Kab Nias Utara
Kab Nias Utara

KABUPATEN NIAS UTARA

lambang kab nias utara

  1. Profil Bupati
  2. Kadis DPMPTSP Kab Nias Utara

bupati nias utara okPROFIL BUPATI NIAS UTARA
Marselinus Ingati Nazara

Marselinus Ingati Nazara adalah Seorang Putera Daerah kelahiran Lahewa pada tanggal 28 Oktober 1970, yang memiliki Visi dan Misi mewujudkan Nias Utara yang maju, berdaya saing, beriman dan berbudaya. Beliau adalah pemeluk agama Katholik yang taat dan beristrikan Ibu Dermawani Gea, dan memiliki 3 (tiga) orang putera-puteri.

Beliau mengawali pendidikan dasarnya di SD Swasta Katolik Daya Baru Lahewa (lulus tahun 1983), kemudian Sekolah Menengah Pertama di SMPN Lahewa (lulus tahun 1986) dan Sekolah Menengah Atas di SMA Katolik Sibolga di (lulus tahun 1989). Jenjang Perguruan Tinggi ditempuhnya di Unibversitas Harapan Medan (lulus tahun 1993) sebagai seorang Sarjana Muda (D-III).

Karier Politiknya diawali pada tahun 1999 sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nias (1999- 2004), menjadi Ketua DPRD Kabupaten Nias (2004- 2009), menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara (2009-2014), Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara (2014-2016) dan kemudian sebagai Bupati Kabupaten Nias Utara (2016-2021).

Pengalaman organisasi beliau adalah sebagai Ketua Pimpinan Kecamatan Partai Golkar (1997), Sekretaris DPD II Partai Golkar (2004) dan Ketua DPD II Golkar Kabupaten Nias Utara (2008-sekarang)

Diharapkan di tangan beliau Kabupaten Nias Utara akan mengalami kemajuan yang sangat pesat.

KEPALA DINAS PENANAMAN MODAL DAN  PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN  NIAS UTARA
Aferianus Telaumbanua, SS, MM.

Segala puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, atas berkat dan rahmatNya, dapat diterbitkan nya Profil Investasi Kabupaten Nias Utara Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018.

Buku profil dan peluang investasi ini, memberi gambaran umum terhadap kondisi dan potensi wilayah Kabupaten Nias Utara, baik dari sisi letak geografisnya maupun potensi alam yang membutuhkan penataan dan pengembangan ke depan, diantaranya : Sektor Pariwisata, Kelautan dan Perikanan, bahkan sosial budaya masyarakat yang masih asli dan alami.

Semuanya ini memberi informasi bahkan peluang kepada investor dari dalam maupun luar negeri, untuk berinvestasi di Kabupaten Nias Utara.

Untuk mewujudkan “Nias Utara Yang Berdaya Saing”, maka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nias Utara bertekad memberikan pelayanan prima yang pro investasi.

Terima kasih kepada semua pihak dan seluruh staf Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nias Utara yang telah berpartisipasi dalam mewujudkan pelaksanaan penyusunan Buku Profil Investasi Kabupaten Nias Utara Tahun 2018 ini.

Akhirnya, atas kerjasama yang baik dengan Pusat Data Informasi Investasi Indonesia (PIDII), kami mengucapkan terima kasih.

 

VISI DAN MISI

Visi :

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Nias Utara Tahun 2016-2021 menetapkan visi yang merupakan cita-cita yang ingin dicapai, yaitu: “Terwujudnya Nias Utara Yang Maju, Berdaya Saing, Beriman dan Berbudaya”.

Nias Utara yang maju meliputi seluruh wilayah administrasi dan masyarakat Kabupaten Nias Utara yang terbentuk berdasarkan Undang – Undang Nomor 45 Tahun 2008, menunjukkan adanya kemajuan pencapaian ke tingkat yang lebih baik dari sebelumnya, terutama dicirikan oleh semakin meningkatnya kualitas manusia melalui pendidikan dan meningkatnya kualitas pelayanan publik, meningkatnya daya beli masyarakat, serta meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat yang tercermin dari meningkatnya pemenuhan kebutuhan perumahan secara layak, meningkatnya akses masyarakat terhadap kesehatan, dan tersedianya infrastruktur yang memadai. Disamping itu, kemajuan juga ditandai dengan semakin mantapnya sistem dan kelembagaan politik serta hukum, tingginya partisipasi masyarakat termasuk pengarusutamaan gender dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, keamanan dan ketertiban. Pada akhirnya kemajuan bermuara pada kehidupan masyarakat yang sejahtera.

