Kab TTU
Kab TTU

KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

lambang kab ttu

  1. Profil Bupati

bupati ttu okBUPATI TIMOR TENGAH UTARA
Raymundus sau Fernandes

Beliau dilahirkan pada tanggal 31 Agustus 1972, di Hue’nanan, Bijeli (belakang obyek wisata Oeluan), beristerikan ibu Christina Fernandes Muki dan dikaruniai 6 anak. Beliau mengawali pendidikan dasarnya di SD Baki Sonbay di Bijeli Noemuti (lulus tahun 1986), kemudian ke SMP Negeri 1 Kefamenanu (lulus tahun 1989) dan SMA Negeri 1 Kefamenanu (lulus tahun 1992). Pendidikan tinggi ditempuhnya di Fakultas Peternakan Universitas Cendana (Undana) dan gelar S-1 didapatnya pada tahun 1999.

Beliau pernah menjabat sebagai: Ketua KUB Maria Dolorosa Oesapa, Stasi St. Andreas Lasiana Paroki, St. Joseph Penfui, Kupang (1993-1995); Ketua Biro Kaderisasi GMNI Kupang (1994-1996); Wakil Ketua BPM Undana Kupang (1994-1995); Wakil Sekretaris Senat Undana Kupang (1995-1996); Wakil Ketua KMK Undana Kupang (1995-1997); Ketua KMK Fapet Undana Kupang (1995-1996); Ketua IMMATTU (1996-1997); Ketua DPC PDIP TTU (1997-2017); Wakil Ketua DPRD TTU (1999-2004); Wakil Ketua DPRD TTU (2004-2005); Wakil Bupati TTU (2005-2010); dan Bupati TTU (2010-2015 dan 2016 sampai sekarang).

Pendidikan dan Pelatihan yang pernah diikutinya antara lain adalah: Dasar-Dasar AMDAL di UNS Surakarta (2002); Legal Drafting Penyusunan PERDA di Bogor (2002); Legal Drafting di Kupang (2002); Kursus Anggaran di Bogor (2001) dan Dasar-Dasar Komputer di Kupang (1995).

 

VISI DAN MISI

Visi pembangunan daerah Kabupaten Timor Tengah Utara periode 2016 – 2021:
“Terwujudnya Masyarakat Timor Tengah Utara yang Sejahtera, Adil, Demokratis dan Mandiri melalui Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam secara Lestari”.

Dalam Visi tersebut terkandung maksud terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat seperti sandang, pangan, perumahan, air bersih, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, rasa aman, lingkungan hidup dan sumber daya alam dan tersedia sarana dan prasarana publik yang memadai (Sejahtera); semua warga masyarakat Timor Tengah Utara memiliki kesamaan hak untuk mendapatkan pelayanan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan kemasyarakatan serta kesamaan hak dalam hukum (Adil); rakyat memiliki kebebasan dan kesamaan hak untuk turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan desa dalam koridor norma dan aturan yang berlaku (Demokratis) dalam kondisi pembangunan yang bertumpu pada potensi dan kekuatan yang dimiliki di daerah ini (Mandiri); yang mencerminkan 2 potensi utama pembangunan yaitu manusia sebagai subyek pembangunan dan sumber daya alam dijadikan modal bagi peningkatan kesejahteraan manusia dan gambaran pembangunan yang berkelanjutan dengan eksploitasi sumber daya alam dilakukan seraya tetap memperhatikan daya dukung lingkungan dan ketersediaan sumber daya bagi generasi selanjutnya (Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam secara Lestari).

Misi :

  1. Memberdayakan ekonomi kerakyatan berbasis potensi unggulan daerah yang berwawasan lingkungan hidup secara sinergis dan berkelanjutan.
    Dengan misi ini, Pemerintah Daerah bertekad memberdayakan ekonomi rakyat yang berbasis potensi unggulan daerah dengan fokus pada sektor pertanian sebagai sektor lokomotif yang mampu menggerakkan sektor-sektor lainnya. Pengembangan pertanian sebagai sektor lokomotif tetap memperhatikan kelestarian lingkungan hidup dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Pemberdayaan ekonomi kerakyataan ini diharapkan mampu mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Timor Tengah Utara.
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas, merata dan terakses.
    Misi ini menjelaskan keinginan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan yang berkualitas, terakses dan merata, peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui optimalisasi pelayanan kesehatan yang bermutu dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.
  3. Meningkatkan aksebilitas melalui pembangunan dan pemerataan infrastruktur daerah.
    Misi ini diarahkan pada percepatan pembangunan infrastruktur demi meningkatnya aksesibilitas terutama di kantong-kantong produksi. Percepatan pembangunan infrastruktur ini dilakukan mengingat Kabupaten Timor Tengah Utara berada di perbatasan dan merupakan daerah tertinggal.
  4. Mewujudkan tata kepemerintahan yang baik dan bersih.
    Melalui misi ini, Pemerintah Daerah akan berupaya untuk mewujudkan good and clean governance dengan pemanfaatan teknologi informasi (e-government), penataan kembali birokrasi pemerintahan daerah sebagai ujung tombak pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, menciptakan situasi yang tenteram dan tertib, mewujudkan kesetaraan gender dalam pelbagai aspek, perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) serta mendukung implementasi otonomi desa dengan meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan desa dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa. Selain itu, penguatan perencanaan dan penganggaran daerah menjadi hal yang akan dilakukan demi peningkatan efesiensi dan efektivitas pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Timor Tengah Utara.
  5. Mengembangkan kawasan strategis daerah dengan menata Kota Kefamenanu, mengembangkan kawasan pesisir, kawasan perbatasan serta memberdayakan masyarakat desa tertinggal.
    Melalui misi ini, Pemerintah Daerah mengagendakan prioritas khusus untuk menata pembangunan Kota Kefamenanu sebagai ume naek ume mese dan pusat kegiatan strategis nasional (PKSN), mengembangkan kawasan pesisir Pantai Utara sebagai salah satu pusat pertumbuhan yang mampu menopang perekonomian daerah serta mengoptimalkan pembangunan kawasan perbatasan dan pemberdayaan masyarakat desa tertinggal sesuai dengan kewenangan daerah dan mengkoordinasikan pengelolaan perbatasan dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Pemerintah Pusat.

