Taman Margasatwa Ragunan

Selamat datang di Taman Margasatwa Ragunan. Sebuah taman image_1_aboutseluas 147 hektar dan berpenghuni lebih dari 2.009 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon membuat suasana lingkungannya sejuk dan nyaman. Lahannnya tertata dan terbangun serta sebagian lagi masih dikembangkan menuju suatu kebun binatang yang modern sebagai identitas kota Jakarta.

Berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan berarti memasuki sebuah hutan tropis mini, di dalamnya terdapat keanekaragaman hayati yang memiliki nilai konservasi tinggi dan menyimpan harapan untuk masa depan.

Sebuah kebun binatang modern menampilkan suatu system ekologi yang lengkap yang bias menjadi satu sumber ilmu pengetahuan yang akan mengawali langkah pelestarian kehidupan alam liar. Singkatnya, kebuna binatang adalah “Kapal Nuh” kita dalam menghadapi bencana dan kerusakan alam yang akhir-akhir ini sering terjadi. Bila nanti sudah tidak ada lagi hutan di bumi ini, paling tidak masih ada contoh-contoh makhluk yang menakjubkan ini di kebun binatang, entah itu telah berwujud satwa ataupun masih berbentuk embrio, sel atau DNA.

VISI DAN MISI TAMAN MARGASATWA RAGUNAN

Visi

Menjadikan Taman Margasatwa Ragunan seperti Kebun Binatang di Negara Maju yang dihuni oleh satwa-satwa yang sejahtera.

Misi

  1. Meningkatkan kualitas kesejahteraan satwa
  2. Meningkatkan kualitas pendidikan lingkungan
  3. Meningkatkan hubungan ilmiah dengan universitas, instansiterkait, dan lembaga konservasi
  4. Meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia
  5. Meningkatkan hubungan antar Lembaga Konservasi di dalam dan luar negeri melalui program tukar menukar satwa;
  6. Meningkatkan kualitas pelayanan pengunjung;
  7. Meningkatkan cinta satwa kepada masyarakat.

Taman Margasatwa Ragunan didirikan pada tanggal 19 September tahun 1864 di Batavia ( kini Jakarta ) dengan nama “Planten en Dierentuin” ini pertama kali di kelola oleh perhimpunan penyayang Flora dan Fauna Batavia (Culture Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia ).

Taman ini berdiri di atas lahan seluas 10 hektar di Jalan Cikini Raya No 73 yang di hibahkan oleh Raden Saleh, pelukis ternama di Indonesia.

Setelah Indonesia Merdeka, pada tahun 1949 namanya di ubah menjadi Kebun Binatang Cikini.

Dengan perkembangan Jakarta, Cikini menjadi tidak cocok lagi untuk peragaan satwa. Pada tahun 1964. Pada masa Gubernur DCI Jakarta Dr. Soemarno dibentuk Badan Persiapan Pelaksanaan Pembangunan Kebun Binatang untuk memindahkan dari Jl. Cikini Raya no 73 Ke Pasar Minggu Jakarta Selatan yang diketuai oleh Drh. T.H.E.W. Umboh. , Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan lahan seluas 30 ha di Ragunan , Pasar Minggu. Jaraknya kira-kira 20 Km dari pusat kota. Kepindahan dari Kebun Binatang Cikini ke Ragunan membawa lebih dari 450 ekor satwa yang merupakan sisa koleksi terakhir dari Kebun Binatang Cikini.

Kebun Binatang Ragunan dibuka secara resmi pada 22 Juni 1966 oleh Gubernur DKI ( Daerah Khusus Ibukota ) Jakarta Mayor Jenderal Ali Sadikin dengan nama Taman Margasatwa Ragunan. Pada tahun 1974 Taman Margasatwa Ragunan dipimpin oleh Benjamin Galstaun direktur pertama waktu itu. Pada tahun 1983 berubah namanya menjadi Badan Pengelola Kebun Binatang Ragunan

Pada tahun 2001 berubah lagi menjadi Kantor Taman Margasatwa Ragunan. Tahun 2009 berubah menjadi UPT ( Unit Pelayanan Teknis ) Taman Margasatwa Ragunan.

Pada tahun 2010 namanya berubah menjadi BLUD ( Badan Layanan Umum Daerah ) Taman Margasatwa Ragunan. Saat ini luas Taman Margasatwa Ragunan mencapai 147 Hektar dengan koleksi satwa 2101 ekor satwa dari 220 spesies.