Nias Utara yang berdaya-saing bermakna bahwa Kabupaten Nias Utara mempunyai keunggulan kompetitif dan komparatif secara regional dan nasional yang ditandai oleh tingginya produktivitas sumber daya manusia; berkembangnya industri (rumah tangga); tersedianya infrakstuktur sosial ekonomi yang lengkap; terwujudnya tata pemerintahan yang profesional; serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta adanya inovasi-inovasi baru.

Sedangkan Nias Utara yang beriman dan berbudaya bermakna meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai keagamaan, membangun kerukunan hidup umat beragama serta meningkatkan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan umat beragama. Bertujuan untuk menerapkan dan mengembangkan nilai- nilai budaya positif dalam kehidupan bermasyarakat serta merencanakan dan melakukan pembangunan tanpa melupakan budaya dan kearifan lokal.

Misi:

Misi Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Nias Utara adalah:
1. Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Kesehatan dan kesejahteraan Masyarakat;
2. Membangun Kemandirian Ekonomi yang berbasis pada pertanian, kelautan dan perikanan, pariwisata serta pengelolaan potensi sumber daya alam;
3. Membangun infrastruktur penataan wilayah serta pemanfaatan ruang yang berkualitas dan berwawasan lingkungan.
4. Membangun manajemen pemerintahan yang profesional, bersih dan yang berbasis pada pelayanan masayarakat serta meningkatkan kualitas kemitraan dengan legislatif;
5. Meningkatkan kualitas kehidupan sosial kemasyarakatan yang taat hukum, beriman dan berbudaya.

GAMBARAN UMUM DAERAH

  1. Letak, Luas dan Batas Wilayah
  2. Topografi, Hidrologi dan Iklim
  3. Kependudukan
  4. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)

Kabupaten Nias Utara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, dengan ibukota Lotu. Kabupaten ini diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto, pada 29 Oktober 2008, sebagai salah satu hasil pemekaran dari Kabupaten Nias. Luas Wilayah Kabupaten Nias Utara sekitar 1.501,63 km2 dengan 11 Kecamatan, yaitu: Kecamatan Alasa, Namohalu Esiwa, Lahewa, Lotu, Tuhemberua, Afulu, Alasa Talu Muzoi, Lahewa Timur, Sawo, Sitolu Ori dan Tugala Oyo, terdiri dari 112 Desa, 1 Kelurahan dan 15 pulau dengan 6 pulau dihuni dan 9 pulau tidak berpenghuni. Letak geografis berada pada 1003’00’’ - 1033’00’’ LU dan 97000’ 00’’ - 99000’00’’
LS.

Batas Wilayah Kabupaten Nias Utara adalah Samudera Indonesia di sebelah Utara dan Barat; Kecamatan Botomuzoi, Hiliduho, Mandehe Utara dan Moro’o di sebelah Selatan; Samudera Indonesia, Kecamatan Gunung Sitoli Alo’oa dan Kecamatan Gunung Sitoli Utara di sebelah Timur.

Wilayah Kabupaten Nias Utara didominasi oleh perbukitan yang sempit dan terjal, serta pegunungan dengan tinggi di atas permukaan laut bervariasi antara 0 – 478 m, yang terdiri dari dataran rendah hingga bergelombang, dari tanah bergelombang hingga berbukit-bukit dan dari berbukit hingga pegunungan. Struktur permukaan tanah berbongkah-bongkah dan membentuk banyak sekali aliran sungai atau sumber mata air. Kondisi ini yang menyebabkan ketidakmudahan untuk membangun infrastruktur jalan yang lurus dan kokoh.

Di wilayah Kabupaten Nias Utara terdapat cukup banyak sungai yang mengalir dari pegunungan menuju ke arah perairan laut di sekeliling pulau (sekitar 67 sungai). Namun kebanyakan sungai-sungai tersebut tidak terlalu besar, sehingga tidak semua sungai tercatat memiliki nama. Banyak diantara sungai-sungai tersebut yang sudah mengalami pendangkalan akibat endapan pasir, yang sebagian diakibatkan oleh penggunaan lahan non-pertanian di kawasan penyangga dan kawasan lindung yang kurang tepat sehingga mengakibatkan sedimentasi. Selain itu akibat berubahnya fungsi kawasan resapan air maka fluktuasi debit sungai pada musim kemarau dan musim hujan cukup besar, sehingga pada kawasan tertentu sering mengalami banjir pada musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau. Penduduk yang bermukim di sepanjang jalur sungai tersebut pada awalnya memanfaatkan sungai untuk keperluan mandi dan cuci. Namun dengan semakin menurunnya kualitas air sungai, pemanfaatan tersebut semakin berkurang. Saat ini sungai lebih banyak digunakan sebagai saluran drainase dan tempat pembuangan limbah rumah tangga, sehingga jika tidak dikendalikan akan semakin memperburuk kualitas air sungai.
Sebagai pulau yang terpisah dari dataran Sumatera, iklim di Pulau Nias dan juga di Kabupaten Nias Utara dipengaruhi oleh angin muson yang membawa butiran air dari Samudera Indonesia. Hal ini menyebabkan curah hujan relatif cukup tinggi dan berlangsung sepanjang tahun. Akibat letak Kepulauan Nias dekat dengan garis khatulistiwa, maka curah hujan setiap tahun cukup tinggi di Kabupaten Nias Utara. Pada tahun 2016 rata-rata curah hujan mencapai 251 mm dengan banyaknya hari hujan mencapai rata-rata 23,75 hari perbulan, penyinaran matahari rata-rata 53% per bulan, kecepatan angin rata-rata sebesar 5,3 knot/jam, dengan arah terbanyak ke Utara. Suhu rata-rata 26,7oC (antara 23,2o dan 31oC) dan rata-rata kelembaban 91%.