 

Program Strategis

AGENDA STRATEGIS/UTAMA terdiri dari:

  1. Pengembangan Pertanian
  2. Pengembangan Pendidikan
  3. Pengembangan Kesehatan
  4. Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

AGENDA KHUSUS terdiri dari:

  1. Pengembangan Kota Kefamenanu sebagai Ume Naek Ume Mese dan Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN)
  2. Pengembangan Kawasan Pesisir Pantai Utara
  3. Pengembangan Kawasan Perbatasan
  4. Penguatan Otonomi Desa

AGENDA PENUNJANG terdiri dari:

  1. Pemberdayaan perempuan dan perlindungan hak asasi manusia
  2. Peningkatan dan pemerataan infrastruktur daerah
  3. Pelestarian kebudayaan dan pengembangan pariwisata
  4. Pengembangan Olahraga dan Kepemudaan
  5. Penguatan Perencanaan dan Penganggaran daerah
  6. Peningkatan kapasitas birokrasi pemerintahan daerah
  7. Pemantapan kualitas layanan administrasi pemerintahan daerah
  8. Peningkatan ketentraman dan ketertiban umum
  9. Peningkatan investasi daerah
  10. Optimalisasi Pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian lingkungan hidup
  11. Penguatan pengelolaan database, kearsipan dan informatika.
  12. Pembinaan kesejahteraan sosial, ketenagakerjaan dan transmigrasi

GAMBARAN UMUM DAERAH

  1. Letak, Luas dan Batas Wilayah
  2. Topografi, Hidrologi dan Klimatologi
  3. Penduduk
  4. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)

Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) merupakan salah satu Kabupaten di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terdiri dari 24 Kecamatan yang terbagi atas 11 Kelurahan, 183 Desa, 587 Dusun, 804 Rukun Warga dan 2.199 Rukun Tetangga. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan di sebelah Selatan; wilayah Ambenu, Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) dan Laut Sawu di sebelah Utara; Kabupaten Kupang dan Timor Tengah Selatan di sebelah Barat; dan Kabupaten Belu dan Malaka di sebelah Timur. Luas daratan Kabupaten TTU seluas 2.669,70 km2 atau sekitar 5,48% dari luas daratan Provinsi NTT. Sedangkan sebagian wilayah TTU yang berbatasan dengan Laut Sawu atau lazim dikenal dengan sebutan wilayah Pantai Utara (PANTURA) memiliki luas lautan ± 950 km2 dengan panjang garis pantai ± 50 km. Kecamatan tersebut adalah: Kecamatan Mutis, Miomaffo Barat, Miomaffo Tengah, Miomaffo Timur, Musi, Bikomi Utara, Bikomi Nilulat, Bikomi Tengah, Bikomi Selatan, Noemuti, Noemuti Timur, Naibenu, Kota Kefamenanu, Insana, Insana Utara, Insana Tengah, Insana Barat, Insana Fafinesu, Biboki Selatan, Biboki Utara, Biboki Moenle’u, Biboki Tanpah, Biboki Anle’u dan Biboki Feotle’u. Secara astronomis, posisi Kabupaten TTU terletak di antara 9°02'48" dan 9°37'36" Lintang Selatan (LS) serta antara 124°04'02" dan 124°46'00" Bujur Timur (BT). Secara geografis pada umumnya merupakan tipologi desa daratan (182 Desa) dan hanya 11 desa yang termasuk tipologi desa kawasan pantai yaitu: Desa Oepuah dan Oepuah Utara di Kecamatan Biboki Moenleu; Desa Humusu C, Humusu Oekolo dan Desa Oesoko di Kecamatan Insana Utara; Desa Nonotbatan, Maukabatan, Tuamese, Oemanu, Motadik dan Desa Ponu di Kecamatan Biboki Anle’u.

