idarenfrdehihujaru

Tourism

Perizinan Usaha Budidaya Udang Dipermudah, SCI Siap Kebut Investasi

Ketua Harian Shrimp Club Indonesia (SCI), Ir H Hardi Pitoyo. (FOTO: Hardi Pitoyo for TIMES Indonesia)
Hits: 71

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Ketua Harian Shrimp Club Indonesia (SCI), Ir H Hardi Pitoyo, mengaku siap kebut investasi. Pernyataan tersebut menyusul adanya kebijakan mempermudah proses perizinan usaha budidaya udang yang diterbitkan pemerintah era Jokowi.

 

"Ibarat start, kita langsung lari," kata Ir H Hardi Pitoyoya, Rabu (29/7/2020).

Yang sebelumnya membutuhkan 21 jenis izin usaha, kini pelaku usaha cukup melakukan pengurusan satu surat pemberitahuan kegiatan usaha dari Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM RI.

Kebijakan pro investasi itu adalah keputusan bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan BKPM. Di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.

"Kami merasa sangat terbantu," cetus pengusaha tambak udang asal Banyuwangi ini.

Mewakili seluruh anggota SCI, masih Hardi Pitoyo, dia mengucapkan terima kasih pada pemerintah. Khususnya pada Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia SE, Menteri KKP, Edhy Prabowo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan dan Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI Moeldoko.

"Semoga kebijakan ini bisa mendorong kemajuan perekonomian Indoensia untuk lebih baik lagi," cetusnya.

Sekedar diketahui, komoditi perikanan jenis udang adalah penyumbang devisa negara. Dan terbukti sebagai salah satu sektor usaha yang tidak terpengaruh terhadap penyebaran Covid-19.

"Bahkan di pasar ekspor. Semoga juga akan menjadi sektor usaha yang mampu merecovery ekonomi nasional," ungkap Ketua Harian SCI Hardi Pitoyo terkait perizinan usaha budidaya udang(*)

top