Kabupaten Berau
Kabupaten Berau

SAMBUTAN

Sambutan Bupati

SAMBUTAN BUPATI BERAU
bupati

H. MUHARRAM, S.Pd, MM.

Alhamdulillah, sudah sepatutnya kita selalu bersyukur kepada Allah SWT atas segala berkat dan bimbinganNya bagi kita semua, sehingga sebuah buku panduan wisata yang berjudul “TRAVEL GUIDE TO BERAU” ini dapat diselesaikan. Tentunya dengan secercah harapan bahwa buku ini akan membawa manfaat bagi para wisatawan, baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara, yang akan berkunjung ke Kabupaten Berau, Bumi Batiwakkal.

Kabupaten Berau memiliki beragam obyek wisata yang mempesona dan pasti akan memberikan daya tarik yang luar biasa bagi para wisatawan. Obyek wisata tersebut tersebar di seluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Berau, yang masing-masing memiliki keunikan dan keindahan sebagai karunia dari Allah Sang Pencipta, Yang Maha Kuasa.

Salah satu sektor yang menjadi skala prioritas pembangunan di Kabupaten Berau adalah sektor pariwisata untuk menjadikan Kabupaten ini sebagai “Kabupaten Tujuan Wisata Nasional, Regional dan Internasional”.

Penerbitan buku ini tentu akan sangat berguna baik sebagai bahan promosi maupun sebagai referensi bagi para pengunjung wisata ke Kabupaten Berau dalam menentukan arah perjalanan wisatanya.

Buku ini tentulah akan sangat membantu dan bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan yang akan berkunjung ke Kabupaten Berau.

Akhirnya, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkecimpung dalam upaya penyusunan, pencetakan dan penyebaran buku ini khususnya kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang telah berupaya menyusun dan merampungkan buku panduan ini.

Terima kasih.

Sambutan Kepala Dinas

SAMBUTAN KEPALA DINAS KEBUDAYAAN
DAN PARIWISATA KABUPATEN BERAU

kadis

H. MAPPASIKRA MAPPASELLENG, SE.

Puja dan puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan petunjuk dan bimbinganNya dalam upaya kami menyusun dan menyelesaikan buku tentang petunjuk berwisata ke Kabupaten Berau, dengan judul “Travel Guide to Berau”.

Sungguh merupakan karunia Illahi yang begitu menakjubkan terhadap Bumi Batiwakkalini dengan Obyek Wisata yang sangat mempesona di Kabupaten ini. Tidak kurang dari 159 obyek wisata mempesona yang tersebar di seluruh wilayah Berau.

Buku ini berisi gambaran umum tentang tempattempat wisata yang ada di kabupaten Berau, beserta atraksi wisata dan cara akses menuju tempat tersebut. Untuk mendukung hal tersebut, telah tersedia fasilitas pendukung kepariwisataan seperti transportasi, sarana kesehatan dan peribadatan, hotel dan restoran serta fasilitas keamanan yang diharapkan dapat memberikan kesan yang baik bagi para wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Kamipun membuka kesempatan bagi para investor yang mungkin berkenan untuk turut-serta bersama kami membangun sektor pariwisata di Berau sebagai bagian dari komitmen kami dalam mengembangkan pariwisata Berau ke tingkatan Nasional dan Internasional.

Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Bupati Berau yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menyusun dan merampungkan buku ini yang mudah-mudahan kehadirannya akan makin menambah arus wisatawan ke Kabupaten Berau. Kami juga sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan, pencetakan dan sekaligus penerbitan dan pendistribusian buku “Travel Guide to Berau” ini.

Semoga Allah selalu memberikan bimbingan, petunjuk dan lindunganNya bagi kita semua.

Terima kasih.

Sambutan Pidii

SAMBUTAN PIDII

Agus Suryadi

AGUS SURYADI

Pariwisata di Indonesia merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi besar untuk mendukung roda perekonomian pemerintah daerah maupun pusat. Berbagai lokasi wisata dengan beragam budaya yang melekat dapat ditemukan di sepanjang wilayah Bumi Pertiwi kian menarik perhatian pengunjung, baik wisatawan lokal maupun asing. Hal inilah yang menjadi kekuatan bagi pengembangan pariwisata di Indonesia hingga saat ini.Sektor pariwisata tumbuh begitu pesat sehingga pemerintahan Jokowi - JK berani memproyeksikan sektor pariwisata akan menjadi penyumbang devisa terbesar pada 2019.

Di sisi lain, era global masa kini memungkinkan terjadinya mobilisasi manusia dengan lebih mudah. Hal tersebut kemudian berimbas pada semakin mudah dan derasnya pertukaran informasi yang terjadi. Perubahan yang diiringi dengan pesatnya perkembangan teknologi tersebut kemudian mengundang perhatian berbagai sektor industri untuk memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT) demi mengangkat performa mereka, termasuk dalam sektor pariwisata.

Diawali dari sebuah kesadaran akan kebutuhan yang besar terhadap informasi industry pariwisata yang lengkap dan mampu mengintegrasikan seluruh kegiatan pariwisata serta dapat memberikan berbagai pelayanan informasi untuk para turis,tamu yang berkunjung dan juga masyarakat pada umumnya, Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII) bekerjasama dengan PT. Qayris Cipta Kreasindoserta didukung oleh Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA)dan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), memprakarsai pembuatan Travel Guide to BERAU, yaitu Panduan WisataKabupaten Berau yang dikemas dalam bentuk buku, disajikan dalam dua bahasa (Indonesia – Inggris).

Buku ini mencoba untuk mengungkap secara lengkap tentang potensi obyek wisata di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, dengan segala keindahan yang mempesona yang dimilikinya. Disamping itu
juga memberikan petunjuk tentang akses menuju ke lokasi, sarana dan prasarana yang tersedia, keunggulan dari masing-masing obyek wisata dan kuliner yang tersedia.

Harapan kami, semoga penerbitan buku Travel Guide to BERAUini dapat meningkatkan pelayanan informasi pemerintah Kabupaten Berau kepada berbagai kalangan yang membutuhkan informasi, baik untuk masyarakat Kabupaten Berau maupun wisatawan dan tamu yang datang ke Kabupaten Berau dengan berbagai kepentingan.

Jakarta, April 2018
Agus Suryadi,
Chairman of PIDII

Sambutan ASPPI

SAMBUTAN KETUA UMUM ASOSIASI PELAKU PARIWISATA INDONESIA (ASPPI)

ketum aspi

DJOHARI SOMAD

Sebagai bentuk kepedulian akan Kepariwisataan di Indonesia dan peran strategis dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia sekaligus mendukung kehidupan ekonomi khususnya dalam kegiatan kepariwisataan dan menunjang pembangunan Pariwisata Indonesia, dibentuklah Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI). Pembentukan tersebut juga didasari oleh tanggung-jawab akan masa depan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, berpartisipasi aktif dalam mengisi kemerdekaan dan perwujudan cita-cita Nasional.

Pembuatan buku panduan wisata yang berjudul Travel Guide to Berausejalan dengan Visi dari ASPPI yaitu Memajukan pariwisata Indonesia dengan meningkatkan profesionalisme pekerja pariwisatanya. Visi yang kemudian dijabarkan dalam Misi ASPPI tersebut merupakan cerminan tekad ASPPI untuk memajukan Kepariwisataan Indonesia, yang kita tahu memiliki aneka ragam bentuk wisata yang mempesona, baik Wisata Alam, Wisata Bahari, Wisata Budaya/Sejarah, Wisata Kuliner maupun berbagai bentuk Wisata lainnya.

Fungsi dan peran ASPPI adalah membantu Pemerintah dalam membina dan memajukan pariwisata Nasional, dengan kegiatan menunjang program Pemerintah di dalam Pembangunan Nasional dan membantu memelihara ketertiban, keamanan dan kenyamanan wisatawan. ASPPI sebagai Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia merupakan wadah berkumpulnya individu pelaku pariwisata di Indonesia baik dari bidang Biro Perjalanan, Hotel, Transport, Penerbangan, Restoran, Pramuwisata dan lain lain.

Buku Travel Guide to Berau yang diterbitkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Berau bekerjasama dengan Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII)dan PT. Qayris Cipta Kreasindo ini merupakan salah satu upaya yang didukung penuh oleh ASPPI, karena tujuannya untuk mempromosikan Kepariwisataan di Indonesia dengan berbagai keragaman budayanya.

Semoga buku Travel Guide to Berauini dapat berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu menjadi panduan pagi para wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Berau sekaligus sebagai media promosi pariwisata Kabupaten Berau dengan berbagai keistimewaan, keunggulan dan fasilitas yang tersedia. Terima kasih.

Jakarta, February 2018
The Association of Indonesian Tourism Stakeholders (ASPPI),
Djohari Somad
Chairman

Sambutan ASITA

SAMBUTAN KETUA UMUM
ASSOCIATION OF THE INDONESIAN TOURS ANDTRAVEL AGENCIES (ASITA)

ketua umum asita

H. ASNAWI BAHAR, SE, M.SI.

Pesona Indonesia...Wonderful Indonesia...

Sebagai pengantar, Data terakhir dari Biro Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Pariwisata disampaikan bahwa sektor pariwsata merupakan penyumang DEVISA terbesar nomor 2 setelah Kelapa Sawit. Indonesia juga merupakan salah satu negara dari 20 negara yang memiliki pertumbuhan paling cepat di sektor pariwisata. Pertumbuhan pariwisata Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mencapai 25,68%.

Pemerintah saat ini sedang melakukan inovasi dan motivasi untuk menggenjot sektor pariwisata secara masif dan komprehensif, ini merupakan kebangkitan sektor pariwisata Indonesia yang memiliki peringkat dalam meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia yang tadinya menduduki posisi ranking 50 naik menjadi ranking 42 dunia. Sektor pariwisata kini menjadi primadona baru bagi pembangunan nasional. Sumbangan devisa maupun penyerapan tenaga kerja dalam sektor ini amat signifikan bagi devisa negara, diperkirakan pada tahun 2019, sektor pariwisata menjadi penyumbang utama devisa utama Indonesia.

Dengan hasil yang dicapai sektor pariwisata saat ini Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies(ASITA), mengapresiasi pencapaian ini dengan menyambut baik diterbitkannya buku Travel Guide to Berau oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Berau bekerjasama dengan PT. Qayris Cipta Kreasindo dan Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII), yang merupakan salah satu langkah maju pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan informasi kepada para wisatawan mancanegara maupun domestik yang datang ke Kabupaten Berau

Akhir kata kami ucapkan selamat dan sukses, semoga inisiatip ini berdampak pada meningkatnya arus kunjungan wisatawan baik lokal maupun asing ke Kabupaten Berau.

Demikian disampaikan, atas segala perhatian dan dukungan baik instansi pemerintah maupun stekholder di bidang pariwisata diucapkan terima kasih.

Jakarta, 2 April 2018
Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA),

H. Asnawi Bahar, SE, M.Si
Ketua Umum ASITAThe Chairman of ASITA

GAMBARAN UMUM

PESONA BERAU - BUMI BATIWAKKAL

WILAYAH DAN KEPENDUDUKAN

Letak, Luas dan Batas Wilayah

letak

Kabupaten Berau terletak antara 10 - 2033’ dan 1160 – 118057’, berada di atas ketinggian laut antara 5 dan 55m, luas wilayah sekitar 34.127.17 km2 dengan ibu kotanya Tanjung Redeb. Kabupaten Berau berbatasan dengan beberapa wilayah yaitu di sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Bulungan, di sebelah Selatan dengan Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara, dan di sebelah Timur dengan Selat Makassar. Kabupaten Berau terdiri dari 13 Kecamatan, 10 kelurahan, 100 kampung/desa, dan 701 Rukun Tetangga (RT). Kota Tanjung Redeb diapit oleh tiga sungai yaitu Sungai Kelay, Sungai Segah dan Sungai Berau. Berikut kecamatan dan ibu kota kecamatan yang ada di Kabupaten Berau.