Dilihat dari aspek topografi, wilayah Kabupaten TTU pada umumnya bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian yang bervariasi yaitu: 177,06 km2 (6,63 %) memiliki ketinggian < 100 m dpl; 1.499,45 km2 (56,17 %) memiliki ketinggian 100-500 m dpl dan 993,19 km2 (37,20 %) memiliki ketinggian > 500 m dpl. Secara detail kondisi topografi dibagi menjadi 5 (lima) kategori, yaitu: Daerah dengan ketinggian 0-25 m dpl (6.519,69 Ha); Daerah dengan ketinggian 26-100 m dpl (11.186 Ha); Daerah dengan ketinggian 101–500 m dpl (149.944,935 Ha); Daerah dengan ketinggian 501-1000 m dpl (88.908,875 Ha); dan Daerah dengan ketinggian diatas 1000 m dpl (10.410,50 Ha). Terdapat 9 sungai utama yang memiliki rata-rata panjang aliran 30-50 km yang mengalir sepanjang tahun yaitu: Noeltoko, Noebesi, Taisola, Noemuti, Haekto, Naen, Maubesi, Mena/Kaubele dan Ponu dan 97 anak sungai dengan membentuk orde yang bersifat Horton dan Shreve. Selain itu, terdapat 1.704 sumber mata air, dengan 635 sumber mata air dapat mengeluarkan air sepanjang tahun dan tidak dipengaruhi oleh curah hujan (perenial springs).; sebanyak 826 sumber mata air bersifat musiman karena mengeluarkan air hanya pada musim tertentu dan tergantung pada curah hujan (intermitent springs) dengan kondisi ketersediaan air sedikit, dan 243 sumber mata air yang kering di musim kemarau serta dapat mengeluarkan air pada periode tertentu saja (periodic springs). Potensi sumberdaya air yang dapat dimanfaatkan untuk energi alternatif adalah Oelfaub - Desa Kuluan, Kecamatan Biboki Feotleu (100 liter/detik), Oel Ainiut, Kecamatan Insana (200 liter/detik); Oel Nianin, Kecamatan Miomaffo Barat (250 liter/detik); Oeaijao,Kecamatan Miomaffo Barat (300 liter/detik); dan Oel Ainiut Jak, Kecamatan Miomaffo Timur (100 liter/detik).
Sesuai dengan klasifikasi iklim oleh Schmidt dan Ferguson, Kabupaten TTU termasuk wilayah iklim tipe D (iklim semi arid) dengan koefisien 2 sebesar 71,43 % atau beriklim tropis dengan dua musim yaitu musim kemarau dan hujan. Curah hujan rata-rata sebesar 1.066 mm/bulan dengan jumlah hari hujan rata-rata adalah 64 hari/bulan. Suhu udara berkisar antara 22º - 34º C, kelembaban udara 69 – 87 % dan intensitas penyinaran matahari 50 – 98 %. TTU adalah wilayah yang tergolong kering karena hanya 4 (empat) bulan yaitu bulan Januari, Februari, Maret, dan Desember yang keadaannya relatif basah dan 8 (delapan) bulan sisanya relatif kering.

Jumlah penduduk Kabupaten TTU pada tahun 2016 sebanyak 250.664 jiwa dalam 59,886 Kepala Keluarga, yang terdiri dari 126.268 perempuan dan 124.396 laki-laki (rasio: 99), dengan pertumbuhan penduduk sebesar 1,61%, rata-rata kepadatan penduduk adalah 94 orang per km2. Indeks Pembangunan Manusia (IPM): 61,54. Jumlah Angkatan Kerja mencapai 119.218 orang (116.972 orang yang bekerja dan 2.246 orang sedang mencari pekerjaan), sedangkan Non-Angkatan Kerja berjumlah 40.967 orang (17.610 orang bersekolah; 17.256 orang mengurus rumah-tangga; dan 5.831 orang berkegiatan lainnya). Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAT): 74,68 dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT): 1,91.

Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan masih mendominasi PDREB dengan 41,85%, disusul kemudian oleh Sektor Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib (14,86%) dan Sektor Bangunan (10,11%). Pertumbuhan ekonomi Kabupaten TTU: 4,87%. Pendukung transaksi keuangan adalah 5 kantor bank yang beroperasi di Kabupaten ini (BRI, BNI, Mandiri, Danamon, BTPN dan Bank NTT).

KONDISI SOSIAL

Pendidikan

2 Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri dan 18 TK Swasta; 150 Sekolah Dasar (SD) Negeri dan 114 SD Swasta; 77 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan 15 SMP Swasta; 23 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan 6 SMA Swasta; 10 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan 10 SMK Swasta; 1 Akademi Kebidanan St. Elizabeth; dan 2 Perguruan Tinggi (Universitas Timor dan Sekolah Tinggi Pastoral).

