Kabupaten Bone Bolango

logobonebolango

bonebolango

SAMBUTAN

Sambutan Bupati

SAMBUTAN BUPATI BONE BOLANGO
Bupati

HAMIM POU, S.Kom, MH.

Assalamu’alaikum warohmatullahi wa barokatuh,

Dengan mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah Yang Maha Esa, Saya menyampaikan ucapan terima kasih atas penerbitan buku dengan judul “TRAVEL GUIDE TO BONE BOLANGO REGENCY” ini yang disusun oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango. Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) melalui buku panduan ini memperkenalkan dan menyajikan berbagai potensi pariwisata yang dimiliki berikut jarak tempuh dan keistimewaan masing-masing lokasi tujuan wisata serta sarana dan prasarana yang mendukungnya, dengan harapan dapat memberikan informasi dan daya tarik bagi berbagai kalangan, khususnya wisatawan maupun kalangan investor baik dari dalam maupun luar negeri.

Sebagai daerah dengan bentang alam asli yang indah, potensi kekayaan sumber daya alam dan kearifan budaya serta sejarah. Dengan tagline “Pesona Legenda Wisata Alam”, maka Bone Bolango sudah seharusnya membuka diri untuk menjadi destinasi tujuan wisata baik di tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional.

Hasil pembangunan akan tercapai dan bermanfaat atas kerjasama berbagai pihak dengan semangat kerja, Pantang Mundur, Maju Terus dan Tidak Mengenal Menyerah, Mari kita tata, kita bangun dan kita jaga daerah ini dalam upaya menuju “BONE BOLANGO CEMERLANG”. Semoga Allah Yang Maha Esa selalu memberikan kekuatan kepada kita dalam melaksanakan tugas kita masing-masing. Aamiin.

Demikian, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wa barokatuh.

Sambutan Kepala Dinas

SAMBUTAN KEPALA DINAS PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF KABUPATEN BONE BOLANGO

kadis 

HI. AZNAN NADJAMUDIN, SH. M.SI.

Assalamu’alaikum warohmatullahi wa barokatuh,

Syukur Alhamdulillah berkat rahmat dan karunia Allah SWT buku berjudul “TRAVEL GUIDE TO BONE BOLANGO REGENCY” ini dapat kami susun dan terbitkan. Kabupaten Bone Bolango memiliki 7 Obyek Wisata Alam, 4 Obyek Wisata Bahari, 1 Obyek Wisata Buatan, 4 Wisata Sejarah Budaya dan 2 Sanggar Seni Budaya, yang kesemuanya sangat mempesona dan memiliki keistimewaan masing-masing.

Buku ini selain memberikan gambaran profil tempat tujuan wisata elok di Bone Bolango, juga memberikan gambaran singkat mengenai cara pencapaiannya, jarak dari ibukota Kabupaten/Provinsi, keistimewaan yang dimiliki dan lain-lain. Hal tersebut semata-mata sebagai upaya kami untuk menarik minat wisatawan dan sekaligus investor baik dari dalam maupun luar negeri.

Kami sangat berterima kasih terutama kepada Bapak Bupati Bone Bolango yang telah memberikan kepercayaan untuk menyusun dan menerbitkan buku “TRAVEL GUIDE TO BONE BOLANGO” ini. Terima kasih juga kami layangkan kepada Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII) dan PT. Qayris Cipta Kreasindo yang telah membantu kami.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wa barokatuh.

Sambutan Pidii

SAMBUTAN PIDII

Agus Suryadi

AGUS SURYADI

Pariwisata di Indonesia merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi besar untuk mendukung roda perekonomian pemerintah daerah maupun pusat. Berbagai lokasi wisata dengan beragam budaya yang melekat dapat ditemukan di sepanjang wilayah Bumi Pertiwi kian menarik perhatian pengunjung, baik wisatawan lokal maupun asing. Hal inilah yang menjadi kekuatan bagi pengembangan pariwisata di Indonesia hingga saat ini.Sektor pariwisata tumbuh begitu pesat sehingga pemerintahan Jokowi - JK berani memproyeksikan sektor pariwisata akan menjadi penyumbang devisa terbesar pada 2019.

Di sisi lain, era global masa kini memungkinkan terjadinya mobilisasi manusia dengan lebih mudah. Hal tersebut kemudian berimbas pada semakin mudah dan derasnya pertukaran informasi yang terjadi. Perubahan yang diiringi dengan pesatnya perkembangan teknologi tersebut kemudian mengundang perhatian berbagai sektor industri untuk memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT) demi mengangkat performa mereka, termasuk dalam sektor pariwisata. 

Diawali dari sebuah kesadaran akan kebutuhan yang besar terhadap informasi industry pariwisata yang lengkap dan mampu mengintegrasikan seluruh kegiatan pariwisata serta dapat memberikan berbagai pelayanan informasi untuk para turis, tamu yang berkunjung dan juga masyarakat pada umumnya, Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII) bekerjasama dengan PT. Qayris Cipta Kreasindo serta didukung oleh Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) dan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), memprakarsai pembuatan Travel Guide to Bone Bolango, yaitu Panduan Wisata Kabupaten Bone Bolango yang dikemas dalam bentuk buku, disajikan dalam dua bahasa (Indonesia – Inggris). 

Buku ini mencoba untuk mengungkap secara lengkap tentang potensi obyek wisata di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo dengan segala keindahan yang mempesona yang dimilikinya. Disamping itu juga memberikan petunjuk tentang akses menuju ke lokasi, sarana dan prasarana yang tersedia, keunggulan dari masing-masing obyek wisata dan kuliner yang tersedia.

Harapan kami, semoga penerbitan buku Travel Guide to Bone Bolango ini dapat meningkatkan pelayanan informasi pemerintah Kabupaten Bone Bolango kepada berbagai kalangan yang membutuhkan informasi, baik untuk masyarakat Kabupaten Bone Bolango maupun wisatawan dan tamu yang datang ke Kabupaten Bone Bolango dengan berbagai kepentingan.

