Pantai Tikus

Begitu banyak lokasi indah di Indonesia yang bisa anda jajal dari ujung ke ujungnya, dengan beragam keindahan yang tidak bisa diperbandingkan antara satu dengan lainnya

Salahsatu lokasi indah yang mungkin tidak seterkenal Lombok, Raja Ampat atau bahkan Bali yang bisa anda jajal keindahannya adalah Pulau Bangka. Pulau yang terhitung sebagai pulau yang kecil dan tidak terlalu luas ini di dalamnya menyimpan sejuta pesona dan keindahan, di sudut-sudutnya terdapat lokasi indah yang mungkin jarang bahakn tidak terdengar ke permukaan secara luas. Berbicara mengenai Pulau Bangka dan lokasi indah yang bisa anda kunjungi adalah sebuah pantai yang bernama Pantai tikus.

Pantai Tikus ini merupakan sebuah pantai indah nan tersembunyi yang berlokasi di Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka. Keindahan alam sekitarnya serta tawaran pemandangan lainnya menjadi jaminan bagi liburan anda menjadi lebih indah dan menyenangkan.

Pantai Tikus: Wisata Pantai Alami yang Sangat Indah dan Menawan Di Pulau Bangka

Daftar Isi Mengunjungi Indahnya Pantai Tikus Vihara Puri Tri Agung Asal Usul Nama Pantai Tikus Kapan Waktu yang Tepat Berkunjung ke Pantai Tikus? Fasilitas Pantai Tikus Objek Wisata Pantai Tikus Transportasi Wisata Akomodasi Wisata Tips Berwisata Objek Wisata Lainnya di Sungailiat Pantai Matras Pantai Parai Tenggiri Pantai Rambak Pantai Tanjung Pesona

MENGUNJUNGI INDAHNYA PANTAI TIKUS

Pantai Tikus merupakan sebuah pantai yang masih terhitung alami dan menawan. Terdapat beragam versi nama pantai ini, antara lain seperti Pantai Vihara, Pantai Cinta, Pantai Akasia dan banyak lagi lainnya. Di Pantai Tikus anda bisa menemukan banyak sekali batuan granit berukuran besar yang berada di sekitaran pantai, tebing terjal yang masih alami serta air jenih kebiruan menjadi penanda jika lokasi satu ini masih terhitung alami dan luar biasa indahnya.

Selain dari bibir pantai anda juga bisa mengamati keindahan alam sekitar Pantai Tikus ini dari sebuah Vihara atau kuil yang bertada di dekat pantai tersebut.

Keberadan vihara megah di dekat pantai ini tentunya menjadi daya tarik lain bagi anda yang berkunjung ke Pantai elok satu ini, sebab perpaduan uniknya bangunan Vihara yang cukup megah dan besar, disandingkan dengan pesona pantai biru super menawan di bawahnya.

Pada bagian tepinya ada susunan tebing batu menawan yang menjadi pelngkap keindahan alam Pantai Tikus, selain itu lokasinya yang berada diapit oleh 2 buah pantai lainnya seakan membuat pantai ini semakin lebih indah dan berwarna. Banyak sekali jalan setapak atau jalan tikus yang menajdi muasal nama pantai ini, menurut sejarah sendiri dahulu pantai ini digunakan oleh para penambang timah gelap untuk kemudian membawa timah hasil tambangnya ke bagian tepi pantai.

VIHARA PURI TRI AGUNG

Vihara Puri Tri Agung

Di Pantai ini terdapat Vihara Puri Tri Agung. Anda dapat menikmati keindahan pantai Tikus di tempat ini. Vihara ini memiliki desain interior yang mewah dengan bangunan yang elegan dan kokoh menambah daya tarik tersendiri terhadap tempat yang satu ini.

Ketika anda berada di tempat ini, hal menarik yang akan anda dapatkan yaitu bisa melihat jelas laut, serta bibir pantai tikus. Vihara pantai Tikus ini menjadi obyek wisata menarik yang harus anda kunjungi.

ASAL USUL NAMA PANTAI TIKUS

Pantai Tikus 1
Banyak orang yang penasaran mengapa  pantai ini diberi nama ‘Pantai Tikus’. Nah, penamaan Pantai Tikus itu sendiri hingga saat ini sebenarnya masih belum ada informasi yang jelas. Ada yang mengatakan bahwa asal mula penamaan Pantai Tikus ini karena ada banyaknya jalan tikus untuk sampai ke tempat yang satu ini. Dimana jalan setapak ini sering dijadikan jalan oleh penambang ilegal untuk membawa hasil tambangnya untuk diselundupkan melalui jalan laut.

Namun, selain itu ada pula yang mengatakan bahwa di pantai ini dulunya terdapat banyak tikus yang berkeliaran. Namun, ketika anda sampai ke tempat ini tidak ada satu pun tikus yang akan anda temukan. Jadi anda jangan khawatir, meskipun namanya Pantai Tikus tapi anda tidak akan menemukan satu ekor pun tikus di sini

KAPAN WAKTU YANG TEPAT BERKUNJUNG KE PANTAI TIKUS?

Jika anda ingin berkunjung ke Pantai ini sebenarnya kapanpun bisa baik pagi, siang atau sore. Hanya saja, disarankan anda datang saat sore hari. Sebab saat sore hari atau saat matahari terbenam pemandangan di pantai ini akan terlihat begitu menakjubkan.

Keindahan pantai ini akan berpadu dengan ombak kecil dan angin yang menerpa. Saat sore hari biasanya banyak para wisatawan, terlebih lagi jika anda datang ke Pantai Tikus ini saat musim liburan.