Jumlah penduduk Kabupaten Nias Utara tahun 2016 adalah 135.013 jiwa dengan laju pertumbuhan 0,83%, terdiri dari 66.816 laki-laki dan 68.197 wanita (rasio: 97,97). Kepadatan penduduk mencapai 89,92 orang/km2.

Angkatan Kerja berjumlah 63.863 orang (61.297 orang yang bekerja dan 2.566 orang pengangguran) dan bukan Angkatan Kerja berjumlah 16.845 orang. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAT) sebesar 79,13 dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,02.

Struktur lapangan usaha Kabupaten Nias Utara masih didominasi oleh Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan dibanding dengan sektor lainnya yakni 52,94%, selanjutnya adalah Sektor Usaha Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor memberikan kontribusi terbesar kedua sebesar 10% dan Sektor Konstruksi sebesar 9,89%. Secara umum pada tahun laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nias Utara mencapai 4,59%, menurun dibandingkan tahun 2015 yang mencapai 5,44%.

KONDISI SOSIAL

Pendidikan

14 Taman Kanak-Kanak (TK); 164 Sekolah Dasar (SD); 54 Sekolah Menengah Pertama (SMP); 14 Sekolah Menengah Atas (SMA); dan 23 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kesehatan

11 Puskesmas, 38 Pustu, 170 Posyandu, 2 Klinik/Balai Kesehatan dan 49 Poskedes serta 36 Klinik Keluarga Berencana (KKB) dan 113 Pos Pelayanan KB Desa (PPKBD).

Tenaga Kesehatan yang ada di Puskesmas: 11 Dokter Umum, 2 Dokter Gigi, 149 Bidan, 240 Perawat dan 2 Kefarmasian. Sedangkan pada Dinas Kesehatan terdapat: 8 Perawat, 5 Bidan, 1 Ahli Gizi dan 4 Tenaga Kesehatan Masyarakat.

Section 3

Nam enim risus, molestie et, porta ac, aliquam ac, risus. Quisque lobortis. Phasellus pellentesque purus in massa. Aenean in pede. Phasellus ac libero ac tellus pellentesque semper. Sed ac felis. Sed commodo, magna quis lacinia ornare, quam ante aliquam nisi, eu iaculis leo purus venenatis dui.

  • List item one
  • List item two
  • List item three

Section 4

Cras dictum. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Aenean lacinia mauris vel est.

Suspendisse eu nisl. Nullam ut libero. Integer dignissim consequat lectus. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos.

POTENSI SUMBER DAYA ALAM

Pertanian

  1. Tanaman Pangan
    Luas panen padi sawah: 8.175 ha dengan produksi padi berkisar 38.747 ton; Padi ladang: 77 ha, 211 ton; Jagung (447 ha; produksi 2.383 ton); Ubi kayu (328 ha, 624 ton); ubi jalar (365 ha); kacang tanah (32 ha, 100 ton); Kacang hijau (93 ha, 138 ton)
  2. Hortikultura
    3.146,5 ha luas panen buah-buahan dengan produksi 40.637,75 ton (manga, jeruk, durian, jambu biji, duku/langsat, rambutan, pisang, pepaya, manggis, nenas, belimbing dan nangka). 165 ha luas panen sayuran dengan produksi 1.493 ton (bawang daun, kacang panjang, cabai, terung, ketimun, kangkung dan bayam).

Perkebunan

Areal perkebunan rakyat seluas 60.529 ha dengan luas panen 51.026 ha, ditanami: karet (36.724 ha; 365.451 ton), kelapa (18.600 ha; 32.569 ton), kopi (80 ha; 67 ton), cengkeh (40 ha; 0,2 ton), pala (1 ha; 0,1 ton), nilam (25 ha; 1 ton), kapulaga (4 ha; 0,1 ton), kakao (4.927 ha; 10 ton) dan Pinang (110 ha; 1 ton).

