, dengan kegiatan menunjang program Pemerintah di dalam Pembangunan Nasional dan membantu memelihara ketertiban, keamanan dan kenyamanan wisatawan. ASPPI sebagai Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia merupakan wadah berkumpulnya individu pelaku pariwisata di Indonesia baik dari bidang Biro Perjalanan, Hotel, Transport, Penerbangan, Restorant, Pramuwisata dan lain lain. 

Buku Travel Guide to Simeulue yang diterbitkan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Simeulue bekerjasama dengan Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII) dan PT Qayris Cipta Kreasindo ini merupakan salah satu upaya yang didukung penuh oleh ASPPI, karena tujuannya untuk mempromosikan Kepariwisataan di Indonesia dengan berbagai keragaman budayanya.

Semoga buku Travel Guide to Simeulue ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu menjadi panduan pagi para wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Simeulue sekaligus sebagai media promosi pariwisata Kabupaten Simeulue dengan berbagai keistimewaan, keunggulan dan fasilitas yang tersedia. Terima kasih.

Jakarta, February 2018
The Association of Indonesian Tourism Stakeholders (ASPPI),
Djohari Somad
Chairman

Sambutan ASITA

SAMBUTAN KETUA UMUM
ASSOCIATION OF THE INDONESIAN TOURS ANDTRAVEL AGENCIES (ASITA)

ketua umum asita

H. ASNAWI BAHAR, SE, M.SI.

Pesona Indonesia...Wonderful Indonesia...

Sebagai pengantar, Data terakhir dari Biro Pusat Sebagai pengantar, Data terakhir dari Biro Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Pariwisata disampaikan bahwa sektor pariwisata merupakan penyumbang DEVISA terbesar nomor 2 setelah Kelapa Sawit. Indonesia juga merupakan salah satunegara dari 20 negara yang memiliki pertumbuhan paling cepat di sektor pariwisata. Pertumbuhan pariwisata Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mencapai 25,68%.

Pemerintah saat ini sedang melakukan inovasi dan motivasi untuk menggenjot sektor pariwisata secara masif dan komprehensif, ini merupakan kebangkitan sektor pariwisata Indonesia yang memiliki peringkat dalam meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia yang tadinya menduduki posisi ranking 50 naik menjadi ranking 42 dunia.

Sektor pariwisata kini menjadi primadona barubagi pembangunan nasional. Sumbangan devisa maupun penyerapan tenaga kerja dalam sektor ini amat signifikan bagi devisa negara, diperkirakan pada tahun 2019, sektor pariwisata menjadi penyumbang utama devisa utama Indonesia. Dengan hasil yang dicapai sektor pariwisata saat ini Association of The IndonesianTours and Travel Agencies (ASITA), mengapresiasi pencapaian ini dengan menyambut baik diterbitkannya buku Travel Guide to Simeulue oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Simeulue bekerjasama dengan PT Qayris Cipta Kreasindo dan Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII), yang merupakan salah satu langkah maju pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan informasi kepada para wisatawan mancanegara maupun domestik yang datang ke Kabupaten Simeulue.

Akhir kata kami ucapkan selamat dan sukses, semoga inisiatip ini berdampak pada meningkatnya arus kunjungan wisatawan baik lokal maupun asing ke Kabupaten Simeulue.

Demikian disampaikan, atas segala perhatian dan dukungan baik instansi pemerintah maupun stakeholder di bidang pariwisata diucapkan terimakasih.

Jakarta, 2 April 2018
Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA),

H. Asnawi Bahar, SE, M.Si
Ketua Umum ASITAThe Chairman of ASITA

GAMBARAN UMUM

pulau sineulue

Kabupaten Simeulue ibukotanya Sinabang, yang terletak di ujung Barat Provinsi Aceh dengan jarak 105 mil laut dari Meulaboh Kabupaten Aceh Barat atau 85 mil laut dari Tapak Tuan Kabupaten Aceh Selatan, berada pada posisi antara 2°15* - 2°55* lintang Utara dan 95°40* - 96°30* Bujur Timur.

Kabupaten Simeulue memiliki panjang +100,2 km dan lebar 8-28 km. Ia diapit oleh 41 pulau-pulau besar dan kecil antara lain Pulau Siumat, Pulau Panjang, Pulau Batu Belayar, Pulau Teupah, Pulau Mincau, Pulau Simeulue Cut, Pulau Linggam, Pulau Khala, Pulau Asu, Pulau Babi, Pulau Silaut Besar/Kecil, luas kurang lebih 215.512 ha, dengan rincian luas pulaupulau sekitarnya hanya 14.191 ha, Letak geografis yang membentang dari barat ke timur dibatasi oleh/dikelilingi oleh Samudera Indonesia. Pulau Simeulue mempunyai luas keseluruhan 212.512 ha, dengan rincian 198.021 ha dan14.191 ha terdiri dari pulaupulau kecil*.

Secara umum Pulau Simeulue dan pulau-pulau kecil sekitarnya beriklim tropis basah dengan cuaca hujan rata-rata 2.828 mm/tahun dan merata setiap pulau. Biasanya setiap menjelang hujan diawali dengan panas terik matahari. Keadaan cuaca ini ditentukan oleh penyebaran musim. Musim barat berlangsung sejak September sampai dengan Februari, ditandai dengan terjadinya musim hujan disertai badai dan gelombang besar yang berasal dari Samudera Indonesia dan Lautan Hindia sehingga sangat berbahaya bagi pelayaran. Sedangkan Musim Timur berlangsung sejak Maret hingga Agustus, ditandai dengan kemarau yang diselingi oleh hujan tidak merata dan keadaan laut rata-rata tenang serta masa ini disebut juga panennya para nelayan. Suhu udara pulau Simeulue sama dengan daratan Aceh, yaitu suhu maksimum berkisar antara 25°C - 33°C dan suhu minimum berkisar antara 18°C - 24°C serta kelembaban nibsi antara 60 - 70 % sepanjang tahun.

 

Letak, Luas dan Batas Wilayah

Kabupaten Simeulue ibukotanya Sinabang, yang terletak di ujung Barat Provinsi Aceh dengan jarak 105 mil laut dari Meulaboh Kabupaten Aceh Barat atau 85 mil laut dari Tapak Tuan Kabupaten Aceh Selatan, berada pada posisi antara 2°15* - 2°55* lintang Utara dan 95°40* - 96°30* Bujur Timur.