Jakarta, April 2018
Agus Suryadi,
Chairman of PIDII

Sambutan ASPPI

SAMBUTAN KETUA UMUM ASOSIASI PELAKU PARIWISATA INDONESIA (ASPPI)

ketum aspi

DJOHARI SOMAD

Sebagai bentuk kepedulian akan Kepariwisataan di Indonesia dan peran strategis dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia sekaligus mendukung kehidupan ekonomi khususnya dalam kegiatan kepariwisataan dan menunjang pembangunan Pariwisata Indonesia, dibentuklah Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI). Pembentukan tersebut juga didasari oleh tanggung-jawab akan masa depan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, berpartisipasi aktif dalam mengisi kemerdekaan dan perwujudan cita-cita Nasional. 

Pembuatan buku panduan wisata yang berjudul Travel Guide to Bone Bolango sejalan dengan Visi dari ASPPI yaitu Memajukan pariwisata Indonesia dengan meningkatkan profesionalisme pekerja pariwisatanya. Visi yang kemudian dijabarkan dalam Misi ASPPI tersebut merupakan cerminan tekad ASPPI untuk memajukan Kepariwisataan Indonesia, yang kita tahu memiliki aneka ragam bentuk wisata yang mempesona, baik Wisata Alam, Wisata Bahari, Wisata Budaya/Sejarah, Wisata Kuliner maupun berbagai bentuk Wisata lainnya. 

Fungsi dan peran ASPPI adalah membantu Pemerintah dalam membina dan memajukan pariwisata Nasional, dengan kegiatan menunjang program Pemerintah di dalam Pembangunan Nasional dan membantu memelihara ketertiban, keamanan dan kenyamanan wisatawan. ASPPI sebagai Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia merupakan wadah berkumpulnya individu pelaku pariwisata di Indonesia baik dari bidang Biro Perjalanan, Hotel, Transport, Penerbangan, Restorant, Pramuwisata dan lain lain. 

Buku Travel Guide to Bone Bolango yang diterbitkan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bone Bolango bekerjasama dengan Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII) dan PT Qayris Cipta Kreasindo ini merupakan salah satu upaya yang didukung penuh oleh ASPPI, karena tujuannya untuk mempromosikan Kepariwisataan di Indonesia dengan berbagai keragaman budayanya.

Semoga buku Travel Guide to Bone Bolango ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu menjadi panduan bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Bone Bolango sekaligus sebagai media promosi pariwisata Kabupaten Bone Bolango dengan berbagai keistimewaan, keunggulan dan fasilitas yang tersedia. Terima kasih.

Jakarta, February 2018
The Association of Indonesian Tourism Stakeholders (ASPPI),
Djohari Somad
Chairman

Sambutan ASITA

SAMBUTAN KETUA UMUM
ASSOCIATION OF THE INDONESIAN TOURS ANDTRAVEL AGENCIES (ASITA)

ketua umum asita

H. ASNAWI BAHAR, SE, M.SI.

Pesona Indonesia...Wonderful Indonesia...

Sebagai pengantar, Data terakhir dari Biro Pusat Sebagai pengantar, Data terakhir dari Biro Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Pariwisata disampaikan bahwa sektor pariwisata merupakan penyumbang DEVISA terbesar nomor 2 setelah Kelapa Sawit. Indonesia juga merupakan salah satu negara dari 20 negara yang memiliki pertumbuhan paling cepat di sektor pariwisata. Pertumbuhan pariwisata Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mencapai 25,68%.

Pemerintah saat ini sedang melakukan inovasi dan motivasi untuk menggenjot sektor pariwisata secara masif dan komprehensif, ini merupakan kebangkitan sektor pariwisata Indonesia yang memiliki peringkat dalam meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia yang tadinya menduduki posisi ranking 50 naik menjadi ranking 42 dunia. Sektor pariwisata kini menjadi primadona baru bagi pembangunan nasional. Sumbangan devisa maupun penyerapan tenaga kerja dalam sektor ini amat signifikan bagi devisa negara, diperkirakan pada tahun 2019, sektor pariwisata menjadi penyumbang utama devisa utama Indonesia.

Dengan hasil yang dicapai sektor pariwisata saat ini Association of The IndonesianTours and Travel Agencies (ASITA), mengapresiasi pencapaian ini dengan menyambut baik diterbitkannya buku Travel Guide to Bone Bolango oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bone Bolango bekerjasama dengan PT Qayris Cipta Kreasindo dan Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII), yang merupakan salah satu langkah maju pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan informasi kepada para wisatawan mancanegara maupun domestik yang datang ke Kabupaten Bone Bolango.

Akhir kata kami ucapkan selamat dan sukses, semoga inisiatip ini berdampak pada meningkatnya arus kunjungan wisatawan baik lokal maupun asing ke Kabupaten Bone Bolango.

Demikian disampaikan, atas segala perhatiandan dukungan baik instansi pemerintah maupunstekholder di bidang pariwisata diucapkan terimakasih.

Jakarta, 2 April 2018
Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA),

H. Asnawi Bahar, SE, M.Si
Ketua Umum ASITA The Chairman of ASITA

GAMBARAN UMUM

GEMA BAHANA WISATAGEMA BAHANA WISATADI BUMI BONE BOLANGOTOURISM REVERBERATION INBONE BOLANGO TERITORRY

kantor-Bupatidariatas

centerpointbonebolango

Letak, Luas dan Batas Wilayah

aktifitas nelayanSecara geografis, Kabupaten Bone Bolango dengan ibukota terletak di Kecamatan Suwawa, terletak antara 00°18’25” – 00°48’21” LU dan 123°03’41”– 123°33’06” BT, dengan batas-batas secara fisik adalah sebagai berikut: Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow (Sulawesi Utara) di sebelah Utara; Teluk Tomini di sebelah Selatan; Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo di sebelah Barat; dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Sulawesi Utara) disebelah Timur. Kabupaten Bone Bolango dengan luas 1.984,58 km2 terdiri dari 18 Kecamatan, 160 Desa dan 5 (lima) Kelurahan. Kecamatan tersebut adalah: Kecamatan Bone, Boneraya, Bonepantai,Botupingge, Bulango Selatan, Bulango Timur, Bulango Ulu, Bulango Utara, Bulawa, Kabila, Kabilabone, Suwawa, Suwawa Selatan, Suwawa Tengah, Suwawa Timur, Tapa,Tilongkabila dan Pinogu.

