idarenfrdehihujaru

Jajaran Polda NTT Dukung Pariwisata

Sejumlah wisatawan menikmati matahari terbenam (sunset) di kawasan wisata Bukit Silvia, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT Minggu (19/1/2020). Bukit Silvia merupakan salah satu kawasan wisata yang sering dipadati oleh wisatawan domestik dan mancanegara yang ingin menyaksikan sunset. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha
Hits: 6

KUPANG – Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur, Inspektur Jenderal (Irjen) Lotharia Latif mengimbau jajarannya untuk mempromosikan pariwisata sebagai sektor unggulan yang dapat meningkatkan perekonomian di provinsi berbasiskan kepulauan itu.

"Berkaitan dengan pariwisata, kami telah mengimbau kepada seluruh jajaran Polda NTT agar menjadi agen promosi yang terus mempromosikan pariwisata NTT," demikian keterangan pers Kapolda Lotharia Latif seperti dikutip dari Antara dari Kupang, Selasa (15/9).

Kapolda Lotharia Latif juga telah mengemukakan hal itu secara langsung dalam pertemuan dengan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat di Kantor Gubernur NTT di Kupang, Senin (14/9).

Ia mengatakan, pihaknya siap mendukung pembangunan di NTT termasuk sektor pariwisata yang sedang digaungkan pemerintah daerah sebagai sektor penggerak utama perekonomian.

"Pak Gubernur, atas penugasan yang diberikan kepada kami untuk mengabdi di NTT, prinsipnya kami siap mendukung pelaksanaan pembangunan di NTT," lanjut dia.

Ia mengatakan, selain dukungan terhadap pembangunan, dalam waktu dekat NTT juga menggelar pilkada serentak di sembilan kabupaten. Jadi, Kapolda NTT memastikan jajaran salah satu penegak hukum itu tetap mengawal secara baik agar pelaksanaannya berlangsung aman dan kondusif.

"Pilkada ini juga berlangsung dalam kondisi pandemi covid-19 sehingga dalam pengawalan kami terus mengimbau seluruh elemen agar tetap mematuhi protokol pencegahan covid-19," lanjut dia.

"Upaya penegakan protokol pencegahan covid-19 di lapangan juga tentunya kami lakukan dalam prinsip preventif dan humanis," kata Kapolda NTT itu.

Pemprov NTT menaikkan anggaran pariwisata dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 menjadi Rp44,8 miliar dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp20 miliar.

Penambahan anggaran tersebut untuk kebutuhan promosi di luar negeri mencapai Rp12 miliar, bertambah dari tahun sebelumnya yakni Rp8 miliar. Sedangkan di dalam daerah, tahun ini Dinas Pariwisata NTT menggelar festival pariwisata dan budaya di 22 destinasi wisata.

Selain itu juga adanya bantuan anggaran untuk festival pariwisata yang digelar oleh kabupaten dan kota. Ada sekitar 120 festival yang digelar oleh seluruh kabupaten sepanjang 2020.

Setiap festival lanjut Wayan, dinas periwisata memberikan bantuan Rp50 juta langsung kepada masyarakat untuk pengembangan ekonomi kreatif masyarakat setempat. Ada empat prioritas pengembangan pariwisata NTT yakni pertama pengembangan destinasi, kemudian pengembangan kelembagaan. 

Ada pula pengembangan pemasaran dan industri kreatif, dengan fokus pada atraksi, aksesibilitas, amenitas, akomodasi dan kesadaran (awareness). (Leo Wisnu Susapto)

top