Pada Tahun 2015 BLUD Taman Margasatwa Ragunan berubah namanya menjadi Kantor Pengelola Taman Margasatwa Ragunan sesuai dengan Perda Nomor 12 Tahun 2014 tentang Organisasi Perangkat Daerah.

FASILITAS

Pusat Primata Schmutzer adalah salah satu pusat primata berkelas internasional yang mempunyai peranan dalam konservasi primata Indonesia dan sekaligus sebagai Jendela Informasi Primata.

Berbagai jenis primata Indonesia terwakili di sini dengan beberapa primata eksotisnya antara lain: orangutan, gorilla, simpanse, dan jenis-jenis primata langka dari dalam dan luar negeri lainnya. Kompleks seluas 13 ha dirancang dengan konsep open zoo dimana satwa yang tinggal di dalamnya seolah-olah berada di habitat aslinya.

smutzer2Memasuki area pusat Primata Schmutzer anda akan melihat sebuah enklosur yang tertata secara menarik dan artistik. Koleksi satwa yang menjadi andalan adalah dari jenis primata dengan icon orangutan dan gorilla. Pintu gerbangnya berbentuk setengah lingkaran menyerupai kubah raksasa dengan tangga menuju ke jembatan yang merupakan salah satu cara melihat gorilla dataran rendah dari atas jembatan tersebut.

Selanjutnya apabila pengunjung ingin melihat orangutan akan dapat melihatnya melalui terowongan orangutan ( orangutan tunnel ) di dalam terowongan. Dari atas jembatan anda dapat mengamati gorilla. Yang merupakan salah satu jenis kera terbesar di dunia. Berat tubuhnya mencapai lebih dari 100 kg. Pada jam 12 siang pengunjung dapat menyaksikan petugas memberikan makanan (feeding time) gorilla. Atraksi ini sangat menarik dan karena pengunjunga bisa melihat secara langsung bagaimana gorilla yang pemalu ini makan.

Selanjutnya apabila pengunjung ingin melihat orangutan akan dapat melihatnya melalui terowongan orangutan ( orangutan tunnel ) di dalam terowongan. Selain melihat satwa primata, anda dapat mempelajari kehidupan primata melalui beberapa fasilitas yang ada di dalam pusat primata schmutzer antara lain : dapur makanan satwa, fasilitas pendidikan dengan adanya ruang teater pemutaran film dokumenter, diorama satwa serta perpustakaan.

Tiket masuk Pusat Primata Schmutzer adalah (selasa-jumat : Rp.6.000,-) dan (sabtu-minggu dan hari libur nasional : Rp.7500,-). Apabila anda ingin menyaksikan film dokumenter Primata anda dikenakan biaya Rp. 150.000 untuk sekali putar dengan kapasitas tempat duduk 85 kursi.

TAMAN REFLEKSI

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Taman Margasatwa Ragunan memiliki areal khusus untuk refleksi. TempatIMG_3563 itu berupa taman yang dilengkapi dengan batu-batu yang didesain sebagai taman refleksi. Taman Refleksi berada di Central Area Pusat Primata Schmutzer.

Jika Anda beranjak ke sana,  akan terasa lebih nikmat suasana di pagi dan sore hari. Pengunjung biasanya memanfaatkan tempat ini untuk melakukan relaksasi dan olahraga ataupun sekadar berfoto di taman tersebut. Selain itu, dengan icon Orang Utan yang berada tepat di tangah kolam Taman Refleksi, saat ini dilengkapi pula dengan patung Komodo dan patung Gajah yang berukuran sangat besar. Bagi pengunjung yang memiliki disabilitas, terutama yang menggunakan kursi roda, dapat menikmati taman tersebut, sebab akses menuju taman ini juga disiapkan untuk pengguna kursi roda.

IMG_3568

Anda penasaran? Datang dan nikmati Taman Refleksi Taman Margasatwa Ragunan. Tidak dikenakan biaya tambahan untuk menikmati Taman Refleksi ini.