 

 

Iklim

iklim

Suhu di Berau berkisar antara 23,30oC dan 34,50oC dengan Kelembaban Udara antara 82 dan 89%. Tekanan Udara antara 1009,6 dan 1012,7 milibar. Kecepatan angin antara 3,2 dan 4,6 knot dengan lama penyinaran matahari antara 43 dan 81,2%. Jumlah curah hujan antara 124,4 dan 413,8 mm3 dengan jumlah hari hujan antara 15 dan 25 hari hujan.

Penduduk

kawasanPada tahun 2015 jumlah penduduk Kabupaten Berau adalah 218.124 orang dengan laju pertumbuhan 2,84% dan kepadatan penduduk 6,29 orang/km2. Beberapa suku asli yang hidup di wilayah ini adalah Suku Bajau, Berau Banua dan Dayak yang disingkat Babada. Selain itu masih ada juga suku-suku lain seperti suku Bugis, Makassar, Jawa, Madura, Sunda, Batak, Toraja dll. Suku Berau berdiam di wilayah Kecamatan Tanjung Redeb, Gunung Tabur dan Sambaliung. Pada umumnya masyarakat Berau berbahasa Indonesia disamping Bahasa daerah masing masing suku. Suku Berau menggunakan Bahasa Berau/Banua dengan dialek yang khas, begitupun untuk Suku Dayak dan Bajau serta suku lainnya. Penduduk Berau menganut agama yang berbeda dengan persentase sebagai berikut: Agama Islam (85.076%), Protestan (9.44%), Katholik (5.112%), Hindu (0.086%), Buddha (0.281% dan kepercayaannya (0.005%).

SENI DAN BUDAYA

Kabupaten Berau kaya dengan objek wisata alam dan bahari yang tersebar dari hulu, hilir, pesisir dan kepulauan. Selain itu, Kabupaten Berau juga memiliki keberagaman budaya yang hingga kini masih dipertahankan. Kesenian perpaduan tiga suku asli Berau yaitu Bajau, Banua, dan Dayak (Babada) sering ditampilkan di berbagai pagelaran yang menunjukkan kekayaan budaya Berau. Tarian tersebut seperti Tari Gantar, Tari Kancet Papatai/Tari Perang, Tari Babada, Tari Kancet Ledo/Tari Gong, Tari Kancet Lasan, Tari Serumpai, Tari Belian Bawo, Tari Kuyang, Tari Pecuk Kina, Tari Datun, Tari Ngerangkau dan Tari Baraga Bagantar khas masyarakat Dayak. Berau juga memiliki lagu daerah, seperti Lamin Talungsur dan Busak Mallur diiringi Sampe - alat musik tradisional Dayak dan busana khas Berau (Bajau, Banua dan Dayak).

Beberapa Kegiatan Seni dan Budaya di Kabupaten Berau :

Bekudung Betiung

bakudungbatiung CopyUpacara Bekudung Betiung adalah penggabungan antara pesta Bekudung yaitu pesta berupa prosesi adat untuk mencapai kedewasaaan dengan Pesta Betiung yang merupakan pesta ucapan syukur yang dilaksanakan setiap tahun sehabis panen padi selesai. Perayaan upacara Bekudung Betiung ini digelar 2 tahun sekali selama tiga hari yang bertempat di Kampung Tumbit Dayak (Pemukiman Suku Gaai). Pada acara upacara ini beragam kegiatan seni, olahraga tradisional, atraksi budaya dan dekorasi adat dipertunjukkan.

Pesta Adat Suku Benua

pesta adat suku benuaUpacara yang merupakan pesta rakyat dengan tujuan menguati (pallas) kampung yang disertai beberapa atraksi seni budaya. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya mengangkat serta menggali adat istiadat tempo dulu. Perayaan pesta adat suku Benua ini digelar 2 tahun sekali selama tiga hari, bertempat di Kampung Bangun Bebanir, Kecamatan Sambaliung. Pada acara upacara tersebut wisatawan dan masyarakat disuguhkan beberapa unsur kesenian, olahraga tradisional, atraksi budaya, dekorasi adat.

Pesta Adat Kesultanan Sambaliung

pesta adat sambaliungPesta ini menampilkan adat budaya Kesultanan yang bertema perkawinan tradisional zaman Kesultanan. Pada acara upacara tersebut wisatawan disuguhkan beberapa unsur kesenian, atraksi budaya, pakaian Kebesaran, dekorasi adat dan masakan khas tradisisonal. Perayaan pesta adat Kesultanan Sambaliung ini digelar 2 tahun sekali selama satu hari yang bertempat di Keraton Sambaliung.

Pesta Adat Kesultanan Gunung Tabur

bupati kukuhkan sultan gunung taburPesta adat Kesultanan Gunung Tabur merupakan peringatan hari jadi Kesultanan, perayaan ini dilaksanakan satu tahun sekali selama satu hari, bertempat di Keraton Gunung Tabur, kelurahan gunung Tabur. Masyarakat dan wisatawan dapat menyaksikan kesenian, atraksi budaya, pakaian kebesaran dan dekorasi adat.

KUNJUNGAN WISATAWAN

Kunjungan Wisatawan setiap tahun meningkat di Kab. Berau mengalami peningkatan yang cukup siknifikan (lihat table). Pada tahun 2017, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Berau sebanyak 207.780 orang yang terdiri dari wisatawan nusantara sebanyak 203.404 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 4.376 orang. Lama menginap bagi wisatawan rata rata 2-3 hari bagi wisatawan nusantara dan 5-6 hari bagi wisatawan 5-6 hari. 

Berikut data kunjungan wisatawan di Kabupaten Berau :

DATA KUNJUNGAN WISATAWAN KABUPATEN BERAU TAHUN 2009 – 2017

DATA KUNJUNGAN WISATAWAN KABUPATEN BERAU

TAHUN 2009 - 2017

NO

TAHUN 

JUMLAH KUNJUNGAN

JUMLAH

WISMAN ( Orang )

WISNUS ( Orang )

1

2009

                           1.401

                         2.025

              3.426

2

2010

                           3.111

                       15.024

            18.135

3

2011

                           3.300

                       24.253

            27.553

4

2012

                               837

                       66.024

            66.861

5

2013

                           4.026

                       80.753

            84.779

6

2014

                         10.728

                       77.574

            88.302

7

2015

                           6.119

                       99.416

          105.535

8

2016

                           2.573

                    127.450

          130.023

9

2017

                           4.376

                    203.404

          207.780

Total

                         36.471

                    695.923

          732.394

VISI DAN MISI

VISI

Mewujudkan Berau Sejahtera, Unggul, dan Berdaya Saing Berbasis Sumber Daya Manusia dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Secara Berkelanjutan.

MISI

  1. Membangun dan meningkatkan sarana dan prasarana publik yang berkualitas, adil, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan;
  2. Meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam, memberdayakan usaha ekonomi kecil menengah yang berbasis kerakyatan, dan perluasan lapangan kerja termasuk pengembangan ekonomi kreatif berbasis pariwisata dan kearifan lokal;
  3. Mewujudkan masyarakat yang cerdas, sehat, sejahtera, bermartabat dan berdaya saing tinggi;
  4. Menciptakan tata pemerintahan yang bersih, berwibawa, transparan dan akuntabel.

PROFILE PARIWISATA 

Kabupaten Berau memiliki 159 objek dan daya tarik wisata yang tersebar di seluruh wilayah mulai dari hulu, hilir, pesisir dan pulau. Berikut adalah jumlah daya tarik wisata di kabupaten Berau :

No.

Kecamatan

Jumlah Objek/daya tarik Wisata

1

Tanjung Redeb

14

2

Gunung Tabur

7

3

Teluk Bayur

12

4

Sambaliung

7

5

Kelay

21

6

Segah

11

7

Talisayan

11

8

Tabalar

7

9

Biatan

2

10

Batu Putih

12

11

Pulau Derawan

19

12

Pulau Maratua

13

13

Biduk Biduk

23

KECAMATAN TANJUNG REDEB

Tanjung Redeb merupakan ibukota kecamatan sekaligus ibu kota kabupaten Berau. Daya tarik wisata yang ada di kecamatan Tanjung Redeb adalah wisata alam, buatan dan budaya. Daya tarik tersebut diantaranya adalah taman cendana, taman sanggam, taman ria bukit Berau, Mesjid Agung Baitul Hikmah, Makam Syech Ali Junaidi Al Banjari, Tepian Sungai Segah Tanjung Redeb yang mana semuanya itu berada di pusat kota Tanjung Redeb yang dapat dijangkau dengan sangat mudah dengan menggunkan kendaraan roda dua/empat.

KECAMATAN PULAU DERAWAN

Kecamatan Pulau Derawan memiliki potensi wisata yang saat ini menjadi daya tarik yang sangat diminati oleh para wisatawan. Berikut beberapa daya tarik wisata di Pulau Derawan :

Pulau Derawan

Pulau Derawan memiliki pasir yang putih dan terkenal dengan wisata bawah lautnya yang indah. Pulau Derawan termasuk wisata bahari/pantai dan dikelola oleh masyarakat kampung. Pulau Derawan mempunyai luas area sekitar 44,6 Ha. Pada Pekan Olah Raga Nasional tahun 2008 lalu Pulau Derawan digunakan sebagai Venue untuk cabang olah raga voli pantai dan selancar angin.

  • Daya Tarik Pulau Derawan
    Beberapa daya tarik yang dapat dinikmati saat berada di Pulau Derawan diantaranya: Land Mark Pulau Derawan, spot diving/snorkeling, Pantai pasir putih, Gusung (pasir timbul), Dermaga sunset/sunrise, Kuburan Nisan Kuda, Sumur Tua, konservasi penyu, pembuatan kapal masyarakat, budaya masyarakat Bajau dan kehidupan masyarakat Pulau Derawan.
  • Akses menuju ke pulau Derawan:
    Akses ke Pulau derawan ke Tanjung Batu, ibu kota Pulau Derawan dengan jarak sekitar 110 Km yang dapat ditempuh selama 2,5 jam. Dari Dermaga Tanjung Batu menuju Pulau Derawan dapat ditempuh menggunakan Speed boat selama 30 menit. Selain itu, dapat menggunakan jalur sungai dari dermaga di Tanjung Redeb menuju Pulau Derawan dengan menggunakan Speedboat selama 2,5  jam.
  • Sarana dan Prasarana di pulau Derawan:
    Sarana dan prasarana yang ada di Pulau Derawan yaitu: Resort, Cottage, penginapan, homestay, restoran, rumah makan, warung makan, Souvenir/ cinderamata, penyewaan sepeda dan fasilitas air seperti: alat penyelaman, banana boat, dsb, Puskesmas dan Sekolah.

Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki masih termasuk Kecamatan Pulau Derawan dengan luas area sekitar 15,9 Ha.

  • Daya tarik:
    Pulau Sangalaki memiliki berbagai dara tarik seperti ekosistem terumbu karang yang beraneka warna, habitat Manta Ray dan tempat pelestarian penyu hijau, serta pasir putihnya yang indah
  • Akses menuju Pulau Sangalaki:
    Pulau Sangalaki dapat dijangkau dengan menggunakan speedboat dengan jarak tempuh selama 30 menit dari Pulau Derawan.
  • Sarana dan prasarana:
    Pulau Sangalaki memiliki beberapa sarana dan prasarana diantaranya adalah resort, restoran dan fasilitas penyelaman serta snorkeling, dan tempat penangkaran penyu hijau yang dikelola oleh BKSDA Kalimantan Timur.