Kabupaten Simeulue memiliki panjang +100,2 km dan lebar 8-28 km. Ia diapit oleh 41 pulau-pulau besar dan kecil antara lain Pulau Siumat, Pulau Panjang, Pulau Batu Belayar, Pulau Teupah, Pulau Mincau, Pulau Simeulue Cut, Pulau Linggam, Pulau Khala, Pulau Asu, Pulau Babi, Pulau Silaut Besar/Kecil, luas kurang lebih 215.512 ha, dengan rincian luas pulaupulau sekitarnya hanya 14.191 ha, Letak geografis yang membentang dari barat ke timur dibatasi oleh/dikelilingi oleh Samudera Indonesia. Pulau Simeulue mempunyai luas keseluruhan 212.512 ha, dengan rincian 198.021 ha dan14.191 ha terdiri dari pulaupulau kecil*.

Secara umum Pulau Simeulue dan pulau-pulau kecil sekitarnya beriklim tropis basah dengan cuaca hujan rata-rata 2.828 mm/tahun dan merata setiap pulau. Biasanya setiap menjelang hujan diawali dengan panas terik matahari. Keadaan cuaca ini ditentukan oleh penyebaran musim. Musim barat berlangsung sejak September sampai dengan Februari, ditandai dengan terjadinya musim hujan disertai badai dan gelombang besar yang berasal dari Samudera Indonesia dan Lautan Hindia sehingga sangat berbahaya bagi pelayaran. Sedangkan Musim Timur berlangsung sejak Maret hingga Agustus, ditandai dengan kemarau yang diselingi oleh hujan tidak merata dan keadaan laut rata-rata tenang serta masa ini disebut juga panennya para nelayan. Suhu udara pulau Simeulue sama dengan daratan Aceh, yaitu suhu maksimum berkisar antara 25°C - 33°C dan suhu minimum berkisar antara 18°C - 24°C serta kelembaban nibsi antara 60 - 70 % sepanjang tahun.

Topografi dan Iklim

Kabupaten Simeulue memiliki Topografi yang relatif bervariasi, dimana terdapat sejumlah dataran rendah dan pantai juga terdapat perbukitan dan gunung. Kepulauan Simeulue bukan merupakan kepulauan vulkanik tetapi memiliki curah hujan yang tinggi karena dikelilingi samudera yang luas. Tanahnya memiliki tingkat keasaman yang tinggi, seperti podsolik merah kuning, podsolik merah coklat, alluvial, organosol, batu kapur dan tanah gambut.

Menurut Peta Rupa Bumi dengan skala 1:250.000 (Bakosurtanal), titik rendah Pulau Simeulue terletak pada nol meter diatas permukaan laut. Sedangkan titik tertingginya terletak pada 600 meter diatas permukaan laut. Sebagian besar wilayahnya terletak pada ketinggian 0-300 meter diatas permukaan laut dan sisanya merupakan daerah berbukit-bukit dengan kemiringan dibawah 180°terletak ditengah pulau. Iklim di Kabupaten Simeulue adalah tropis basah, cenderung panas basah dan lembab. Pola ini dipengaruhi oleh topografi yang tidak rata.

Kependudukan

Masyarakat Simeulue merupakan masyarakat yang heterogen. Adanya suku dari berbagai daerah Indonesia. Namun secara spesifik Simeulue memiliki dua bahasa, yaitu bahasa Devayan dan bahasa Sigulai yang digunakan sebagian besar masyarakat, sementara untuk daerah sekitar ibukota Sinabang menggunakan bahasa pesisir Sumatera (Bahasa Aneuk Jamee). Akibat Akulturasi budaya menyebabkan Simeulue memiliki beberapa kesenian diadopsi dari beberapa suku yang ada, seperti Aceh, Padang, Nias, Batak dan Sulawesi (bugis). Mayoritas penduduk Simeulue memeluk agama Islam dan umumnya masyarakat cepat beradaptasi dengan para pendatang sehingga tidak menyulitkan dalam pergaulan sehari-hari.

Jika ditinjau dari kepadatan penduduk maka Kecamatan Simeulue Timur dengan kepadatan penduduk tertinggi yakni 27.530 jiwa, Simeulue Barat 10.816 jiwa, Teupah Selatan 9.108 jiwa, Salang 8.476 jiwa, Teupah Tengah 7.903 jiwa, Simeulue Tengah 6.880m jiwa, Teupah Barat 6.294 jiwa, Teluk Dalam 5.398 jiwa, Alafan 4.724 jiwa dan Simeulue Cut 3.162 jiwa. Pertumbuhan penduduk Kabupaten Simeulue cenderung meningkat pesat setiap tahunnya.

Visi Misi

Visi Kabupaten Simeulue:
“Terwujudnya Simeulue Yang Adil Dan Sejahtera Berdasarkan Nilai-Nilai Syariat“

Misi Kabupaten Simeulue

  1. Mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing;
  2. Mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, terjangkau dan merata;
  3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang bersasis ekonomi kerakyatan dan pemanfaatan teknologi;
  4. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan amanah;
  5. Meningkatkan ketersediaan dan kualitas infrastruktur dan fasilitas umum;
  6. Mengelola sumber daya alam secara optimal, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan;
  7. Mewujudkan ketahanan pangan dan kemandirian pangan; dan
  8. Mewujudkan tata kehidupan masyarakat yang rukun dan harmoni dengan pengamalan nilai-nilai syariat.

Transportasi

Untuk dapat menjangkau Kabupaten Simeulue dapat ditempuh melalui laut dan udara, yaitu dengan menggunakan Kapal Fery (PT. ASDP) dari tiga daerah asal/tujuan, yaitu Singkil (Aceh Singkil), Labuhan Haji (Aceh Selatan) dan Kuala Bubun (Aceh Barat, juga dengan menggunakan armada laut KM. Sabuk Nusantara dengan rute Meulaboh (Aceh Barat)-Sinabang (pp). Disamping transportasi laut, untuk menjangkau Kabupaten Simeulue dapat pula menggunakan transportasi udara, yaitu dari Medan-Sinabang (pp) dengan menggunakan pesawat Wings Air ATR 72 setiap hari, dan Banda AcehSinabang setiap hari Senin-Jum’at dengan menggunakan pesawat jenis Cesna.

