Air Terjun Tanah Merah

Tak banyak tempat wisata alam yang ditawarkan di Kota Samarinda. Pusat perbelanjaan yang menjamur di ibukota Kalimantan Timur ini membuat sebagian besar orang berbondong berwisata ke tempat yang lebih  modern itu. Salah satu wisata alam yang ada di Kota Samarinda adalah Air Terjun Tanah Merah. Airnya yang sejuk dan alamnya asri cocok untuk tempat Anda berakhir pekan. Lokasinya terdapat di Dusun Purwosari, Kecamatan Samarida Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Hasil gambar untuk Air Terjun Tanah MerahDari pusat Kota Samarinda lokasi ini berjarak kurang lebih 14 km. Untuk menuju lokasi tidak terlalu sulit karena telah tersedia kendaraan umum yang menuju ke sana dengan tarif yang terjangkau. Anda bisa naik angkot jurusan Pasar Segiri ke Sungai Siring, kemudian Anda bisa berhenti di simpang tiga yang menuju ke lokasi Air Terjun Tanah Merah. Anda juga bisa naik motor atau mobil pribadi. Untuk itu Anda bisa mengambil arah yang sama dengan trayek kendaraan umum. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit Anda akan tiba di tujuan. Sebuah air terjun kini tampak di depan mata.

Hasil gambar untuk Air Terjun Tanah MerahAir terjun Tanah Merah memiliki  ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun yang tergolong unik karena airnya yang berwarna coklat kemerahan. Saat berada di atas dan meluncur, airnya berwarna bening dan jernih, namun saat jatuh ke kolam di bawah air akan berubah warna menjadi coklat kemerahan. ini dikarenakan komposisi tanah yang notabene gambut diatas lahan hutan bercampur dengan air yang menyebabkan air menjadi kecoklatan. Namun, kolam tersebut tidak boleh digunakan untuk berenang. Hal itu tak lepas dari kejadian pengunjung yang tenggelam saat berenang di kolam tersebut.

Hasil gambar untuk Air Terjun Tanah MerahSuasana di sekitar air terjun ini sangat asri karena terletak di pinggiran perkampungan yang masih alami. Pohon-pohon rindang khas tanah Borneo menjulang tinggi menjadi ornament alam yang menambah asri dan indah obyek wisata ini. Dan di sinilah letak daya tariknya. Maka tidak mengherankan jika masa liburan tiba, pengunjung selalu membludak di kawasan ini. Dan kawasan ini merupakan salah satu tempat wisata terindah di daerah Kalimantan Timur. Anda yang hobi melakukan penjelajahan, bisa mencoba trekking naik ke atas bukit untuk melihat aliran air terjun yang berasal dari hulu sungai di atas bukit. Anda bisa naik melalui tangga kayu yang memang sengaja dibangun untuk memenuhi keinginan para pengunjung. Dengan adanya tangga tersebut, para pengunjung tidak perlu melalui bebatuan dan tidak perlu takut terpeleset.

Tiket untuk masuk ke obyek wisata ini adalah Rp 5.000., anak-anak Rp 2.000, sedangkan parkir motor Rp 2.000 dan roda empat Rp 5.000. Fasilitas yang tersedia antara lain Pentas Terbuka, Kamar Mandi, Tempat Duduk atau Bangku Taman, Kolam Renang, Warung Pendopo (gazebo) untuk istirahat,  Warung, Areal Parkir Kendaraan yang luas, dan Arena Bermain Anak-anak. Sedikit melepas kepenatan setelah bermain di sekitar air terjun, Anda pun bisa bersantai di beberapa gazebo yang tersedia di taman sambil menikmati keindahan air terjun dan suara gemericik airnya. Saat perut terasa keroncongan Anda bisa memesan berbagai menu pilihan di warung-warung makan yang terdapat di sana. Apabila Anda membawa anak kecil jangan merasa khawatir anak Anda akan bosan atau rewel, karena di area ini juga telah tersedia beberapa wahana permainan anak yang pasti aman dan sangat menyenangkan bagi anak Anda. Bosan bersantai, cobalah untuk melakukan aktivitas lain yaitu berenang. Anda bisa berenang di kolam renang yang berada di tengah alam dan ditemani suara air terjun.

Jika anda berkunjung ke Kota Samarinda dan berniat mengunjungi sejumlah tempat wisata yang ada disana maka tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk menikmati suasana alam dan keindahan Air Terjun Tanah Merah di Samarinda Kalimantan Timur bersama keluarga maupun kerabat.

Back to top
Go to bottom
iden
200933
TodayToday1106
YesterdayYesterday1140
This_WeekThis_Week3501
This_MonthThis_Month24752
All_DaysAll_Days200933

Free Joomla! template by L.THEME