Tanjung Batu

Tanjung Batu merupakan ibukota kecamatan Pulau Derawan. Di Tanjung Batu terdapat beberapa atraksi wisata dan fasilitas umum untuk mendukung pariwisata misalnya  dermaga, bank, puskesmas, hyperbaric chamber, pasar, dan dan tempat wisata lainnya.

  1. Dermaga Tanjung Batu.
    Dermaga ini dibangun menjelang PON tahun 2008 lalu dan saat ini difungsikan sebagai pintu gerbang untuk ke pulau misalnya pulau Derawan, Kakaban, Sangalaki, Maratua dan pulau lainnya. Beberapa fasilitas ditempat ini adalah toilet umum, tempat parkir, kantin dan Base Camp cabang olah raga layar Berau, dan floating jetty
  2. Wisata Mangrove Tanjung Batu dan Pusat Informasi Mangrove
    Wisata Mangrove Tanjung Batu merupakan salah satu wisata mangrove yang ada di Kab. Berau. Wisata ini menyajikan informasi mengenai mangrove pada Pusat Informasi Mangrove (PIM) dan jalur tracking didalam kawasan mangrove sepanjang 1.7 km serta berbagai atraksi yang dapat dilakukan didalamnya misalya pengamatan satwa/keberagaman pohon mangrove, rekreasi keluarga, dan banyak lagi. Tempat ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua/empat selama 2.5 jam dari Tanjung Redeb. Saat ini tempat ini dikelola oleh Kelompok Masyarakat Tanjung Batu
  3. Hyperbaric Chamber
    Keberadaan Hyperbaric Chamber yang dipusatkan di Puskesmas Tanjung Batu merupakan sarana pendukung kepariwisataan yang ada di Kab. Berau, khususnya bagi diving center. Hyperbaric ini memiliki kapasatas 8 orang dan dibuka untuk umum pada hari kerja (dan hari libur saat emergency).
KECAMATAN MARATUA

Pulau Maratua

Adalah salah satu pulau terluar yang ada di Kabupaten Berau dengan luas wilayah sekitar 4.119,54 km2.

  • Daya tarik: mempunyai diving dan snorkeling spot terbanyak di Kabupaten Berau, tempat berkumpulnya penyu bertelur dan feeding ground (area mencari makanan bagi penyu) yang terbesar di Asia Tenggara, Panorama Sunrise dan Sunset, Rekreasi Pantai dan hutan khas pulau Atol. Selain itu pulau Maratua juga memiliki beberapa atraksi wisata berupa danau dan kesenian/budaya masyarakat Bajau.
  • Beberapa tempat di Pulau Maratua:
    • Danau Haji Buang
      • Mempunyai keindahan dengan air yang jernih serta terdapat ubur-ubur tidak menyengat seperti yang terdapat di Danau Kakaban.
      • Termasuk dalam kategori wisata alam dengan luas wilayah sekitar 17,928 Ha, terletak di Kampung Payung-Payung.
      • Akses menuju Danau Haji Buang yaitu: dapat ditempuh sekitar 10 menit menggunakan kendaraan roda dua dari Kecamatan Maratua dilanjutkan dengan tracking sekitar 20 menit menuju ke lokasi. 
    • Danau Aji Mangku (Halo Tabung)
      • Mempunyai keindahan alam, lembah karang dan danau yang mempunyai air payau yg jernih. Danau tersebut terletak di Kampung Payung-Payung, termasuk kategori wisata alam.
      • Akses menuju Danau Halo Tabung dapat ditempuh sekitar 15 menit dari Kecamatan Maratua di Teluk Harapan dengan menggunakan kendaraan bermotor roda-4 dan roda-2 dilanjutkan tracking sekitar 5 menit menuju lokasi.
    • Goa Soembat
      • Goa Soembat memiliki keindahan panorama alam brupa sumber air payau yang jernih yang terletak di Kampung Bohe Silian Kecamatan Maratua.
      • Akses menuju Goa Soembat dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda-2/roda-4 sekitar 30 menit dari Kecamatan Maratua di Teluk Harapan yang  dilanjutkan dengan tracking sekitar 15 menit menuju lokasi.
  • Akses menuju Pulau Maratua:
    Saat ini ada 3 alternative yang dapat digunakan untuk mencapai pulau Maratua. Pertama dengan menggunakan speedboat dari Tanjung Batu dengan durasi selama 1,5 jam. Kedua, dengan menggunakan speedboat dari Tanjung Redeb selama 3 jam. Dan dengan menggunakan Pesawat udara dari Bandara Kalimarau Tanjung Redeb selama 30 menit menuju Bandara Udara Maratua yang berada kampong Payung Payung, Pulau Maratua.
  • Sarana dan prasarana: 
    Pulau Maratua saat ini diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi khusus. Beberapa sarana dan prasarana yang ada saat ini adalah Resort, homestay, restoran dan café, bandara udara, diving center, puskesmas, sekolah dll.

Pulau Kakaban

Pulau Kakaban termasuk  dalam wilayah adminstrasi Kecamatan Maratua dengan luas sekitar 774,2 Ha. Pulau Kakaban merupaka salah satu tujuan wisata bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Derawan.

  • Daya tarik :
    Pulau Kakaban memiliki sebuah danau yang berada ditengah pulau seluas 5 km2 yang dikelilingi oleh hutan dan dihuni oleh beragam jenis ubur-ubur. Menurut hasil penelitian ada empat sepcies ubur ubur yang tidak menyengat yang terdapat didalam danau yaitu: ubur-ubur bulan (Aurelia Aurita), ubur-ubur Totol (Mastigias Papua), ubur-ubur kotak (Tripedalia Cystophora) dan ubur-ubur terbalik (Cassiopea Ornato). Pulau Kakaban juga memiliki gua dan spot snorkeling dan diving yang menawan.
  • Akses:
    Akses menuju Pulau Kakaban dapat tempuh selama 3 jam dari Tanjung Redeb menggunakan speedboat, atau dari Pulau Derawan sekitar 1 jam dan dari Pulau Maratua sekitar 15 menit menggunakan speedboat.
  • Sarana dan Prasarana: Dermaga, tracking Kayu, toilet umum dan ruang ganti.

Pulau Bakungan

Pulau Bakungan, disebut juga Virgin Island, merupakan salah satu pulau indah yang terdapat di ujung Pulau Maratua. Pulau Bakungan memiliki keindahan bawah laut dan pasir putih yang sangat mempesona. Ada dua Pulau Bakungan yaitu Pulau Bakungan Besar dan Bakungan Kecil yang dihubungkan oleh sebuah jembatan sepanjang sekitar 700 m.

Pulau Pabahanan

Pulau Pabahanan lebih dikenal dengan nama pulau Nabucco karena dipulau tersebut terdapat sebuah resort bernama Nabucco Dive Resort. Pulau Pabahanan berjarak sekitar 3 km dari pulau Maratua yang dapat ditempuh dengan menggunakan perahu nelayan dari Maratua selama 30 Menit dan 15 menit dengan menggunakan speedboat.

KECAMATAN SAMBALIUNG

Kecamatan Sambaliungmemiliki potensi wisata yang beragam diantararnya :

Keraton Sambaliung

Keraton Sambaliung merupakan salah satu bukti sejarah keberadaan kesultanan Sambaliung di Berau. Pada Keraton ini terdapat tugu prasasti yang terbuat dari kayu ulin bertuliskan huruf arab-melayu dan bugis. Akses ke keraton Sambaliung ini sangat mudah dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat selama 10 menit dari kota Tanjung Redeb. Atau sekitar 5 menit dengan menggunakan ketinting (perahu panjang) masyarakat dari dermaga Gunung Tabur.

Kampung Budaya Benua Baru

Kampung ini merupakan salah satu kampong Budaya yang ada di Berau. Akses menuju tempat ini dapat dilakukan dengan menggunakan transportasi darat dan air dari Tanjung Redeb. Tempat ini dapat dijangkau sekitar 45 menit dari Tanjung Redeb dengan menggunakan mobil atau motor, kemudian menyeberang ke kampong sekitar 2 menit dengan menggunakan ketinting. Ketinting ini tersedia setiap saat didermaga penyeberangan. Selain itu, tempat Kampung Bena Baru dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat dari Tanjung Redeb sekitar 1 jam melalui jalur sungai. Sebagai kampong budaya, Bena Baru menyajikan atraksi khas suku dayak, mulai dari kehidupan masyarakatnya, seni dan budaya dan juga keindahan alamnya.

Wisata Rekreasi Keluarga Sentosa Water Park

Tempat wisata ini berupa waterpark yang dapat dijangkau dengan kendaraan bermotor sekitar 15 menit dari kota Tanjung Redeb.

Kampung Babanir Bangun

Babanir Bangun terletak di Kampung Bangun. Tempat ini didiami oleh mayoritas masyarakat asli Berau (suku Banua). Tempat ini menyajikan atraksi berupa kehidupan suku Banua asli yang kaya akan seni dan budaya yang dilakukan setiap 2 tahun sekali.

KECAMATAN GUNUNG TABUR

Museum Batiwakkal Gunung Tabur

Gunung Tabur dikenal dengan Museum Gunung Tabur (atau Museum Batiwakkal) yang merupakan peninggalan kerajaan Gunung Tabur. Di dalam mesium ini terdapat beberapa peninggalan benda-benda sejarah kerajaan Gunung Tabur berupa  replika singgasana kerajaan, tempat tidur dan benda-benda lainnya yang pernah dipergunakan raja pada masa itu. 

Kampung Birang

2 CopyKampung birang lebih dikenal dengan kampong wisata buah, khususnya pada musim buah buahan. Kampung ini dihuni oleh suku Dayak dan suku Banua.

KECAMATAN TELUK BAYUR

Beberapa daya tarik wisata yang terdapat di Kecamatan Teluk Bayur yaitu: Hutan Tangap, Museum Tambang Batu Bara jaman Belanda, Pasar Tradisional Sanggam Adji Dilayas, Makam Belanda dan Makam Keramat Sipanaik dan Bandara Udara Kalimarau.

KECAMATAN KELAY

Kecamatan Kelay memiliki berbagai daya tarik wisata mulai dari hutan, kehidupan masyarakat pedalaman (suku Dayak), flora dan fauna hingga pada goa prasejarah berupa lukisan tapak tangan dan binatang pada dinding goa yang menurut penelitian diperkirakan sekitar 10 ribu tahun yang lalu. Beberapa daya tarik wisata di Kecamatan Kelay:

Kampung Merasa

Kampung Merasa adalah kampong yang dihuni oleh suku Dayak. Kampung Merasa dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau empat sekitar 1.5 jam dari Tanjung Redeb. Beberapa atraksi wisata di kampong Merasa: 

  1. Pertunjukan seni budaya
    Kampong ini menyajikan pesona wisata budaya berupa pertunjukan seni dan budaya tradisional khas suku dayak, berupa tarian dan goa goa berisi lungun (peti mati).
  2. Kampus Orang Utan
    Di kampung Merasa terdapat sebuah pulau yang khusus dihuni oleh Orang Utan yang diberi nama Orang Utan University – kampus orang utan . Tempat ini dikelola oleh masyarakat bersama dengan Center for Orang Utan Protection (COP). Kampus orang utan dapat diakses dengan menggunakan transportasi sungai karena tempatnya berada ditengah sungai. Pada umumnya, kampus orang utan ini dapat dicapai dengan menggunakan ketinting selama kurang lebih 15 menit dari dermaga di kampong Merasa.
  3. Goa Mulut Besar
    Goa ini terletak didekat poros jalan utama menuju Kecamatan Kelay, sekitar 10 meter dari jalan raya.

