idarenfrdehihujaru

Sukuk ST006: Investasi Sambil Dukung Pembangunan Berbasis Lingkungan

Ilustrasi sukuk.
Hits: 83

Produk ST006 merupakan instrumen Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang dikelola berdasarkan prinsip syariah menggunakan akad wakalah, yang tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan), dan usury (riba), serta telah memperoleh izin dari Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Salah satu keistimewaannya, ST006 merupakan Green Sukuk Retail atau sukuk hijau pertama di dunia yang dijual secara online kepada masyarakat Indonesia.

Sebagai mitra distribusi yang dipercaya Pemerintah, Mandiri Sekuritas memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membeli ST006 secara online melalui sbn.most.co.id.

Dengan akses online, proses registrasi dan transaksi dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan aman. Nasabah juga dapat memantau investasinya setiap waktu. Nasabah yang sudah teregistrasi di MOST dan MOST Sharia dapat langsung membeli ST006.

“ST006 menjadi pilihan investasi yang menarik bagi masyarakat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan," ujar Direktur Mandiri Sekuritas Lisana Irianiwati dalam keterangan tertulis, Kamis (7/11/2019).

Menurutnya, Green Sukuk Retail ini tidak hanya berdampak pada penurunan emisi karbon, tetapi juga menyasar lima bidang kampanye global ‘Tujuan Pembangunan Berkelanjutan’ (Sustainable Development Goals / SGDs), antara lain energi bersih dan terjangkau, pekerjaan yang layak, industri, inovasi dan infrastruktur, kota dan komunitas berkelanjutan serta penanganan perubahan iklim.

“Mandiri Sekuritas memiliki komitmen untuk mendorong masyarakat menjadi mapan (#SobatMapan) sekaligus menjaga kelestarian lingkungan untuk keberlangsungan negeri dan generasi penerus. Kami memiliki kampanye Mansek Green Living yang mengajak seluruh karyawan dan masyarakat sekitar untuk memiliki gaya hidup yang sadar lingkungan. Komitmen ini tentunya sangat sejalan dengan inovasi Pemerintah yang menerbitkan sukuk hijau ST006 untuk pembangunan berbasis lingkungan,” kata Lisana.

Sukuk Negara Tabungan ST006 menawarkan imbal hasil dengan mekanisme floating with floor atau mengambang dengan batas minimal sebesar 6,75 persen per tahun, di mana penerimaan imbal hasil dibayarkan setiap bulan di tanggal 10 terhitung mulai tanggal 10 Januari 2020.

Adapun periode pemesanan produk investasi ini dimulai sejak tanggal 1 November 2019 sampai 21 November 2019. Nilai investasi pada produk ini sangat terjangkau, dimulai dari Rp1 juta dan kelipatannya sampai maksimum Rp3 miliar.

Sekadar informasi, Mandiri Sekuritas melayani lebih dari 110 ribu nasabah individu yang berinvestasi di pasar modal.

Pada awal tahun 2019 ini, Mandiri Sekuritas meluncurkan MOST DigiSign, fitur digital signature yang mempercepat pembukaan rekening efek dan rekening dana nasabah secara online hanya dalam waktu satu hari.

Kehadiran MOST DigiSign semakin melengkapi pengalaman digital para nasabah dalam berinvestasi di pasar modal, mulai dari pembukaan rekening efek online, aplikasi trading multiplatform MOST, layanan investasi syariah MOST Sharia, layanan reksa dana MOST Fund, serta kelas investasi online MOST Learning.

top