  1. Darat
    Panjang jalan di Kabupaten Simeulue terdiri dari: 50 km jalan Negara, 38,5 km jalan Provinsi dan 423,02 km jalan Kabupaten. Panjang jalan yang sudah diaspal mencapai 56,35%. Melalui jalan darat ada pula pelayanan transportasi bus antar Kecamatan sampai dengan ke Desa/Dusun, bus ini disediakan oleh berbagai penyedia layanan.
  2. Laut
    Transportasi laut ke Simeulue menggunakan kapal penyebrangan PT. Fery (ASDP) yaitu dengan rute : Singkil (Aceh Singkil) - Sinabang (pp) pukul 17.00 wib sore dengan lama pelayaran +9-10 jam pelayaran, Labuhan Haji (Aceh Selatan) – Sinabang (pp) pukul 22.00 wib malam dengan lama pelayaran +8-9 jam pelayaran dan Kuala Bubun (Aceh Barat)–Sinabang (pp) pukul 14.00 wib dengan lama pelayaran +12-13 jam pelayaran melalui pelabuhan Fery Kolok, disamping dengan armada laut KM. Sabuk Nusantara dengan rute Meulaboh (Aceh Barat) – Sinabang pukul 18.00 wib pada hari-hari tertentu yang ditempuh selama +12 jam pelayaran, melalui pelabuhan kapal Sinabang. Untuk tahun 2017 tercatat sekitar 182.909 penumpang turun dan 128.443 penumpang naik (domestik).
  3. Udara
    Sementara transportasi udara yaitu Medan (Sumatera Utara) – Sinabang setiap hari pada pukul 12.45 wib dengan menggunakan pesawat Wings Air ATR 72 dengan waktu tempuh 60 menit dan Banda Aceh – Sinabang setiap hari Senin – Jum’at pukul 08.00 wib dengan pesawat jenis Cesna (Susi Air) dengan waktu tempuh 90 menit. Sementara transportasi udara yaitu Medan (Sumatera Utara) – Sinabang setiap hari pada pukul 12.45 wib dari Bandara International Kualanamu dengan menggunakan pesawat Wings Air ATR 72 dengan waktu tempuh 60 menit dan Banda Aceh – Sinabang setiap hari Senin – Jum’at pukul 08.00 wib dari Bandara International Sultan Iskandar Muda dengan pesawat jenis Cesna (Susi Air) dengan waktu tempuh 90 menit. Kabupaten Simeulue dilayani sebuah Bandar udara, yaitu Bandara Lasikin, yang terletak di Lasikin Kecamatan Teupah Tengah, Kabupaten Simeulue yang berjarak sekitar 11 Km dari Sinabang ibukota Kabupaten Simeulue. Adapun status bandara ini adalah Bandara Kelas 4. Bandara ini akan mengalami perpanjangan runway, sehingga kedepan diharapkan akan dapat didarati pesawat berbadan lebar.

PROFILE PARIWISATA 

Di Kabupaten Simeulue terdapat berbagai obyek pariwisata, antara lain:

  1. Obyek Wisata Alam
  2. Objek Wisata Bahari
  3. Objek wisata Religi
  4. Objek Wisata Kuliner

Seperti Air Terjun Leubang hulu, Air Terjun Tanjung Raya, Air Terjun Putra Jaya. Dan sejumlah objek wisata alam lainnya yang dikemas seperti goa Sembilan/Sinar Bahagia, Goa Air Pinang, Goa Ana’o dan lain-lain.

Wisata bahari di pulau Simeulue sektor/objek yang memiliki daya tarik wisata, banyak titik/lokasi yang dijadikan para wisatawan untuk berselancar, snorkeling, diving dan tujuan bagi para pemancing mania. Pulaupulau yang terdapat disekeliling pulau Simeulue memiliki daya tarik tersendiri bagi para penikmat keindahan pantai dan alam, diantaranya Pulau Babi, Pulau Lasia, Pulau Harapan, Pulau Pinang, Pulau Mincau, Pulau Linggam, Pulau Salaut yang menyajikan keindahan tersendiri dengan deburan ombak yang biru memutih menghempas pantai berpasir putih dan tempat-tempat bagi penyu untuk bertelur. Pulau-pulau tersebut juga tidak kalahnya dibanding pantai-pantai lain yang juga digunakan untuk tempat berselancar.

Seperti Makam Teuku Khalilullah (Teuku Diujung) dan Makam Bangkudo Batu yang membawa dan menyiarkan agama Islam ke Kabupaten Simeulue yang terletak di Desa Latak Ayah Kecamatan Simeulue Cut dan Desa Salur Kecamatan Teupah Barat.

Wisata Kuliner yang disajikan dalam bentuk makanan tradisional berbahan lokal seperti makanan bahan baku dari sagu yang disajikan sebagai makanan padat dan makanan ringan atau dalam bentuk cemilan, makanan ini juga dapat dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi, sangat cocok dimakan dengan gulai daging serta ikan bakar, makanan lain yang disajikan yang sudah merupakan kuliner khas Simeulue adalah “Memek” dengan menggunakan bahan terdiri dari beras ketan yang disangrai, santan, pisang dibubuhkan dengan gula dan garam secukupnya. Yang tak kalah pentingnya adalah masakan kuliner seafood seperti mie lobster, mie kepiting, sate teripang, sate lokan, sate cumi, sate gurita dan dalam bentuk masakan lainnya.

Pantai Babang

Salah satu pantai yang menjadi magnet adalah Pantai Babang yang terletak di sebelah Timur Kota Sinabang Ibukota Kabupaten Simeulue, Aceh. Pantai Babang berlokasi sekitar 10 km jalan darat dari Kota Sinabang dan merupakan salah satu sisi dari Teluk Sinabang yang dapat dikunjungi dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan darat dan laut kurang lebih 20 menit dari kota. Dari Pantai Babang pengunjung bisa melihat ke arah Kota Sinabang khususnya pada malam hari, gemerlap lampu ibukota sangat kontras dan tempat ini juga dijadikan pusat diving centredengan sarana dan prasarana penunjang lainnya, Pantai Babang yang merupakan pintu gerbang bagi masuknya kapal dari dan keluar Teluk Sinabang akan menyajikan keindahan tersendiri dan kesibukan arus lalu lintas air. Pantai Babang masih sangat alami dan bersih dengan air pantai yang jernih lengkap dengan hamparan pasir putihnya. Air lautnya yang jernih sampai pemandangan bawah lautnya terlihat jelas seolah mengajak pengunjung untuk berlama-lama.