Kawasan Lindung Sungai Lesan (HLSL)

Hutan lindung sungai lesan terletak diantara 4 kampung yang ada dikecamatan Kelay, yaitu Kampung Muara Lesan, Lesan Dayak, Sido Bangen dan Merapun. Hutan ini dibawah pengelolaan KPHP Berau Barat bersama dengan masyarakat. Hutan ini merupakan tempat populasi orang utan dan berbagai flora dan fauna lainnya. Terdapat sebuah riset station untuk melakukan penelitan dan sebuah menara pandang diatas pohon. Kawasan Hutan Lindung Sungai Lesan dapat diakses dari Tanjung Redeb dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat selama 2,5 – 3  jam menuju kampong Muara Lesan atau Kampung Lesan dayak, kemudian dilanjutkan dengan jalur sungai menggunakan Ketinting dari Kampung Muara Lesan atau Lesan Dayak selama 45 menit menuju riset station di Leja’ dengan pemandangan sungai dan arum jeram yang menantang.

Kampung Merabu

Kampung merabu memiliki panorama indah karena ia berada dikaki gunung karst merabu yang dikelilingi oleh hutan yang lebat. Kampung ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat selama  3.5 jam. Kampung ini memiliki beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi diantaranya:

  1. Hutan Merabu
    Hutan Merabu memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi.
  2. Danau Nyadeng
    Danau Nyadenga airnya jernih dan dingin yang berada dikaki gunung karst dan berada ditengah hutan Merabu. Tempat ini dapat diakses dengan berjalan kaki dari kampong Merabu menyusuri jalan setapak kedalam hutan sejauh 45 menit, dan atau menggunakan ketinting dari dermaga kampong Merabu sejauh 15 menit menyusuri sungai kemudian berjalan kaki sekitar 15 menit menuju Danau Nyadeng.
  3. Puncak Ketepu
    Puncak Ketepu merupakan salah satu puncak pegunungan karst yang ada di Merabu. Tempat ini menyajikan pemandangan alam yang indah dengan gugusan pegungugan karst yang menarik. Tempat ini dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 1,5 jam dari Danau Nyadeng.
  4. Liang Bloyot
    Liang Bloyot merupakan gua prasejarah berisi lukisan berupa telapak tangan dan binatang. Tempat ini dapat diakses selama 1 jam dari Kampung Merabu menyusuri hutan.
  5. Danau Tebo
    Danau ini berada dipuncak gunung gugusan Karst Sangkulirang. Danau ini hanya dapat dijangkau dengan berjalan kaki menyusuri hutan dan mendaki pegunungan karst selama dua hari.
KECAMATAN SEGAH

Kecamatan Segah memiliki beberapa atraksi wisata diantaranya:

Kampung Tepian

Kampung ini adalah ibu kota kecamatan Kelay. Kampung ini dihuni oleh mayoritas suku Dayak Kenya. Setiap awal tahun, masyarakat kampong Tepian Buah merayakan syukuran awal tahun yang dirangkaikan dengan beragam kesenian budaya.

Air Terjun Tembalang

Air terjun ini berada di Kampung Tepian Buah. Air Terjun Tembalang ini memiliki 2 tingkat dengan ketinggian mencapai 20 meter. Tempat ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat selama 1.5 menuju kampong tepian buah, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri hutan selama 30 menit menuju air terjun, dan atau dengan menggunakan ketinting dari dermaga di tepian buah (dermaga menuju air terjun) selama 15 menit menyusuri sungai, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 15 menit ke air terjun.

KECAMATAN TABALAR

Kecamatan Tabalar memiliki beberapa atraksi wisata salah satunya :

Air Terjun Palawan Besar

Air terjun ini berada di Kampung Tubaan. Tempat ini dapat diakses melalui kendaraan roda dua dan empat selala kurang lebih 2 jam dari Tanjung Redeb menuju Camp lalu dilanjutkan dengan tracking selama 15 menit menuju lokasi air terjun.

KECAMATAN BIATAN

Kecamatan Biatan memiliki beberapa atraksi wisata salah satunya adalah Air Panas Asin Pemapak Biatan. Tempat ini merupakan sumber air panas asin alami dengan suhu sekitar + 45OC. Tempat ini dapat ditempuh mengggunakan endaraan roda dua dan empat selama 2,5 jam dari kota Tanjung Redeb.

KECAMATAN TALISAYAN

Kecamatan Talisayan dapat ditempuh dari Tanjung Redeb menggunakan roda dua/empat selama 4 jam. Kecamatan Talisayan memiliki beberapa atraksi wisata.

Goa Luang Permata Rimaung

Goa Luang Permata RimaungGoa ini dapat ditempuh sekitar 3 jam dari kota Tanjung Redeb, kemudian masuk jalan kampung  sekitar 300 m. Luas area ini sekitar 2 ha. Goa ini mempunyai daya tarik berupa Karst, gua habitat kelelawar serta stalagtit dan stalagmit Tempat ini dapat menimbulkg berbeda. Panjang goa diperkirakan sekitar 250 m dengan sebuah sungai yang mengalir dibawahnya.

Goa Luang Naga

Goa Luang Naga1Goa ini berada sekitar 150 m dari jalan poros dikampung Cipuak yang dapat diakses selama 4 jam dari kota Tanjung Redeb dengan menggunakan kendaraan roda dua/empat. Luas area sekitar 2 Ha dan mempunyai daya tarik berupa panorama alam Goa Karst dan aliran sungai yang airnya jernih yang berjarak 50 m di depan goa.

Pantai Kampung

pantai kampungTalisayan memiliki panorama pantai yang indah yang berada di tepi kota kecamatan. Berbagai atraksi dapat dilakukan termasuk menyusuri kehidupan masyarakat nelayan yang berdomisili disekitar kawasan pantai. Tempat ini dapat diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua/empat selama 4 jam dari kota Tanjung Redeb.

Hiu Paus (Whale Shark)

Keberadaan Hiu Paus di Perairan Talisayan menjadi salah satu atraksi Talisayan juga memiliki atraksi berupa Hiu Paus. Wisatawan dapat dinikmati melihat langsung maupun berenang bersama Hiu Paus (tanpa menyentuhnya). Tempat ini dapat dicapai dengan menggunakan speedboat atau kapal nelayan selama 30 menit dari dermaga Kampung Talisayan. Hiu Paus pada umumnya dapat dilihat pada jam-jam tertentu misalnya pada waktu subuh hingga jam 7 pagi

KECAMATAN BATU PUTIH

Kecamatan Batu Putih dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua/empat yang dapat ditempuh selama 5 jam. Kecamatan Batu Putih memiliki beberapa atraksi wisata diantaranya sebagai berikut.

Makam Raja Alam

Makam Raja Alam1Raja alam merupakan Raja dari kerajaan Sambaliung. Makam ini terletak dikampung Tembudan. Tempat ini dapat diakses dengan menggunkan roda dua/empat dari Tanjung Redeb selama 4.5 jam (sebelum mencapai kantor kecamatan). Ini merupakan Makam Raja dari Kerajaan Sambaliung.

Danau Tulung Ni’ Lenggo

Danau Tulung Ni’ Lenggo merupakan danau alami yang dikelilingi oleh hutan. Airnya tawar, bening dan dingin. Danau ini terletak di Kampung Tembudan, yang berdekatan dengan Makan Raja Alama yang dapat ditempuh selama 4.5 jam dari Kota Tanjung Redeb dengan menggunakan kendaraan roda dua/empat.

Mangrove track Lobang Klatak

Tracking mangrove di Logang Klatak ini sepanjang 50 meter dengan Menara pandang mengadap ke sungai dengan bentang mangrove yang luas dan padat. Perpaduan antara traking mangrove ini dengan budaya masyarakat Dayak yang kental akan memberikan suguhan tersendiri bagi anda yang menyukai wisata alam dan budaya. Tempat ini dapat diakses dengan mudah sekitar 15 -20 menit dari Danau Tulung Ni’ Lenggo.

KECAMATAN BIDUK BIDUK

Kecamatan Biduk-Biduk merupakan kecamatan paling ujung di pesisir selatan Kabupaten Berau. Tempat ini dapat diakses dengan menggunakan kendaraan roda empat dan dua selama +/- 6 jam dari Kota Tanjung Redeb. Kecamatan Biduk Biduk memiliki beberapa atraksi wisata diantaranya:

Pantai Kelapa

Pantai Biduk-Biduk terkenal dengan pantainya yang indah dengan pasir putih dan jejeran pohon kelapa (nyuir) di sepanjang pantai dan jalan poros  kampung. Pemandangan ini menjadi suguhan pertama saat memasuki kawasan Kecamatan Biduk-Biduk.

Pantai Sungai Serai

Pantai Sungai Serai berada di kampung Pantai Harapan dan merupakan kawasan pertemuan sungai air tawar yang mengalir menuju laut. Tempat ini memiliki pantai pasir putih yang indah yang sekelilingnya ditumbuhi mangrove. Tempat ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua/empat sekitar 15 menit dari kantor kecamatan Biduk Biduk.

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin merupakan danau dua rasa yaitu tawar dan asin dan sangat dingin dan tidak bercampur, dimana air tawar dibagian permukaan dan air asin dibagian bawah.  Airnya sangat jernih sehingga dapat memberikan pantulan efek pantulan seperti cermin. Danau ini merupakan sumber air minum masyarakat Biduk-Biduk. Danau Labuan cermin dikelilingi oleh hutan tropis dan mangrove yang tersebar luas diwilayah tersebut. Danau Labuan cermin dapat ditempuh sekitar 10 menit menggunakan perahu dari dermaga kampung. Dermaga kampung berada sekitar 10 menit dari kantor kecamatan Biduk Biduk menggunakan kendaraan roda dua/empat. Di danau ini pengunjung dapat berenang, snorkeling dan berjalan kaki sekitar danau. Beberapa fasilitas umut telah tersedia diantaranya dermaga, kamar ganti dan toilet, tempat berteduh dan jalur tracking.

Teluk Sumbang (Wisata Alam Dan Budaya)

Teluk Sumbang memiliki panorama alam indah, pegunungan dan pantai pasir putih. Teluk Sumbang dihuni oleh dua majoritas suku, yaitu Bugis dan Dayak.Teluk Sumbang memiliki atraksi wisata yang sangat menarik diantaranya :

  1. Kampung Teluk Sumbang
    Kampung Teluk Sumbang dihuni oleh kebanyakan suku Bugis dan suku Dayak Basap. Keduanya mendiami dua wilayah yang berbeda dimana  suku Bugis mayoritas berdomisili pulau dan sekitar pantai sedangkan suku Dayak Basap berada di daerah daratan tinggi. Suku Dayak Basap memiliki kemampuan membuat kerajinan dari rotan seperti tas, gelang dengan motif alam yang khas suku Dayak. Kampung Teluk Sumbang dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua/empat selama 1 jam dari kantor kecamatan Biduk-Biduk. Selain itu, kampung Teluk Sumbang juga dapat ditempuh selama 45 dengan menggunakan kapal masyarakat dari dermaga Teluk Sulaiman, Kecamatan Biduk-Biduk.
  2. Kawasan Sigending
    Kawasan Sigending berada di Kampung Teluk Sumbang. Tempat ini memiliki panorama alam, hutan mangrove dan terumbu karang yang indah. Kawasan ini merupakan kawasan feeding ground dari biota laut seperti penyu, ikan dan bintang laut. Selain itu, ia juga merupakan kawasan habitat bekantan, burung enggang dan burung elang. Kawasan Sigending dapat dijangkau dengan menggunakan perahu/kapal masyarakat selama 15 menit dari Dermaga Teluk Sulaiman di Kec. Biduk-Biduk.
  3. Air Terjun Panimbul
    Air Terjun Panimbul merupakan salah satu air terjun yang ada di Kampung Teluk Sumbang. Tempatnya sangat strategis dan mudah dijangkau karena berada di pantai yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari Balai Kampung Teluk Sumbang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan airnya langsung mengalir kelaut. Untuk mencapai tempat ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 5-10 menit dari kampung. Tempat ini juga dapat diakses melalui laut menggunakan perahu/kapal masyarakat salama 30 menit dari Pulau Kaniungan.
  4. Air Terjun Tiga Bidadari
    Air Terjun Tiga BidadariAir Terjun Bidadari memiliki keunikan tersendiri dan mudah diakses. Selain tempatnya yang dikelilingi oleh hutan tropis yang indah, air terjun tiga bidadari ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan berbagai tingkatan. Tempat ini dapat dicapai dengan dua alternative moda transportasi. Pertama dengan menggunakan jalur darat dengan kendaraan roda dua atau empat yang dapat ditempuh selama 90 menit dari Kantor kecamatan Biduk-Biduk. Kedua, dengan menggunakan tranportasi laut (Kapal/perahu masyarakat) selama 60 menit menuju Dermaga Kampung Teluk Sumbang, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 30 menit melewati pemukiman Dayak Basap yang ada di kampung Teluk Sumbang.
WISATA KULINER

Penduduk Berau berasal dari berbagai suku. Mayoritas penduduk Berau berasal dari suku Banua, Bajau, Dayak dan beberapa suku lainnya seperti Jawa, Bugis, Banjar dll. Keberagaman suku ini mempengaruhi cita rasa dan kuliner yang ada di Berau, salah satunya adalah Suku Banua, yang merupakan salah satu suku asli yang mendiami Berau. Berikut berbagai macam makanan, olahan lauk pauk dan sayuran khas Berau.

