idarenfrdehihujaru

Pulihkan Pariwisata di Pulau Belitung, Ini Rencana Disbudpar Provinsi Bangka Belitung

Hits: 5

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Rudy Mahardy mengatakan, untuk pemulihan ekonomi di sektor pariwisata, sekarang ini,

bukan hanya sebatas sosialisasi tentang kesiapan peran pokdarwis, desa wisata dan kelompok masyarakat saja.

Namun, rencana untuk pemulihan sektor pariwisata itu, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung tetap akan melakukan pendampingan. Terutama kepada pelaku wisata yang mengelola tempat wisata yang ada di Belitung dan Belitung Timur.

"Itu yang jelas, kami melibatkan konsultan dan ini bagian dari peningkatan SDM tentu nya, karena kalau berbicara potensi alam sudah tersedia, sekarang tinggal menimbulkan bagaimana agar kami bisa menarik wisatawan ke Belitung," ungkap Rudy kepada posbelitung.co, rabu (16/9/2020).

Pemulihan sektor pariwisata itu pula, kata dia, bukan hanya pendampingan saja yang diberikan kepada pengelola tempat wisata. Namun fasilitas sebagai sarana dan prasarana lokasi wisata tersebut tentu akan di upayakan untuk dipenuhi.

"Tapi itu kami tentu harus diskusi dulu kepada pelaku wisata itu sendiri, apa yang mereka butuhkan, dan kami upayakan melengkapi itu," kata Rudy.

Untuk pemulihan sektor pariwisata sekarang ini, lanjut dia, tentu sangat pas sekali, lantaran daerah lain sedang berada di zona merah, Bangka Belitung dan Belitung khusus nya berada di zona hijau.

"Moment ini sudah pas, jadi ketika orang sudah zona hijau semua nya, kita sudah siap menerima wisatawan, tapi harus berbenah lagi. Nah ke depan ini memang arahnya, lebih ter fokus, dan kita lebih kepada pemberdayaan masyarakat," pungkasnya.

Bangkitkan PelakuPariwisata

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (16/9/2020) melakukan sosialisasi tentang kesiapan peran pokdarwis, desa wisata dan kelompok masyarakat untuk pengembangan pariwisata pasca pandemi covid-19.

Terutama pengembangan pariwisata, dalam konsep Geopark Pulau Belitong yang inklusif dan berkelanjutan. Sosialisasi itu, terlaksana di Ballroom Hotel BW Suite Tanjungpandan, Belitung.

"Ini sebetulnya sebagai refreshing, setelah kondisi covid-19 memukul pariwisata Indonesia. Artinya kami mencoba untuk menumbuhkan semangat teman - teman dan memberikan motivasi, apa saja yang perlu di tingkatkan," ungkap Sekretaris Disbudpar Provinsi Bangka Belitung Rudy Mahardy kepada Posbelitung.co, Rabu (16/9/2020).

Pemberian semangat dan motivasi tersebut, kali ini diberikan kepada pelaku wisata yang ada di Belitung dan Belitung Timur, lantaran pariwisata Belitung secara keseluruhan sudah menjadi destinasi pariwisata nasional.

Apalagi khusus untuk Belitung, sudah bisa menjalankan program hibah jalan daerah (PHJD), sebab jalan tersebut merupakan salah satu unsur atau akses untuk menuju ke lokasi wisata.

"Disini kami mendampingi mereka, sebagai bentuk peningkatan dan pemberdayaan sumber daya masyarakat, serta cara bagaimana meningkatkan kemampuan pelaku - pelaku wisata di tengah pandemi ini," ucapnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)


Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati

top