Selain menikmati suasana pantai yang indah dan nyaman, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas, antaranya berenang, mengelilingi pantai dengan perahu, memancing ataupun menyelam. Pantai yang berpasir putih menghadap ke arah Selatan dan berhubungan langsung dengan Samudera Hindia menyuguhkan pemandangan yang spektakuler setiap hari. Pantai Babang ramai dikunjungi oleh wisatawan, pada siang menjelang sore hari. Disana terdapat pondok-pondok dan juga gazebo dengan jeti yang oleh masyarakat setempat disebut Jembatan Biru yang dibangun Pemerintah Daerah bersama warga setempat.

Pantai Ganting

pantai gantingPantai Ganting adalah sebuah pantai yang terletak di Selatan Kota Sinabang, kira-kira sekitar 11 km dari pusat kota Kota Sinabang dan untuk menuju Pantai Ganting membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari Kota. Pantai Ganting ini merupakan salah satu sisi destinasi yang pesat dikunjungi oleh wisatawan sebagai tempat pemandian alam (air asin), bersih, dan memiliki ombak yang sebagai hiasan sedang. Pemandangan di Pantai Ganting tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Simeulue. Pantai ini memiliki pemandangan alami di sekitarnya yang menyatu dengan pemandangan birunya langit dan luasnya laut ditambah dengan pemandangan hiasan pulau-pulau kecil lainnya.

 

Pantai Busung

pantai busungPantai Busung merupakan salah satu daerah teluk pesisir pantai di Kecamatan Teupah Tengah terletak bersebelahan dengan pantai Matanurung yang dikenal sebagai tempat gelarnya event Aceh International Surfing Championshiptahun 2017. Pantai ini merupakan daerah pengembangan wisata oleh Kabupaten Simeulue yang dilengkapi kolam pemandian air asin dan jeti tempat bersandarnya perahu nelayan setempat. Pantai Busung ini pun memiliki keindahan alam yang sangat memanjakan mata bagi para pengunjung yang berdatangan. Kawasan pantai yang dikelilingi pepohonan hijau seperti pohon kelapa dan pinus, memberikan suasana kesejukan saat menelusuri pantai. Keindahan pantai yang dimiliki oleh Pantai Hamadi juga tidak kalah hebatnya dengan keindahan pepohonan yang terdapat di sekitar pantai. Pasir putih yang terbentang luas, seakanakan memanjakan pengunjung untuk sejenak berjemur di pinggiran pantai. Selain pengunjung dapat memanjakan diri dengan pasir putih pada pantai ini yang ditemani air kelapa muda, mereka juga dapat melihat secara dekat dan langsung suasana terbenam matahari.

Pantai Batu Alafan

pantai batu alafanPantai Batu Alafan tergolong salah satu pantai yang sangat menawan di Simeulue. Berlokasi di desa Lubuk baik, Kecamatan Alafan dengan luas sekitar 4 ha, dapat ditempuh dengan transportasi darat dan laut dengan jarak tempuh lebih kurang 100 Km dari Kota Sinabang, keunikan dari tempat wisata ini Permukaan pasirnya yang lembut dan panorama alam yang indah, menjadikan ia spotyang menarik untuk bertamasya dengan keluarga.

Pantai Ujung Balla/Pulau Bengkalak

Pantai Ujung BallaPantai Ujung Balla merupakan pantai baru yang terletak di Desa Pulau Bengkalak, pantai ini di kelilingi pohon mangrove. Pepohonan mangrove membuat pantai tersebut tampak asri dan sejuk. Pantai ini selalu dipadati wisatawan lokal yang merupakan masyarakat simeulue sendiri terutama pada hari sabtu dan minggu untuk menikmati keindahan pantainya serta membawa anak – anak berenang. Pantai Ujung Balla sangat aman untuk berenang karena lautnya tenang dan tidak berombak.

Pantai Suak Baru

pantai suak baruPantai Suak Baru di penuhi dengan pepohonan cemara yang tumbuh rindang disekitar bibir pantai. Pantai terletak di Kecamatan Simeulue Tengah, untuk mencapai pantai ini kita menempuh waktu 1 setengah jam menggunakan sepeda motor atau mobil dari pusat Kota Sinabang. Di sore hari pantai ini menyuguhkan pemandangan matahari tenggelam atau sunsetyang sangat indah. Dengan lokasi yang luas pantai ini juga cocok untuk tempat berkemah.

Pulau Mincau

pulau mincauSalah satu pulau – pulau kecil yang mengelilingi Simeulue adalah Pulau Mincau. Pulau ini menjadi salah satu deretan pulau kecil yang sudah banyak dikunjungi untuk berwisata. Daya tarik yang dimiliki pulau ini adalah memiliki pasir putih, dan keindahan bawah laut serta indahnya terumbu karang. Aktivitas snorkelingdan divingbisa anda lakukan disini, bahkan tanpa diving pun anda sudah bisa menikmati keindahan bawah laut pantai ini, karena memang airnya sangat bening.

Pulau Simeulue Cut

pulau simeuluePulau Simeulue Cut terletak di Kecamatan Simeulue Tengah, Kabupaten Simeulue. Secara geografis pulau ini memiliki koordinat pada 02°31’47” U dan 95 °55’05” T. Pulau ini terletak di Samudera Hindia, Pulau ini memiliki panorama alam yang indah dengan hamparan pasir putih yang halus dan vegetasi kelapa yang tumbuh memenuhi pulau. Pulau Simeulue Cut dapat dicapai dengan menggunakan perahu motor, dimana pulau ini telah terdapat sarana penunjang Transportasi Laut yaitu Dermaga apung sistem jetty yang menjadi spotfoto para wisatawan.

Pantai Mancala Maudil

Surfing International Championship tahun 2013Pantai ini terkenal setelah digelar Aceh Surfing International Championship tahun 2013, bahkan kembali dipercayakan untuk tahun 2017. Ombak dipantai ini berjenis pick pointatau pick hander( kiri dan kanan bagus). Pantai berpasir putih ini memanjang sampai seratus meter di antara Desa Nancala dan Desa Maudil, Kecamatan Teupah Barat. Pantai Nancala terkenal akan keindahan alamnya. Hamparan pasir putih yang membentang di tanjung ini menjadi daya tarik tersendiri. Di tepian pantai banyak ditumbuhi pohon kelapa, sehingga tempat ini juga banyak diminati masyarakat sebagai salah satu obyek wisata pantai di kawasan Maudil.

