idarenfrdehihujaru

Menggerakan Potensi Pariwisata Melalui Kompas.com Borobudur Ride 2020

Ilustrasi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah(Dokumentasi Biro Komunikasi Kemenparekraf)
Hits: 15

KOMPAS.com – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-25, Kompas.com mengadakan kegiatan Borobudur Ride (Boride) 2020.

Acara tersebut diselenggarakan untuk membangun semangat optimisme dan membawa pesan positif di situasi pandemi Covid-19. Pada saat seperti ini, gerakan sosial memang diperlukan untuk menguatkan kebangsaan.

Oleh sebab itu, Kompas.com membawa pesan #MelihatHarapan sebagai salah satu pilar #JernihMelihatDunia di era kebiasaan baru dan tetap optimistis menatap masa depan.

Kegiatan Boride 2020 yang diadakan pada Minggu (22/11/2020) tersebut akan menghadirkan 10 pembawa misi, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta istri, Pimpinan Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho, dan founder KitaBisa.com M Al Fatih Timur.

Kemudian, pendiri dan pemilik Dagadu Djokdja Ahmad Noor Arief, seniman asal Jogja Iwan Effendi, Henda ‘hehe’ Harsono, Farid Stevy, Ari Wulu, serta dua pesepeda wanita dr Monica dan Dienda Febrian.

Baca juga: Kompas.com Selenggarakan Borobudur Ride 2020

Dalam mempersiapkan kegiatan, para peserta harus mematuhi protokol Covid-19 dengan melakukan rapid test, memakai masker, dan selalu menjaga jarak agar penyelenggaraan kegiatan Boride 2020 tetap menyenangkan dan mengedukasi.

Dari segi rute, acara yang didukung Enesis dan Grup dan AICE ini akan melintasi kawasan Borobudur.

Para peserta bisa menikmati pemandangan keindahan wisata alam yang dipadu dengan kekayaan budaya kawasan setempat.

-
Lihat Foto
-()

Jalur lintasan akan dimulai dari homestay Balkondes Wanurejo, Camera House, Kampung Gerabah, Bukit Rhema, Donasi di Perpustakaan (Kantor Desa Lama) Dusun 1 Wanurejo, dan kembali ke homestay Balkondes Wanurejo dengan jarak tempuh kurang lebih 25 kilometer (km).

Pimpinan Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho mengatakan, kegiatan Borobudur Ride merupakan salah satu ungkapan Kompas.com melihat harapan di tengah banyaknya keterbatasan dan pembatasan akibat pandemi.

“Dengan semua keharusan yang dituntut untuk menjaga dan melindungi kesehatan bersama, kami ingin tetap berbagi kepada sesama, termasuk pembaca Kompas.com dan semua pihak yang peduli,” ujar Wisnu.

Adapun acara Boride 2020 diperkirakan memakan waktu sekitar tiga jam. Tujuan akhir dari kegiatan tersebut adalah sekitaran Candi Borobudur atau Desa Jowahan.

Pada acara Boride 2020, Kompas.com juga mengadakan kegiatan donasi serta mengajak para peserta untuk melakukan edukasi wisata sehat, aman, dan nyaman dengan selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Semoga kegiatan ini bisa membantu menggerakkan simpul-simpul kuat di masyarakat Indonesia untuk saling peduli dan bersama-sama bahu-membahu dalam situasi yang tidak mudah,” harap Wisnu.

top