Aneka Makanan Ringan / Kue

Berikut beberapa penganan/kue tradisional yang sering kali disajikan dalam berbagai acara penting dan dapat ditemui dengan mudah di Berau. Beberapa penganan Tradisional ini telah dikemas dan dijadikan oleh oleh khas Berau.

  • Kue Angka Delapan
    Kue Angka Delapan 2Kue ini terbuat dari tepung dan gula merah lalu digoreng kue ini berbentuk angka 8.



 



  • Rangai
    Rangai CopyRangai terbuat dari tepung beras ketan dan dicampur dengan kelapa parut dan gula lalu dioven







  • Kue Satu
    kue satu CopyCara membuat kue Satu sama dengan kue Rangai namun bedanya kue satu tidak menggunakan kelapa. Selain itu, kue ini juga bisa dibuat dari bahan dasar kacang hijau yang dihaluskan menggantikan tepung beras ketan.

 

  • Kajajanga
    Kajajanga juga merupakan kue tradisional Suku Banua yang terbuat dari tepung dibentuk dan digoreng, setelah matang didinginkan baru dimasukkan ke dalam gula putih yang dicairkan dengan air, yang dalam bahasa Berau disebut dilua, sampai kental.
  • Ancur Paddas
    ancur paddas









    Bubur Pedas Ancur Paddas adalah salah satu junis bubur yang berbahan dasar beras. Beras yang dipakai disangrai terlebih dahulu kemudian dijadikan bubur. Beras yang digunakan merupakan beras pilihan.
  • Puncak Rassul
    puncak rasul









    Puncak Rassul adalah salah  jenis makanan yang disajikan masyarakat Berau pada setiap syukuran, seperti khataman Al-Qur’an, khitanan, peringatan Maulid Nabi dan Isra Mi’raj dan peringatan hari jadi kab. Berau. Jenis masakan ini berbahan dasar nasi ketan yang dibentuk kerucut menjulang keatas menyerupai nasi tumpeng dengan berbagai warna seperti warna kuning, merah dan putih.

Lauk Pauk dan Sayur Mayur

Masakan khas Berau seperti lauk-pauk umumnya dimasak tidak menggunakan minyak melainkan direbus, dipindang, disayur, dibakar dan lainnya. Di antara masakan tersebut adalah:

  1. Lawar Pakis
    Lawar pakis merupakan sayuran yang sering dijadikan lauk masyarakat Berau. Lawar pakis terdiri atas sayuran pakis direbus sampai masak lalu ditiriskan kemudian dicampur dengan kelapa parut yang diberi bumbu garam, ulekan cabe dan perasan air jeruk lalu disangrai sebentar kemudian diaduk dengan pakis yang sudah direbus. Rasanya lezat sekali.
  2. Pindang mannung
    Pindang mannung adalah makanan khas Suku Banua. Ikan yang sering dipindang adalah ikan senangin yang dalam bahasa Beraunya disebut mannung. Pindang hanya menggunakan bumbu sederhana yaitu garam, asam dan terasi yang dicampur dengan ikan yang sudah dibersihkan, dimasak dengan api kecil sampai airnya kering dan rasanya lezat.
  3. Udang Singgang
    Udang singgang adalah masakan khas yang menjadi lauk kegemaran di zaman dulu. Cara masaknya cukup sederhana yaitu udang sungai direbus dan diberi garam secukupnya. Udang singgang ini tidak menggunakan bumbu lain selain garam karena udang sungai ini sudah gurih dan lezat sehingga cukup direbus saja dengan sedikit air dan siap dihidangkan.
  4. Tumpi Udang
    Tumpi udang biasanya dijadikan hidangan acara arwahan atau persiapan perkawinan. Tumpi terdiri atas kepala udang ditumbuk dengan parutan kelapa diberi bumbu bawang merah, bawang putih dan kunyit. Setelah ditumbuk dibentuk bulat dan gepeng baru digoreng.
  5. Udang Jarrang Assam
    Selain dimasak singgang, masyarakat Banua juga gemar membuat sayur asam udang yang disebut Udang Jarrang Assam. Cara membuatnya, udang direbus dan dicampur irisan bawang merah, serai, asam kandis/asam jawa dan sedikit garam.

PENDUKUNG KEGIATAN PARIWISATA

Bandara Udara Kalimarau

Bandara Udara KalimarauBandara Kalimarau Berau melayani rute penerbangan dari Berau ke Balikpapan Jakarta dan seluruh Indonesia atau sebaliknya dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Sriwijaya, Lion dan Susi air setiap hari. Selain itu, sejak 2017 lalu juga telah dibuka rute Kalimarau (Berau) – Pulau Maratua dengan menggunakan Susi air setiap hari Rabu.

Dermaga speedboat/Ketinting

Dermaga Berau Coal, Dermaga Tepian Teratai, Dermaga Rajjanta Tanjung Redeb, Dermaga Gunung Tabur, Dermaga Teluk Bayur, Demaga Sambaliung, Dermaga Tanjung Batu, Dermaga Pulau Derawan, Dermaga Pulau Maratua, Dermaga Teluk Sulaiman, Dermaga Kampung Talisayan, dll.

Jaringan Telekomunikasi

telekomunikasiHampir seluruh wilayah Berau telah mendapatkan jaringan telekomunikasi telkomsel, indosat dan XL. Hampir seluruh kecamatan telah terjangkau dengan jaringan 2G, sebagian 3G dan 4G, termasuk di Pulau Derawan dan Maratua. 

Fasilitas Kesehatan (Rumah Sakit dan Puskesmas)

rumah sakitKabupaten Berau memiliki 2 Rumah Sakit yaitu Rumah Sakit Umum dr. Abdul Rivai di Tanjung Redeb (type C) dan Rumah Sakit Umum Pratama di kecamatan Talisayan. selain itu, Berau juga memiliki Klinik Bersalin dan Klinik Kasih Ibu di Tanjung Redeb. Ada 20 Puskesmas Induk dan 116 puskesmas pembantu, 205 Posyandu dan 67 Poskedes. Untuk mendukung hal tersebut, Berau memiliki tenaga Kesehatan yang terdiri dari 17 Dokter Spesialis, 22 Dokter Umum, 3 Dokter Gigi, 65 bidan; 245 Perawat dan 1 Perawat Gigi (di Rumah Sakit) dan 32 Dokter Umum; 22 Dokter Gigi; 349 Perawat; 201 Bidan; dan 8 Perawat Gigi yang tersebar di Puskesmas di seluruh wilayah Kab. Berau.

Di Puskesmas Tanjung Batu saat ini telah beroperasi Hyperbaric Chamber untuk mendukung diving center yang beroperasi diwilayah penyelaman di Berau.

Tempat Ibadah

Berau memiliki 205 masjid, 153 musolah, 131 gereja Protestan, 38 gereja Katholik, 1 Pura, 2 Vihara dan 1 Klenteng yang tersebar diseluruh pelosok Berau.

Kantor Kepolisian

polisi kantorKantor Kepolisian Resor ada satu di Tanjung Redeb (Polres Berau) dan Kantor Kepolisian Sektor (Polsek) berada di setiap Kecamatan.

Lain-lain

pasarKabupaten ini memiliki 18 pasar dan 15 toko modern. Kabupaten ini mempunyai 87 restoran/rumah makan yang menyajikan berbagai jenis masakan, termasuk masakan khas Kabupaten Berau.

Data Agen dan Biro Perjalanan di kabupaten Berau

Kecamatan/District

Jumlah/Total

Tanjung Redeb

54

Gunung Tabur

2

Teluk Bayur

6

TOTAL

62

 