FASILITAS PANTAI TIKUS

Pantai Tikus masih terbilang sebagai pantai yang masih baru. Namun, meskipun begitu di sini sudah tersedia beberapa sarana atau fasilitas yang akan menunjang para pengunjung saat berkunjung ke Pantai Tikus ini. Beberapa fasilitas di antaranya yaitu sudah tersedia warung makan, penyewaan permainan air seperti  banana boat dan jet ski, serta lain sebagainya. Jika anda hendak menghabiskan waktu lebih lama di pantai ini, anda dapat menyewa tenda dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu, agar lebih seru anda bisa melakukan permainan-permainan yang tersedia di sini seperti flying fox, ATV dan layang-layang. Sedangkan jika anda berkunjung bersama rombongan, baik itu keluarga atau teman-teman anda bisa mencoba permainan voli pantai. Untuk net dan bola volinya anda bisa menyewa di sekitaran pantai.

OBJEK WISATA PANTAI TIKUS

Lokasi Pantai Tikus Sungailiat berada di antara Pantai Rebo serta Pantai Tanjung Pesona. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di Pantai Tikus terdapat batu granit serta pasir yang landai. Pantai Tikus terdiri dari beberapa bagian karena Pantai Tikus Sungailiat, Bangka ini sangat luas. Di samping Pantai Tanjung Pesona terdapat pantai tikus utama. Dahulu terdapat villa pribadi yang cukup megah di Pantai Tikus Utama ini.

Biasanya di daerah ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan aktifitas wisata ataupun berkemah. Hanya saja, saat ini villa tersebut sudah tidak ada. Pantai Tikus utama memiliki karakter dimana pantainya landai dan berpasir. Di sini anda akan menjumpai sedikit batu granit. Di samping Pantai Tikus Utama terdapat Pantai Tikus Asmara. Pantai Asmara ini lokasinya bagaikan bukit kecil. Seperti halnya Pantai Tikus Utama, Pantai Tikus Asmara juga tidak terdapat banyak batu granit dan berpasir.

Selain itu, ada Pantai Pagoda yang lokasinya tepat di depan Pagoda Vihara Pantai Tikus. Karakter yang unik dimiliki oleh pantai ini. Di sini terdapat sisi yang berpasir, namun ada juga bagian sisi yang bertebing atau terdapat tumpukan batu granit. Terdapat Pantai Angkasia di samping Pantai Pagoda Vihara Pantai Tikus Bangka.

Dinamakan Pantai Angkasia sebab di sisi pantai yang satu ini terdapat hutan Angkasia. Di sisi lain Pantai Tikus yaitu Pantai Tikus Kebun Mangga. Di sebut sebagai Pantai Kebun Mangga karena di tempat ini ada kebun mangga yang cukup luas. Hanya saja, pantai ini cukup sempit. Serta akses ke pantai ini cukup sulit. Pantai ini letaknya berbatasan langsung dengan Pantai Rebo.

TRANSPORTASI WISATA

Jika anda berminat mengunjungi lokasi indah dan menawan ini, maka anda bisa menggunakan kendaar baik roda dua maupun roda empat. Sebaiknya anda menggunakan kendaaan pribadi atau bisa juga menyewa kendaaran agar mobilitas liburan anda lebih mudah, selain itu karena sejalur dengan pantai ini ada juga beberapa pantai indah lainnya yang bisa anda kunjungi. Pantai Tikus bisa anda capai dalam waktu 45 menit saja dari pusat Kota Pangkalpinang dengan menggunakan jalan lintas timur yang sudah bagu s dan mulus.

AKOMODASI WISATA

Bagi anda yang hendak mengunjungi Pantai Tikus ini, maka anda bisa juga menyewa atau melakukan reservasi hotel yang berada tidak jauh dari lokasi. Hotel yang terdekat terletak sekitar 2,6 kilometer dari Pantai Tikus. Ketika anda berkunjung anda bisa membawa makanan dan minuman perbekalan untuk menikmati pesona pantai satu ini Saksikan terlebih dahulu video berikut ini untuk menikmatikeindahan yang ditawarkan oleh Pantai Tikus yang belokasi di Pulau Bangka

TIPS BERWISATA

Sebelum berkunjung ke Pantai Tikus ada beberapa tips untuk menunjang liburan anda ke pantai ini.  Yuk simak di bawah ini.

  • Saat berkunjung ke Pantai Tikus pastikan anda memilih waktu yang tepat. Anda sebaiknya datang ketika cuaca sedang mendukung. Sebab jika cuaca tidak mendukung akan mengganggu liburan anda dan rombongan. Selain itu, anda tidak akan bisa menikmati liburan dekat pantai.
  • Jangan malu bertanya Saat di perjalanan anda bisa bertanya pada warga sekitar mengenai lokasi Pantai Tikus supaya tidak salah lokasi.
  • Di Pantai Tikus sebenarnya sudah tersedia warung makan yang akan memudahkan anda ketika perut sedang lapar. Namun, meskipun begitu tidak ada salahnya anda membawa bekal makanan. Pastikan semua perlengkapan yang dibutuhkan selama perjalanan atau saat sampai di pantai sudah disediakan.
  • Untuk mengabadikan momen liburan anda di Pantai Tikus, jangan lupa membawa kamera. Anda dapat memotret setiap sudut Pantai Tikus karena keindahannya yang akan membuat anda terpesona.

 

Back to top
Go to bottom
iden
190039
TodayToday641
YesterdayYesterday1220
This_WeekThis_Week1861
This_MonthThis_Month13858
All_DaysAll_Days190039

Free Joomla! template by L.THEME