Pantai Pulau Batu Berlayar

Pantai Pulau Batu BerlayarTanjung ini disebut Batu Belayar yang merupakan bongkahan batu karang yang menjulang ke atas menyerupai layar dari perahu tradisional, terletak persis diujung pulau Simeulue bagian selatan tepatnya di Kecamatan Teupah Selatan, setiap nelayan yang datang dan pergi melaut arah pulau Lasia atau sekitarnya akan melewati Batu Belayar, dari depan Teluk Sinabang jelas dari kejauhan terlihat dihiasi hempasan ombak memutih dan Batu Belayar juga dijadikan salah satu spot surfingoleh pemburu ombak olah raga extrim. Oleh masyarakat Simeulue memanfaatkan lokasi ini sebagai tempat rekreasi dan kemping bagi yang ingin menikmati indah pantai sambil menyelam dan memancing/mencari ikan untuk dinikmati ditempat, sayangnya lokasi Batu Belayar belum dikelola dengan baik.

Pulau Lasia dan Pulau Babi

pulau babiPulau Lasia adalah sebuah pulau yang terletak di Samudera Hindia di sebelah barat pulau Sumatera tepatnya di sebelah barat laut pulau tuangku, di sebelah tenggara pulau Simeulue dan di sebelah Utara pulau Babi. Hamparan pantai pasir putih yang indah di pulau ini dapat menjadi salah satu daerah tujuan wisata pantai. Secara geografis terletak di titik koordinat 2°10’0’’ LU, 96°38’0” BT. Termasuk dalam wilayah Kabupaten Simeulue , Pulau Lasia memiliki sejarah menarik dibandingkan pulau-pulau lainnya di Kabupaten Simeulue karena dipulau itu tersimpan sejarah aramzsen yang abadi hinggah saat ini, terdapat beberapa bekas-bekas fondasi rumah aramzsen yaitu berupa bekas rumah dan genteng zaman dulu produksi negeri Belanda. Pulau tersebut juga memiliki gua laut yang tembus kedaratan kepulauan itu.

Pantai Lainnya

Adapun pantai – pantai lainnya yang tidak kalah indah pemandangannya adalah Pantai Olol Falu, Pantai Maudil, Pantai Nancala, Pantai Putra Jaya/Balubuk, Pantai Alus-Alus, Pantai Pasir Tinggi, Pantai Naibos/Batu Rundung. Dan beberapa pulau kecil yang mengelilingi Pulau Simeulue adalah Pulau Linggam, Pulau Khala-khala, Pulau Harapan, Pantai Teluk Simeulue, Pulau Siumat, Pulau Simanaha, Pulau Lasia, pulau Pinang dll.

Taman Wisata Alam Teluk Sinabang/Teluk Dalam/Teluk Sibigo

danau air teluk dalamTaman Wisata Alam Teluk Sinabang memiliki pesona pantai yang begitu luar biasa. Panorama pasir pantai berpasir putih menghadap ke Samudera yang mengelilinginya membuat daerah ini amat layak untuk dikunjungi. Tak hanya pantai dan laut , Simeulue mempunyai keindahan alam lainnya yaitu Danau Air Tawar Teluk Dalam. Danau ini dikenal dengan nama danau lawik tawar. Danau ini terletak di Desa Kuala Bakti Kecamatan Teluk Dalam Simeulue. Teluk Sibigo merupakan salah satu teluk yang setiap hari nya dilintasi oleh warga setempat dengan menggunakan rakit mesin dan perahu mesin. Teluk sibigo setiap hari nya dikunjungi warga setempat untuk sekedar menyaksikan ketenangan air laut dan pemandangan yang indah. Teluk sibigo memiliki kedalaman sekitar 40 depa dan jarak 108 kilometer dari Kota Sinabang dengan luas sekitar 30-40 hektar memiliki karakter air laut yang tenang. Teluk Sibigo juga merupakan dermaga alternatif bagi masyarakat Simeulue Barat yang akan bepergian ke Desa Mitem.

Potensi Flora dan Fauna

flora fauna burungObjek wisata alam bertebaran di Pulau Simeulue dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sebagai Kabupaten Kepulauan, potensi terbesar pengembangan wisata alam terletak pada pantai dan laut. Di daratan juga terdapat potensi untuk pengembangan ekowisata, seperti kawasan barat pulau Simeulue terdapat air terjun, sungai dan danau. Hutan lindung di Kecamatan Simeulue Barat bahkan dihuni spesies burung hantu (Otus Umbra) burung bernama lain Simeulue Scops owlini tidak terdapat di daerah lain endemik.

Sosial Budaya

Masyarakat Simeulue Adalah masyarakat yang Heterogen. Ada banyak suku dari berbagai daerah Indonesia. Namun secara umum spesifik Simeulue memiliki dua bahasa , yaitu bahasa Devayan dan bahasa Sigulai yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat, sementara untuk daerah sekitar Kota Sinabang menggunakan bahasa pesisir Sumatera (Bahasa Aneuk Jamee). Akibat akulturasi budaya menyebabkan Simeulue memiliki beberapa kesenian yang diadopsi dari beberapa suku yang ada, seperti Aceh, Padang, Nias, Batak, dan Sulawesi (Bugis). Mayoritas penduduk Simeulue memeluk agama Islam dan umumnya masyarakat cepat beradaptasi dengan para pendatang sehingga tidak menyulitkan dalam pergaulan sehari-hari.

Pola Perkampungan Masyarakat

sukuDi Kabupaten Simeulue terdapat banyak suku-suku yang tersebar seperti Suku Datok Muda, Suku lasali (Pamuncak Mudo), Suku Lanteng, Suku Dagang (Pamuncak) Suku Ra’awa, Suku Rainang, Suku Bangawoen dan Suku Bihau. Suku- suku tersebut diperkirakan mulai masuk ke Simeulue pada 7000 tahun lalu. Akan tetapi pada pertengahan abad 18 sebelum agama islam masuk ke Kabupaten Simeulue Masyarakat yang mendiami pulau ini hidup dalam bentuk persekutuan-persukutuan yang dipimpin oleh kepala suku. Wilayah yang di diami oleh masyarakat disebut “Bano” yaitu bano teupah, bano simolol, bano along, bano sigulai, dan bano leukon. Masing-masing kepala suku mempunyai otonomi sendiri dan tidak mempunyai hubungan dalam segi pemerintahan dan berjalan sendiri-sendiri.

