idarenfrdehihujaru

PSBB Jakarta Berdampak Terhadap 18 Event Pariwisata Belitung, Wonderful Sail to Indonesia Ditiadakan

Kapal nelayan ketika berada di lepas pantai Tanjung Kelayang beberapa waktu lalu
Hits: 20

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Dinas Pariwisata bersama beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), pengelola destinasi, dan pihak terkait telah menyusun event periode September-Desember.

Tercatat ada 18 event yang bakal digelar, termasuk Festival Tanjung Kelayang yang menjadi 100 event wisata Wonderful Indonesia.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi, berbagai agenda kepariwisataan tersebut, seperti Festival Tanjung Kelayang yang berskala nasional memang digelar untuk menggaet wisatawan. Juga beberapa event diadakan sebagai upaya pemulihan ekonomi seperti Bazar Belitung Kreatif.

"Sudah merancang 18 event dengan asumsi bahwa situasi normal. Kalau PSBB (pembatasan sosial berskala besar) Jakarta sampai Desember maka dikhawatirkan event yang skala nasional akan berpengaruh," kata Jasagung, Rabu (16/9/2020).

Ia menyebut, diharapkan event dapat digelar jika kondisi kasus pandemi di Belitung masuk kategori hijau atau sedikit kuning. Sementara terkait PSBB dari Jakarta, maka keputusan gelaran event juga ditentukan berdasarkan regulasi pusat ke daerah.

Di samping itu, ia menyampaikan bahwa kegiatan akan banyak digelar dengan melibatkan pelaku ekonomi kreatif dan pelaku seni Belitung.

"Kalau UMKM melalui bazar, pelaku seni akan ditampilkan dibeberapa tempat misal Sabtu malam di Pantai Tanjungpendam atau Gedung Nasional. Kalau bagi yang senang musik tradisional mungkin nanti disesuaikan di Gedung Nasional, jadi memperbanyak pagelaran kesenian," jelasnya.

Program-program pemberdayaan juga akan diberikan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

"Kalau pelaku wisata lain, mudah-mudahan situasi normal, (kedatangan wisatawan) bisa terisi kembali walau sedikit. Segmennya tamu-tamu dinas, lebih baik menarik segmen bisnis, sambil jalan pemulihan ekonomi membantu kalangan yang rentan menghadapi pandemi," tuturnya.

Wonderful Sail to Indonesia Ditiadakan

Sail Indonesia menjadi satu dari sekian event rutin yang digelar setiap tahunnya. Di Belitung, event tersebut biasanya digelar sekitar Oktober.

Pada acara tersebut, puluhan kapal pesiar dari turis mancanegara bersandar di Belitung. Mereka pun diajak berkeliling, melihat beragam potensi keindahan alam dan bertemu langsung para pelajar hingga masyarakat. Tahun ini, agenda tahunan itu tak akan diadakan.

"Tahun ini sail ditiadakan oleh panitia," ujar Jasagung Hariyadi.

(Posbelitung.com/Adelina)


Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati

top