idarenfrdehihujaru

Akibat Covid-19, Laju Investasi 2020 akan Lebih Berat

Ekonom Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal Hastiadi. Foto: youtube
Hits: 12

JAKARTA, investor.id – Kalangan pengusaha menilai prospek investasi selama tahun 2020 belum bisa tumbuh optimal. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor. Pertama perubahan kepercayaan pasar terhadap iklim usaha investasi nasional dan respon kebijakan pemerintah terhadap wabah covid-19.

Lamanya waktu yang diperlukan pemerintah untuk mengendalikan wabah di Indonesia akan mempengaruhi minat investasi. Ekonom Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal Hastiadi berpendapat laju investasi tahun ini akan terasa lebih berat dari tahun 2019.

Sebab upaya pemerintah untuk meningkatkan investasi akan terhalang dengan dampak dari covid 19. Apalagi kalau Pemerintah mengharapkan investasi dari luar negeri. Sebab sedang terkontraksi cukup signifikan.

“Setidaknya di kuartal I 2020 saya rasa masih cukup terbatas peluang perutmbuhannya. Apapun yang dilakukan pemerinntah sekarang tidak akan berdampak karena permasalahannya perhatian orang teralih bagaimana memitigasi covid-19,” ucap Fithra di Jakarta, Senin.. Sebab dampak dari covid-19 tidak hanya terjadi di Indoesia namun juga berdampak ke semua negara.

Investor asing juga akan melakukan restrukturisasi kegiatan investasi Sementara aktifitas yang berasal dari kegiatan ekonomi domestik akan cukup terbatas.  Lebih lanjut Fithra menilai pertumbuhan investasi akan sangat bergantung pada perkembangan covid-19.

“Begitu ini selesai akan terjadi rebound di kuartal berikutnya. Kalau merujuk pada beberapa forecast untuk Indonesia sendiri akan mencapai puncaknya antara pertengahan mei. Saya rasa investasi baru bisa pulih pada kuartal ketiga 2020,” tutur Fithra. Sumber : Investor Daily


Penulis: Arnoldus Kristianus

top