Kebudayaan Masyarakat

seniWisata Budaya Kabupaten Simeulue memiliki warisan keragaman seni dan budaya yang mengakar kuat dalam kehidupan Masyarakat. Diantaranya yaitu Seni Nandong, Rapa’I Debus, Tari Anggok, Tari Sikambangatau Buai, Tari Pedang, Tari Andalas, dan Nyanyian Nanga2. Kesenian tradisional ini sering ditampilkan dan masih populer bagi masyarakat lokal Simeulue. Anda dapat mengenal seni dan budaya masyarakat Simeulue dengan menghadiri pesta perkawinan warga lokal, terutama di kawasan pesisir. Dalam kehidupan Masyarakat Simeulue baik perkawinan, pertanian, dan kehidupan sosial lainnya peran adat masih tetap berpegang pada syariat Islam. Dalam hal mencari nafkah Masyarakat Simeulue umumnya mengandalkan ladang pertanian dan sebagai Nelayan.

Tugu Lobster Sinabang

tugu lobsterMerupakan patung lobster yang terbuat dari perunggu sebagai simbol komoditas dan kuliner andalan Kabupaten Simeulue yang terletak di kawasan pelabuhan.

OBYAK WISATA YANG PATUT DI KUNJUNGI

Melihat penangkaran Telur Penyu Putra Jaya

Pantai dengan pasir merah di Gampong Putera Jaya di Kabupaten Simeulue ternyata disukai penyu untuk berkembang biak. Pantai tersebut berada 60 kilometer dari pusat Pemerintahan Kabupaten Simeulue. Permukaan pasir di Gampong Putra Jaya tersebut bertekstur gembur, sehingga mudah digali menjadi lubang sedalam satu meter untuk tempat menyimpan telur-telur penyu. Pantai merah yang membentang sepanjang lima kilometer itu sering dijadikan tempat bertelur penyu-penyu belimbing yang dilindungi pemerintah. Musim bertelur penyu-penyu tersebut biasanya pada musim timur. Setelah mengetahui bahwa satusatunya pantai yang sangat disukai penyu, maka warga setempat berinisiatif menjadikannya objek wisata alam.

Kerajinan Souvenir di Simeulue

Terlepas dari kawasan Pantai Busung, terdapat sebuah pasar yang dinamakan gallery souvenir khas Kabupaten Simeulue dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 7 kilometer. Pengunjung akan dapat melihat beberapa kerajinan tangan yang sayang jika dilewatkan begitu saja dan akan sangat disayangkan lagi jika pengunjung tidak memiliki barang-barang kerajinan tersebut. Gallery Souvenir Simeulue dikenal sebagai tempat menjual berbagai souvenir khas kerajinan tangan Masyarakat Simeulue, dari Kecamatan Simeulue Tengah maupun dari Kecamatan lainnya. Disini dapat dibeli hiasan
Lobster dan berbagai gelang dari akar Bahar, gantungan mainan tas, anyaman tikar dan model pernak pernik lainnya.

Toko Seni dan Cinderamata Simeulue

Hasil seni dan Budaya dari hampir seluruh daerah dan suku di Simeulue tersedia disini seperti: pakaian dari kulit kayu, alat tradisional lainnya, kerajinan, kalung, cincin, mainan kunci, vas bunga bahan bambu, penyajian kuliner tradisional dan kerajinan lainnya. Pertunjukan seni tradisional (Debus/Nandong/Buai/NangaNanga dst) Toko ini terletak di Desa Matanurung Kecamatan Teupah Tengah dan dapat dijangkau dengan angkutan umum Kota Simeulue dengan ongkos Rp 50,000,-/orang dengan jarak tempuh 25 menit

PENDUKUNG KEGIATAN PARIWISATA

TEMPAT BERIBADAH

Masjid Agung Tgk.Khalilullah

Masjid Agung Tgk.Khalilullah, merupakan masjid Kabupaten Simeulue yang berdiri megah dan indah dengan arsitektur yang sangat menawan, nama masjid ini diambil dari nama tokoh kharismatik penyebar agama islam pertama di daerah Kepulauan tersebut. Masjid Tgk. Khalilullah memiliki kapasitas sekitar 4.000 jamaah yang berlokasi di Jl. Teuku Umar Air Dingin Kabupaten Simeulue.

Masjid Raya Baiturramah

Masjid Raya Baiturramah Kota Sinabang, merupakan masjid yang terbilang megah dan berdiri kokoh di jantung ibukota Kabupaten Simeulue, tepatnya di Jl. Pahlawan Kota Sinabang

Masjid Babusshalihin

Masjid Babusshalihin, sebelumnya bernama Masjid Awaluddin, merupakan masjid pertama yang berdiri di Kabupaten Simeulue sejak agama islam berkembang di bumi kepulauan dimaksud. Masjid ini memiliki historis yang patut untuk dijadikan bukti sejarah berkembangnya islam di wilayah Simeulue. Bahwa di masa kesultanan Iskandar Muda, diberikan rekomendasi untuk pendirian masjid yaitu dalam bentuk sandi, yang dikenal dengan Sandi Salapan yang diperuntukkan sebagai tapak berdirinya tiang. Bahkan menurut cerita turun temurun, untuk mengambil Sandi Salapan tersebut di kerajaan Aceh, dijemput langsung oleh 8 (delapan) orang punggawa yang memiliki ilmu yang mumpuni sesuai dengan bidang masing-masing. Dan sejak berdirinya masjid ini telah dua kali dilakukan pembangunan kembali. Pertama pada saat terjadinya tsunami (Smong) tahun 1907 yang menyapu hampir seluruh wilayah, dan salah satu bukti masih ada makam korban Tsunami dimaksud diseputaran masjid tersebut, dan dampak tsunami/smongtahun 1907 telah menyebabkan hilangnya satu sandi masjid, sehingga saat ini hanya tinggal 7 (tujuh) sandi lagi. Kedua pada saat terjadinya gempa bumi/tsunami (smong) tahun 2004 yang meluluh lantakkan bumi Aceh termasuk Kabupaten Simeulue. Masjid ini terletak di Jalan Tgk. Diujung Desa Salur ibukota Kecamatan Teupah Barat sekitar 22 Km dari Sinabang ibukota Kabupaten Simeulue

Masjid Khalilullah

Masjid Khalilullah Jl. T.Umar, Air Dingin, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue

Masjid Agung Baiturahman

Masjid Agung Baiturahman Suka Karya, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue

Masjid Agung Babussalam

Masjid Agung Babussalam Jl. Teuku Diujung, Kampung Aie, Kecamatan Simeulue Tengah, Kabupaten Simeulue