Peternakan

140 sapi, 38 kerbau, 715 kambing dan 29.453 babi; serta 78.279 ayam buras dan 1.474 itik..

Kelautan dan Perikanan

Produksi Perikanan Darat (Budidaya kolam): 232,2 ton; Jumlah produksi Perikanan Laut: 12.457 ton.

Pertambangan

Jenis-jenis bahan tambang yang ada di Kabupaten Nias Utara antara-lain bijih besi, batu mangan, emas, batu kapur (gamping), andesit, granit, marmer dan batu-bara.

Perindustrian daan Perdagangan

Unit usaha industri kecil tercatat 38 unit dan menengah sebanyak 20 unit. 56 pasar desa, 1 kios dan 35 rumah makan/restoran. 10 Pedagang Besar, 21 pedagang menengah dan 231 pedagang kecil.

Energi

Listrik: 49.585 KW daya terpasang; 119.807.610 KWh produksi; 119.046.900 KWh yang disalurkan pada 50.704 pelanggan. Air minum: 907 pelanggan; 77.187 m3 produksi; 57.199 m3 disalurkan.

Pariwisata

2 penginapan dengan 17 kamar dan 34 tempat tidur. Jumlah wisatawan Nusantara: 2.758 orang dan wisatawan manca-negara: 329 orang.  Terdapat 54 batu megalit, 46 tempat rekreasi, 17 rumah adat dan 11 lokasi situs serta 28 organisasi kesenian dengan 11 seniman.

Empat Pantai Indah di Nias Utara

 

SARANA PRASARANA

Jalan

Jalan darat merupakan prasarana perhubungan darat yang sangat diperlukan guna mempermudah akses masyarakat antara suatu wilayah dengan daerah lain. Tersedianya jalan sudah merupakan syarat mutlak bagi kemajuan pembangunan suatu wilayah. Oleh sebab itu upaya pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana jalan di Kabupaten Nias Utara dari tahun ke tahun terus dilakukan oleh pemerintah baik pemerintah daerah maupun pusat. Jika dilihat dari kondisi jalan, pada tahun 2016 panjang jalan yang rusak untuk jalan Kabupaten sebesar 285,52 km, lebih pendek dibandingkan tahun 2015 sebesar 286,12 km.

Transportasi

Hubungan darat antar kecamatan dapat melalui jalur jalan kabupaten, dimana alat transportasi yang digunakan untuk masing-masing kecamatan yaitu bus umum maupun ojek. Jumlah bus umum yang beroperasi adalah sebanyak 45 unit yang tersebar di seluruh kecamatan. Kabupaten Nias Utara memiliki satu pelabuhan laut, yaitu Pelabuhan Laut Lahewa. Pelabuhan Laut Lahewa hanya melayani pengangkutan barang. Pada tahun 2016 terjadi peningkatan kunjungan kapal laut di pelabuhan Lahewa. Pada tahun 2015 ada 59 kunjungan, sedangkan pada tahun 2016 terjadi 72 kunjungan. Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Lahewa mengalami penurunan, baik untuk aktivitas bongkar barang, begitu juga dengan aktivitas muat barang. Pada tahun 2016, aktivitas bongkar barang menurun lebih dari 200 ton, sedangkan untuk kegiatan muat barang turun berkurang lebih dari 450 ton.

Komunikasi

Untuk bidang pelayanan jasa pengiriman surat atau barang khususnya penggunaan jasa pos di Kabupaten Nias Utara, terdapat 2 unit Kantor Pos Pembantu yaitu Kantor Pos Cabang Pembantu di Kecamatan Lahewa dan di Kecamatan Tuhemberua. Kedua kantor pos tersebut merupakan kantor pos cabang pembantu dari kantor cabang Gunungsitoli agar dapat mempermudah masyarakat dalam hal penggunaan jasa pengiriman melalui pos. Kantor cabang pembantu di Pos Lahewa mengirim sebanyak 363 surat dan menerima 2.802 surat selama tahun 2016. Sedangkan jumlah wesel yang dikirim sebanyak 93 dengan jumlah nilai Rp. 188.870.000, sedangkan yang diterima lebih banyak yaitu 594 dengan jumlah nilai mencapai Rp. 743.722.000. Dari tahun ke tahun PT Pos semakin maju terbukti dengan penggunaan Sistem Online yaitu adanya kerjasama dengan beberapa instansi lain seperti dalam hal pembayaran listrik dengan PT PLN, penyimpanan tabungan di Bank BTN dan Bank Muamalat, pembayaran kredit rumah maupun kredit sepeda motor dengan Bank BTN dan ITC, pembayaran telepon dengan PT. Telkom, pembayaran tagihan Kartu Halo dan masih banyak lagi transaksi lain yang dapat memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

MENGAPA BERINVESTASI DI KABUPATEN NIAS UTARA?