Kesehatan

1 Rumah Sakit Daerah (RSUD) Kefamenanu dengan 102 tempat tidur; 1 RS Swasta dengan 50 tempat tidur; 7 Puskesmas Rawat Inap dengan 60 tempat tidur; 19 Puskesmas Non-Rawat Inap; 43 Pustu; 26 Puskesmas Keliling; 508 Posyandu; 139 Polindes; 13 Balai Pengobatan/BKIA; dan 11 Toko Obat/Apotek; serta 27 Klinik Keluarga Berencana (KKB).

Tenaga Kesehatan yang ada di Puskesmas: 14 Dokter Umum, 12 Dokter Gigi, 213 Perawat dan Mantri, 265 Bidan, 139 Paramedis non-Perawat dan 2 Paramedis lainnya. Tenaga Kesehatan di RSUD Kefamenanu: 3 dokter Spesialis, 5 dokter Umum, 1 dokter Gigi, 104 Perawat & Mantri, 34 Bidan dan 160 Paramedis lainnya.

Agama

Islam: 5.541 orang (7 masjid), Protestan: 19.040 orang (53 gereja), Katolik: 225.955 orang (225 gereja), Hindu: 124 orang (1 Pura) dan Budha: 4 orang.

POTENSI SUMBER DAYA ALAM, SARANA DAN PRASARANA

Pertanian

  1. Tanaman Pangan
    Luas panen padi sawah: 8.365 ha dengan produksi padi sawah berkisar 31.760 ton Gabah Kering Giling (GKG) dan 20.644 beras; Padi Ladang: 6.654 ha; 8.908 ton GKG dan 5.790 beras; Jagung: 27.092 ha, dengan produksi 56.655 ton; ubi kayu: 5.202 ha, 53.927 ton ubi basah dan 18.874 ton gaplek; ubi jalar: 273 ha, 227 ton; kacang tanah: 724 ha, 510 ton; kacang hijau: 275 ha, 232 ton; ubi-ubian: 62 ha, 701,10 ton
  2. Tanaman Hortikultura
    Sayuran: 636,5 ton (bawang merah, bawang putih, kentang, kubis, sawi, wortel, kacang merah, cabai, ketimun, terong, buncis, tomat, labu siyem, bayam, kangkung, kacang panjang, cabai besar dan cabai rawit); Buah-buahan: 16.295,2 ton (alpukat, mangga, jeruk, papaya, pisang, nenas, nangka).

Perkebunan

Luas tanaman kelapa: 5.368 ha, dengan produksi 780 ton; jambu mete: 11.743 ha, 1.545 ton; kopi Robusta: 1.162 ha, 167 ton; kakao: 267 ha, 48 ton; kemiri: 10.769 ha, 1.787 ton; kapuk: 1.645 ha, 130 ton; cengkeh: 18 ha, 4 ton; pinang: 1.749 ha, 428 ton; vanili: 1 ha, 2 ton; lada: 1 ha; asam: 409 ha, 91 ton; jarak pagar: 427 ha, 21 ton; sirih: 147 ha, 40 ton; dan lontar: 125 ha, 24 ton.

Peternakan

120.669 sapi potong, 681 kerbau, 995 kuda, 47.858 kambing, 81.379 babi dan 244.489 ayam buras serta 358.252 ayam ras.

Kehutanan

Luas Kawasan Hutan: 126.235 ha (hutan produksi terbatas: 81.185 ha; hutan produksi tetap: 1.556 ha; hutan lindung: 41.070 ha; hutan konversi: 424 ha; Cagar Alam: 2.000 ha). Kayu rimba persegi balok (13,02 m3), dolken (4,61 m3), papan (18,28 m3); kayu rimba bulat/campuran (28,86 m3); kayu jati persegi balok (10,09 m3), dolken (854,04 m3), papan (27,12 m3); kayu jati bulat (4 m3); balok tuak (8,33 m3); kayu cendana (12,10 kg); bebak (2.000 lirang); asam biji (1.019 ton); kemiri biji (45 ton); kemiri isi (34,25 ton) dan madu (20 liter).

Kelautan dan Perikanan

Produksi Perikanan Laut: 706,9 ton (tembang, kembung, julung-julung, daun deras, tuna, tongkol, tenggiri, kerapu karang, dll.); Perikanan Darat: Kolam Budidaya (28,90 ha, 28,90 ton) dan Tambak Air Payau (282,60 ha, 156,20 ton). Potensi Tambak Garam: 5 lokasi, 1.097 ha luas lahan potensi, 43 luas lahan garapan dan 770 ton produksi.