 

 

Topografi dan Iklim

Desa PinoguKondisi topografi dan kemiringan lereng di Kabupaten Bone Bolango cukup variatif dengan didominasi oleh kelas lereng datar dengan kemiringan lereng 15 - 25 %, disusul oleh kelas kemiringan lereng 25 - 40 % dan kelas-kelas lereng lainnya. Secara umum kondisi topografi wilayah Kabupaten Bone Bolango dikelompokkan ke dalam 3 kelompok yaitu kondisi lahan dengan permukaan dataran tinggi (bergunung) atau berada pada kemiringan lereng diatas 40% dan bertekstur morfologi yang kasar.

Persebaran lahan dengan ciri tersebut berada Persebaran lahan dengan ciri tersebut berada di Kecamatan Suwawa, Bonepantai, Kabila Bone, Bone, Bone Raya, Botupingge dan Tilongkabila. Kondisi lahan dengan relief berbukit (bergelombang) dengan tekstur morfologi sedang. Persebaran lahan hampir sebagian besar beradadi setiap kecamatan di Kabupaten Bone Bolango. Kondisi dengan relief permukaan rendah. Persebaran lahan berada di Kecamatan Tapa, Suwawa dan Kabila. Tinggi wilayah Kabupaten ini adalah antara 7 dan 55m di atas permukaan laut.

 Kecepatan angin pada tahun 2016 yang dipantau Stasiun Pengamatan BMKG Jalaludin hampir merata setiap bulannya, yaitu pada kisaran antara 2 dan 5knot. Curah hujan tahunan di wilayah Kabupaten Bone Bolango pada tahun 2016 antara 37 dan 303 mm3, hari hujan antara 2 dan 12 hari dengan kelembaban udara berkisar antara 72,7 – 84,9%. Temperatur berkisar antara 26 dan 28,60C, tekanan udara antara 1.008,7dan 1.011,9mb dengan penyinaran matahari antara 56,4 dan 80,6%.

Jumlah penduduk, sex-ratio

masyarakat nelayan bone bolangoJumlah penduduk Kabupaten Bone Bolango tahun 2016 sebanyak 159.673 jiwa, terdiri dari 80.444 laki-laki dan 79.222 perempuan (rasio: 102). Tingkat kepadatan penduduk rata-rata 80 jiwa tiap Km². Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) mencapai 64,23 dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) adalah 6,76.

Suku Bangsa dan Budaya

adat perkawinan pinonguMasyarakat yang ada di Kabupaten Bone Bolango sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan, yang terlihat pada acara-acara pernikahan,yang terlihat pada acara-acara pernikahan, penyambutan Pejabat Daerah, penganugerahan gelar, dan masih banyak lagi acara yang dilaksanakan dengan mengedepankan adat dan budaya yang telah di turunkan oleh orang-orang tua terdahulu.

Kabupaten Bone Bolango dalam dimensi historis tidak dapat dipisahkan dan dibedakan dengan sejarah Gorontalo keseluruhan. Secara historis sesungguhnya masyarakat Gorontalo merupakan satu kesatuan yang utuh dan kukuh dilandasi ole hsatu ikatan kekeluargaan yang disebut Pohala’a yaitu Pohala’a Gorontalo, Pohala’a Limboto, Pohala’a Bone, Pohala’a Bolango dan Pohala’a Atingola.

Di Kabupaten Bone Bolango juga terdapat perkampungan yang di anggap sebagai pusat sejarah yang dinamakan PINOGU (diambil dari kata PINOGUMBALA) yang artinya tempat atau daerah yang menjadi tempat pertempuran antara dua Suku, yang konon menurut cerita adalah dua suku yang dipimpin oleh dua orang kakak beradik. Tetapi sangat disayangkan, adat dan budaya tersebut tinggal hanya sebuah cerita (WUNGGULI) yang dapat didengar melalui orang tua atau kakek dan nenek mereka.

Di Kabupaten Bone Bolango terdapat Suku yang disebut dengan Suku Suwawa dan Bulango. Suku ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu menggunakan Bahasa Suwawa yang disebut dengan Bahasa Bonda yang sudah digunakan sejak dahulu kala dan masyarakat Bulango menggunakan Bahasa Bulango. Disamping itu masih ada juga suku lain,yaitu: Suku Gorontalo, Jawa, Bugis, dll.

Agama

masjidAgama yang dianut penduduk Kabupaten Bone Bolango adalah: Islam (99,88%), Protestan (0,11%), Katholik (0,01%) dan Hindu serta Buddha, dengan tempat peribadatan: 296 mesjid dan 42 Musholah.

Kunjungan Wisatawan

wisatawan

Kunjungan wisata tahun 2015 menurut obyek  wisata adalah:

 No Name  Location Total Of Tourist 
 1  Lombongo Natural Tourism  Lombongo Village, Suwawa District      9.500
 2  Olele Marine Tourism   Olele Village, Kabila Bone District      7.500
 3  Tomb of King Atinggola Cultural Tourism  Dunggala Village, Tapa District     -------
 4   Botutonuo Marine Tourism  Botutonuo Village, Kabila Bone District.     14.000
 

PROFILE PARIWISATA 

Bukit-Batu-Pandang

Pada tahun 2016 telah dibangun infrastruktur Monument Centre Point Bone Bolango yang berada di Desa Moutong Kecamatan Tilongkabila  yang menjadi kebangganan Kabupaten Bone Bolango. Monumen tersebut menjadi tempat berkunjung masyarakat Gorontalo dan dari luar  Gorontalo yang bangunan tersebut merupakan miniature dari Arc De Triomphe atau Gerbang  Kemenangan yang ada Paris. 