No

Nama Usaha/Business Name

Pemilik/Owner

Alamat/Address

Kecamatan/District of Tanjung Redeb

1

PT.Kalsetia

Sukirno

Jl.Durian I

2

PT.Lia Tour-Travel

Harry Dharsono

Jl.P.Antasari

3

PT.Jasa Dirgantara Tarakan

Nazarsyah

Jl. H. Isa II

4

PT.Tanjung Harapan Mulia

Ferry

Jl.Niaga I

5

PT.Indo Express Tour & Travel

Ongko Sugianto

Jl.SA.Maulana

6

PT.Kal Star

Joko Sudarsono

Jl.SA.Maulana

7

PT. Arimbi Prapatan

Ir.Poedjo Soetiadi

Jl. P.Batur No.389

8

PT.Kalimantan Jaya Gita Tama

Stiadi Gunawan

Jl.AKB Sanipah

9

CV.Makmur Travel dan Tour

Indah Fitriani

Jl.Gatot Subroto

10

CV.Trans Borneo Jaya

Hasanudin

Jl.Gatot Subroto  Bedungun

11

PT.Trans Borneo Jaya

Hasanudin

Jl.Durian III Rt.13

12

PT.Menara Borneo Jaya

M.Al Hamid,SH

Jl.SA.Maulana

13

CV.Anjelita

Agus Terti Wanto

Jl.Yos Sudarso

14

PT.AL Ridho

H.Aidar Miyas

Jl.Cemara RT.09

15

PT.Angkasa Persada Samudera

Hj.Rachmawati

Jl.P.Derawan

16

PT.Solo Lestari Tour & Travel

Irawan

Jl.Jend.Sudirman RT.09

17

PT.Alfi Anugrah

H.Maming

Jl.Murjani II RT.09

18

PT.Sausan Aditya Tour & Travel

Jumiati

Jl.K.H. Dewantara

19

PT. Dua Dara Travel

Sri hermayati Nasution

Jl.Durian III Komp.BI Blok B3

20

Koprasi Kary.Bina Bersama

Mohammad Lukman Rahirm

Jl.Durian III Komp.Ruko BI

21

PT.Dirgantara Mandiri Perkasa

Sandrali Hartini Nyoto,SH

Jl.Durian I

22

PT.Lintas Angkasa Jaya

Achmad Amin

Jl.AKb Sanipah I No. 40

23

CV.Biro Transit

Masrun T

Jl. Punggawa Mangku RT.II

24

PT.Nasywaa Al-Zahra Tour & Travel

Eka Edlina Rosdyati

Jl.Gajah Mada

25

PT.Sahara Mandiri

Rahmad

Jl.Durian III

26

PT. Kumvau Henadez

Hendra Koeswara

Jl. Dermaga RT. II Kec. Tg. Redeb

27

PT. Karya Teknik Agung

Eni Kusrini

Jl.Jend Sudirman Gg.Menara Indah

28

PT. Mandala Berau

Rakhmat Isnaene, SP

Jl.Gunung Mas RT.01

29

PT. Panca Mitra Angkasa

Norifah

Jl. APT Pranoto RT. 07,Tg. Redeb

30

CV. Salsabila mandiri

Untung

Jl. Gatot Subroto No.134, Bedungun

31

PT. Fathir Berau Mandiri

Rahmad

Jl. Durian III RT. 06,Tg. Redeb

32

PT. Borneo Wisata Mandiri

Teguh Supriyadi

Jl. Pemuda Gg.Pandan Wangi

33

PT.Sun Jaya Abadi

Hendra Sunardi

Jl.Cempaka II RT.07

34

PT.Rinadi Travel

Ahmad Baedowi.SE

Jl.Kandang Muntik RT.14

35

PT. Asri Surya Mandiri

Suriyadi

Jl. APT Pranoto RT.08, Tg. Redeb

36

PT. Hugo

Yasroji

Jl. KH. Dewantara Tg.Redeb

37

PT. Bahari Derawan Lestari

Yudhi Heritza Razak.S, ST

Jl. AKB. Sanipah I Gg. III

38

PT. Sanggam Berau Angkasa

Hendri Saputra

Jl. H. Isa II RT. 01

39

PT. Ambar 0708 Lestari

Agus Sarjono

Jl.Durian III Perum BI Blok D15, TG.Redeb

40

PT.Ede Mandiri

Eddy Elhamdi

Jl.Durian I No. 38 RT. 25, Tg.Redeb

41

PT. Karta Jaya mandiri

Indra Karta Sasmita

Jl.H.Isa II RT. 16,Tg.Redeb

42

PT. Pesona Karimata

Hadijah

Jl. Cempaka II Kec.Tg.Redeb

43

PT. Arta Dinata Berau

Nor Imansyah

Jl. Bujangga RT. 01 Sei Bedungun

44

PT. Andhika Jata Utama

Jamilah

Jl.Mangga III Rt. 01, Tg. Redeb

45

PT. Gajah Mada Raya

Edi Hartanto

Jl. Gajah Mada RT. 06

46

PT. Rizona Borneo

Mikael Tiroallo

Jl. Merah Delima RT. 22 Kec.Tg.Redeb

47

PT. Cakrawala Banuanta

Siti Aminah

Jl. Manunggal Gg.Pinang, Tg.Redeb

48

CV. Segah Nadisitya Mandiri

Rosnadia Mandehe, ST

Jl. Durian III, Tg.Redeb

49

PT. Aga Tanno Artha

H.Amir Hamzah

Jl. Mangga I RT 24, Tanjung Redeb

50

Koperasi Katry Bina Bersama

Moh.Lukman Rahim

Jl. Durian III Perum BI RT 08, Tg. Redeb

51

PT. Sanubari Berau

Nidya Nurwina

Jl. Al-Bina RT. 10, Tg. Redeb

52

CV. IT Berau Travel

Arianto

Jl.H.Isa III RT. 10, Tg.Redeb

53

CV. Nur A -Lindo

Lili Nurulina

JL.Durian III Perum BI No. 08B1

54

Pt.Ghina Cipta Sejahtera

Sultan, S.Pi

 

Kecamatan/District of Gunung Tabur

1

PT. Pelangi Berau

Amir Alam

Jl.HARM Ayoeb RT.08,Gn.Tabur

2

PT. Anugrah Indah Tiket

Rena 56Heldawati

Jl. Laksamana RT. 06, Gn.Tabur

Kecamatan/District of Teluk Bayur

1

PT. Sinar Tanjung Borneo

H.Sjahrcrial Hassan

Jl. Cut Nyak Dien, Rinding,Tl. Bayur

2

PT. Al Ridho

H. Aidar Miyas, SH, MH

Jl. Cemara,Rinding Teluk Bayur

3

PT. Gading Cahaya Banua

Gatot Sriyanto

Jl. Pasar Batu RT.05 Tl.Bayur

4

PT. Rinding Permai

Herlina Novelia

Jl. M. Iswahyudi RT 02 Rinding

5

CV.Sumber Mandiri Sjahtera

H.Lasiame

Jl.Raja Alam I Rinding

6

PT.Indah Banua Express

Indra Puspa

Jl.M.Iswahyudi RT.01 Rinding

Data Akomodasi di Kabupaten Berau

Kecamatan/District

Resort/Resort

Hotel/Hotel

Penginapan/Inn

Homestay

JUMLAH/TOTAL

Tanjung Redeb

 

37

   

37

Teluk Bayur

 

3

   

3

Sambaliung

   

2

 

2

Talisayan

   

4

 

4

Biduk-Biduk

1

 

6

19

26

Batu Putih

   

2

 

2

Biatan

   

4

 

4

Derawan

5

 

26

98

129

Maratua

4

 

10

55

69

Tanjung Batu

   

6

 

6

Segah

   

3

 

3

Kelay

   

4

 

4

TOTAL

10

40

67

172

289

 

No. 

Hotel/Hotel

Alamat/Address

Telepon/Telephone

Pemilik/Owner

Jumlah Kamar/Room

Kecamatan/District of Tanjung Redeb

Hotel/Hotel

1

Ayu Lestari

Jl.H.Isa II

 

Hj.Nurhayati

34

2

Herlina

Jl. RA Kartini

 

Lilis Sulistiani

22

3

Kartika

Jl.P. Antasari

 

H. Abdul Hafidz

24

4

Nirwana

Jl. SM Aminuddin

 

H. Nawir

41

5

Pulau Derawan

Jl.Pulau Derawan

 

H.Saderiansyah

15

6

Rahayu

Jl. P Batur

 

H. Hana

30

7

Sederhana

Jl. P. Antasari

 

Hj.Normala Chairani

39

8

Sipattonggeng

Jl. Milono

 

H. Abdullah

18

9

Srikandi

Jl.H. Isa 2

 

Redi Siswanto

10

10

Surya Kencana

Jl. Durian 1

 

Narsih

19

11

Sutomo

Jl. Durian 1

 

Syahril M

9

12

Derawan Indah

Jl. P Batur

 

Gunawan Budi S

126

13

Hotel Sanggam

Jl.Jend.Sudirman

 

Effendi Djuprianto

52

14

Berau Plaza

Jl.P Antasari

 

Soepardi Tengtarto

50

15

Family Losmen

Jl.P Batur

0852 50644124

H.Muhammad Riduan

8

16

Kelay Indah

Jl. Milono

 

Hj. Siti Djabidah

15

17

Bumi Segah

Jl. P Sambit

 

Juanda Lesmana

36

18

Losmen Wisal

Jl.Mangga 2

 

Wahidah

8

19

Moro Seneng Hotel

Jl. Gn. Panjang

 

Hj. Parmi

16

20

Hotel Mitra

Jl. Gajah Mada

 

Narti Novita

20

21

Banua Indah

Jl. Durian 1

 

H.M. Rata

9

22

Hotel Pulau Sambit

Jl.P Sambit

082159579536

Kurniawan

33

23

Hotel Palmy

Jl. P.Antasari RT. 1

082153143862

Ho Hengky Hutama

29

24

Penginapan Tiara sanggam

Jl.P.Antasari No 22

087739139413

Hj.Fachriyah

9

25

Hotel Millenium

Jl.HARM Ayoeb

082152933568

John Canny Prayitno

24

26

Hotel Graha Cantika

Jl.Pulau Panjang

082157989363

Maria Christie

58

27

Hotel Cemara Wangi

Jl. Mayjen Sutoyo

0811594764

Sumaun

 

28

Indah Jaya I

Jl. Gajah Mada

085350635863

Roy Darawiya

12

29

King Park Hotel

Jl. Gatot Subroto

 

Kevin William Lowes

159

30

Guess House Kedaung

Jl. Kedaung

082153266291

Martina Raina

9

31

Plaza Hotel

Jl. SM. Aminuddin

081335143666

Ardhi Saputra

8

32

Grand Parama

Jl. Pemuda

 

Ongko Wilianto

56

33

Neotel

Jl. Durian 1

(0554) 2027904

Ho Benny Saputra

30

34

Penginapan Exclusive

Jl. SA. Maulana

     

35

Puri Panorama

Jl. AKB Sanipa 1

082157498747

Selvie

 

36

Palmy Exclusive

Jl. AKB  Sanipa 2

     

37

PT.makmurjaya Hutama Berau

Jl.AKB Sanipa

 

Ho Hengky Utama

 

Kecamatan/District of  Teluk Bayur

1

Adhi Beringin

Jl. Silo RT. 14 Teluk Bayur

 

Hj. Lily Suhairi

16

2

Pelangi

Jl.Poros Berau Bulungan

085347028777

H. Usman Maming

26

3

Losmen Rahmad

Labanan - Lamin

 

Siti Yuana

12

Kecamatan/District of  Sambaliung

1

Bukit Ilanun

Jl.Raya Sambaliung

 

H. Edy Kaslan

10

2

Anggi

Jl.Raya Sambaliung

08125305356

Samian

15

Kecamatan/District of Talisayan

1

Hazannah

Talisayan

082353470488

Hasanuddin

25

2

Penginapan Pinky

Talisayan

08235474759

Lilis Suryani

12

3

Penginapan Aneka

Yos Sudarso, Talisayan

081253716133

Abdul Muis

14

4

Penginapan Sederhana

Yos Sudarso, Talisayan

085393101578

Dahlan Abdullah

12

Kecamatan/District of  Biduk - Biduk

Resor/Resort

1

Kaniungan Permai Resort

Kaniungan

     

Penginapan/Inn

1

Lilis Lestari

Biduk-Biduk

085250334258

Lilis Suryani

7

2

Penginapan Mayang Sari

Biduk-Biduk

085247418303

H.Herman

8

3

Penginapan Tepi Pantai

Jl.Belimbing,Biduk-Biduk

081254216022

H.Nasir

12

4

Penginapan Selvia

Biduk-Biduk

081254216022

Sabariah

12

5

Losmen Miranti

Biduk-Biduk

081258802020

Selviani

8

6

Purnama Sari

Biduk-Biduk

081253922468

Sri Hartuti

18

Rumah Tinggal/Homestay

1

Family

Biduk-Biduk

082352453725

Halimah

2

2

Majahabah

Biduk-Biduk

085250269095

Nafsiah

3

3

Muchlis

Biduk-Biduk

 

Muchlis

3

4

Esa

Biduk-Biduk

 

H. Esa

2

5

Masniah

Biduk-Biduk

 

Masniah

2

6

Suwarni

Biduk-Biduk

 

Suwarni

2

7

Husana

Biduk-Biduk

 

AL Husana

2

8

Nia

Biduk-Biduk

 

Nia

2

9

Hairani

Biduk-Biduk

 

Hairani

2

10

Dahlan

Biduk-Biduk

 

Dahlan

2

11

Salwiah

Biduk-Biduk

 

Salwiah

2

12

Ismail

Biduk-Biduk

 

Ismail Qadari

2

13

Sutrisna

Biduk-Biduk

 

Sutrisna

2

14

Badui Patah

Biduk-Biduk

 

Badui Patah

2

15

Johan

Biduk-Biduk

 

Johan

2

16

Bastian

Biduk-Biduk

 

Bastian

2

17

Maimunah

Biduk-Biduk

 

Maimunah

2

18

Faridah

Biduk-Biduk

 

Faridah

2

19

Ayu

Biduk-Biduk

     

Kecamatan/District of  Batu Putih

1

Muncul Jaya

Tembudan

 

Tukimin

8

2

Harmonis

Tembudan Batu Putih

 

Dewi Astuty

7

Kecamatan/District of Biatan

1

Penginapan Etam

Biatan Lempake

 

Damrah

14

2

Penginapan Berkah

Biatan Lempake

085345881348

 

