Pulau Beras Basah

Samarinda boleh jadi memang bukan tujuan utama wisatawan di Indonesia. Tapi bukan berarti Samarinda tak punya destinasi wisata yang bagus dan layak untuk dikunjungi. Sebagai contoh, wisatawan muslim yang ingin berwisata religi bisa berkunjung ke Masjid Islamic Center Samarinda. 

Atau ada juga wisatawan yang ingin merasakan sensasi berwisata alam di Samarinda, maka bisa berkunjung ke Pulau Beras Basah, Pulau Kumala, atau ikut dalam pelayaran menyusuri Sungai Mahakam. Pulau Kumala sendiri justru memiliki akses yang mudah karena sudah terhubung dengan jembatan yang bisa dilewati hanya dengan berjalan kaki saja untuk menyeberang pulau. 

Jika ingin suasana alam yang lebih tenang dan jauh dari perkotaan, maka Pulau Beras Basah bisa jadi pilihan bagi wisatawan. Tempat wisata di Samarinda yang satu ini menawarkan panorama alam yang indah dan jauh dari kebisingan kota. 

Asal usul nama Pulau Beras Basah

pulau beras basah

Panorama di Pulau Beras Basah. Foto oleh @mynameiszarrieff

Sekilas mendengar nama pulau ini ada beberapa orang yang mengira bahwa nama ini memiliki arti lain. Namun sebenarnya tidak, sebab asal nama ini memang berasal dari bahasa Indonesia. Alasan mengapa pulau ini dinamakan Pulau Beras Basah adalah karena adanya cerita di masa lalu yang mengisahkan tentang sebuah kapal layar. Konon kapal layar ini berkayar dari Pulau Celebes Sulawesi untuk mengangkut barang berupa karung berisi ribuan ton beras untuk dibawa menuju ke Bontang. 

Saat ombak besar datang menghantam, kapal ini pun karam. Ombak besar menyapu muatan kapal yang berisi ribuan ton beras hingga hanyut dan menutupi sebagian permukaan air di sekitar pulau. Dari sanalah masyarakat memberi nama pulau tersebut dengan sebutan Pulau Beras Basah. 

Pulau ini memiliki perairan yang tenang, jernih dan panorama bawah laut yang cantik

pulau beras basah

Menyelami keindahan bawah laut Beras Basah. Foto oleh @jo_setyowahyudi

Tak kalah cantik dengan gugusan pulau di Karimunjawa, Pulau Beras Basah juga memiliki panorama yang indah. Sepaket dengan airnya yang jernih, ombak yang tenang dan pasir putih yang lembut. Serasa jadi tempat yang sempurna untuk melarikan diri sejenak dari beban pikiran atau pun tekanan pekerjaan tiap harinya. 

Panorama bawah lautnya juga tak kalah menarik. Barisan terumbu karang yang berjejer cantik dengan hiasan aneka biota laut yang berwarna-warni membuat pulau ini jadi spot yang asyik untuk snorkeling. Jadi pastikan untuk membawa peralatan snorkeling jika ingin menyelami keindahan bawah laut Pulau Beras Basah.

Tempat yang asyik untuk berlibur bersama keluarga

wisata di samarinda

Bermain banana boat di Pulau Beras Basah. Foto oleh @ewinarmo

Biasanya saat berlibur ke pantai para orang tua akan sedikit takut dengan ombaknya yang besar. Biasanya orang tua takut jika anak-anak terseret ombak atau tenggelam. Namun tak perlu khawatir, karena ombaknya yang cukup tenang dan garis pantainya yang landai membuat pantai di Pulau Beras Basah aman untuk anak-anak. Sebagai pengaman tambahan, alangkah baiknya juga untuk melengkapi anak-anak dengan pelampung. 

Bagi para orang tua atau dewasa bisa juga menjajal berbagai permainan air seperti banana boat. Orang tua bisa saling bergantian menjaga anak dan bermain banana boat ini. Cukup bayar Rp25.000 saja dan wisatawan sudah bisa menikmati permainan ini. 

Tips untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Beras Basah

pulau beras basah

Ini yang harus diperhatikan wisatawan sebelum ke Beras Basah. Foto oleh @das_brooklyn_maedchen

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan atau bahkan dipertimbangkan oleh wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Beras Basah. Di antaranya:

  • Jika wisatawan berlibur sendiri ke pulau ini maka sebaiknya datang pada hari libur atau hari Minggu. Ini supaya wisatawan bisa share cost dengan pengunjung lain, sebab biaya untuk sewa kapal memang lumayan mahal. Sebelum menyeberang wisatawan bsia saling diskusi untuk biaya share cost agar budget traveling tidak menggembung. 
  • Pulau ini belum dilengkapi dengan penginapan, jadi bagi wisatawan yang ingin menghabiskan malam di pulau ini sebaiknya menyiapkan peralatan camping. Baik itu tenda, sleeping bag, senter dan lainnya. Atau wisatawan sebetulnya juga bisa memanfaatkan gazebo yang ada di tepian pantai.

Cara menuju ke Beras Basah

pulau beras basah

Alur transportasi dari Sepinggan ke Beras Basah. Foto oleh @das_brooklyn_maedchen

Pulau Beras Basah memang cukup jauh dan cukup ribet untuk dijangkau. Namun sebenarnya akan sepadan dengan apa yang akan didapatkan oleh wisatawan. Berikut adalah alur transportasi yang bisa ditempuh wisatawan yang ingin berlibur ke pulau tersebut. Alur ini dimulai dengan titik keberangkatan dari Bandara Sepinggan. 

  • Bandara Sepinggan – Terminal Batu Ampar, wisatawan bisa naik angkot nomor 2A dengan biaya Rp4.000.
  • Terminal Batu Ampar – Terminal Sungai Kunjang, perjalanan ditempuh dengan bus (kurleb 3 jam) dan biaya Rp27.000. Tarif ini untuk bus yang tidak ber-AC. 
  • Terminal Sungai Kunjang – Pasar Pagi, naik angkot warna hijau dengan biaya Rp5.000.
  • Pasar Pagi – Terminal Lempake disambung dengan angkot warna merah kecoklatan dengan biaya Rp10.000.
  • Terminal Lempake – Terminal Bontang dengan menggunakan bus (kurleb 3,5 jam) dan wisatawan harus membayar Rp.29.000 untuk bus yang tak ber-AC. 
  • Terminal Bontang – Pelabuhan Tanjung Laut dengan Angkot Rp.5.000
  • Pelabuhan Tanjung Laut – Pulau Beras Basah dapat ditemouh dengan carter kapal kayu carter (kurleb 40 menit ) dengan biaya Rp.600.000 – Rp.1.500.000. Biaya ini memang mahal, namun bisa share cost dengan wisatawan lain. 
Back to top
Go to bottom
iden
201306
TodayToday50
YesterdayYesterday1429
This_WeekThis_Week3874
This_MonthThis_Month25125
All_DaysAll_Days201306

Free Joomla! template by L.THEME