idarenfrdehihujaru

Tourism

Ekonomi Dunia Lesu, Luhut Pastikan Investasi RI Tetap Bergairah

Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan saat memberikan keterangannya terkait pencapain tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK di Gedung Bina Graha, Jakarta, Rabu (18/10). Tiga Menteri hari ini memaparkan tentang Pengembangan Ekonomi Maritim dan Peningkatan Produktivitas Sumber Daya Laut | AKURAT.CO/Handaru M Putra
Hits: 6

AKURAT.CO Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, meski perekonomian dunia tengah lesu, investasi langsung atau foreign direct investment (FDI) di Indonesia masih tetap berjalan dengan baik.

"FDI dan investasi portofolio terus masuk ke Indonesia, dan tidak ada yang mengkhawatirkan karena RI menjadi negara di emerging market yang memiliki strategi mendorong investasi terbaik," kata Luhut dalam sebuah Webinar, Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Luhut mengatakan, lembaga pemeringkat seperti Moody's dan Fitch Rating memberikan apresiasi terkait langkah pemerintah memberikan stimulus selama COVID-19.

"Sempat menjalani wawancara dengan Moody's dan Fitch Rating bahwa mereka apresiasi paparan kami bahwa stimulus kalau ini bisa 80 persen sampai 90 persen (terealisasi)," katanya.

Luhut menambahkan, investasi langsung menjadi salah satu cara mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja serta pemerataan pembangunan.

Selain itu, dalam meningkatakan investasi, Luhut juga memastikan akan ada nilai tambah yang harus berlandaskan 5 hal yaitu, ramah lingkungan, mendidik tenaga kerja lokal, memberi nilai tambah bagi industri dan berlandaskan transfer teknologi dan menerapkan prinsip B2B.

"Transfer teknologi, itu mimpi saya. Kita harus selalu bicara dengan orang luar harus ada transfer teknologi. Enggak boleh dong dia hanya ambil saja," katanya. []

top