Desa Budaya Pampang Kalimantan Timur

Kearifan budaya Suku Dayak, jadi magis yang menyihir banyak mata. Mulai dari pakaian dan ornamen khas yang biasa ditemui pada pakaian serta aksesori di kepala, hingga tariannya mengandung magnet yang menarik banyak wisatawan. Teman Traveler yang ingin tahu lebih banyak mengenai Suku Dayak, di Kalimantan Timur bisa berkunjung ke Desa Budaya Pampang. Di sini, terdapat banyak hal yang bisa diketahui tentang suku asli di pedalaman Borneo. Simak uraiannya berikut ini!

1. Lokasi Desa Budaya Pampang Kalimantan Timur

Ornamen Khas Suku Dayak yang Bisa Dinikmati dari Dekat via Instagram/ andrasyahly

Desa Budaya Pampang Kalimantan Timur, ada di Sungai Siring, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Untuk menuju kawasan ini, Teman Traveler harus melaksanakan perjalanan dengan jarak sekitar 23 Km dari pusat Kota Samarinda. Letaknya tidak terlalu sulit diakses, berada di kiri jalan poros sebelum sampai ke Bandara Sungai Baru.

2. Diresmikan 1991

Desa Budaya Pampang, Diresmikan Tahun 1991 via Instagram/ sukarno_putro

Desa Budaya Pampang Kalimantan Timur, diresmikan sebagai desa budaya oleh Gubernur Kalimantan Timur, HM Ardans pada Juni 1991 lalu. Melalui peresmian ini, pemerintah setempat menaruh harapan pada desa ini agar selalu berupaya melestarikan kebiasaan adat serta budaya Suku Dayak. Semenjak itu hingga kini, Desa Pampang ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan lokal atau asing.

3. Terdapat Rumah Lamin, Khas Suku Dayak Kenyah

Rumah Lamin di Desa Budaya Pampang via Instagram/ naivah

Sesampainya di Desa Budaya Pampang, suasana khas Suku Dayak, akan langsung terasa. Seperti, rumah-rumah khas Suku Dayak yang material utamanya adalah kayu. Bentuk rumah khas ini juga unik sebab memanjang ke arah belakang.

Di kawasan ini, Teman Traveler akan melihat warga bercengkrama. Rumah tersebut, dikenal dengan istilah Rumah Lamin Adat Pemung Tawa. Rumah ini kemudian menjadi daya tarik utama destinasi wisata budaya ini.

4. Menyaksikan Tarian Dayak Kenyah dari Dekat

Tarian yang Disuguhkan di Desa Budaya Pampang via Instagram/ vikoediwibowo

Di Desa Budaya Pampang, jenis budaya yang banyak dipertontonkan kepada para pengunjung adalah tariannya. Teman Traveler bisa menikmati Tari Bangen Tawai, Kanjet Anyam Tali, Ajay Pilling, Kancet Lasan, Hudoq, Kancet Punan Lettu, Kancet Lasan, dan Nyalama Sakai. Saat tarian akan dipertontonkan, pengunjung akan lebih dulu mendapat penjelasan mengenai makna dari tarian yang akan dilaksanakan. Jadi, Teman Traveler tidak perlu khawatir ya.

Saat berkunjung ke Desa Budaya Pampang, Teman Traveler juga dapat membeli oleh-oleh. Para penjual, menjajakan dagangannya masih di dalam area desa budaya. Beragam aksesori khas Suku Dayak seperti kalung, gelang dan tas yang terbuat dari manik-manik.

Bagaimana, nggak pengin secara langsung menyaksikan kehidupan Suku Dayak? Terlebih ada banyak ragam aksesori yang eksotis? Ditunggu kedatangannya ke sini ya! Dan dapatkan pengalaman tak terlupakan saat mengetahui lebih banyak tentang Suku Dayak.

Back to top
Go to bottom
iden
200045
TodayToday218
YesterdayYesterday1140
This_WeekThis_Week2613
This_MonthThis_Month23864
All_DaysAll_Days200045

Free Joomla! template by L.THEME