Jumlah obyek wisata yang tercatat oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bone Bolango sebanyak 7 buah obyek wisata alam, 4 buah obyek wisata bahari dan 1 buah obyek wisata  buatan, 4 buah Wisata Sejarah Budaya dan 2 Sanggar Seni Budaya

OBYEK WISATA ALAM LOMBONGO

Sebagai daerah vulkanis, Gorontalo juga memiliki beberapa sumber air panas alami. Salah satu yang terkenal dan menjadi andalan daerah adalah Mata Air Panas Lombongo yang berada di tengah keindahan alam pedesaan. Secara keseluruhan, kawasan objek wisata ini memiliki luas sekitar 32 hektar dan terdapat dua jenis kolam renang yaitu kolam air panas dan kolam air dingin. Lokasi Pemandian Air Panas Lombongo terletak di Desa Lombongo, Kecamatan Suwawa, sekitar 17 km dari Ibukota Provinsi Gorontalo. Perjalanan dari Ibukota Provinsi Gorontalo menuju lokasi wisata dapat ditempuh dengan menggunakan, motor, mobil pribadi, mobil angkot dan kendaraan khas Gorontalo, Bentor. Pengunjung yang tidak sempat membawa bekal makanan tidak perlu khawatir, karena di sekitar lokasi wisata tersedia warung-warung tradisional masyarakat lokal yang menjual makanan serta aneka cemilan. Frekuensi kunjungan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pemandian Air Panas Lombongo yang saat ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolongo berada pada lokasi yang berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TN-BNW). Sehingga sebagian besar pengunjung yang mengunjungi pemandian air panas juga akan menghabiskan  waktu dengan berendam di Sungai yang berada dalam kawasan TN-BNW

AIR TERJUN TALUDAA

Air Terjun Taludaa terletak di Desa Taludaa Kecamatan Bone Pantai, kurang lebih 65 Km dari Pusat Kota Gorontalo. Air terjun ini mempunyai ketinggian 42 m dan bentangan 15 m berlokasi di dalam kawasan hutan agrowisata dengan berbagai tanaman buah seperti pohon durian, langsat, nangka dan pepohonan yang rindang dengan air yang bersih dan jernih.

 

AIR TERJUN MERANTI

Wisata air terjun ini bertempat di Desa Meranti Kecamatan Tapa yang berjarak kurang lebih 20Km ke Utara dari ibu Kota Provinsi Gorontalo. Untuk bisa sampai ke tempat ini ada beberapa desa yang harus dilewati di antaranya Desa Donggala dan Desa Langge dengan jalan yang cukup berliku-liku dan menanjak dengan memakan waktu berjam-jam. Masing- masing air terjun, memiliki ketinggian antara 10 - 12 meter. Selain pemandangan alamnya pengunjung dapat menyaksikan beberapa aktifitas masyarakat lokal misalnya membuat gula merah (pahangga) dengan cara tradisional serta beberapa penampungan air sebagai budi daya ikan tawar alam.

AIR TERJUN MONGIILO

Air terjun Mongiilo terletak ± 20 Km dari pusat Kota Gorontalo dan menjadi salah satu destinasi wisata terdekat, sehingga mudah di kunjungi, dengan alam yang sangat indah dan asri.

BUKIT PEAPATA TUNGGULO

Bukit Peapata di Desa Tunggulo Kecamatan Tilongkabila ini rencananya akan dikembangkan menjadi camping ground dan akan dijadikan tempat edukasi alam oleh TN-BNW bersama-sama dengan masyarakat sekitar kawasan. Lokasi ini dapat dicapai dalam 45 menit perjalanan darat dari pusat Pemerintahan Bone Bolango.

WISATA PANTAI BOTUTONUO

Pantai Botutonuo adalah pantai yang terletak di Desa Botutonuo. Pantai ini terletak dibalik rimbunnya pepohonan kelapa yang tumbuh memadati dataran sepanjang pantai sehingga tidak nampak dari jalan raya. Dari Ibukota Provinsi Gorontalo dibutuhkan waktu sekitar 25 menit ke lokasi ini. Untuk menuju ke lokasi pantai ada 10 lorong yang bisa dipilih di sela-sela rumah-rumah warga. Panjang pantai yang bisa dijadikan tempat bersantai kurang lebih 1 kilometer. Permukaan Pantai Botutonuo memiliki ciri yang berdeda. Pada sisi arah bagian Barat, pantai lebih berkarakteristik berpasir putih. Sementara pada sisi bagian daratan tengah dan Timur, pantai lebih banyak berbatubatu kerikil. Untuk mengunjungi pantai ini tidak dipungut biaya karena yang mengelola adalah warga setempat, hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja. Terdapat banyak deretan gubuk di tepian pantai yang bisa disewa untuk bersantai dengan tarif yang cukup terjangkau. Untuk menikmati wisata air terdapat perahu nelayan yang bisa disewa untuk berkeliling seputaran area pantai.

PANTAI OLUHUTA

Pantai ini terletak di Desa Oluhuta, Kecamatan Kabila Bone, yang juga merupakan daerah kampung nelayan. Selain keindahan tebing dan panorama sunsetnya, di Pantai ini juga pernah ditemukan Kerangka manusia berumur 700 tahun, sehingga Situs Oluhuta merupakan Situs Budaya Prasejarah.

PANTAI OLELE

Taman Laut Olele terletak di Desa Olele Kecamatan Kabila Bone, sekitar 20 Km dari pusat Ibukota Provinsi Gorontalo dan dapat ditempuh dalam waktu ± 21 menit. Lokasi ini dapat dijangkau dengan kendaraan darat maupun kendaraan laut. Jika melalui jalur darat, dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat menyisir jalan berkelak kelok, melintasi perumahan penduduk dengan pemandangan yang kontras. Pantai Olele merupakan pintu gerbang menuju surga Taman Laut Olele dengan alam bahari yang sangat indah. 