Transportasi dan Komunikasi

1.004,55 km panjang jalan (69,51 Km Jalan Negara, 86,19 km jalan Provinsi dan 848,85 km jalan Kabupaten), dengan 257,7 km baik, 131,67 km sedang, 136,87 km rusak dan 323,04 km rusak berat. Untuk pelabuhan laut adalah Pelabuhan Laut Wini yang dikunjungi oleh 44 kapal Nusantara, 103 kapal perintis dan 61 pelayaran rakyat. Terdapat 4 Kantor Pos, 19 Pos Keliling dan 1 Kantor Pos Desa serta 1.726 pelanggan telpon. 1 Radio Pemerintah Daerah, dan 1 Biinmafo TV

Pertambangan

Bukan Logam: perlit, gypsum dan rijang; Batuan: batu aji, marmer, lempung, ultra basa, diorite, lava, napal, jekis, oker dan bresik vulkanik; Bahan Galian C: batu kali, batu hutan, batu pecah, split, pasir pasang, pasir urug, pasir beton, tanah urug, tanah liat, kapur, batu bata dan kerikil.

Perindustrian

1.521 industri dengan 6.953 karyawan, nilai Investasi: Rp. 20.713.888.000 dan nilai produksi: Rp. 12.676.398.000.

Energi

Listrik memiliki daya terpasang: 2.150 KW; terjual: 25.095.539 KWh; 34.371 pelanggan. Sedangkan air bersih mempunyai 3.633 pelanggan PDAM-TTU, dengan distribusi 63.013 m3; air minum: 357.674 m3.

Perdagangan

81 PT, 79 Koperasi, 612 CV (Limited Partnership) dan 117 perusahaan perorangan. Di Kabupaten ini terdapat 114 Pedagang Besar; 304 Pedagang Menengah; 1.380 Pedagang Eceran/Kecil; dan 101 restoran/rumah makan. Sarana Perdagangan: 32 Pasar; 70 toko; 369 kios; dan 32 warung.

Pariwisata

Kabupaten ini memiliki 12 hotel dengan 205 kamar dan 356 tempat tidur, 78 pegawai; dikunjungi 64.454 wisatawan asing dan domestik.

PLBN Wini - di Timor Tengah Utara

 

MENGAPA BERINVESTASI DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA?

Kabupaten ini memiliki potensi sumber daya alam yang memiliki prospek cerah. Sektor Pertambangan misalnya, memiliki banyak sekali bahan tambang berupa batuan (seperti marmer, mangan, batu akik, dll), mineral non-logam dan logam (seperti bijih besi, emas, dsb) yang belum dikelola dengan tepat. Pengembangan di Sektor Kelautan dan Perikanan juga sangat menjanjikan bagi masyarakat Pantai Utara Kabupaten TTU bila pengelolaan dilaksanakan secara optimal salah satunya melalui investasi di Sektor ini. Salah satu yang cukup menarik investasi adalah di sub-sektor industri garam dengan lahan yang cukup luas (1.087 ha) tersebar di 3 wilayah Kecamatan (Insana Utara, Biboki Moenle’u dan Biboki Anle’u). Selain itu potensi di Sektor Pertanian juga memerlukan investasi untuk pengembangannya. Untuk Sektor Perkebunan, investasi masih diperlukan di bidang Pengembangan Perkebunan dan pengolahan hasil perkebunan.

Ada beberapa obyek wisata yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara yang memiliki daya tarik dan selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun domestik. Potensi pada sektor ini perlu sentuhan dan perhatian dari semua pemangku kepentingan baik pemerintah maupun swasta agar daya tarik wisata dari tahun ke tahun dapat ditingkatkan. Adapun data obyek wisata yang terus dikembangkan saat ini adalah Obyek Wisata Alam, Budaya, Religi, dan Sejarah

 

POTENSI WISATA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

37 Obyek Wisata (OW) terdiri dari: 9 Wisata Alam; 14 Wisata Budaya; 3 Wisata Buatan; 5 Wisata Religi; dan 7 Wisata lainnya. OW yang sudah mulai dikembangkan meliputi: Alam (Tanjung bastian, Oeluan, Benkoko dan Kolam renang Taekas); Budaya (Tamkesi, Maslete dan Oelolok); Religi (Gua Bitauni dan Kure di Noemuti); dan Sejarah (Napaktilas sejarah Kota Kefamenanu).

Selain OW yang sudah disebutkan di atas, terdapat pula Obyek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) yang belum tersentuh atau belum dikembangkan karena berbagai keterbatasan. ODTW dimaksud adalah:

Wisata Alam

Air terjun Pah Koto, Batu Putih (pulau yang terbentuk pada saat air laut pasang naik), Bukit Puna Sinai (dengan view Kota Kefamenanu dan “diwarnai” dengan pemandangan ratusan ekor monyet), Gua Popnam (di dalamnya terdapat sebuah kolam, jaraknya kira-kira 100 m dari Kolam renang Taekas), serta Puncak Tunnoe dengan view yang sangat indah (tampak pantai Wini, Kiupukan, Kota Kefamenanu dan sebagian wilayah Ambenu RDTL).