Masjid Baiturrahman Nasrehe

Masjid Baiturrahman Nasrehe Nasrehe, Kecamatan Salang, Kabupaten Simeulue

Masjid Nurul Yakin

Masjid Nurul Yakin Desa Silengas, Teupah Barat, Kabupaten Simeulue

Masjid Baiturrahim

Masjid Baiturrahim Jl. Lasikin, Teupah Tengah, Kabupaten Simeulue

Masjid Nurul Hidayah

Masjid Nurul Hidayah Jl. Sigulai, Kecamatan Simeulue Barat, Batu Ragi, Kabupaten Simeulue

Masjid Baiturrahim

Masjid Baiturrahim Desa Lewak, Kecamatan Alafan, Kabupaten Simeulue

Masjid Alfurqan

Masjid Alfurqan. Jl. Tj. Raya, Kecamatan teluk Dalam, Kabupaten Simeulue

Masjid Jami Babul Hidayah

Masjid Jami Babul Hidayah Jl. Sibuluh, Kuta Padang, Kecamatan Simeulue Cut, Kabupaten Simeulue

Selain mesjid yang berstatus ibukota dan ibukota Kecamatan juga dapat dijumpai pada setiap desa bahkan dusun dalam Kabupaten Simeulue.

HOTEL DAN PENGINAPAN/ RESORT/HOME STAY

Di Kabupaten Simeulue terdapat sejumlah Losmen dan Penginapan/Resort/Home Stay yang menyediakan sejumlah kamar, antara lain:

Hotel

  • Hotel Graha D’Fit.lm
    Jl. Ibnu Aban No. 76 Desa Air Dingin Simeulue
    Telp (0650) - HP 081360109321
    Jenis Kamar : standard, Deluxe, Suite &
    President Suite Room

Wisma

  1. Wisma Harti
    Jl. Perjuangan Dusun Samorita Kec.Simeulue Timur
    Jenis Kamar : Standart & VIP

Losmen

  1. Losmen Simeulue
    Jln Nasional No. 137 Desa Sinabang Kec.
    Simeulue Timur Telp (0650) 21037 HP
    Jenis Kamar : Standard, Deluxe, Superior,
    Junior Suite & Relat Suite
  2. Losmen Hello Mister
    Jl. Baru Desa Suka Karya Kec. Simeulue Timur
    Jenis Kamar : Standard, Deluxe, Superior,
    Junior Suite & Relat Suite
  3. Losmen Andini
    Jl. Teuku Diujung Desa Air Dingin Kecamatan 
    Simeulue Timur
  4. Losmen Innaka
    Jl Perjuangan Dusun Samorita Desa Amiria 
    Bahagia Kecamatan Simeulue Timur 
    Jenis Kamar : Standart & VIP
  5. Losmen Kemuning
    Dusun Kemuning Desa Air Dingin Kec. Simeulue Timur.
    Jenis Kamar : standard, Deluxe, Suite & President Suite Room
  6. Losmen Hikmah Fajar
    Jenis Kamar : Standard, Deluxe, Superior,
    Junior Suite & Relat Suite
  7. Losmen Nasir
    Jl. Teuku Umar Desa Suka Jaya Telp (0650) 21238
    Jenis Kamar : standard, Deluxe, Suite &
    President Suite Room
  8. Losmen Hidup Subur
  9. Losmen Lovia
    Jl. Teuku Diujung No 104 Lr. Nangka Kec.
    Simeulue Timur Telp (0650) 21863
    Jenis Kamar : Standart & VIP
  10. Losmen Pancaran Subuh
    Jl. Nasional Simpang Lima Desa Sinabang Kec.
    Simeulue Timur. Telp (0650) 21314
    Jenis Kamar : Standard, Deluxe, Superior,
    Junior Suite & Relat Suite
  11. Losmen Edi Bass
    Jl. Nasional Sp. Lima Desa Sinabang Kec.
    Simeulue Timur Telp (0650) 21142
    Jenis Kamar : standard, Deluxe, Suite &
    President Suite Room
  12. Losmen Sukma Raya
    Jl. Nusantara Lr Teratai Putih No. 10. HP. HP
    081360170797
  13. Losmen Minda
    Jl. Pahlawan Lr. Merpati Desa Suka Karya Kec.
    Simeulue Timur
    Jenis Kamar : Standart & VIP
  14. Losmen Baroqah
    Jln Pahlawan No 178 Desa Sinabang Kec.
    Simeulue Timur Telp (0650) 21180
  15. Losmen Metro
    Jl. Teuku Diujung Suka Jaya Kec. Simeulue Timur
    Jenis Kamar : Standart & VIP

Selain Hotel dan losmen di atas, masih terdapat resortdan Homestayyang tersebar sepanjang pesisir pantai Simeulue dan dilokasi objek wisata selancar seperti CV. Ranu Surf Camp, Batu Rundung Surf Camp, CV. Baneng Island, CV. Moon Beach, CV. Mahi-Mahi Surf Camp, CV. Aura, Simeulue Surf Logs, Sahabat kita, Fraza Home Stay, Nanik Busung Surf Camp, Salt Surf, Simeulue Surf Camp, Kita Surf, Grace Wave, Posada Ruis Wahyuni, Consevation Tourism Indonesia, dan sejumlah penginapan dan Home Stay lainnya.

TEMPAT BERBELANJA

UDF Market (Simeulue)

UDF Market (Simeulue)
Jl. Nasional Unnamed Road, Suka Damai, Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Aceh
24782 - Sinabang, HP 0853 6000 8095

Widiyah Market (Simeulue)

Widiyah Market (Simeulue)
Jl. Teuku Diujung, Unnamed Road, Suka Jaya, Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Aceh
24782 Sinabang,

TEMPAT BEROLAHRAGA DAN SELANCAR/DAIVING/ SNORKLING

Tempat Olahraga

  1. Stadion Olah Raga Siemuelue
    Jl. Tgk. Diujung, Suak Buluh-Simeulue
  2. Danau Laut Tawar Mutiara (Air Tawar)
  3. Danau Laut Tawar Laulo (Air Tawar)
  4. Pantai Nancala (Surifng)
    Jl.Tgk. Diujung, Nancala Telp (0967) 536304
  5. Pantai Matanurung (Surfing)
  6. Pantai Batu Rundung (Surfing)
    Jl. Tgk. Diujung, -Batu Rundung
  7. Pantai Alus-Alus (Surfing)
  8. Batu Belayar (Surfing)
  9. Pulau Mincau (Surifng)
  10. Pulau Lasia (Surfing)
  11. Pulau Harapan (Surfing)
  12. Pulau Pinang
    Jl. Ujung Sarang-Sambay
  13. FIGNES / Olah Raga Kebugaran
    Jl. Teuku Umar – Suka Jaya
BIRO PERJALANAN