Para penyelam dunia telah membuktikannya dengan mata sendiri dengan menyatakan bahwa sebagian biota laut yang terdapat di sana tidak dijumpai di perairan lain. Taman laut Olele menyimpan banyak keindahan, diantaranya terdapat Goa Jin dengan ikan-ikan hias, Biota Laut, Terumbu karang yang sehat, padat dan indah, Bunga Karang Raksasa, Beberapa jenis ikan yang langka dan hanya terdapat di perairan teluk tomini. Terumbu karang yang belum terjamah dihiasi oleh pelangi ikan dan biota laut lainnya. Salah satu terumbu karang langka yang bisa ditemui adalah terumbu yang menyerupai karya seni ukir perupa Picasso dari Itali. Masyarakat menamainya sebagai terumbu karang Picasso dan tempat ini dijuluki sebagai “Primadonna Pantai Selatan”. Penyelampun dapat bertemu mamalia laut, ikan Lumba-lumba, yang dengan tidak malu-malu menyambut kedatangan penyelam. Namun, ketika melakukan snorkeling, penyelam harus berhati-hati dengan sengatan ubur ubur. Ukurannya yang mini terlihat menarik berwarna warni terutama saat terkena cercahan sinar matahari. Rasa gatal akibat sengat tersebut akan hilang segera kala menyaksikan keindahan surga bawah laut Olele. Perahu kayu berkaca asli buatan penduduk siap membawa wisatawan mengarungi perairan untuk menikmati keindahan tampak atas terumbu karang, ikan-ikan dan biota laut lainnya. Pantai Olele ini rencananya akan dijadikan tempat Wisata Nasional, karena lokasinya sering dikunjungi oleh turis mancanegara yang melihat keindahan Taman laut Pantai Olele. Keindahan Taman Laut Olele sering dijadikan pusat diving oleh para turis baik lokal maupun mancanegara. Pantai Olele yang memiliki berbagai biota laut ini juga dapat dikembangkan menjadi model objek Wisata Bahari (ecotourism) yang bisa mendatangkan wisatawan.

PANTAI MOLOTABU

Pantai ini berada di Desa Molotabu, Kecamatan Kabila Bone, sekitar 20 menit dari Pusat Kota Gorontalo. Pantai ini memiliki pasir putih yang indah, serta panorama yang tidak kalah dengan pantai lainnya yang ada di Gorontalo.

HIU PAUS

Objek Wisata Hiu Paus di Perairan Desa Botubarani, menjadi ikon Kabupaten Bone Bolango untuk mempromosikan sejumlah potensi dan sumber daya alam di daerah, termasuk tempat wisata lainnya. Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menetapkan hiu paus (Rhincodon typus)menjadi ikan yang dilindungi melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 tahun 2013. Peraturan ini diputuskan untuk menjaga kelestarian dan menghindari kepunahan hiu paus. Meskipun dilindungi, pemanfaatan potensi ekonomi hiu paus secara non-ekstraktif masih diperbolehkan, seperti pemanfaatan hiu paus sebagai target destinasi wisata. Hiu paus (Whale Shark)merupakan wisata langka karena hanya terdapat di beberapa Wilayah di Dunia dan keunggulan tersendiri dari Kabupaten Bone Bolango menjadi daerah migrasi dari kawanan Hiu Paus. Hiu Paus merupakan salah satu hewan Mamalia laut terbesar di dunia dengan berat sekitar 9 Ton.

MAKAM RAJA ATINGGOLA

makam raja atinggolaMakam Blongkod adalah makam salah seorang Raja Atinggola, tidak diketahui siapa nama Raja Atinggola yang dimakamkan di sini dan tahun berapa masa pemerintahan dan kekuasaannya. Hanya disebutkan Kampung Dunggala pada masa yang lalu masuk dalam wilayah teritori Kerajaan Atinggola sebelum islam diterima di Gorontalo. Itulah sebabnya mengapa makam ini juga berorientasi Timur-Barat bukan Utara-Selatan sebagaimana yang dipersyaratkan di dalam pemakaman Islam. Makam Raja Blongkod terletak di Kampung Dunggala Desa Dunggala Kecamatan Tapa dengan ketinggian 32 meter dari permukaan laut. Lingkungan situs berada di sebuah dataran landai yang dikelilingi ladang dan kebun penduduk.

MAKAM HUBULO

Makam Hubulo merupakan salah satu 7 Destinasi Wisata Religi yang populer di Gorontalo, khususnya Kabupaten Bone Bolango. Makam ini merupakan makam Raja dari Kerajaan Bone Bolango yang memegang tahta kekuasaan selama 20 tahun (1752-1772). Makam ini terletak di Desa Keramat, Kecamatan Tapa, yang juga masih dalam lingkungan Pesantren Hubulo.

MAKAM H.NANI WARTABONE

Makam ini merupakan situs bersejarah dari Pahlawan Nasional, Haji Nani Wartabone, yang terletak di Desa Bube, Kecamatan Suwawa. Di area makam ini juga terdapat rumah dari Nani Wartabone yang saat ini di jadikan Museum Perjuangan Rakyat Gorontalo Pahlawan Nani Wartabone. Di makam ini terdapat berbagai foto dan benda-benda peninggalan bersejarah dari perjuangan rakyat Gorontalo pada masa itu.