Wisata Budaya

beberapa jenis kesenian dan tradisi yang menarik seperti Manatika (olah raga tradisional yaitu adu ketangkasan dan kekuatan kaki dengan saling menendang. Bisa disebut sebagai “Taekwondo” tradisional), Takanab (sastra lisan untuk menyambut tamu), Bonet yaitu sejenis tarian yang pesertanya mencapai puluhan orang, membentuk lingkaran dan saling berpegangan tangan. Sambil menari dengan pola tertentu yang sudah lazim, pesertanya juga menyanyikan sebuah syair.

Geowisata

(Kata Geo, bisa dipahami sebagai Geologi, dapat pula dimaknai sebagai Geografi): ODTW perbatasan RI – RDTL di Wini dan Napan, Semburan lumpur di Napan (Oe poto), Breksi (bukit karang yang tumbuh dari gunung api di bawah laut namun tidak aktif lagi) di Manufonu dan Wini.

Wisata Minat Khusus

Breksi atau deretan perbukitan karang di Manufonu dan Wini dapat dikembangkan untuk hiburan paralayang dan panjat tebing, Sail Indonesia di mana Wini menjadi salah satu titik labuh.

Wisata Pengetahuan

pengembangan Geowisata sebagai wisata pengetahuan yakni Semburan lumpur di Napan, Pintu perbatasan di Napan dan Wini (Geografi dan Sejarah), Breksi dan ratusan jenis bebatuan di Bakitolas, Benus dan Manamas. Wisata pengetahuan dapat dikembangkan dengan tujuan untuk memperluas wawasan peserta didik dengan cara memperkenalkan obyek tertentu yang telah dipelajari di kelas (geologi, geografi dan sejarah).

Kalender Wisata

BULAN

KEGIATAN

KET.

Januari

Tama Mau di Sonaf Maslete & Tubuhue

Minggu ke-3

 

Tama Maus di Sonaf Maubes

 
 

Tama Maus di Sonaf Tamkesi

 
 

Upacara Non Pah (Pasukan Berkuda) di Maslete

7 tahun sekali

 

Upacara Fua Ton (Tahun Baru Adat) di Taekas

Tgl. 5 Januari

Februari

 --

 

Maret

 --

 

April

Upacara Kure di Noemuti

Pada saat Paskah

 

Prosesi Jalan Salib di Gua Bitauni

Jumat Agung Paskah

Mei

Ziarah umat Katholik di Gua Bitauni

Selama Bulan Mei

Juni

Motocross / Grasstrack di Kefamenanu

Jadwal dapat berubah

Juli

Pacuan Kuda di arena Tanjung Bastian Wini

Jadwal dapat berubah

Agustus

Festival Manatika di Kefamenanu

Jadwal dapat berubah

 

Karnaval budaya Insana di Kiupukan

Tgl 12 Agustus

September

Napaktilas Sejarah Kota Kefamenanu dari Noetoko

Minggu ke-3

 

Festival budaya TTU di Kefamenanu

Minggu ke-3

 

Karnaval budaya TTU di Kefamenanu

Tgl 22

 

Pameran Pembangunan di Kefamenanu

Tgl 11 - 22

 

Festival Tutur Adat di Kefamenanu

Jadwal dapat berubah

 

Festival Bonet di Kefamenanu

Minggu ke-3

 

Festival Suling Bambu di Kefamenanu

Minggu ke-3

Oktober

Ziarah umat Katholik di Gua Bitauni

Selama Bulan Oktober

November

Festival band di Kefamenanu

Jadwal dapat berubah

Desember

Upacara rehab Tola di Maslete

Akhir Nov – awal Des

Hotel di Kefamenanu

No.

Nama Hotel

 

Jumlah Kamar

Tarif (terendah dan Tertinggi)

Alamat

1.

Ariesta

41

65.000 – 250.000

Jln. Basuki Rachmat

2.

Cendana

27

85.000 – 175.000

Jln. Sonbay

3.

Frawi Jaya

31

50.000 – 150.000

Jln. Sonbay

4.

Livero

30

250.000 – 600.000

Jln. El Tari

5.

Litani

9

150.000 – 350.000

Jln. El Tari

6.

Sederhana

17

50.000

Jln. Patimura

7.

Setangkai

12

50.000

Jln. Sonbay

8.

Kasih

15

75.000

Jln. El Tari

9.

Grand Royal

22

250.000 – 400.000

Jln. El Tari

10.

Comfort Inn

7

550.000 – 850.000

Jln. El Tari

 

Total

211

   

Restoran dan Rumah Makan di TTU

No.

Nama Restoran / Rumah Makan

Jumlah Meja

Jumlah Kursi

Alamat

1.

Restoran Livero

13

52

Jln. El Tari

2.

Restoran Litani

13

52

Jln. Basuki Rachmat

3.

RM. Padang II a

10

40

Jln. El Tari

4.

RM. Padang II b

9

36

Jln. El Tari

5.

RM. Rana Minang

7

28

Jln. El Tari

6.

RM. Coto Makasar

5

30

Jln. El Tari

7.