 Faktor keamanan dan ketertiban sangat berperan penting untuk menarik investor menanamkan modalnya di suatu wilayah. Pelaku bisnis dan investor menginginkan jaminan keamanan dan ketertiban di tempat mereka berinvestasi. Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara sudah memberikan perhatian yang besar dalam menjaga kondisi keamanan yang stabil di wilayah pelayanan ini sehingga investor dipastikan akan tertarik untuk menanamkan modalnya di wilayah Kabupaten Nias Utara. Masih banyak peluang investasi di wilayah ini, terutama peluang di sektor Pariwisata, mengingat wilayah ini memiliki tempat-tempat kunjungan wisata yang sangat menakjubkan.

 

POTENSI WISATA KABUPATEN NIAS UTARA

Nias Utara adalah satu-satunya daerah kabupaten yang memilki objek wisata berupa danau di wilayah Pulau Nias yaitu Danau Megötö. Selain itu kabupaten ini juga terkenal dengan objek wisata Pantai Pasir Berbisik (Gawu Sifakiki) yang terletak di desa Sifahandro, Kecamatan Sawo; Air Terjun Luaha Ndroi yang berlokasi di desa Fulolo, Kecamatan Alasa; Pantai Gawu Soyo, Pantai Tureloto, Kara Sangadulo, Pulau Wungu Laguna, Pantai Toyolawa, Pantai Sifahandro, Pantai Fofola, Pantai Nela dan Pantai Pasir Putih bak Bangkuang.

Pantai Gawi Soyo

Pantai Gawu Soyo adalah tempat wisata di Nias Utara tepopuler yang pernah ada. Dikenal luas dengan nama Pantai Pasir Merah, karena objek wisata di Nias Utara yang satu ini memiliki pasir berwarna kemerah-merahan beserta airnya yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Selain itu, pantai ini sangat cocok bagi para peselancar karena Gawu Soyo memiliki ombak yang tinggi dan besar. Untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata di Kepulauan Nias Utara ini, dapat mengakses jalur ke Desa Ombolata, Kecamatan Afulu.

Pantai Tureloto

Pantai Tureloto terletak di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa. Tempat wisata di Nias Utara paling eksotis ini memiliki hal-hal unik selain pantainya yang indah. Salah satunya terumbu karang dengan jumlah banyak yang mengitari pantai Tureloto. Di tempat tersebut cobalah untuk merasakan sensasi mengapung di objek wisata di Kepulauan Nias Utara ini atau juga dikenal dengan Laut Mati. Ada satu batu unik di Pantai Tureloto ini yaitu Batu Otak, batu yang memiliki motif otak manusia. Air yang jernih, kondisi alam yang masih sangat segar dan angin sepoi-sepoi akan membuat pengunjung betah seharian. Pantai ini adalah destinasi wisata di Nias Utara paling ramai dikunjungi.

Danau Megoto

Megoto adalah satu-satunya danau di semua destinasi tempat wisata di Kepulauan Nias Utara bahkan Nias. Danau indah ini bisa dikunjungi di Desa Ononamolo Tumula, Kecamatan Alasa. Megoto dikenal dengan air danaunya yang jernih dan bening, namun ada keunikan tersendiri pada danau Megoto ini yaitu saat-saat tertentu warna air danau Megoto dapat berubah warna. Selain itu, danau ini juga bisa di gunakan untuk berenang serta media perikanan ikan tawar. Meski untuk menuju ke danau Megoto ini pengunjung harus menempuh jalur yang susah namun akan terbayar oleh keindahan destinasi wisata danau Magoto di Nias Utara satu ini.

Kara Sangadulo

Tempat wisata di Nias Utara yang masih dalam kawasan Kecamatan Alasa. Kara Sangadulo, dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai “Batu Bertelur”. Sesuai namanya, Kara Sangadulo adalah destinasi wisata di Nias Utara yang memperlihatkan keunikan alam dengan adanya sebuah batu besar dengan telur-telurnya sebesar bola. Batu besar ini dikatakan sebagai induk dari telur-telurnya. Cara batu ini bertelur tidak sama dengan unggas. Menurut kesaksian masyarakat setempat, induk batu ini memiliki tonjolan-tonjolan di sekujur tubuhnya kemudian semakin lama tonjolan tersebut terlihat seperti melepas diri hingga akhirnya terpisah dengan induknya. Tidak heran jika objek wisata ini menjadi tempat wisata di Nias Utara terpopuler.

