idarenfrdehihujakoru

Gelar Pertemuan di Keraton Kacirebonan, Bahas Pariwisata Ciayumajakuning

Kepala Dinas serta Kabid Kepariwisataan dan Kebudayaan se-Ciayumajakuning menggelar pertemuan di Keraton Kacirebonan, Kamis (14/1). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM
Hits: 245
Tanggal: 2021-01-15
Sumber Berita: RadarCirebon
Penulis: Didi Haryadi
Video yang berhubungan: https://www.youtube.com/watch?v=6_g11uWott8

CIREBON – Menjalin sinergitas pengembangan pariwisata dan kebudayaan di wilayah Ciayumajakuning, seluruh Kepala Dinas serta Kabid Kepariwisataan dan Kebudayaan se-Ciayumajakuning menggelar pertemuan.

Pertemuan tersebut berlangsung di Keraton Kacirebonan, Kamis (14/1). Para Kadis dan Kabid Pariwisata dan Kebudayaan se-Ciayumajakuning disambut langsung Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdul Gani Natadiningrat.

Usai pertemuan, para Kadis se-Ciayumajakuning diajak makan siang berupa nasi bogana kuliner khas Keraton Kacirebonan dan menyaksikan anak-anak berlatih gamelan.

Toto Toharuddin, Kadisporapar Kabupaten Kuningan mengaku senang dapat berkunjung ke Keraton Kacirebonan.

“Hari ini saya berkesempatan dapat berkunjung ke Keraton Kacirebonan ini dan bertemu dengan teman-teman Kadis dan Kabid Pariwisata Kebudayaan se-Ciayumajakuning. Tadi juga kami dijamu pak sultan menikmati nasi bogana kuliner khas Keraton Kacirebonan. Ini baru pertama kali saya merasakan nasi bogana rasanya luar biasa dan keren,” akunya usai pertemuan.

Dijelaskan Toto, pertemuan tersebut membahas tentang kebijakan pengelolaan pariwisata di Ciayumajakuning.

“Sengaja kami bertemu di Keraton Kacirebonan ini berdiskusi untuk memastikan bagaimana kebijakan pengelolaan pariwisata di Ciayumajakuning. Kita ingin mencoba melakukan kolaborasi. Jadi, kalaupun kita mengambil kebijakan-kebijakan paling tidak di perbatasan-perbatasan ini tidak jauh beda dengan Kuningan, Indramayu, Cirebon dan Majalengka, itu bisa mendekati kesamaan pandangan dan persepsi. Karena setelah diterapkannya PPKM dari tanggal 11 hingga 25 Januari 2021 ini, terdapat kebijakan yang berberbeda,” jelasnya.

Toto berharap, pertemuan tersebut para Kadis kepariwisataan se-Ciayumajakuning dapat mengeksplor potensi wisata yang ada di Ciayumajakuning.

Di tempat yang sama, Ela Nurlaelasari, Kabid Pariwisata Di as Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu berharap pertemuan tersebut dapat dilakukan secara kontinu.

“Menurut saya pribadi pertemuan ini sangat baik, selain untuk bersilaturahmi dan membuat komitmen bersama untuk mempromosikan seni, budaya dan pariwisata yang ada di Ciayumajakuning ini supaya sama-sama bisa terangkat,” ucapnya.

Sementara itu, Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdul Gani Natadiningrat mengatakan, pertemuan tersebut bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi dan sinergitas antar kadis dan Kabid se-Ciayumajakuning serta Keraton Kacirebonan.

“Ya tadi kami bertemu dan membahas tentang rencana pengembangan pariwisata di Ciayumajakuning secara bersama-sama. Dan saya sangat menyambut baik pertemuan pada hari ini,” katanya. (rdh)

Home | Diskusi