DANAU PERINTIS

Danau Perintis merupakan danau air tawar buatan seluas 6 Ha yang memiliki nilai sejarah dan merupakan saksi dari perjuangan rakyat Gorontalo melawan penjajah kolonial Belanda. Danau ini dibuat oleh Almarhum Nani Wartabone di masa penjajahan dan digunakan untuk pengairan sawah oleh penduduk sekitar danau pada waktu itu. Air yang mengalir ke Danau Perintis ini berasal dari mata air pegunungan yaitu mata air Lulahu dan mata air Poao. Saat ini, Danau Perintis terus dikembangkan menjadi tempat wisata oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango. Kegiatan yang dapat dilakukan di lokasi Danau yakni berperahu, memancing, renang, rekreasi dan camping. Danau buatan ini terletak di Desa Huluduotamo, Kecamatan Suwawa yang berjarak kurang lebih 18 Km dari Ibu kota Provinsi Gorontalo.

MONUMEN BRIGHT GATE BONE BOLANGO

Kabupaten Bone Bolango memiliki cita-cita untuk membangun Kabupaten Bone Bolango hingga menjadi kebanggaan masyarakatnya. Tata kota yang baik, pembangunan infrastruktur yang memadai salah satu menjadi fokus utama. Bright Gate yang terletak di pusat pemerintahan adalah monumen kebanggaan masyarakat Bone Bolango. Kota yang baik adalah kota yang banyak ruang terbuka hijaunya. Upaya ini terus dilakukan di daerah ini, termasuk membangun kesadaran akan fungsi tata ruang. Bentuk bangunan mirip ikon kota dunia Paris Prancis ‘Arc de Triomphe’ atau gerbang kemenangan monumen gagah di tengah pusat Kota Paris. Bright Gate Bone Bolango pun terinspirasi akan bangunan yang dibangun untuk memperingati kemenangan Napoleon itu.

ULANTHA HILL

The Ulantha Hill adalah bangunan mirip benteng yang terletak di atas bukit di Desa Ulanta, Kecamatan Suwawa, dalam kompleks kantor BAPPEDA, tidak jauh dari kantor Bupati Bone Bolango. Ketika berada di puncak Ulantha Hill, pengunjung dapat menikmati suasana Bone Bolango dan sebagian wilayah Gorontalo. Agar dapat melihat panorama alam secara jelas, di berbagai sudut puncak Ulantha Hill akan dilengkapi dengan teropong. Diharapkan tahun 2018 ini setelah pengerjaan tahap kedua selesai, keunikan The Ulantha Hill yang menjadi ikon baru Bone Bolango sudah dapat dinikmati oleh wisatawan secara luas. Kehadiran The Ulantha Hill pun diharapkan menjadi ikon berikutnya setelah Center Point yang menjadi ikon awal. Dengan demikian Bone Bolango mempunyai dua ikon khas yaitu Center Pointdan Ulantha Hill yang menjadi pelengkap ketika berkunjung ke Bone Bolango.

LONGALO RIVER TUBING

Udara sejuk dan Aliran sungai Deras menjadikan salah satu tujuan Wisata Air bagi para wisatawan yang suka dengan tantangan yang memacu adrenalin. Lokasi Wisata Longalo River Tubing terdapat di Desa Longalo Kecamatan Bolango Ulu, sekitar 30 menit dari Kota Gorontalo.

TEBING BIDADARI HUNGAYONO

Hungayono merupakan Camp penangkaran burung maleo yang terletak di dalam kawasan TN-BNW yang dapat ditempuh dari Desa Tulabolo dengan berjalan kaki ± 45 menit. Hungayono dengan vegetasi hutan tropis menjadi habitat dari berbagai macam jenis flora & fauna di antaranya burung maleo dan tarsius. Di Hungayono terdapat sebuah tebing yang dikenal dengan nama “Tebing Bidadari”, sebuah tempat pariwisata tersembunyi di Bone Bolango dengan keindahan Stalagmit dan stalagtitnya yang berbentuk sebuah Gua alami. Hungayono sangat cocok bagi para wisatawan yang menyukai tantangan dan petualang.

Burung Maleo merupakan salah satu Hewan langka dan unik yang hidup di Hungayono. Maleo dikatakan burung unik karena mempunyai telur yang umumnya berukuran 11 cm dan berat mencapai 240-270 gram serta pada saat menetas anak burung Maleo sudah bisa terbang.

Sedangkan Tarsius disebut monyet terkecil di dunia meskipun bukan termasuk jenis monyet, dapat melompat sejauh 3 meter dari satu pohon ke pohon lainnya. Tarsius disebut primata mungil karena hanya memiliki panjang tubuh sekitar 10-15 cm dengan berat 80 gram. Ukuran mata tarsius lebih besar dari ukuran otaknya.

TARIAN LANGGA

Makna yang terkandung dalam tari Langga adalah tarian yang menggambarkan aktivitas bela diri Gorontalo yang bersumber dari Langga (beladiri tanpa senjata) dan Longgo (bela diri dengan menggunakan senjata) yang hanya dilakukan oleh laki-laki Gorontalo. Perubahan yang terjadi dalam Langga/Longgo ke Langga Buwa menarik bagi peneliti yang ingin menelaah lebih jauh simbol dan makna yang ada dalam tarian tersebut. Simbol dan makna tari Langga Buwa banyak terdapat pada unsur penunjang yang ada di dalamnya antara lain gerak, iringan, tempat dan rias busana. Tari Langga Buwa mencerminkan kesetaraan gender yaitu ingin menunjukkan keberadaan kaum perempuan dalam pemenuhan hak-haknya agar setara dengan lakilaki. Perbedaan gender hanya pada jenis kelamin, sedangkan sikap dan sifat masing-masing adalah sesuatu yang dapat dipertukarkan, sehingga lakilaki dan perempuan seharusnya mendapatkan perlakuan yang sama baik hak dan kewajibannya dalam kehidupan sosial.

Pinogu merupakan Enclave yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Pinogu dipercaya sebagai desa tertua di Gorontalo yang tidak saja memiliki panorama alam yang indah tetapi juga memiliki sejarah budaya, selain itu di Pinogu masih terdapat perkebunan Kopi Liberica yang ditanam Pemerintah Belanda pada tahun 1875. Kopi Pinogu merupakan unggulan dan oleh-oleh khas dari Bone Bolango.

