Jokowi mengobral insentif agar investasi di sektor pertanian, peternakan dan pertambangan ramai. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).

Jokowi Obral Insentif Investasi Pertanian dan Peternakan

Insentif tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2019 tentang Fasilitas Pajak Penghasilan untuk Penanaman Modal di Bidang-Bidang Usaha Tertentu.
Dalam beleid yang diteken Jokowi 12 November lalu, insentif diberikan dengan tiga kriteria. Pertama, memiliki nilai investasi tinggi atau untuk ekspor. Kedua, memiliki penyerapan tenaga kerja besar. Ketiga, memiliki kandungan lokal tinggi.

Kalau syarat investasi tersebut terpenuhi, investor akan diberikan insentif berbentuk pengurangan penghasilan netto sebesar 30 persen dari jumlah nilai penanaman modal yang berupa aktiva tetap berwujud. Modal tersebut termasuk tanah yang digunakan untuk kegiatan utama investasi yang dibebankan selama enam tahun, dengan besaran masing-masing sebesar 5 persen per tahun.

Fasilitas pajak penghasilan tersebut dapat dinikmati investor sejak mulai produksi komersial.

Selain fasilitas tersebut,  investor bisa mendapatkan insentif lain berbentuk pengenaan pajak penghasilan atas dividen yang dibayarkan kepada wajib pajak luar negeri selain bentuk usaha tetap di Indonesia sebesar 10 persen atau tarif yang lebih rendah menurut perjanjian penghindaran pajak berganda yang berlaku dan kompensasi kerugian investasi dengan lama lima tahun tapi kurang dari 10 tahun.

Untuk kompensasi kerugian diberikan dengan beberapa ketentuan. Salah satunya, tambahan satu tahun apabila mengeluarkan biaya untuk infrastruktur ekonomi atau sosial di lokasi usaha paling sedikit Rp10 miliar.

Selain bidang usaha tersebut, ada banyak bidang yang diberikan kesempatan Jokowi untuk mendapatkan insentif tersebut. Bidang tersebut antara lain, pertanian jagung, kedelai, padi hibrida, aneka umbi palawija, tebu, buah tropis dan subtropis, lada.

Selain itu, ada juga bidang usaha sapi potong, pembibitan dan budidaya sapi perah, pengusahaan hutan jati, pinus, sonokeling dan cendana.

Untuk pertambangan, fasilitas bisa dinikmati investor bidang gasifikasi batu bara, pengusahaan tenaga panas bumi, pertambangan bijih logam, bijih besi, nikel, tembaga, bauksit, mangan dan lain sebagainya.

Dalam penjelasan beleid tersebut, Jokowi mengatakan kebijakan tersebut diberikan untuk mendorong percepatan realisasi investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan dan percepatan pembangunan di daerah tertentu dan pedalaman.

"Penentuan bidang usaha tertentu dan daerah tertentu yang menjadi tujuan penanaman modal yang memperoleh fasilitas pajak penghasilan dilakukan dengan prioritas pengembangan sektor guna menciptakan suatu ekosistem perekonomian yang menyeluruh," katanya seperti dikutip dari beleid tersebut, Senin (2/12).

Selain itu, Jokowi juga menyatakan beleid tersebut diterbitkan untuk memenuhi pelaksanaan pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik dan mempercepat pelaksanaan berusaha. 

Back to top
Go to bottom

PARIWISATA

Gubri Syamsuar Tunggu Keseriusan Bupati Bengkalis Kembangkan Pariwisata Pulau Rupat
12 December 2019, 14:10

(Daerah),- PEKANBARU - Belum lama ini, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar membawa investor atau pengusaha dari Singapura melihat keindahan dua pantai di Pulau Rupat, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Read More
Pentingnya Label Halal Kuliner Aceh dalam Mendukung Pariwisata
12 December 2019, 14:07

(Provinsi),- Pemerintah Aceh gencar melakukan kampanye di tingkat nasional dan internasional untuk memajukan sektor pariwisata. Hal ini menyusul sejumlah penghargaan yang didapat provinsi berjuluk Serambi Makkah, sebagai destinasi wisata halal.

Read More
POJOKBOGOR.com– Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menjadi menjadi keynote speakers seminar sekaligus Grand Launching Kampus Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan (IBIK) dengan tema ‘Revolusi 4.0 Tantangan dan Peluang In
12 December 2019, 14:04

(Daerah),- SUKABUMI, INFODESAKU – Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Saba Desa Pariwisata berlokasi di Perkebunan Teh Jayanegara, Desa Kabandungan, Kecamatan Kabandungan, Rabu (11/12/2019)

Read More
Wamen Pariwisata Paparkan 5 Solusi Konkrit Tantangan Pariwisata Indonesia di Era Digital
12 December 2019, 14:03

(Natinal),- POJOKBOGOR.com– Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menjadi menjadi keynote speakers seminar sekaligus Grand Launching Kampus Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan (IBIK)

Read More
Penguatan Industri Pariwisata RI: Pemanfaatan Pengalaman Digital Jadi Kunci
12 December 2019, 14:01

(National),- Bisnis.com, JAKARTA - Pemanfaatan pengalaman digital melalui teknologi artifisial menjadi salah satu kunci utama menarik minat wisatawan pada tahun depan.

Read More
Pariwisata Kuba Sepi Turis karena Aturan Baru Donald Trump
12 December 2019, 13:59

(International), Pariwisata di Kuba turun drastis menyusul berlakunya larangan penerbangan yang dilakukan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Trump melarang seluruh penerbangan semua kota di Kuba, kecuali Havana dari Amerika Serikat pada pertengahan 2019 lalu.

Read More
Dinas Pariwisata Kembangkan Dua Objek Wisata Unggulan di Kolaka
11 December 2019, 16:06

(Daerah),- ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka bakal mengembangkan dan merevitalisasi dua objek wisata di wilayah tersebut sebagai destinasi wisata unggulan.

Read More
Wali Kota Tarakan Genjot Pariwisata Demi Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi
11 December 2019, 16:03

(Daerah),- Merdeka.com - Pariwisata apabila dikelola secara tepat, dapat menjadi sektor andalan untuk menyejahterakan masyarakat dan meningkatkan pendapatan daerah. Maka dari itu, beberapa daerah di Indonesia sedang menggenjot sektor pariwisatanya. Termasuk Kota Tarakan, yang terletak di Provinsi Kalimantan Utara.

Read More
Ini Catatan BI untuk Pengembangan Sektor Pariwisata Sulut
11 December 2019, 16:02

(Provinsi),- Bisnis.com, MANADO - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara memberikan sejumlah catatan untuk mengoptimalkan sektor pariwisata di Bumi Nyiur Melambai.

Read More
OBYEK WISATA
iden
240960
TodayToday888
YesterdayYesterday1289
This_WeekThis_Week10163
This_MonthThis_Month24192
All_DaysAll_Days240960

Free Joomla! template by L.THEME