Museum Mandar Majene

Sumber : https://situsbudaya.id/museum-mandar-majene-sulawesi-barat/

Museum Daerah Mandar didirikan berdasarkan salah satu keputusan Seminar Kebudayaan Mandar di Majene pada 2 Agustus 1984. Usul pendirian Museum Mandar disambut baik oleh Pemda Tingkat II Kabupaten Majene dengan menunjuk bekas rumah kediaman Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kabupaten Majene yang sementara ditempati oleh Pembantu Gubernur Wilayah I Mandar. Didirikan juga Yayasan Museum Mandar oleh beberapa tokoh masyarakat dengan tujuan meningkatkan pembangunan dalam bidang pelestarian benda-benda budaya.

Pada 1989 status hukum Museum Mandar Majene dialihkan dari status swasta (yayasan) menjadi Museum Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Majene dengan Surat Keputusan :
Bupati KDH Tk. II Majene Nomor 142/HK-KPTS/IX/1989. Yayasan. Museum Mandar didirikan dengan Akte Pendirian Nomor 171, Tanggal 21 Desember 1984 yang di keluarkan oleh Sistke Limewa, SH. dan Pejabat Akte Tanah Kota Madiya Ujung Pandang, dengan lokasi sementara satu ruangan kelas SD Inpres No. 57 Tangnga-tangnga.

Diputuskan pula pemindahan lokasi museum dari lokasi lama ke seluruh bangunan bekas rumah sakit umum Majene sampai sekarang. Museum Mandar mempunyai koleksi sejumlah 1.304 buah, meliputi koleksi geologi, geografi, biologi, etnografi, arkeologi, sejarah, numismatik, heraldik, filologi, keramik, senirupa, dan teknologi.

Back to top
Go to bottom
iden
190038
TodayToday640
YesterdayYesterday1220
This_WeekThis_Week1860
This_MonthThis_Month13857
All_DaysAll_Days190038

Free Joomla! template by L.THEME