Pulau Wunga Laguna

Pulau Wunga Laguna merupakan tempat wisata di Nias Utara karya indah Tuhan yang Maha Esa dengan air bening bagai kristal. Bahkan pengunjung dapat melihat pantulan langit biru dengan sangat jelas. Pulau Wunga adalah objek wisata di Nias Utara dengan pulau tropis kecil dengan keindahan alam yang masih sangat segar belum di campur tangan manusia. Pulau yang terletak di Kecamatan Afulu ini merupakan perbatasan Indonesia dengan India. Pulau ini cukup besar untuk di telusuri sekitar panjang 5 km dan lebar 1.5 km. Suasananya yang benar-benar tenteram membuat objek wisata di Nias Utara paling indah ini cocok sebagai tempat memancing dan berenang.

Pantai Toyolawa

Satu lagi tempat wisata di Nias Utara dengan pasir uniknya berwarna merah yaitu Pantai Toyolawa, yang terletak di Pulau Pari di Nias Utara. Pantai Toyolawa menyediakan hamparan pasir nan luas dari kejauhan tanpa adanya fasilitas-fasilitas terbaik seperti sewa banana boat dan perlengkapan renang lainnya. Pengunjung hanya akan melihat hamparan pasir merah yang indah serta suasana eksotis yang membuat hati tenang. Pantai Toyolawa ini hampir mirip dengan pantai Gawu Soyo dengan pasir merahnya yang indah. Meski tak seramai dengan pantai Afulu maupun Gawu Soyo yang dikenal sebagai tempat wisata di Nias Utara terpopuler, namun hal itu dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati pantai Toyolawa serasa milik seorang diri.

Pantai Sifahandro

Pantai ini lazim disebut Pantai Pasir Berbisik yang terletak di Desa Sifahandro, Kecamatan Sawo, memiliki hamparan pasir putih yang unik dan berbeda dengan pasir putih di tempat lain. Disini, jika dalam kondisi kering, pasir yang dilalui/diinjak akan bergemericik seperti bersuara. Hal unik inilah yang membuat pengunjung betah untuk berjalan berlama-lama di atas pasir tanpa menggunakan alas kaki. Selain menikmati pemandangan laut lepas Samudera Indonesia dengan ombak yang bagus, juga bisa mendengarkan dendang pasir yang tak bosan melantunkan nyanyiannya. Tempat ini dapat ditempuh melalui 2 jalur yaitu melalui Sawo dan atau melalui Lotu ibukota Nias Utara. Pengendara sepeda motor atau roda 4 offroader dapat melalui Kecamatan Sawo yang jaraknya kurang lebih 71 Km dari Bandar udara Binaka Kota Gunungsitoli. Di Pantai ini selain mempunyai daya tarik pasirnya yang berbunyi atau berbisik ketika diinjak, air lautnya juga sangat jernih ibarat air kemasan disertai jajaran pohon pinus yang begitu sejuk.

Pantai Fofola

Salah satu tempat wisata di Nias Utara paling indah yang masih segar dan masih minim campur tangan oleh manusia. Pemandangan serta ombak ringan saling kejar-kejaran menyusuri tepian pantai Fofola akan membuat pengunjung melupakan penat yang dirasakan setelah bekerja seharian. Yang unik pada pantai Fofola ini adalah pantai ini langsung terhubung oleh muara sungai, pada bagian kiri pantai, akan ada sebuah kubangan yang cukup besar, cocok bagi anak-anak untuk berenang di sana karena tidak ada ombak yang membahayakan. Selain semua keunikan tadi, pengunjung juga dapat melihat beberapa bayi Buaya dan Ikan Lele yang khusus dijaga.

Pantai Nela

Pantai Nela terletak di Desa Iraone Lase, Kecamatan Lahewa. Tempat wisata di Nias Utara satu ini memiliki pemandangan yang indah dengan air bening dan pasir putihnya yang menawan. Untuk masuk ke wilayah Pantai Nela, pengunjung harus berjalan kaki untuk mencapai salah satu pantai paling indah di Nias Utara ini.

Pantai Pasir Putih Tak Bengkuang

Sesuai dengan namanya, Bak Bengkuang memiliki pasir putih bersih bagai kristal. Pantai ini terletak di Desa Teluk Bengkuang, Kecamatan Sawo. Pengunjung akan disuguhkan oleh banyaknya deretan pohon kelapa dan pemandangan alam yang sangat indah di tempat wisata di Nias Utara satu ini. Selain itu, ombak di pantai ini tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil sehingga cocok untuk para peselancar pemula. Banyak orang menganggap Tempat Wisata di Nias Utara ini sebagai salah satu tempat wisata di Nias Utara terbaik.