DESA WISATA

Kabupaten ini memiliki beberapa Desa Wisata, yaitu: Desa Olele, Meranti, Botutonuo, Lombango, Longalo dan Taludaa, yang masing-masing memiliki ciri-ciri khasnya.

PENDUKUNG KEGIATAN PARIWISATA

Hotel

 NO.   NAME  LOCATION   TELEPHONE
 1  Maqna Hotel by Prasasthi  Jl. Sultan Botutihe No. 88  (0435) 8592676
 2  Grand Q Hotel  Jl. Nani Wartabone No. 25  (0435) 822222
 3  Amaris Hotel of Gorontalo   Jl. Sultan Botutihe No. 37   (0435) 830988
 4  New Rahmat Hotel   Jl. HOS. Cokroaminoto No. 108  (0435) 831117
 5  Citra Hotel   Jl. Merdeka, No. 36   (0435) 827157
 6  Imperial Hotel   Jl. H. Yusuf Polapa No. 11   (0435) 822800
 7  Yulia Hotel   Jl. Nani Wartabone No. 26   0852-9861-3456
 8  Jambura Inn   Jl. Jenderal Sudirman No. 06   (0435) 822255
 9  ELjie Syariah Hotel   Jl. Jenderal Sudirman No. 99   (0435) 830634
 10  Crystal Green Hotel  Jl. Gelatik No. 234 0813-5639-6788
 11  Wisata Hotel   Jl. 23 Januari No. 19 Jl. Taki Niode No.16  
 12  Millinov Boutique Hotel   Jl. Jenderal Sudirman No. 65   (0435) 8525278
 13  Wisma 88  Jl. Sawah Besar No.88  (0435) 830113

Restaurant

 NO.   NAME  LOCATION   TELEPHONE
 1  RM. Meranti Indah   Tamboo, Tilongkabila, Bone Bolango  0823-4709-204
 2  RM. INA   Ulanta Suwawa, Bone Bolango   0812-1889-943
 3  Waroeng Tempo Doeloe
 Alegas (Roa Fish)
 JL. Djalamaludin Malik, No. 54,   Limba U1
 Sub-district, Huangobotu
 0812-2043-221
 4  Warung Ijo Kuning  Jl. Taman Buah, Talango, Kabila   0823-471-738
 5  RM. Cita Rasa   Jl. BJ Habibie, Bongoime, Tilongkabila   0821-8920-660
 6  RM. Dpul Ardi  Laut Biru, Bone Raya   0853-9896-732
 7  Agung Resto  Jl. Merdeka, Gorontalo   0435-822598
 8  Ampera Restaurant  Jl. Sultan Botutihe, Gorontalo   0435-825448
 9  RM. Brantas  Jl. Raja Eyato, Gorontalo  0435-821365
 10  RM. Ester  Jl. KH. Agus Salim, Gorontalo   0435-823031
 11  Fiesta Resto   Murni Shopping Complex, Gorontalo   0435-824365
 12  Millinov Boutique Hotel   Jl. Jenderal Sudirman No. 65   (0435) 8525278
 13  Wisma 88  Jl. Sawah Besar No.88  (0435) 830113
 14  RM. Gantiano  Jl. Garuda, Gorontalo   0435-824338
 15  RM. Jawasir   Jl. Budi Utomo, Gorontalo   0435-823442
 16  RM. Leonardo  Jl. Pertiwi, Gorontalo   0435-821813
 17  New Milado Restaurant   Jl. Jamaludin Malik, Gorontalo  0435-824272
 18  RM. Oshin  Jl. S. Parman, Gorontalo   0435-821461
 19  RM. Pondok Indah Permai   Jl. Panjaitan, Gorontalo 0435-821850  0435-821850
 20  RM. Primadona   Jl. Panjaitan, Gorontalo   0435-822080

Transportasi

Panjang jalan di Kabupaten ini adalah 559,67 km dengan rincian: 89,89 km (jalan Negara), 101,4 km (jalan Provinsi) dan 325,37 km (jalan Kabupaten). Sedangkan Transportasi yang ada di Kabupaten ini antara lain adalah: Bentor (becak-motor), Ojek dan Angkutan Kota.

Sedangkan Rental Kendaraanantara lain adalah:

 NO.   NAME  LOCATION   TELEPHONE
 1  Nabila Rental   Halid Ente   +6282195713966
 2  Amanah Rental   Sutrisno Yusuf  +6285240123574,
+6281356016953
 3  Aliya Rental   Meli Idris Wartabone +6282343237223

Transportasi udara menuju wilayah Bone Bolango dapat ditempuh melalui Bandara Jalaludin di Gorontalo, untuk kemudian melalui jalan darat ke Kota Suwawa sekitar 14 km. Perusahaan Penerbangan yang melayani rute dari dan ke kota Gorontalo adalah: Garuda Indonesian Airway, Lion Air, Sriwijaya Air dan Batik Air. Sedangkan transportasi laut melalui pelabuhan laut di Gorontalo dilayani oleh kapalkapal PELNI.

 

Biro Perjalanan

Biro Perjalananyang siap melayani pengunjung ke Kabupaten ini adalah:

 NO.   NAME  LOCATION 
 1  Arsha Travel  Tumbihe Sub District of Kabila District
 2  Gorontalo Jaya Travel  Jl. Cokroaminoto, Gorontalo City
 3  Wisata Nasapahala  Jl. 23 January, Gorontalo City
 4  Ina Permai Tour and Travel  Jl. Mongisidi, Gorontalo City
 5  PT. Royal Tour & Travel  Ipilo Sub-District, Gorontalo City
 6  Sinar Mulia Tour and Travel  Jl. Achmad Yani, Gorontalo City
 7  Rachmat Tour Travel, Angkasa Travel  Jl. KH. Agussalim, Tomulobutao, West Town
 8  Barokah Babul Malik  Jl. Mayjen. DI Panjaitan 42, Gorontalo City
 9  Sidra Tour  Jl. Jend. A. Yani 25, Gorontalo City
 10  Aliaya Davina Tour & Travel   Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gorontalo