5

3

Penginapan Syukur

Biatan Lempake

   

6

4

Penginapan Biatan Indah

Biatan Lempake

081258251238

Asyiah

15

Kecamatan/District of  Pulau Derawan

Resor/Resort

1

Derawan Dive Resort

Derawan

081217681188

H. Nawawi

50

2

Derawan Beach

Derawan

082150222134

Hj.A.Tasriyah Masdjuni

24

3

Sangalaki Manta Paradise

Sangalaki

055132868

   

4

Derawan Dive Lodge

Derawan

082189262599

   

5

Lapauta Derawan Resort

Derawan

081319447742

M. Andi

28

Penginapan/Cottage

1

Danakan

Derawan

081347251422

Rida'ah

8

2

Derawan Lestari 1

Derawan

 

H. Bahri

24

3

Derawan Lestari 2

Derawan

 

H. Ismail

6

4

Derawan Lestari 3

Derawan

082157186409

Herman

10

5

Ilham

Derawan

 

H.Jubair

15

6

Reza

Derawan

08125490980

Wahida

13

7

Eliana

Derawan

085247382606

H.Masandal

9

8

Derawan Fisheries

Derawan

081257769995

Hary Gunawan

8

9

Miroliez Pelangi

Derawan

081351462402

Lilis Agustiani

36

10

Derawan Indonesia Indah

Derawan

082189262599

Danil J Gondowidjojo

10

11

Sari Cottage

Derawan

0813465388448

Sanusi

20

12

Dera

Derawan

08125490980

Ibnul Hadi

2

13

Derawan Pinades

Derawan

081346538448

Sanusi

4

14

Rendi

Derawan

081257769995

Rendi

15

15

Winda

Derawan

085248683768

Samsul

8

16

Wisma Aditya

Derawan

 

Heldi

6

17

Mutiara Pelangi

Derawan

0812586369

Lilis Agustiani

10

18

Leni Cottage

Derawan

085247776031

Ibnul Hadi

5

19

Dina

Derawan

081347764865

Baharuddin

10

20

Kiapu

Derawan

 

Hj. Reni

3

21

Udara

Derawan

     

22

Nori

Derawan

 

Darmawan

5

23

Cinta Damai

Derawan

 

Rip

5

24

Derawan Utama

Derawan

 

Hj. Arsinah

5

25

Losmen Terapung

Derawan

 

H. Joni

17

26

PT.sangalaki Dive and Tour

Derawan

 

Suharti

 

Rumah Tinggal/Homestay

1

Qori

Derawan

082149207447

Fitriani

2

2

Syahnar

Derawan

081253482459

Syahnar

2

3

Yuliana

Derawan

 

Abdullah

2

4

Wanmas

Derawan

081253143960

Maisar

2

5

Tiga Putra

Derawan

08135478340

Lalia

2

6

Irma Putri

Derawan

085249696039

Barbina

2

7

Marpisa

Derawan

081346623560

Amiril Umrah

2

8

Indriani

Derawan

082150786832

Sanol

1

9

Aditya

Derawan

081253800191

Heldi

2

10

Putri

Derawan

081347703423

Yulianti

2

11

Arisona

Derawan

085387802664

Susi Arisona

1

12

Kelpin

Derawan

 

Kasmawati

2

13

Pondok Wisata

Derawan

081347572024

Rini

2

14

Lemy Putri

Derawan

081254180313

Sutiah

2

15

Purli

Derawan

081253684647

Purnawan

2

16

Tri Warna

Derawan

081350098449

Ahmadsyah

1

17

Dini

Derawan

085391594334

Zabidah

2

18

Arizona

Derawan

081347572024

Awal

2

19

Bunga Mawar

Derawan

081346322804

Masdar

3

20

Dona

Derawan

-

Suhaibi

1

21

Nur

Derawan

081253219916

Widanti

2

22

Rangga

Derawan

 

Yuliati

2

23

Yeni

Derawan

082159245411

Ayub

2

24

Imayanti

Derawan

085246433802

Abdul Malik

2

25

Novita

Derawan

081254392636

Novi

2

26

Dona

Derawan

085246299003

Suhaibi

2

27

Sarina

Derawan

 

Sarina

2

28

Abel

Derawan

 

Juri

1

29

Winda

Derawan

082351985664

Winda

1

30

Alfiani

Derawan

082159412533

Hersa Hersana

1

31

Danakan

Derawan

081347251422

Rida'ah

3

32

Fajar

Derawan

081347085123

Irmawati

2

33

Chelsea

Derawan

082155788330

Mahyuddin

2

34

Miranda

Derawan

081346623550

Sartika

2

35

2 Putera

Derawan

 

Amiruddin

2

36

Pondok Juli

Derawan

085343561164

Hj.Muspida

2

37

Dika

Derawan

082155785551

Poro

2

38

Rida'ah

Derawan

 

Rida'ah

2

39

Triwarna

Derawan

 

Aliamansyah

2

40

Atika

Derawan

 

Hj. Hendriyati

2

41

Jejel

Derawan

 

Jimi

1

42

Indah

Derawan

 

Saffar

2

43

Rasti

Derawan

 

Rasid

2

44

Arini

Derawan

 

Achmadi

3

45

Katampalan

Derawan

 

Erwin

2

46

Janawiah

Derawan

 

Arlisah

2

47

Mardin

Derawan

 

Mardin

2

48

F Tiga

Derawan

081347574448

Abdul Kadir

2

49

Rakiman

Derawan

 

Rakiman

2

50

Lisa

Derawan

 

Binjali

2

51

Pinjin

Derawan

 

Pinjin

2

52

Artiwi

Derawan

 

Artiwi

1

53

Farel

Derawan

 

Mardawiyah

1

54

Tegar

Derawan

085347958118

Sahril

3

55

Yanti

Derawan

085246433802

A. Malik

3

56

Marvika

Derawan

 

Diva

2

57

Risky

Derawan

 

Hj. Geriana

2

58

Yuliana

Derawan

 

Yuliana

2

59

Yani

Derawan

 

Dahri

2

60

Arini

Derawan

 

Ahmadi

2

61

Bunga

Derawan

 

Dahlia

2

62

Asmi

Derawan

 

Asmiati

2

63

Alwi

Derawan

 

Alwi

2

64

Anugerah

Derawan

 

Derni

2

65

Kembar

Derawan

 

Fitriani

2

66

Abdurrahman

Derawan

 

Eva Agustiani

2

67

Yuli

Derawan

 

Guntur

2

68

Arini

Derawan

081347624049

Rosmiati

2

69

Musliadi

Derawan

082144166120

Musliadi

2

70

Putri Tunggal

Derawan

085247616854

Ari Sandi

2

71

Kurnadi

Derawan

 

Kurnadi

2

72

Dua Puteri

Derawan

 

Umar Bakri

2

73

Bahar

Derawan

 

Baharuddin

2

74

Pur

Derawan

082159784150

Pur

 

75

Amoy

Derawan

 

Hariani

2

76

Brandly

Derawan

082157033427

Abdullah Jumriata

2

77

Kandar

Derawan

082153587500

Kandar

2

78

Rizky

Derawan

082149158663

Herlinda

2

79

Nirwati

Derawan

082149278070

Nirwati

2

80

Melsi

Derawan

081348184840

Yuliana

2

81

Mitra Abadi

Derawan

085372277272

Jemmy

2

82

Bulawan

Derawan

 

Junaidi

2

83

Fania

Derawan

 

Irpan Wahyudi

2

84

Cindy

Derawan

 

Guliati

2

85

Risky

Derawan

085251132422

H. Sulaiman

2

86

Selfie

Derawan

 

Aspiani

2

87

Nadin

Derawan

 

Nadri

2

88

Bunga

Derawan

081346643394

Darmansyah

2

89

Holi Puteri

Derawan

 

Umrah

2

90

Yan Pili

Derawan

 

Iyan

2

91

Wannu

Derawan

 

Warni

2

92

Ely

Derawan

 

Kamboja

2

93

Ayan

Derawan

 

Fatimah

2

94

Miranda

Derawan

081346623550

Mahyudin

2

95

Aura

Derawan

 

Ira

2

96

Hamka

Derawan

 

Hamka

2

97

Heriyanto

Derawan

081351462315

Agusty

2

98

Junaidi

Derawan

085247608792

Bulawan

2

Kecamatan/District of Maratua

Resor/Resort

1

Maratua Paradise Resort

Maratua

081253868807

Samsul bahri

23

2

International Nabucco Resort

Maratua

08125406636

Beal Walfler

 

3

Green Nirvana Resort

Maratua

081250032622

Gunawan

 

4

Pratasaba Resort

Maratua

08127775057

   

5

Cocoa Virgin Resort

Maratua

08

   

Penginapan/Inn

1

Losmen Regita

Maratua

081254110316

Sulaiman

5

2

Penginapan Nur Aini

Maratua

081350133064

Nor Azizah

10

3

PT. Pondok Wisata Maratua

Maratua

082157333089

Sri Wahyuni

14

4

Losmen Ananda

Maratua

082159245421

Nur Hidayana

11

5

Penginapan Fariz

Maratua

082149183941

M. Kadafi

5

6

Penginapan Deby Maratua

Maratua

081348280032

Zairin

6

7

Nouri

Maratua

085386842075

H. Nipa

7

8

Dangkita

Maratua

082358800300

Sembran

5

9

PT. Wahana Hijau Sejahtera

Maratua

     

10

Derawan Indah Lestari

Maratua

     

Rumah Tinggal/Homestay

1

Goa Angkal - Angkal

Maratua, Bohe Silian

 

Hengki

2

2

Balambangan

Maratua, Bohe Silian

 

Melban

2

3

Tong Pahapat

Maratua, Bohe Silian

 

Umran

3

4

Goa Sembat

Maratua, Bohe Silian

082351606011

Boneka

2

5

Pulau Semut

Maratua, Bohe Silian

 

Toksin

2

6

Bait-Bait

Maratua, Bohe Silian

 

Murdami

3

7

Lumantang Hea

Maratua, Bohe Silian

082254745675

Saman

2

8

Tong Duata

Maratua, Bohe Silian

082351675290

Juhri

2

9

Tana Bamban

Maratua, Bohe Silian

 

Firmansyah

2

10

Boa Beong

Maratua, Bohe Silian

 

H.Ridwan

2

11

Limbuan

Maratua, Bohe Silian

081253134147

Darmansyah

3

12

Mahligai

Maratua, Bohe Silian

085250813551

Markus

2

13

Pahi Manuk

Maratua, Bohe Silian

081255186855

Pendekar

2

14

Kabang Daing

Maratua, Bohe Silian

 

Armain

2

15

Bulan-Bulan

Maratua, Bohe Silian

 

Darwin

2

16

Kakaban

Maratua, Bohe Silian

 

Darman

2

17

Sangalan

Maratua, Bohe Silian

 

Jupri

2

18

Embo-Embo

Maratua, Bohe Silian

 

Antasi

3

19

Buwar-Buwar

Maratua, Bohe Silian

 

Edi

4

20

Gunung Pote

Maratua, Bohe Silian

 

Pairit

2

21

Gusung Pa'adal

Maratua, Bohe Silian

085246387120

H. Kira

2

22

Bakungan

Maratua, Bohe Silian

 

Arneo

2

23

Panglima Taba

Maratua, Bohe Silian

 

A.Jais

2

24

Sangalaki

Maratua, Bohe Silian

 

Sucin'an

2

25

Pabahanan

Maratua, Bohe Silian

 

Bustaman

2

26

Bulingisan

Maratua, Bohe Silian

 

Al peon

2

27

Nusa Kokok

Maratua, Bohe Silian

 

Nekson

2

28

Bulituatan

Maratua, Bohe Silian

 

Renan

2

29

Ebit

Maratua, Bohe Silian

 

Ebit

2

30

Sentubung

Maratua, Bohe Silian

 