Air Terjun Luaha Ndroi

11. Terletak di Desa Fulolo, Kecamatan Alasa, Air Terjun Luaha Ndroi merupakan salah satu lokasi wisata yang harus dikunjungi bila berada di Kabupaten Nias Utara. Walau belum sepopuler objek wisata Bawomataluo di Kabupaten Nias Selatan atau Pulau Asu di Kabupaten Nias Barat, Air Terjun Luaha Ndroi menyimpan keunikan tersendiri, karena memiliki beberapa tingkat seperti anak tangga. Setiap tingkat terdapat kolam sedalam 50 cm hingga 5 meter. Dari Kota Gunungsitoli, lokasi wisata Air Terjun Luaha Ndroi dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau empat.

Selain 11 tempat wisata tersebut, Kabupaten ini masih menyimpan banyak obyek wisata yang mengagumkan, misalnya: Pantai La’fau, Pantai Ambukha, Tögi Haria, Pantai Makora, Pulau Panjang, Pantai Moawö, Puncak Hili Maziaya, Pantai Walo, Pantai Laosi-Laosi, Pantai Pasir Merah, Pulau Wunga, Pantai Marisa, Pantai Botogawu, Pantai Tanayae, Pantai Asi Walo, Teluk Siabang, Pantai Sinali, Pantai Sawo, Pantai Turezouliho, Air Terjun Tögi Gana’a, Air Terjun Hambawa, Air Terjun Tuna, Air Terjun Eno’o, Air Terjun Helewuti (Bohoya), Pantai Simali, Ladu – Air Asin di atas Gunung, Goa Simangani, Tapak Rusa di atas Gunung Batu, Goa Nisui’arö, Gowe Balugu Haluana’a, Tögi Wiro, Batu Megalith Hilinie’vori, Perkebunan Kelapa Toyolawa, Kuburan Keramat – Pulau Maose, Rumah Adat: Desa Anaoma, Desa Banua Sibohu-Tiga, Desa Humene Sihene’asi, dll.

 

KEBIJAKAN INVESTASI DAN PERIZINAN

Arah kebijakan pembangunan tahun kedua merupakan lanjutan dari tahun pertama pelaksanaan RPJMD Kabupaten Nias Utara Tahun Tahun 2016-2021. Penanganan permasalahan pembangunan yang mendesak seperti infra-struktur, kesehatan, prasarana layanan umum lainnya terus dilaksanakan secara konsisten untuk memastikan adanya penyelesaian yang komprehensif terhadap permasalahan tersebut. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan pelayanan pendidikan kepada masyarakat terus dilaksanakan dengan terus melakukan penyempurnaan dan perbaikan terhadap sistem dan mekanisme pelayanan yang diberikan melalui SPM yang berkualitas. Upaya untuk mendorong peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah perlu terus ditingkatkan dengan pemberdayaan lembaga kemasyarakatan, pember-dayaan gender, peningkatan peran pemuda dan pembinaan keolahragaan yang melibatkan masyarakat. Reformasi birokrasi secara menyeluruh akan dilaksanakan dalam semua aspek pemerintahan daerah sehingga terjadi percepatan penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik.

Beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian dalam hal Peluang Investasi di Kabupaten ini adalah:

  1. Sektor Pertanian, bagi daerah Kabupaten Nias Utara sampai saat ini masih merupakan tulang punggung perekonomian daerah sebagai penghasil nilai tambah dan devisa maupun sumber penghasilan atau penyedia lapangan pekerjaan sebagian besar penduduk.
  2. Pengembangan investasi Bidang Perkebunan yang dapat dilakukan: pengembangan usaha karet, pengembangan usaha pisang, durian, dan jeruk pengolahan hasil sampai produk industri hilir serta membangun kemitraan untuk pemasaran.
  3. Pengembangan investasi Bidang Perikanan yang dapat dilakukan meliputi: pengembangan usaha budidaya perikanan, pengembangan usaha perikanan tangkap, pengembangan usaha pembibitan ikan, pengembangan usaha industri pengolahan hasil perikanan (industri pengolahan tepung ikan, industri makanan/restauran, dan industri pakan ikan).
  4. Pengembangan investasi Bidang Peternakan yang dapat meliputi: pengembangan usaha budidaya peternakan mencakup pengembangan ternak sapi, kerbau, kambing, babi, ayam, (telur, susu, dan daging); pengembangan usaha pembibitan berupa pengembangan hijauan makanan ternak; pembibitan ternak.
  5. Peluang investasi Bidang Telekomunikasi di wilayah-wilayah “blind spot” di desa-desa pelosok tersebut tentunya menjadi potensi untuk dikembangkan melalui pendirian BTS oleh operator seluler sehingga jaringan komunikasi akan lebih merata di seluruh wilayah Kabupaten Nias Utara.
  6. Peluang investasi Bidang Perdagangan meliputi: usaha toko modern/ minimarket.