RM. Padang Baru

4

20

Jln. El Tari

8.

RM. Santika Raya

12

66

Jln. El Tari

9.

RM. Pondok Duo

6

33

Jln. El Tari

10.

RM. Restu Mulya

6

36

Jln. El Tari

11.

RM. Kota SARI

8

34

Jln. El Tari

12.

RM. Cinta Kasih

6

24

Terminal

13.

RM. Padang I

7

28

Km. 1 Kefamenanu

14.

RM. Cita Rasa

6

21

Kampung Famili

15.

RM. Ayam Kalasan

8

24

Jln. El Tari

16.

RM. Putra Surabaya

4

16

Eban, Kec. Miomaffo Barat

17.

RM. Padang

6

24

Kiupukan, Kec. Insana

18.

W. Barokah I

5

22

Terminal Kota/City Terminal

19.

W. Famili

6

24

Terminal Kota/City Terminal

20.

W. Anda

5

20

Terminal Kota/City Terminal

21.

W. Supoyono Dadi II

6

24

Terminal Kota/City Terminal

22.

W. Padang Saiyo

4

14

Terminal Kota/City Terminal

23.

W. Babnet Jaya

6

20

Pasar Lama/Old Market

24.

W. Pindang Musi Rawas

4

20

Pasar Lama/Old Market

25.

W. Sari Boga III

3

6

Terminal Kota/City Terminal

26.

W. Pojok Soetoyo

6

24

Maubeli

27.

W. Kita

7

24

Jln. El Tari Km. 2

28.

W. Sami Jaya II

4

12

Pasar Baru

29.

W. RSUD

4

10

Komplek RSUD Kefamenanu

30.

W. Tenda Biru

5

20

Terminal

31.

W. Podo Trisno

5

20

Terminal

32.

W. Lamongan

4

16

Benpasi

33.

W. Wasmin

5

15

Jln. L. Lake

34.

W. Nur Fadyah

6

20

Depan RSUD/In front of Hospital

35.

W. Pono Kawan

4

16

Samping BRI Eltari/Next to BRI El Tari

36.

W. Jawa Timur

4

14

Kiupukan, Kec. Insana

37.

W. Suka Jadi

4

16

Eban, Kec. Miomaffo Barat

38.

W. Sami Jaya

6

22

Eban, Kec. Miomaffo Barat

39.

W. Sedap Rasa

3

16

Wini, Kec. Insana Utara

40.

W. Murah

8

24

Jln. El Tari, Tugu HKSN

41

W. Jabanur

6

24

Kiupukan, Kec. Insana

42

W. Mulia Jaya

5

20

Kiupukan, Kec. Insana

43

W. Farma

5

20

Kiupukan, Kec. Insana

44

W. Timbul Jaya

3

24

Kiupukan, Kec. Insana

45

W. Surabaya

2

8

Eban, Kec. Miomaffo Barat

46

Rm. New Idola

4

16

Wini, Kec. Insana Utara

 

 

DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA.

Jenis-Jenis Perijinan dan Non-Perijinan yang ditangani oleh DPMPTSP adalah:

1. Izin Prinsip

  1. Izin Prinsip Penanaman Modal
  2. Izin Prinsip Perubahan Penanaman Modal
  3. Izin Prinsip Penggabungan Perusahaan
  4. Izin Investasi.

2. Izin Tata-Ruang

  1. Izin Mendirikan Bangunan.

3. Jenis Izin Bidang Usaha Perdagangan, Perindustrian dan Perdagangan

  1. Izin Gangguan (HO)
  2. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
  3. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  4. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  5. Surat Izin Jasa Konstruksi (SIJK)
  6. Izin Tempat Penjualan Minuman Berakohol (ITPMB)
  7. Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB)
  8. Izin Penimbunan/Penyimpanan Bahan Bakar Minyak Tanah
  9. Izin Budidaya Ikan
  10. Izin Usaha Industri
  11. Tanda Daftar Industri
  12. Tanda Daftar Gudang
  13. Izin Penangkapan Ikan.

4. Jenis Izin Bidang Reklame, Perhubungan dan Lingkungan

  1. Izin Pemasangan Iklan/Reklame
  2. Izin Trayek
  3. Izin Usaha Cuci Kendaraan
  4. Izin Usaha Perbengkelan dan Las
  5. Izin Usaha Meubelair
  6. Izin Usaha Penggilingan Padi/Jagung
  7. Izin Usaha Pengelolaan Roti/Tahu-Tempe
  8. Izin Usaha Restoran/Rumah-Makan
  9. Izin Usaha Hotel/Penginapan
  10. Izin Rumah Potong Hewan
  11. Izin Usaha Pengembangan/Penjegalan Ternak
  12. Izin Usaha Hiburan/Tempat Rekreasi dan Karaoke
  13. Izin Usaha Counter Cell dan Warung Internet
  14. Izin Pengambilan/Pengeboran Air Bawah Tanah/Permukaan
  15. Izin Pengangkutan Benih, Bibit, Satwa, Hasil Kayu Olahan, Madu, Sirlak dan Sarang Burung Walet.

