Gunung Kaba

Bengkulu yang dikenal sebagai Bumi Rafflesia ternyata hanya memiliki dua gununug saja, yaitu Gunung Kaba dan Bukit Daun. Bagi warga lolak Gunung Kaba ini lebih dikenal dengan sebutan Bukit Kaba. Gunung ini masuk dalam salah satu daftar wisata Bengkulu yang cukup diminati wisatawan, terutama yang hobi trekking dan mendaki gunung. 

Meski ketinggiannya hanya 1937 mdpl, namun Bukit Kaba ini mampu menyajikan panorama alam yang luar biasa cantik. Konon di gunung ini terdapat delapan kawah gunung berapi, dan lima di antaranya tertutup rapat oleh vegetasi hijau. Namun yang sering dijadikan objek berfoto wisatawan adalah dua kawah berwarna hijau dan putih kecokelatan di bagian puncak bukit. 

Ingin mendaki ke Gunung Kaba Bengkulu? Baca dulu ulasan berikut. 

Meski Bengkulu punya dua gunung, tapi Gunung Kaba lebih populer di kalangan wisatawan

gunung kaba

Kawah di puncak Bukit Kaba. Foto oleh @_aaaallll

Jika ditanya gunung atau bukit mana yang lebih populer di Bengkulu maka jawabannya adalah Gunung Kaba atau Bukit Kaba. Bukit Kaba ini terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

Gunung dengan ketinggian 1937 mdpl ini masuk dalam Taman Wisata Alam dengan luas wilayahnya sekitar 13.940 Ha. Kawasan ini digunakan sebagai salah satu area untuk perlindungan Bunga Rafflesia Arnoldi karena memang populasinya yang makin berkurang. 

Gunung Kaba memiliki daya tarik di bagian puncaknya yaitu kawah hidup dan kawah mati. Jika akan berkunjung ke kawah hidupnya, maka jangan lupa untuk membawa masker atau alat penutup hidung. Ini karena bau belerang yang sangat menyengat dan mungkin akan mengganggu pernafasan. 

Gunung Kaba dikenal sebagai gunung yang ramah untuk pemula

gunung kaba

Gunung atau Bukit Kaba cocok untuk pendaki pemula. Foto oleh @sarahjalan_

Dengan ketinggian yang tak lebih dari 2.000 mdpl, Bukit Kaba Bengkulu ini memang cukup ramah untuk para pendaki pemula. Bayangkan saja, untuk gunung yang tak terlalu tinggi ini sudah terdapat dua pilihan jalur.

Jalur yang pertama berupa jalanan tanah yang biasa digunakan oleh para pendaki untuk menuju puncak. Jalur kedua berupa jalanan aspal yang sudah cukup rusak. Jika ingin menggunakan jalur yang pertama, maka pastikan untuk membawa peralatan keselamatan yang aman, minimal menggunakan sepatu. 

Wisatawan yang ingin menjajal jalur kedua, maka disarankan untuk menggunakan mobil atau motor trail. Ini karena kondisi jalan yang sudah rusak, sehingga mobil atau motor standar kemungkinan tidak akan bisa sampai di puncak. Jalur aspal juga bisa dilalui dengan jalan kaki selama kurang lebih 2 jam perjalanan. 

Pesona alam Bukit Kaba yang siap memanjakan mata di sepanjang perjalanan

gunung kaba

Menikmati malam di Bukit Kaba. Foto oleh @agungyda

Meski banyak pendaki yang naik ke gunung ini untuk berkemah di puncak, namun banyak juga wisatawan yang mendaki untuk langsung turun. Gunung ini memang biasa digunakan untuk wisata dan pendakian. Panorama alam yang disajikan diawal perjalanan adalah hijaunya perkebunan sayur milik warga lokalnya. Wisatawan dan pendaki juga akan melewati sungai kecil yang airnya sangat jernih dan menyegarkan. Vegetasi hutan hujan tropis yang masih alami dan rimbun juga akan menemani setiap langkah wisatawan. 

Jika beruntung maka wisatawan akan bertemu dengan gerombolan siamang yang hidup bebas di sekitaran hutan. Untuk yang ingin merasakan momen romantis bersama pasangan, cobalah untuk menginap semalam di area sekitar hutan Bukit Kaba. Di area ini wisatawan dapat menyaksikan indahnya cahaya ribuan bintang saat malam hari yang cerah. 

Untuk pendaki, bersiaplah untuk berebut tempat camping saat hari libur tiba

gunung kaba

Ramainya pendaki di Bukit Kaba Bengkulu saat hari libur. Foto oleh @bukitkaba

Menjadi satu-satunya gunung populer di Bengkulu menjadikan Bukit Kaba selalu ramai pendaki saat hari libur. Terutama saat weekend atau saat libur panjang, sebab banyak juga para pekerja kantoran yang memilih ke gunung untuk refreshing dari tumpukan pekerjaan mereka. Maka jangan heran jika pendaki ingin mendaki dan mendirikan tenda di sekitaran puncak maka harus berebut tempat dengan pendaki lain. Berangkat lebih awal dari pendaki lain bisa jadi trik agar bisa memilih tempat camping sesuai selera. 

Sebetulnya akan lebih asyik untuk berwisata di Bukit Kaba ini saat hari biasa. Jadi mungkin dengan ambil beberapa hari cuti untuk bisa menikmati ketenangan di Puncak Kaba. 

Mitos yang menyelimuti Gunung Kaba

gunung kaba

Mitos yang beredar di Bukit Kaba. Foto oleh @rani_lestariiiii

Keberadaan Bukit Kaba Bengkulu tak jauh-jauh dari  itos yang beredar di kalangan masayarakat setempat. Konon sebauh cerita mengisahkan bahwa Bukit Kaba merupakan tempat paling angker di Bengkulu. Diceritakan juga ada beberapa mahkluk ghaib yang konon menempati beberapa tempat di Bukit Kaba, beberapa di antaranya Malim Bagus dan Elang Berantai yang bertahta di puncak bukit,  dan Putri Saudari Kandang yang memiliki kekuasaan di kaki bukit.

Namun masyarakat setempat kerap kali memberi pesan pada wisatawan maupun pendaki yang akan naik ke Bukit Kaba. Para wisatawan tak boleh berkata sombong, bersikap kasar dan bertingkah laku tidak senonoh di gunung ini agar terhindar dari bahaya.

Back to top
Go to bottom
iden
201664
TodayToday408
YesterdayYesterday1429
This_WeekThis_Week4232
This_MonthThis_Month25483
All_DaysAll_Days201664

Free Joomla! template by L.THEME