Bandara (Shutterstock)

Peluang Ekonomi Pariwisata, Liburan Musim Dingin Potensi Wisman

(NATIONAL),- JAKARTA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengaku optimistis target angka pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tercapai. Asal tahu saja, dalam outlook pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,2%.

Menurut Rosan, untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi adalah menggenjot industri pariwisata. Apalagi dalam, dua bulan terakhir di 2019 ini, sudah memasuki musim liburan.

"Yang paling (berpengaruh) kalau saya bilang ya pariwisata, karena liburan anak sekolah pas Desember. Dan Desember adalah bulan yang bagus untuk menarik pariwisata," ujarnya saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

 Wisman

Apalagi, lanjut Rosan, biasanya wisatawan asing akan berlibur pada musim dingin. Musim dingin biasanya datang pada bulan November, Desember dan Januari 2019. "Karena di luar negeri ini lagi musim dingin. Kalau datanya, orang Rusia paling banyak datang saat November, Desember, dan Januari," ucapnya.

Menurut Rosan, pemerintah harus pintar-pintar promosi objek wisata kepada negara-negara di luar negeri. Misalnya ke Rusia yang biasannya selalu aktif liburan pada bulan November dan Desember untuk merayakan Natal dan Tahun Baru.

Di sisi lain pemerintah juga harus membenahi pelayan pada objek-objek wisata yang ada. Sehingga wisatawan pun tertarik untuk berkunjung jauh jauh ke Indonesia. "Jadi kita mesti pintar juga lihatnya. Oh ini musim dingin, jadi kita mungkin aktif promosi ke negara-negara tersebut. Kalau di pariwisata saya rasa itu salah satu yang mesti didorong," jelasnya.

Sementara untuk investasi dirinya menilai akan sangat sulit memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Karena menurutnya, saat ini ekonomi global sedang sulit. Ditambah lagi kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan juga tidak akan langsung memberikan dampak cepat. Sebab sifat dari investasi adalah membutuhkan waktu dari mulai negosiasi hingga realisasi

 

"Secara industri dan investasi itu pasti makan waktu. Dan bukan hanya sampai Desember, tetapi ke depannya pariwisata mesti didorong. Tetapi untuk menjaga daya beli, menjaga ekonomi berputar, ya pariwisata dalam 2 bulan ini. Saya sih lihatnya begitu," jelasnya.

 

(rzy)

Back to top
Go to bottom
iden
200935
TodayToday1108
YesterdayYesterday1140
This_WeekThis_Week3503
This_MonthThis_Month24754
All_DaysAll_Days200935

Free Joomla! template by L.THEME