Toko Cindereamata dan Oleh oleh

Toko Cinderamatadan Oleh-Oleh di Kabupaten Bone Bolango, antara lain:

 NO.   NAME  LOCATION  TELEPHONE INFORMATION
 1  Gallery Oleh-Oleh 

 Padengo Sub-District, Kabila District  +6285240496000   Selling various chips and Roa fish
 2  Rizki Cake Shop  Tanggilingo Sub-District,
Kabila District
   Sell various typical cakes of
Gorontalo
 3  Maharani Souvenir  Gorontalo City    Selling openwork, typical clothes of Gorontalo, basket cap and typical cakes of Gorontalo
 4  Pinogu cafe & gallery Bandara  Jalaludin Airport    
 5  Pusat Souvenir Bonebol  Center Point    

Tempat Hiburan

Warkop One Fill, Ibu Ros, Telepon +6285398081013.

Layanan Kesehatan

Kabupaten ini memiliki 2 Rumah Sakit, 20 Puskesmas, 206 Posyandu, 7 Klinik/Balai Kesehatan, 1 Polindes dan 110 Poskesdes. Tenaga Kesehatan yang siap melayani adalah: 27 dokter, 78 Perawat, 138 Bidan, 4 Farmasi, 31 Ahli Gizi, 19 Tenaga Ahli Kesehatan Lingkungan dan 1 Tenaga Kesehatan Masyarakat (di Puskesmas); 5 Perawat, 3 Bidan, 2 Farmasi, 2 tenaga Kesehatan Lingkungan dan 13 tenaga Kesehatan Masyarakat (di Klinik Dinas Kesehatan Kabupaten); 46 Dokter, 166 Perawat, 42 Bidan, 20 Farmasi, 1 Ahli Gizi, 7 Teknisi Medis, 2 tenaga Kesehatan Lingkungan dan 30 tenaga Kesehatan Masyarakat (di Rumah Sakit Daerah). Jajaran dokter terdiri dari 25 Dokter Spesialis, 40 Dokter Umum dan 11 Dokter Gigi.

Kedua Rumah Sakit Daerah itu adalah: 

  1. Rumah Sakit Umum Daerah-RSUD Toto Kabila Alamat: Jl.Kesehatan no 25, Kecamatan  Tilongkabila, Bone Bolango. No Telp: 0435-828761.
  2. Rumah Sakit Umum Daerah-RSUD Tombulilato Alamat: Jln. Trans Sulawesi Pesisir Pantai Desa Inomata. No telp.: 081317588022

Tenaga Listrik

Tercatat: 77.985 KW daya terpasang; 501.677.557 KWh produksi listrik dan 444.582.641 KWh listrik terjual kapada 245.706 pelanggan. Sedangkan air bersih mencatatkan 833.413 m3 air didistribusikan kepada 5.361 pelanggan.

Wisata Belanja

Kabupaten ini memiliki 23 pasar permanen, 100 toko dan 1.157 kios.

Perbankan

Bank SULUT KCP Suwawa, Bank BRI Unit Bonepantai dan Bank Mandiri KCP Bone Bolango Kabila.

Kantor Polisi

POLRES Bone Bolango berada di Jl. Jenderal Hoegeng No. 2, Desa Tingkohubu, Kecamatan Suwawa. Sedangkan Polsek antara lain adalah Polsek Kabila Bone, Polsek Tapa, Polsek Bolango, Polsek Suwawa, Polsek Tiongkabila, Polsek Kota Utara, Polsek Telaga Biru, Polsek Kota Timur, Polsek Kota Tengah, Polsek Dungingi, Polsek Urban Kaidipang dan Polsek Bongomeme.

KALENDER KEGIATAN PARIWISATA

Peluncuran Kalender Pariwisata dilakukan oleh Pemda Bone Bolango melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan mengusung jargon Bone Bolango Legenda Pariwisata Alam di Provinsi Gorontalo. Semua kegiatan Bone Bolango terkait dengan promosi, wisata, perdagangan, budaya dan sebagainya akan disusun menjadi satu kalender tahunan. Pada bulan April mendatang itu akan ada event Pesona Pinogu, Pinogu Adventure, Festival Budaya Pinogu, Kuliner Pinogu, Pinogu Off Road, Porkab, dan open turnamen bulu tangkis. Selanjutnya pada bulan Mei akan ada event Bone Bolango Expo, lomba fotografi, pemilihan Nou dan Uti, Pesona Olele, Minum Kopi Organik Massal, Lomba Cipta Menu. Pada bulan Mei dan Juni juga akan ada event Gebyar Ramadhan dan Festival Tumbilo Tohe.

 NO MONTH  EVENT 
 1  January  Festival of Orphans
 2  February  Lake Perintis Dangdut Festival
 3  March  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)
 4 April   Regency Sports Week (PORKAB)
 5 May  Gebyar Ramadhan and Tarawih Tour
 6  June   Gebyar Ketupat Lebaran
 7   July   Bone Bolango Fair, Pinogu Adventure , Cooperative Day
 8 August  Gebyar of Independence Day, Goes Bonebol
 9 September   Healthy Bonebol, HP Cup Tournament, Bonebol 10K
 10 October   Bone Bolango Expo, Dive Olele, Lake Perintis Fishing Mania, Fruit Tourism.
 11 November   Creative Bone Bolango, the Tent of the Youth, Creating Menu Contests
 12 December   People Festive and Dzikir in the End of the Year

 

map

Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bone Bolango
KABUPATEN BONE BOLANGO
Lombongo, Kecamatan Suwawa Tengah
Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo

Back to top
Go to bottom
iden
190041
TodayToday643
YesterdayYesterday1220
This_WeekThis_Week1863
This_MonthThis_Month13860
All_DaysAll_Days190041

Free Joomla! template by L.THEME