IMG_3566

TAMAN SATWA ANAK

Taman Satwa Anak merupakan taman satwa yang menampilkan beberapa satwa yang disukai anak-anak seperti: ikan raksasa arapaima gigas yaitu ikan dengan berat mencapai lebih dari 100 kg.

burung kakatua yang pandai berbicara, mini terrarium yang terdapat ular condrophyton yang indah warna-warninya, kapibara yaitu jenis rodentia raksasa (satwa pengerat) dilengkapi dengan sarana permainan anak-anak seperti ayunan, jaring laba-laba dan sebagainya. Untuk tiket masuknya adalah Rp. 2.500.

other-facilities-3b2Aquarium Arapaima

Ikan raksasa dari sungai Amazon ini dapat dilihat di Kolam Arapaima yang berada di area Taman Satwa Anak Ragunan. Aquarium Arapaima menjadi daya tarik tersendiri karena keunikannya dan menjadi salah satu edukasi tentang akan keberadaan ikan air tawar tersebut.

SARANA REKREASI

GAJAH TUNGGANG

Menunggang gajah bisa menjadi suatu tantangan tersendiri bagi anda. Satwa yang berukuran besar dan tinggi ini bisa menjadi sangat jinak bersama perawat sehingga pengunjung dapat merasakan berkeliling dengan nyaman dan aman.

Atraksi ini hanya akan anda jumpai pada hari Minggu dan Libur Nasional saja. Coba dan rasakan sensasi menunggang gajah hanya dengan tiket Rp. 7.500 per orang.

Camel-ridinhgONTA TUNGGANG

Tidak perlu pergi ke Arab Saudi atau ke Mesir untuk bisa merasakan nikmatnya naik Onta. Cukuplah di Taman Margasatwa Ragunan anda bisa menunggang Onta. Terbayang hamparan pasir yang luas saat anda mengendarai Onta punuk satu ini. Untuk harga tiket naik Onta Rp. 7.500,-

Train-tour

KERETA KELILING

Mengelilingi Taman Margasatwa Ragunan seluas 147 hektar akan membuat lelah. Kereta keliling akan mengantar anda mengelilingi luas Taman Margasatwa Ragunan dan menjumpai satwa di sepanjang rute kereta keliling dengan harga tiket kereta Rp. 7.500,-

Bicycle-rentPENYEWAAN SEPEDA

Bersepeda keliling Taman Margasatwa Ragunan akan lebih menyenangkan dibandingkan hanya jalan kaki saja. Tersedia penyewaan sepeda dengan dua model sepeda yaitu sepeda tunggal ( satu kayuh ) dan sepeda ganda ( dua kayuh ). Untuk menyewa sepeda Rp. 10.000 (sepeda tunggal) per jam dan Rp. 15.000 ( sepeda ganda).

tamanperahuangsaTAMAN PERAHU ANGSA

Taman perahu merupakan kolam besar, membentang dari utara ke selatan seluas 2.000 m2 , terdapat beberapa pulau di tengahnya. Pulau-pulau buatan ini menambah indahnya perjalanan anda mengelilingi dengan menggunakan perahu angsa. Untuk menikmati perahu angsa anda dikenakan tiket Rp. 15.000,-

 

pentas-satwaPENTAS SATWA

Atraksi satwa seperti kakatua bermain gelang warna warni, beruang bersepeda, dan tentu saja dikemas dalam atraksi yang lucu dan akan membuat anda tertawa dengan tingkah satwa-satwa ini. Loket dibuka pukul 10.00 – 15.00 WIB. Tiket masuk yang berlaku Rp 4000 perorang.

 

 

kuda-bendiKUDA BENDI

Kendaraan tradisional ini menjadi alat angkutan yang unik dan sudah langka. Namun masih akan anda jumpai di Taman Margasatwa Ragunan pada saat liburan .Loket buka pukul 10.00 – 15.00 WIB. Harga tiket Rp. 10.000 per bendi dengan penumpang maksimal 4 orang.

kuda-tunggangKUDA TUNGGANG

Tidak seperti kuda pacu. Kuda di sini adalah kuda pony yang tidak terlalu besar. Anda akan didampingi perawat kuda untuk mengelilingi area taman satwa anak. Tiket naik kuda hanya Rp. 5000,- per orang untuk satu kali putaran.

Back to top
Go to bottom
iden
190038
TodayToday640
YesterdayYesterday1220
This_WeekThis_Week1860
This_MonthThis_Month13857
All_DaysAll_Days190038

Free Joomla! template by L.THEME