Asmuni

2

31

Pandoga

Maratua, Bohe Silian

 

Harnanda

2

32

Batu ranjang

Maratua, Bohe Silian

 

Rici Ricardo

2

33

Soang Si Boda

Maratua, Bohe Silian

082352457140

Hadi Ismanto

2

34

Belintang Sulau

Maratua, Bohe Silian

 

Ritno

2

35

Panji-Panji

Maratua, Bohe Silian

081331619979

Tarmi

2

36

Tong-Tong Kuya

Maratua, Bohe Silian

 

Suhardi

2

37

Pasagitan

Maratua, Payung-Payung

   

2

38

Ridho

Maratua, Payung-Payung

   

2

39

Oshy

Maratua, Payung-Payung

   

2

40

Citra

Maratua, Payung-Payung

   

2

41

Adelia

Maratua, Payung-Payung

081350278780

Nursia

1

42

Irpan

Maratua, Payung-Payung

   

2

43

Kakaban

Maratua, Payung-Payung

   

2

44

Anugerah

Maratua, Payung-Payung

081254578546

Roslinda

2

45

3 R

Maratua, Payung-Payung

085390149132

Sujatmono

3

46

Taufik

Maratua, Payung-Payung

085248484956

Rusdianto

1

47

Salwa

Maratua, Payung-Payung

 

Aspian

2

48

Rety

Maratua, Teluk Harapan

085386788478

Jamiat

3

49

Citra

Maratua, Teluk Harapan

081348188501

Rosita

2

50

Herdi

Maratua, Teluk Harapan

082359195712

Herdi

2

51

Tia

Maratua, Teluk Harapan

085347969626

Nuhar

2

52

Sahabat

Maratua, Teluk Harapan

081354290174

Sarmin

2

53

Marhadi

Maratua, Teluk Harapan

 

Marhadi

2

54

Deky

Maratua, Teluk Harapan

 

Jemar

1

55

Tya

Maratua, Teluk Harapan

 

Sunarta

2

Kecamatan/District of  Tanjung Batu

1

Penginapan Green Family

Kecamatan Tanjung Batu

   

18

2

Penginapan Mega Buana

Kecamatan Tanjung Batu

   

7

3

Penginapan Rizky Lestari

Kecamatan Tanjung Batu

     

4

Penginapan Sunrise

Kecamatan Tanjung Batu

   

8

5

Penginapan Armagedon

Kecamatan Tanjung Batu

   

4

6

Penginapan Fiola

Kecamatan Tanjung Batu

     

Kecamatan/District of  Segah

1

Nirwana Segah

Kec. Segah

082357157792

Naida

10

2

Penginapan Tia

Kec. Segah

 

Wiji Lestari

4

3

Penginapan Kasih

Kec. Segah

 

Rusdiana

6

Kecamatan/District of  Kelay

1

Puri

Kec. Kelay

087716600075

Pak Cay

2

2

Lengum

Kec. Kelay

 

Asrani

2

3

Agustinus

Kec. Kelay

087811071156

Agustinus

2

4

Agus Atino

Kec. Kelay

 

Agus Atino

2

Data Usaha Rumah Makan Di Kabupaten Berau

DATA USAHA RUMAH MAKAN DI KABUPATEN BERAU

Kecamatan/District

Jumlah/Total

Tanjung Redeb

77

Teluk Bayur

2

Sambaliung

3

Pulau Derawan

5

Talisayan

1

Kelay

1

Maratua

2

TOTAL

91

 

No

Nama Usaha/Business Name

Pemilik/Owner

Alamat/Address

Kecamatan/District of Tanjung Redeb

1

Asri

Mardjai

Jl. Niaga I

2

Banjar

Hj. Suryati

Jl. Panglima Batur

3

Cita Rasa

H. Awang Riduansyah

Jl. Dr. Sutomo

4

Cita Rasa Gresik

Kamadi

Jl. Durian I

5

Pantai Losari I

Sutoyo

Jl. SA. Maulana

6

Pantai Losari II

Suryanti

Jl. Pemuda

7

Sari Ponti

Djamlin Simpationo

Jl. Durian II

8

Dangkita

Akhmad Rivai

Jl. Pemuda

9

Dangkita

Agus Tianoor

Jl. Pelabuhan

10

Sate Sederhana

Mansyur

Jl. APT Pranoto

11

Soto Banjar

Husein

Jl. Jendral Sudirman

12

Berseri

Sudarmo

Jl. Pemuda

13

Depot Sari

Fastiono Mei Rudi

Jl. Mulawarman

14

Family Café

Sungkono

Jl. Pulau Sambit

15

RM. Rantau Panjang

Dra. Normala Khairani

Jl. Pangeran  Antasari

16

Stein Collen Café

Dra. Normala Khairani

Jl. Pangeran  Antasari

17

Bukit Maritam

Jumaning Farohman

Jl. Pulau Sambit

18

Coto Makassar Fatimah

H. Abdul Kadir. AL

Jl. AKB. Sanipah

19

Ojolali

Muhammad Suaeib

Jl. SM. Aminuddin

20

Warung Pangkep Sop Saudara

Abdul halik

Jl. AKB. Sanipah

21

RM. Sakato

Chuwarni

Jl. Pemuda

22

Pondok Ngalam

Prihatining Susanti

Jl. Mangga II

23

Depot Hokky

Corie

Jl. Niaga I

24

Garden Grill dan Resto

Alfato Perador

Jl. Marsma Iswahyudi

26

RM. Lapauta

Ida Nursanti

Jl. Murjani II

27

RM. Jawa Timur

Zainul Arifin

Jl. Durian II

28

RM. Bunda

Agus Sumarsono

Jl. P. Antasari

29

Sari Derawan Restaurant

Gunawan Budi.S

Jl. Panglima Batur

30

Depot Kalimantan

 

Jl. Durian I

31

Idola

Munadi

Jl. Pulau Panjang

32

RM. Doa Anak Ibu

Pebruari susanti

Jl. Mangga II

33

Padang Kuring

Zulkarnain Tanjung

Jl. SM. Aminuddin

34

RM. Idolaku

Munadi

Jl. Pulau Panjang

35

RM. Resto Dawai

Dewi Setiowati

Jl. Pulau Panjang

36

RM. Dessy

Desi Nila Sandi

Jl. Kartini No. 532

37

RM. Dhistri

Yudistira Suryadana, SE

Jl. Pemuda Gg. Amal

38

RM. Kalimantan

H. Abdul Hag

Jl. Durian I

39

RM. Ella Café

Nor Hapsah

Jl. Cempaka II

40

RM. Patik

Hendra Koeswara

Jl. Kapten Tendean

41

RM. Banjar

Romiansyah

Jl. Panglima Setia (TB)

42

Kedai Kopi Singkuang

Endah Listyarini

Jl. Murjani III

43

Nina

Ilham

Jl. Ahmad Yani

44

Warung Asih

Sukem

Jl. Cempaka Kuning

45

RM. Balangan

Lisdiana

Jl. H. Isa II No. 210

46

RM. Ladang Indah

Hj. Afriza

Jl. Pemuda RT. 18

47

RM. Sky Resto

Sry Kumalasari

Jl. P. Batur RT. 08

48

Baselo

Hermiwati

Jl. Jend. Sudirman No. 922

49

Sugi Rasa

Sandi

Jl. Tongkol RT II Tg. Batu

50

Red Crispy

Julia Wingantini

Jl. Mangga II No. 12

51

RJ. Barokah

Ferdi Yunastiawan

Jl.Pemuda RT.03

52

Sido Mulyo

Abdul Jalil

Jl. Gatot Subroto,Bedungun

53

RITA

Rita Rustinah

Jl.Durian II RT. 10

54

Basinggah

Hj. Faridah Ariani

Jl.Pulau Derawan

55

Bakso Solo

Agus Swasono

Jl. Durian I RT. 25 Tg.Redeb

56

RM. Alamaya

Maya Winata

Jl. Durian III RT. 14

57

Wr. Makan Mbak Nur

Muhamad Saleh

Jl. RA Kartini No. 422,Tg.Redeb

58

RM. Harmoni

Iriana, ST

Jl. Teuku Umar Kec.Tg.Redeb

59

RM. Susianti

Hj.Masitah

RT. 08 Kampung Maluang

60

Café IP

Irwan Pribady

Jl.Ramania RT.07,Tg.Redeb

61

Kumvau Café

Hendra Koeswara

Jl.Dermaga Perum Korpri

62

Kedai Kuliner

Yola Hertanti

Jl. Durian III RT.07,Tg.Redeb

63

CV.Rizky Jaya Anugerah

M. Irfan Ardiansyah

Jl. Gatot Subroto,Bedungun

64

Resto Master Dundee

Ferdy Lonald

Jl. SA.Maulana RT. 20, Tg.Redeb

65

Studio Family Karaoke & Café

Ferry Laksana

Jl. Durian III, Tanjung Redeb

66

Coffee Break

 

Jl. Pemuda

67

PT. Mentari Cipta Mandiri

Pahala Johnson Silalahi

Jl. Merah Delima Gg. Akor

68

CV. Mitra Prajasa Mandiri

Muksin NP

Jl. Raja Diwa Tinyyu RT.02, Sbl

69

PT. Berau Boga Utama

Susilawitri

Jl. Durian 3 Perum BI D3/9, Tg. Redeb

70

Sari Retno

Siti Sumariah

Jl. Jend. Sudirman Gg. Nangka 2

71

CV. Hulu Putra Banua

Gideon Andris

Jl. Pulau Derawan, Tg Redeb

72

CV.Radith Family Mandiri

Asnah Wati

Kampung Sembakungan RT.04

73

PT.Bedungun Manunggal Abadi

Sutoyo wardoyo

Jl.HARM Ayoeb Gg.Asoka

74

PT.Tata Wisata

Yedi Kesumayadi

Jl.Murjani III RT.11 Tg.Redeb

75

Katering Abimayu

Zulkarnain Tanjung

JL.SM. Aminuddin, Tg Redeb

76

Istana Bakaran

Sungkono

Jl.Pemuda

77

RM.Syukur

Narsih

Bujangga

Kecamatan/District of Teluk Bayur

1

Udaya

Oksi Turisman

Jl. Pasar Batu, TL. Bayur

2

Cafe shandica

Bachtiar

Jl.Lamin

Kecamatan/District of  Sambaliung

1

Anggi

 

Sambaliung

2

Cafe Aries

Putri Nurhayati

Jl.SM.Bayanuddin

3

Cafe Phinisi

Muhammad Nur

Jl Raya Bangun

Kecamatan/District of  Derawan

1

RM. Ilham

Saleha

Pulau Derawan

2

RM. April Resto

 

Pulau Derawan

3

RM. Karlina

 

Pulau Derawan

4

RM. Agusty

 

Pulau Derawan

5

RM. Nur

 

Pulau Derawan

Kecamatan/District of  Talisayan

1

RM. Telaga Biru

Salamun

Jl. Soekarno Hatta RT. 06

Kecamatan/District of Kelay

1

Sikampotta

Hamsah

Kamp.Sido Bangen RT.04

Kecamatan/District of  Maratua

1

PT.Pondok Wisata Maratua

Sri Wahyuni

RT. 02 Kamp. Tl. Harapan

2

PT. Maratua Paradise

 

Maratua

KALENDER KEGIATAN PARIWISATA

kalender pariwisata

 

DINAS KEBUADAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN BERAU
Tj. Redeb, Kabupaten Berau
Kalimantan Timur 77315
Telepon : +62 (554) 21159
Website : www.pariwisataberau.com 

Back to top
Go to bottom
iden
201664
TodayToday408
YesterdayYesterday1429
This_WeekThis_Week4232
This_MonthThis_Month25483
All_DaysAll_Days201664

Free Joomla! template by L.THEME