Untuk meningkatkan promosi dan investasi di Kabupaten Nias Utara, beberapa hal yang perlu dilakukan oleh Pemerintah Daerah, yaitu:

  1. Sektor Pertanian akan lebih diperhatikan karena sebagian besar penduduknya masih menggantungkan hidupnya pada sektor tersebut, dengan cara kebijakan membangun sarana dan prasarana yang berkaitan dengan sektor pertanian.
  2. Perlu adanya pengolahan bahan baku dari hasil pertanian lebih lanjut, seperti pengolahan biji jagung menjadi jagung pipilan, pengolahan kelapa sawit menjadi barang jadi, pengolahan karet menjadi karet kering dengan kebijakan bantuan mesin pengolahan hasil pertanian ke petani dalam rangka meingkatkan nilai tambah dari produk olahan tersebut.
  3. Meningkatkan efisiensi investasi dengan cara menciptakan iklim yang kondusif, dan suku bunga yang rendah dalam rangka meningkatkan harga jual dan pendapatan petani.
  4. Pemerintah Kabupaten Nias Utara segera menyediakan berbagai bentuk insentif kepada para investor termasuk penyediaan sarana dan prasarana transportasi, komunikasi, listrik, air bersih, kemudahan perizinan dan keringanan pajak.

TABULASI DATA
BIDANG USAHA UNGGULAN DAERAH KABUPATEN NIAS UTARA
UNTUK KEGIATAN INVESTASI PENANAMAN MODAL ASING (PMA) & DALAM NEGERI (PMDN)

No

Sektor/Sub-Sektor

Bidang Usaha (Proyek Investasi)

Lokasi

Luas Areal (Ha)

Pelaksana

 

Proyeksi Nilai Investasi (Rp/US$)

1.

Nias Utara Cerdas

  • Peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran
  • Pengembangan Program Sekolah Unggulan.

Kabupaten Nias Utara

 

Pemerintah Kota

 

2.

Nias Utara Sehat

  • Pembangunan Rumah Sakit daerah di Kota Lotu
  • Peningkatan status sebagian Puskesmas menjadi Puskesmas Rawat Inap.

Kabupaten Nias Utara

 

Pemerintah Kota

 

3.

Nias Utara Berprestasi

  • Pembangunan lapangan olah raga di desa/ kelurahan sesuai kondisi setempat
  • Even olah raga dan seni secara berkala.

Kabupaten Nias Utara

 

Pemerintah Kota

 

4.

Nias Utara Sejahtera

  • Peningkatan produksi pertanian padi, karet, kakao, dan hortikultura bagi petani
  • Pengadaan alat berat dan sistem pertanian yang memadai
  • Modal bergulir untuk koperasi dan UMKM
  • Peningkatan produksi perikanan bagi nelayan
  • Peningkatan produksi perikanan budidaya air tawar
  • Pembinaan masyarakat sadar wisata.

Kabupaten Nias Utara

 

Masyarakat dan Pemerintah Kota

 

5.

Nias Utara Bebenah

  • Pembangunan dan penataan kawasan perkotaan dan pantai, ruang terbuka hijau dan taman kota
  • Revitalisasi dan penataan pasar, sampah dan pengelolaan limbah
  • Pembangunan infrakstruktur jalan dan jembatan, irigasi dan sarana air bersih serta jaringan jalan penghubung kecamatan dengan ibukota kabupaten
  • Penetapan lahan dan Pembangunan Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Kabupaten Nias Utara

 

Masyarakat dan Pemerintah Kota

 

6.

Nias Utara Melayani

  • Pembangunan sistem informasi pembangunan daerah berbasis IT.

Kabupaten Nias Utara

 

Pemerintah Kota

 

7.

Nias Utara Rukun

  • Pembangunan rumah-rumah ibadah
  • Pagelaran seni/budaya dan hari-hari besar keagamaan.

Kabupaten Nias Utara

 

Masyarakat dan Pemerintah Kota

 

PETA KABUPATEN NIAS UTARA

Back to top
Go to bottom
iden
190041
TodayToday643
YesterdayYesterday1220
This_WeekThis_Week1863
This_MonthThis_Month13860
All_DaysAll_Days190041

Free Joomla! template by L.THEME