idarenfrdehihujaru
Pembangunan Bandara Kulonprogo, Yogyakarta masih menunggu keputusan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.
Hits: 152

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta disebut-sebut sebagai pembangunan bandara tercepat yang pernah dilaksanakan di Indonesia.

Read More: TP4 Bantu Pembangunan Infrastruktur Lebih Cepat dan Berkualitas
Gubernur Bali Wayan Koster/Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom
Hits: 163

Denpasar - Gubernur Bali Wayan Koster mengajak para anggota dewan yang baru dilantik untuk bersinergi membangun Bali. Dia pun memaparkan sejumlah rancangan infrastruktur yang telah dia susun menjelang satu tahun kepemimpinannya.

"Untuk mendukung pembangunan di Bali, lima prioritas salah satu pendukungnya infrastruktur laut, darat, dan udara. Darat sekarang sedang dikerjakan shortcut Singaraja-Denpasar titik 3,4,5,6," kata Koster di Gedung DPRD Bali, Denpasar, Bali, Senin (2/9/2019).

Koster juga bercerita untuk titik 7-10 sempat akan dievaluasi lagi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Namun setelah pihaknya mencari masukan dari konsultan lain yang lebih akurat untuk mengomparasikan trace yang sudah dirancang, hasilnya pembangunan shortcut itu dipastikan tetap sesuai target pembangunan yakni 2020.

"Kemarin malam saya merayu Menteri PU di tempat acara BNDCC, saya merayu beliau titik 7,8,9,10 selesai 2020 dan pasti selesai, malah saya tambah lagi titik 11 yang tikungan Sidem akan dibangun 2021. Titik 1-2 karena nggak terlalu crowded akan dibangun belakangan, jadi itu akan membuat pengguna jalan nyaman dari tikungannya 108 berkurang hanya menjadi 38, dan tidak lagi tajam, tidak lagi miring sehingga nanti sepanjang jalan dari Denpasar ke Singaraja tidak lagi berkelok-kelok akan membuat mual. Jadi nyaman dan membuat orang suka ke Buleleng, apalagi sekarang dibangun fasilitas pariwisata di Buleleng," jelasnya.

"Infrastruktur laut sudah diputuskan pembangunan dermaga penghubung Sanur-Nusa Penida-Nusa Lembongan dibangun 2020-2021 selesai. Sudah saya tinjau, menhub saya ajak, anggarannya sudah aman. Jadi dermaga segitiga Denpasar- Nusa Penida-Nusa Lembongan, makanya pak bupati (Klungkung) datang kesini meski saya kalah di sana tetap saya bangun," cetusnya.

Dia juga menambahkan rencana pembangunan dermaga Tanah Ampo, Karangasem. Rencananya dermaga itu bakal dibangun pelabuhan cruise berstandar internasional.

"Pelabuhan Tanah Ampo yang tadinya mandek lama saya lanjutkan tahun ini dari APBN dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha. Paling lambat 2021 sudah selesai supaya kita punya pelabuhan cruise yang berstandar internasional, ini akan kita selesaikan secara tuntas, termasuk yang sudah dirancang dengan Menteri PU adalah jalur logistik dari Jembrana ke Karangasem," urainya.

Koster juga menguraikan sejumlah perda maupun pergub yang telah dia susun maupun sedang dirancang. Dia berharap para anggota dewan bisa ngebut menyelesaikan ranperda yang tengah digodok.

"Jadi betul-betul tertata transportasi kita sehingga Bali memiliki peranan publik yang bagus dari segi infrastruktur. Melengkapi perda dan pergub ada 13 pergub yang akan diselesaikan sampai Desember ini, pergub ini yang akan dipakai sebagai fundamental, fondasi untuk menata Bali agar pembangunan Bali ini tertata dan memiliki payung hukum agar betul-betul dijalankan secara permanen dan memiliki kepastian keberlanjutannya," tuturnya. 

"Satu tahun (kepemimpinan jadi gubernur) 5 September mendatang sudah 8 Ranperda yang selesai, cukup produktif tahun ini. Empat yang sedang disusun dan tugas anggota DPRD baru, langsung harus selesai satu tahun ini September-September 2020 harus selesai 4, lumayan, harapnya.

