Bukit Panenjoan

Eksotisme Bukit Panenjoan, Spot Wisata Instagenic di Geopark Ciletuh

Bukit Panenjoan. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Sukabumi memiliki berbagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi karena keindahanya. Salah satunya adalah Bukit Panenjoan yang ada di Kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu, Jawa Barat.
 
Bukit Panenjoan menyajikan pemandangan alam yang memanjakan mata wisatawan. Pasalnya dari tempat ini, kamu bisa melihat keindahan alam dan seluruh bentang alam Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu yang terdiri dari tebing, laut, pantai, hutan, hingga hamparan persawahan nan hijau.
 
Pemandangan Geopark Ciletuh dari Bukit Panenjoan Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Serunya lagi, kamu juga bisa melihat amfiteater alam menakjubkan dari Geopark Ciletuh yang berbentuk seperti huruf "U" membentuk seperti tapal kuda.
 
Selain pemandangan yang indah dari Bukit Panenjoan, kamu juga bisa melihat tiga desa sekaligus yang ada di bawahnya yaitu Desa Ciwaru, Desa Mandra Jaya, dan Desa Mekar Sakti. Dengan pemandangan alam yang asri serta sejuknya udara, membuatmu akan betah berlama-lama di sini.
 
Panorama alam di Bukit Panenjoan Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Nama Bukit Panenjoan sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti "tempat untuk melihat". Sesuai dengan namanya, memang tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan alam Geopark Ciletuh.
 
Tak hanya bisa menikmati pemandangan alam saja, Bukit Panenjoan juga menawarkan beberapa spot-spot selfie. Berdasarkan pantauan kumparanTRAVEL beberapa waktu lalu, ada sekitar tiga spot selfie, salah satunya bertuliskan kata "Love".
 
 
Kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi. Foto: Muhammad Lutfan Darmawan/kumparan
Panorama alam dari Bukit Panenjoan di malam hari juga tidak kalah indahnya. Maka dari itu, pihak pengelola menyediakan tempat penginapan untuk pengunjung yang ingin merasakan keindahan alam Geopark Ciletuh di malam hari.
  
"Jumat, Sabtu, Minggu biasanya ramai, selain itu, bergantung dari cuaca juga. Biasanya mereka (wisatawan) menginap di sini dua malam," ujar Ade Setiawan, pemilik Penginapan Villa Bukit Panenjoan saat berbincang dengan kumparanTRAVEL beberapa waktu lalu.
 
Salah satu spot selfie di Bukit Panenjoan. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Bagi kamu yang masih belum puas untuk menyusuri keindahan alam Bukit Panenjoan, di sekitar objek wisata tersebut juga terdapat beberapa objek wisata lainnya seperti Curug Awang, Curug Tengah, Curug Puncak Manik yang berjarak hanya beberapa meter saja dari Bukit Panenjoan.
 
Selain objek wisata yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa mempelajari kekayaan alam dari Geopark Ciletuh dengan mengunjungi Museum Konservasi Geopark Ciletuh yang berada tidak jauh dari Bukit Panenjoan.
 
Papan nama Bukit Panenjoan Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Sementara untuk dapat menikmati semua keindahan alam di atas, kamu cukup mengeluarkan uang Rp 5 ribu sebagai tiket masuk ke area Bukit Panenjoan. Namun belum termasuk biaya parkir kendaraan.
 
Tertarik untuk berkunjung?
Back to top
Go to bottom
iden
201664
TodayToday408
YesterdayYesterday1429
This_WeekThis_Week4232
This_MonthThis_Month25483
All_DaysAll_Days201664

Free Joomla! template by L.THEME