Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu merupakan salah satu objek wisata alam dari beberapa wisata yang berada di Samarinda. Namun wisata alam Air Terjun Pinang Seribu ini baru saja ramai dan masih jarang di kunjungi wisatawan baik lokal maupun asing. Letak Air Terjun Pinang Seribu, di kawasan Bengkuring, Kelurahan Sempaja Timur, Samarinda, Kalimantan Timur. Tidak terlalu jauh untuk mencapai lokasi ini dari pusat kota samarinda, namun akses jalan untuk bisa sampai ke Air Terjun Pinang Seribu ini sulit karena jalan yang kurang baik.

Tetapi saat ini karena Air Terjun Pinang Seribu telah menjadi tempat wisata resmi di Samarinda. Jalan menuju air terjun telah diperbaiki dengan menggunakan cor semen. Sehingga saat ini akses menuju air terjun sudah lebih mudah. Dengan akses jalan yang sudah baik membuat banyak orang datang ke tempat ini.

Perjalanannya hanya sekitar 10-15 menit dari rumah saya di Bengkuring, yang memangsama-sama berada di wilayah Sempaja. Jaraknya hanya sekitar 6 Km dari tempat tinggal saya. Lokasinya juga dekat dengan sekolah saya SMAN 10 Samarinda kampus B. Saya juga sering ke tempat ini.  Perjalanan menuju ke Air Terjun Pinang Seribu harus melewati rumah desa-desa. Air Terjun terletak di ujung jalan Pinang Seribu. Di setiap jalan terdapat persawahan dan tebing-tebing yang tinggi. Dan disetiap jalan ada air sungai yang mengalir dari Air Terjun Pinang Seribu. Sehingga mata kita akan dimanjakan oleh keindahan alam yang indah sepanjang perjalanan.

Air Terjun Pinang Seribu memiliki ketinggian sekitar 4-5 meter dengan kemiringan yang tidak terlalu curam, mungkin hanya sekitar 45 derajat. Air Terjun Pinang Seribu terlihatseperti tebagi menjadi 2, dimana di bagian tengahnya ada celah yang lumayan besar, dengan diameter sekitar 2 meter, bisa dipakai untuk berenang.

Ada tambahan 3 buah jembatan gantung untuk mini outbound. Jelasnya, saya dan Tino yang memang agak-agak ga bisa diam, langsung naik aja ke jembatan itu. Lumayan serem, walaupun tidak terlalu tinggi. Tapi, justru karena bawahnya air membuat orang yang melewatinya merasa takut. Disarankan bagi yang tidak dapat berenang berhati-hati agar tidak terjatuh.

Bagi yang ingin pergi ke Air Terjun Pinang Seribu berkiut saya berikan daftar harga tiketnya:
Tiket Masuk @ Rp. 10.000,-
Parkir Roda Dua @ Rp, 2.000,-
Parkir Roda Empat @ Rp. 5.000,-
Tiket Sepeda Air @ Rp, 20.000,-
Mancing Sepuasnya @ Rp. 40.000,-

Disana banyak terdapat berbagai jenis permainan outbound, dan mainan sepeda air. Disana juga ada tempat penginapan villa dan gazebo. Disana air terjunnya sangat deras dan berbentuk seperti tangga sehingga kita dapat memaanjat seperti bermain arena panjat tebing sungguhan.

Air Terjun Pinang Seribu memiliki 8-10 gazebo dan 1 villa. Setiap gazebo memiliki tempat yang kecil dan yang besar. Yang kecil untuk nginap/menempati dan yang besar untuk berkumpul. Dan juga terdapat 8 kamar mandi untuk membersihkan setelah melakukan aktivitas yang sudah dilakukan.

Tempat ini bisa menjadi tempat untuk berpetualang di setiap ujung hutan yang ada di Air Terjun Pinang Seribu. Disana juga ada binatang kecil yang unik dan jarang dilihat. Tempat ini memiliki kolam yang luas dan berbagai pohon-pohon yang melindungi tempat itu. Pohon-pohon itu tinggi sehingga nyaman. Menambah kesejukan dan juga keasrian tempat ini. Wisata alam Air Terjun Pinang Seribu ini menyediakan fasilitas permainan seperti sepeda air, flying fox, dan lain – lain. Begitu pula untuk pendopo, tempat makan, dan pemandian umum. Tempat ini pun biasanya di pakai untuk acara outbond.

Air Terjun Pinang Seribu ini sangat indah dengan pohon-pohon tinggi di sekitar air terjun dan gemeicik air terjun serta berbagai macam permainan yang ada membuat orang betah berlama-lama disana. Saya sangat rekomendasikan bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan panorama kota Samarinda. Karena dengan letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Tempat ini sangat cocok bagi orang yang ingin ber-selfie, berburu foto-foto keindahan alam. Tetapi bagi yang hendak ber-selfie jangan sampai merusak kawasan air terjun.

Tempat ini sangat cocok untuk berakhir pekan dan liburan seperti saat ini. Karena dapat menyegarkan pikiran dan pemandangan yang menyejukkan mata. Ditambah udara segar yang masih terjaga. Bagi yang tidak dapat harap berhati-hati meskipun kolam di bawah air terjun tidak dalam tetapi ada pusaran air di bawah. Jadi, bagi Anda yang tidak dapat berenang saya sarankan untuk tidak bernang.

Demikian artikel saya mengenai Air Terjun Pinang Seribu Samarinda. Saya berharap agar kedepannya Air Terjun Pinang Seribu dapat menjadi salah satu destinasi wisata andalan Samarinda di kedepannya. Sehingga dapat mensejahterakan masyarakat di sekitarnya. Semoga artikel saya tentang obyek wisata Air Terjun Pinang Seribu dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari obyek wisata yang terdapat di Samarinda. 

Back to top
Go to bottom
iden
200045
TodayToday218
YesterdayYesterday1140
This_WeekThis_Week2613
This_MonthThis_Month23864
All_DaysAll_Days200045

Free Joomla! template by L.THEME