Tak lupa Koster juga menyampaikan selamat kepada para anggota dewan yang terpilih. Dia berharap para anggota dewan bisa mengemban amanah sebagai wakil rakyat.

"Saya mengucapkan selamat kepada bapak-ibu yang telah terpilih pada pemilu serentak pada April 2019 lalu yang telah mengucapkan sumpah dan janjinya. Selamat bertugas dengan sebaik-baiknya, dengan setulus-tulusnya, dan dengan selurus-lurusnya," ucap Koster.

PT Smelting, menjadi pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) pertama dan saat ini menjadi satu-satunya di Indonesia.
Hits: 172

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) membantah, pelarangan ekspor nikel yang diterapkan lebih awal per 1 Januari 2020 akan menghambat sumber pen‎danaan pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter).

Read More: Pemerintah Bantah Pelarangan Ekspor Nikel Hambat Investasi Smelter
Hits: 171

Analis di Australia and New Zealand Banking group (ANZ) mencatat pelemahan dalam sub-indeks ketenagakerjaan China akan muncul sebagai perhatian utama bagi otoritas China.

Read More: IMP China Isyaratkan Konsumsi Dan Investasi Domestik Lemah - ANZ
Hits: 158

JAKARTA - Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) mencatat belum ada investor yang berminat melakukan investasi di Ibu kota baru, Kalimantan Timur. Hal ini dipantau melalui Online Single Submition (OSS).

Read More: BKPM Sebut Investor Belum Berminat Investasi ke Ibu Kota Baru
Hits: 182

NERACA

Sumatera Utara - Petani di wilayah Sumatera Utara kini semakin bersemangat, setelah merasakan skala produksinya meningkat sehingga berdampak pada taraf hidupnya. Demikian dikemukakan Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) wilayah Sumatera Utara, Titi Habib mengenai manfaat mekanisasi dan program terobosan pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan). "Apalagi seluruh peningkatan ini diikuti dengan naiknya nilai ekspor dan investasi. Terus terang kita melihat semua kebijakan Kementan ini mampu membangkitkan semangat petani untuk lebih giat lagi dalam melakukan produksi," ujar Titi, Kamis (29/8).

Read More: Produksi dan Investasi Melejit, Petani Sumut Makin Bersemangat
Ilustrasi Investasi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)
Hits: 168

JAKARTA - Meski lokasi ibu kota negara yang baru sudah diputuskan di Kalimantan Timur (Kaltim). Minat investor untuk menanamkan investasi di ibu kota baru belum ada.

Menurut Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal BKPM Husen Maulana, tren investasi di 2019 memang tengah terganjal beberapa kendala, di antaranya perang dagang. Meski demikian, diyakini BKPM bahwa investasi lebih tinggi ketimbang 2018.

Read More: Investor Belum Berminat Investasi di Ibu Kota Baru
Maket Ibu Kota Baru. ©2019 dok. Kemen PUPR
Hits: 176

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitanmenerima, kedatangan Chairman Railway Construction Coorporation Limited, Chen Fenjian di Kantornya, Jakarta. Pertemuan ini membahas rencana investasi China ke Indonesia.

Read More: China Tertarik Bangun Ibu Kota Baru dan Kereta Sedang Jakarta-Surabaya
Ada delapan perusahaan BUMN yang berkomitmen berinvestasi di LinkAja.
Hits: 170

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mengucurkan dana investasi sebesar Rp 225 miliar kepada PT Fintek Karya Nusantara (Finarya). Suntikan modal ini merupakan bagian dari pengambilan saham pengelola aplikasi pembayaran nontunai LinkAja.

Read More: BNI Kucurkan Investasi Rp 225 Miliar ke LinkAja
Hubungan Indonesia dan Cina (Ilustrasi)
Hits: 184

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Pemerintah Republik Rakyat China memandang Indonesia sebagai negara yang sangat penting, dalam konteks kerja sama di berbagai bidang, terutama investasi.

Read More: China Anggap Indonesia Negara Sangat Penting untuk Investasi
ILUSTRASI. Gagasan rencana desain Ibu Kota Negara
Hits: 169

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengaku belum melihat adanya peningkatan pengajuan izin usaha ke kawasan Kalimantan Timur pasca diumumkannya lokasi calon ibu kota baru di kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Read More: BKPM: Belum ada peningkatan minat investasi ke calon ibu kota baru

Subcategories

top