Daftar Biro Perjalanan yang ada

  1. Sahara Tour & Travel
    Jl. Melur, Desa Suka Karya, Simeulue Timur,
    Kabupaten Simeulue, Aceh 24782.
    Service : Tour & Traveling
  2. Global Tour & Travel
    Jl. Tgk Diujung, Suka Jaya, Simeulue
    Timur,Kabupaten Simeulue, Aceh 24782.
    Hp 0823-7083-1097
    Service : Ticketing, Tour and Traveling
  3. Nusantara Tour & Travel
    Jl. Perjuangan, Ameria Bahagia, Simeulue
    Timur, Kabupaten Simeulue, Aceh 24782.
    Service : Ticketing, Tour and traveling
  4. Anak Ulau Tour & Travel
    Jl. Melur, Desa Suka Karya, Simeulue
    Timur,Kabupaten Simeulue, Aceh 24782.Hp
    0853-7047-1625
    Service : Ticketing, Tour and Traveling
  5. Cv. Lintas Nusa Tour & Travel
    Jl. T. Umar, Dusun Mifaalami, Air Dingin,
    Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Aceh
    24782 Service : Ticketing, Tour and Traveling
  6. Wisata Tour & Travel
    Jl. T. Umar, Air Dingin, Simeulue Timur, Kabupaten
    Simeulue, Aceh 24782
    Service : Ticketing, Tour and Traveling
JASA TITIPAN KILAT

Tiki

TIKI Jl. Tgk Diujung, Suka Jaya, Sinabang, Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Aceh 23891. Telp (0650) 7000589

RESTORAN/RUMAH MAKAN

Rumah Makan

  1. Rumah Makan Ikan Bakar Bang Ajo.
    Jl. Perjuangan, Ameria Bahagia, Simeulue
    Timur, Kabupaten Simeulue, Aceh 24782.
    HP 0813-6207-9917 (Makanan Nasional)
  2. Rumah Makan Baroqqa.
    Jln Pahlawan No.178 Desa Sinabang, Kec.
    Simeulue Timur Telp (0650) 21180
  3. Rumah Makan Family.
    Jl. Tgk diujung, Desa Sinabang, Simeulue
    Timur, Kabupaten Simeulue, Aceh 24782.
    Sinabang, HP 0853-5923-2443
  4. Simpang Raya Rumah Makan.
    Jl.Melur No. 176, Sinabang, Simeulue Timur, 
    Kabupaten Simeulue, Aceh 24782 Sinabang 
    Telp (0650) 21225 
  5. Rumah Makan Hidup Baru
    Jl. Tgk diujung, Sinabang, Simeulue Timur,
    Kabupaten Simeulue, Sinabang
  6. Rumah Makan Barambang
    Jl. Sinabang – Luan Balu Km13 Berambang,
    Ganting, Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue,
    Aceh 24782 Sinabang
  7. Rumah Makan Segar
    Jl. Tgk Diujung Kampung Aie
PERBANKAN

Perbankan

  1. Bank Aceh (BPD) Cabang Sinabang
    Alamat : Jl. Nasional, Telp : (0650) 21021.
  2. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Sinabang
    Alamat : Jl. Unnamed Road, Suka Jaya,
    Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Aceh
    24782, Hp 0823-9255-5946
  3. Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Sinabang
    Alamat : Jl. America Bahgia, Simeulue Timur,
    Kabupaten Simeulue, Aceh 24782
    Hp 0813-9768-6426
  4. Bank Aceh (BPD) Unit Kampung Aie
    Alamat : Jl. Tgk Diujungm Kampung Aie,
  5. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit  Air Dingin
    Alamat : Jl. T. Umar, Desa Air Dingin, Simeulue
    Timur, Kabupaten Simeulue, Aceh 24782
    Sinabang
KANTOR PEMERINTAH

Section 1

  1. Kantor Bupati Simeulue
  2. Jl. T. Umar, Simeulue Timur, Kabupaten
    Simeulue, Aceh 24782 Sinabang
  3. Kantor Polres Simeulue
    Jl. Tgk Diujung No. 1, Sinabang, East Simeulue,
    Simeulue Regerency, Aceh 247786.
  4. Kantor Distrik Militer Simeulue
  5. Kantor Komandan Lanal Simeulue
  6. Kantor Kejaksaan Negeri Simeulue
    Jl. Tgk Diujung, Suak Buluh, Simeulue Timur,
    Kabupaten Simeulue, Aceh 24768.
  7. Kantor Pengadilan Negeri Simeulue
    Jl. Tgk Diujung No. 406, Simeulue Timur,
    Kabupaten Simeulue, Aceh 24786
    Telp (0650) 21042
  8. Kantor Mahkamah Syaria Simeulue
  9. Jl. Tgk. Diujung Km. 5, Desa Suak Buluh, 
    Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Aceh 
    24782. Telp (0650) 8001021
  10. Kantor Pos Dan Giro
    Jl. Tgk Diujung, Simeulue Timur, Kabupaten
    Simuelue, Aceh 23891 Sinabang
    Hp 0813-7070-0795
  11. Kantor Telekomunikasi
    Suka Maju, Simeulue Timur, Kabupaten
    Simeulue, Aceh 24782. Telp (0652)21500
  12. Kantor Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Simeulue
    Jl. Melur No.176, Desa Suka Karya, Sinabang,
    Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Aceh
    24782. Telp (0650) 7000299, Email: info@
    pariwisata.simeuluekab.go.id, Website: http//Pariwisata.simeuluekab.go.id
  13. Kantor Penanaman Modal
    Jl. Tgk. Umar, Desa Air Dingin, Sinabang,
    Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Aceh
    24782.
  14. Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik
    Jl. Tgk. Diujung Simeulue
  15. Kantor Infokom Simeulue
    Jl Tgk Diujung, Simeulue Timur, Air Dingi
  16. Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan
    Kabupaten Simeulue
    Jl. Baru No. Sinabang
    Tlp/Fax (0650) 7000299
    Simeulue Aceh
    Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
    Website: http//Pariwisata.simeuluekab.go.id

Back to top
Go to bottom
iden
200045
TodayToday218
YesterdayYesterday1140
This_WeekThis_Week2613
This_MonthThis_Month23864
All_DaysAll_Days200045

Free Joomla! template by L.THEME