5. Jenis Izin Bidang Kesehatan dan Pendidikan

  1. Izin Praktek Dokter Umum/Spesialis
  2. Izin Praktek Bidan/Perawat
  3. Izin Apotek
  4. Izin Laboratorium Swasta
  5. Izin Industri Rumah-Tangga Pangan (RTP)
  6. Izin Balai Pengobatan/BKIA/Rumah Bersalin
  7. Izin Toko Obat
  8. Izin Optik
  9. Izin Operasional Rumah Sakit
  10. Izin Puskesmas
  11. Izin Pengobatan Tradisional
  12. Izin Praktek Dokter Kelompok
  13. Izin Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU)
  14. Izin Usaha Kebugaran Jasmani dan Olahraga/Permainan Ketangkasan.

TABULASI DATA
BIDANG USAHA UNGGULAN DAERAH KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA
UNTUK KEGIATAN INVESTASI PENANAMAN MODAL ASING (PMA) & DALAM NEGERI (PMDN)

NO

SEKTOR (SUB SEKTOR)

LOKASI INVESTASI

BIDANG USAHA

STATUS KEPEMILIKAN

LUAS AREA

(Ha)

PROYEKSI NILAI INVESTASI (USD/IDR)

1.

PERTANIAN

Kabupaten TTU

  1. Pengembangan Pertanian di: Kawasan Lahan Basah; Lahan kering; perkebunan; tanaman tahunan; budidaya padang penggembalaan; buffer zone di perbatasan; dan agropolitan.
  2. Pengembangan Sarana dan Prasarana Pertanian
  3. Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian
  4. Pengembangan Komoditi Unggulan Pertanian (padi, jagung, kacang tanah dan bawang putih lokal; sayuran dan buah-buahan).

Masyarakat

--

--

2.

PERKEBUNAN

Kabupaten TTU

  1. Peningkatan produksi tanaman perkebunan unggulan: kelapa, kemiri, jambu mete dan kopi.

Masyarakat

--

--

3.

PETERNAKAN

Desa Banuan, Oekolo, Tublopo, Letneo, Kiuola, Banfanu dan Mutis (Aplal).

  1. Breeding Center dan Penggemukan Sapi Timor; Perluasan Padang Penggembalaan Ternak; Produksi Pakan Konsentrat; Pemasaran Ternak.

Pemerintah Kabupaten dan Masyarakat

63.241

--

4.

PERIKANAN/

KELAUTAN

Insana Utara, Biboki Moenle’u dan Biboki Anle’u.

  1. Pengembangan produksi Garam konsumsi.

Masyarakat

1.097

--

5.

KEHUTANAN

Kabupaten TTU

  1. Pengembangan Asam Timor, Madu, Kayu Jati dan minyak Kayu Putih; Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan.

Masyarakat

   

7.

PERTAMBANGAN

Kabupaten TTU

Penambangan Batu-Batuan: Batu Semi Permata; Batu Gamping (Koral); Batu Gamping (Kalkarenit); Batu Gamping (Kalsilutit); Batu Lanau; Batu Pasir; Bresik Vulkanik; Fosil Ammonite; Rijang; Marmer; Batuan Metamorf (Gneis); Batuan Metamorf (Sekis); Batuan Sekis (Mika Garnet); Batuan Beku (Diorite); Batuan Beku (Lava); dan Batuan Beku (Ultrabasa).

Penambangan Mineral Non-Logam: gypsum; kalsit dan perit.

Penambangan Mineral Logam: Nikel; kromit; Titan; Timbal dan Seng; Emas, Perak dan Tembaga; Besi; Mangan.

Pemerintah Kabupaten dan Masyarakat

--

--

8.

PARIWISATA

Kabupaten TTU

Pembangunan Hotel, restoran, taman rekreasi; Pengembangan Wisata Pengetahuan (rumah budaya, museum, pengetahuan perbatasan, planetarium, dll.).

Pemerintah Kabupaten dan Masyarakat

--

--

PETA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Kontak Investasi

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Kabupaten Timor Tengah Utara

Alamat : Jalan Basuki Rachmad, Kefamenanu PO BOX 219 Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur
Telp: 0388 31027
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website : www.dpmptsp.ttukab.go.id

Contact Person :
1. Morizon Kappa / Kepala DPMPTSP / 0813-3942-1203
2. Ignasius Sea/ Sekretaris / 0812-8868-1467
3. Oktovianus Morib / Kabid Promosi PM / 0852-3266-6009
4. Francisco Patrocinio / Kasie Promosi PM /0813-3944-4949

 

Back to top
Go to bottom
iden
190040
TodayToday642
YesterdayYesterday1220
This_WeekThis_Week1862
This_MonthThis_Month13859
All_DaysAll_Days190040

Free Joomla! template by L.THEME