Ketua DPRD Kalsel bersama BP Perda DPRD Kalsel berkonsultasi ke Direktorat Produk Hukum Daerah Kemendagri

DPRD Provinsi Kalsel Siapkan Empat Raperda Ramah Investasi

Hal ini juga menjadi seruan dan arah kebijakan Presiden RI, Joko Widodo yang inginkan Pemerintah Daerah sejalan dengan Pemerintah Pusat untuk menciptakan regulasi dan peraturan daerah (Perda) yang ramah investasi.

Hal ini sudah mulai diimplementasikan Pemerintah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan menyiapkan Raperda-Raperda yang berkaitan langsung dengan investasi.

Dijelaskan Ketua Badan Pembentukan Perda (BP Perda) DPRD Provinsi Kalsel, H Hormansyah, setidaknya ada empat Raperda yang terkait investasi yang akan segera digarap DPRD Provinsi Kalsel bersama Eksekutif.

Yaitu Raperda Tentang Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman, Raperda Tentang Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan, Raperda Tentang Penyelenggaraan Pariwisata dan Raperda Tentang Pemberdayaan Desa Wisata di Provinsi Kalsel.

Dimana dari empat Raperda tersebut, tiga diantaranya merupakan usulan Pemerintah Provinsi Kalsel dan satu lainnya inisiatif DPRD Provinsi Kalsel. Berdasarkan Nota Dinas Badan Pembentukan Perda Nomor 08/BPPERDA/DPRD/XI/2019 dan Keputusan Gubernur Kalsel Nomor 188.44/KUM/2019, empat Raperda ramah investasi tersebut sudah masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Tahun 2020.

Ditekankan H Hormansyah, karena Raperda-Raperda tersebut bersinggungan langsung dengan aspek investasi, maka akan disusun sedemikian rupa agar ramah kepada investor. "Perda tersebut akan kita perhatikan supaya ramah investasi," kata H Hormansyah. Hal tersebut disampaikannya usai berkonsultasi dengan Direktorat Produk Hukum Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI pada Jumat (29/11/2019).

Selain H Hormansyah, Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Supian HK yang memimpin rombongan BP Perda lakukan konsultasi menyatakan dukungannya terhadap kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo terkait aspek ramah investasi.

Dijelaskannya, Perda yang akan nantinya akan ditetapkan, setelah diimplementasikan diharapkan tidak akan menimbulkan jalur pelayanan birokrasi yang panjang dan memberatkan pelaku usaha sehingga tidak mengganggu kemudahan dalam melakukan usaha di Kalsel.

“Kita harapkan nantinya Perda yang dihasilkan lebih berkualitas untuk lebih fokuskan dan mempermudah jalur pelayanan serta tidak menghambat investasi,” kata H Supian HK.
(banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody)


Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo

Back to top
Go to bottom

PARIWISATA

Gubri Syamsuar Tunggu Keseriusan Bupati Bengkalis Kembangkan Pariwisata Pulau Rupat
12 December 2019, 14:10

(Daerah),- PEKANBARU - Belum lama ini, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar membawa investor atau pengusaha dari Singapura melihat keindahan dua pantai di Pulau Rupat, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Read More
Pentingnya Label Halal Kuliner Aceh dalam Mendukung Pariwisata
12 December 2019, 14:07

(Provinsi),- Pemerintah Aceh gencar melakukan kampanye di tingkat nasional dan internasional untuk memajukan sektor pariwisata. Hal ini menyusul sejumlah penghargaan yang didapat provinsi berjuluk Serambi Makkah, sebagai destinasi wisata halal.

Read More
POJOKBOGOR.com– Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menjadi menjadi keynote speakers seminar sekaligus Grand Launching Kampus Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan (IBIK) dengan tema ‘Revolusi 4.0 Tantangan dan Peluang In
12 December 2019, 14:04

(Daerah),- SUKABUMI, INFODESAKU – Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Saba Desa Pariwisata berlokasi di Perkebunan Teh Jayanegara, Desa Kabandungan, Kecamatan Kabandungan, Rabu (11/12/2019)

Read More
Wamen Pariwisata Paparkan 5 Solusi Konkrit Tantangan Pariwisata Indonesia di Era Digital
12 December 2019, 14:03

(Natinal),- POJOKBOGOR.com– Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menjadi menjadi keynote speakers seminar sekaligus Grand Launching Kampus Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan (IBIK)

Read More
Penguatan Industri Pariwisata RI: Pemanfaatan Pengalaman Digital Jadi Kunci
12 December 2019, 14:01

(National),- Bisnis.com, JAKARTA - Pemanfaatan pengalaman digital melalui teknologi artifisial menjadi salah satu kunci utama menarik minat wisatawan pada tahun depan.

Read More
Pariwisata Kuba Sepi Turis karena Aturan Baru Donald Trump
12 December 2019, 13:59

(International), Pariwisata di Kuba turun drastis menyusul berlakunya larangan penerbangan yang dilakukan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Trump melarang seluruh penerbangan semua kota di Kuba, kecuali Havana dari Amerika Serikat pada pertengahan 2019 lalu.

Read More
Dinas Pariwisata Kembangkan Dua Objek Wisata Unggulan di Kolaka
11 December 2019, 16:06

(Daerah),- ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka bakal mengembangkan dan merevitalisasi dua objek wisata di wilayah tersebut sebagai destinasi wisata unggulan.

Read More
Wali Kota Tarakan Genjot Pariwisata Demi Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi
11 December 2019, 16:03

(Daerah),- Merdeka.com - Pariwisata apabila dikelola secara tepat, dapat menjadi sektor andalan untuk menyejahterakan masyarakat dan meningkatkan pendapatan daerah. Maka dari itu, beberapa daerah di Indonesia sedang menggenjot sektor pariwisatanya. Termasuk Kota Tarakan, yang terletak di Provinsi Kalimantan Utara.

Read More
Ini Catatan BI untuk Pengembangan Sektor Pariwisata Sulut
11 December 2019, 16:02

(Provinsi),- Bisnis.com, MANADO - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara memberikan sejumlah catatan untuk mengoptimalkan sektor pariwisata di Bumi Nyiur Melambai.

Read More
OBYEK WISATA
iden
240957
TodayToday885
YesterdayYesterday1289
This_WeekThis_Week10160
This_MonthThis_Month24189
All_DaysAll_Days240957

Free Joomla! template by L.THEME