idarenfrdehihujaru

Tourism

Pemerintah akan Bangun Ekosistem untuk Berbagai Kemudahan Investasi

Hits: 14

JAKARTA, investor.id  –  Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pemerintah akan membangun ekosistem yang baik dengan swasta dengan memberikan berbagai kemudahan bagi investor yang masuk ke dalam negeri, termasuk mereka yang merelokasikan industrinya.

Kemudahan tersebut menyangkut penyediaan lahan bagi investor.

Seperti diketahui Sebanyak 143 perusahaan berencana merelokasi investasi ke Indonesia, di antaranya dari Amerika Serikat, Taiwan, Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, dan Tiongkok. Relokasi investasi ini berpotensi menyerap lebih dari 300 ribu tenaga kerja Indonesia.

Ia mencontohkan pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, dengan luas 4.000 hektare yang telah dihubungkan langsung dengan infrastruktur pendukung seperti jalan, listrik, dan sumber air. 

“Jadi kita bisa bersaing dengan negara lain. Para investor asing dan lokal yang ingin masuk sudah tidak perlu lagi pusing membebaskan tanah. Karena tanahnya sudah tersedia, dan izinnya langsung diurus BKPM dan sudah disiapkan,” ujar Erick Thohir dalam acara “HSBC Economic Forum” yang berlangsung virtual di Jakarta, Rabu (16/9/2020).

Menurut Erick, upaya perbaikan dengan memberikan kemudahan bagi investor pun telah berdampak baik di KIT Batang. Kawasan tersebut nantinya memang akan menampung investasi perusahaan-perusahaan asing di Tiongkok yang ingin merelokasikan pabriknya.

“Nah, ini yang meyakinkan kita dan informasi yang saya dapatkan dari Kepala BKPM, beberapa investor siap mereloaksikan pabriknya ke Indonesia,” tandasnya.

Erick menambahkan, RUU Cipta Kerja diyakini akan memperbaiki iklim investasi di Indonesia dan memudahkan berbagai prosedur serta persyaratan investasi. Oleh karena itu, BUMN akan terus mendukung dengan bersinergi dan melakukan transformasi bersama pihak swasta dan terus mengedepankan tata kelola yang efisien dan transparan.

“Kami berharap kerja sama yang sangat win- win BUMN dengan swasta. Tentu tanpa melupakan dan melibatkan UMKM sebagai pendukung investasi,” tuturnya.

Editor : Gora Kunjana (This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.)
Sumber : Investor Daily

 
top