KABUPATEN PUNCAK
SAMBUTAN

WILLEM WANDIK, SE.M.Si BUPATI PUNCAK

Industri pariwisata sekarang ini sedang dikembangkan dan didayagunakan untuk memperbesar devisa negara, memperluas lapangan kerja dan meratakan kesempatan berusaha terutama bagi masyarakat yang berada di lokasi wisata tersebut. Disamping itu, industri pariwisata juga berperan dalam mendorong Pembangunan Daerah serta memperkenalkan Alam dan Budaya Daerah yang sangat khas dan menarik. (What You see, What you buy) Oleh karena itu pembangunan industri pariwisata tidak dapat diarahkan untuk pembangunan ekonomi saja namun juga untuk Melestarikan Budaya dan Alam.

Di dalam RENCANA PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN, Provinsi Papua merupakan Daerah Tujuan Wisata (DTW) yang sedang berkembang, dengan objek wisata yang beragam mulai dari Wisata Pantai sampai Wisata Pegunungan, Cagar Budaya dan objek wisata lainnya. Salah satu yang akan menarik perhatian dunia Kepariwisataan adalah Wisata Cartenz Pyramid di Kabupaten Puncak.

Saya sangat mendukung upaya Dinas Pariwisata Kabupaten Puncak untuk menerbitkan buku tentang Travel Guide to Puncak Regency ini yang diberi judul “Menyelusuri Jejak Mutiara Tersembunyi di Pegunungan Papua”. Harapan saya semoga dengan buku ini akan semakin banyak arus wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang akan menjejakkan kaki di wilayah Kabupaten Puncak ini.

Terima kasih, semoga bermanfaat !

OBETH MURIB,S.Sos KEPALA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN PUNCAK

Kami memanjatkan Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa buku tentang Travel Guide to Puncak Regency ini akhirnya dapat tersusun dan diterbitkan.

Buku ini merupakan gambaran singkat tentang wisata di Kabupaten Puncak dengan beberapa cara untuk mencapai tujuan wisata yang dikehendaki. Sekaligus merupakan media promosi tentang wisata di Kabupaten Puncak dan juga pengembangan ke depan.

Terima kasih kepada Bupati Puncak yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menyusun, menerbitkan dan mendistribusikan buku dengan judul “Menyelusuri Jejak Mutiara Tersembunyi di Pegunungan Papua” ini. Juga terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami mewujudkan kepercayaan yang diberikan oleh Bupati Puncak tersebut di atas.

Tentu saja tiada gading yang tak retak, kami masih memerlukan kritik dan saran agar buku ini dapat kemudian lebih disempurnakan di masa mendatang.

Terima kasih, semoga bermanfaat !!

VISI
MISI
  1. Meningkatkan Ketersediaan InfrastrukturMeningkatkan Ketersediaan InfrastrukturDasar
  2. Meningkatkan Efektivitas TatakelolaPemerintahan
  3. Meningkatkan Ketersediaan danKualitas Pelayanan Publik Dasar
  4. Meningkatkan Perekonomian Masyarakat
VISI 
MISI
  • Mengembangkan Puncak secara Mengembangkan Puncak secara terpadu, mencakup Seluruh Wilayah Kabupaten dengan tetap mempertahankan Unsur Keunikan dan Potensi Daerah
  • Menguatkan Industri KepariwisataanSebagai Komponen penting dalamPembentukan Ekonomi Wilayah
  • Peningkatan kesiapan dan peranserta masyarakat dalam usahapembangunan Kepariwisataan
  • Memperdayakan masyarakatpenduduk kawasan Wisata sertaMeningkatkan Kualitas Sumber DayaManusia.
GAMBARAN UMUM
Luas, Letak dan Batas Wilayah

Kabupaten Puncak adalah sebuah kabupaten di Provinsi Papua, Indonesia. Kabupaten ini dibentuk pada tanggal 4 Januari 2008 berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2008, bersama-sama dengan pembentukan 5 kabupaten lainnya di Papua. Peresmiannya dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Mardiyanto pada tanggal 21 Juni 2008. Kabupaten Puncak adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Puncak Jaya. Menurut UU RI Nomor 7 Tahun 2008, Kabupaten Puncak beribukota di Ilaga terbagi dalam 80 Desa dan terdiri dari 8 distrik, namun tahun 2015 status berubah menjadi 25 Distrik dan 206 kampung.

Kabupaten Puncak terletak di kawasan tertinggi di Indonesia Kabupaten ini terletak di antara ketinggian 1.500-4.000 meter di atas permukaan laut. Kota Ilaga merupakan salah satu pintu masuk menuju Puncak Cartenz. Kabupaten ini dapat diakses melalui jalur udara dari Kota Timika atau Nabire selama 25 menit dengan pesawat berbadan kecil.

Berada pada posisi astronomis 3°00’ - 4°03’Berada pada posisi astronomis 3°00’ - 4°03’Lintang Selatan dan 136°40’ - 138°05’ BujurTimur, Kabupaten ini memiliki luas 8.055 km2atau 2,54% dari luas keseluruhan wilayahProvinsi Papua. Batas Wilayah adalahKabupaten Mambramo Raya di Utara;Kabupaten Intan Jaya di Barat; KabupatenMimika di Selatan; dan Kabupaten PuncakJaya dan Lani Jaya di Timur.

Geografi, Topografi, dan Iklim

Tinggi wilayah Kabupaten ini adalah antara 1000 m sampai 4.500 m di atas permukaan laut. Suhu udara mencapai kisaran 4.6°(terendah) dan 17.4°C pada tahun 2017 dengan curah hujan rata-rata tahunan berkisar 230 mm dengan rata-rata tahunan terbesar 43 mm.

Penduduk, Jumlah Sex dan Rasio

Jumlah penduduk Kabupaten Puncak (2017) mencapai 107.822 orang dengan laju pertumbuhan 1,02%, terdiri dari 56.425 lakilaki dan 51.397 wanita (rasio: 108). Dengan luas wilayah kabupaten Puncak sekitar 8.055 kilo meter persegi yang didiami oleh 107.822 orang maka rata-rata tingkat kepadatan penduduk Kabupaten Puncak adalah 13 orang per km2. Distrik yang paling tinggi tingkat kepadatan penduduknya adalah Distrik Agadugume yakni sebanyak 37 orang orang per km2 sedangkan yang paling rendah adalah Distrik Doufo yakni sebanyak 1 orang per km2.

Seni Budaya: Aneka Suku, Agama, Seni dan Budaya lokal

Kabupaten Puncak memiliki banyak kebudayaan yang unik dan khas yaitu:
1. Pesta Panen Keladi
2. Pesta Bakar Batu
3. Pesta Perang Suku
4. Pesta Maskawin
5. Pesta Bakar Buah Pandang / Kelapa Gunung (Alu/kweing)
6. Pesta panen Jagung
7. Pesta Panen Tebu

Kabupaten Puncak Masuk dalam 5 (lima) Wilayah Adat yaitu Lapago terdiri dari 19 Suku lebih khusus Kabupaten Puncak 7 (Tujuh) yakni Suku Damal, Suku Amungme, Suku Dani, Suku Nduga, Suku Lem/Delem, Suku Wano, Suku Lani, Suku Moni dan Suku-suku di Doufo, Iratoi.

Kabupaten Puncak adalah Pusat Injil Pertama oleh Missionaris Us/New York yaitu. Don Gibbons, Gordon Larson, Jhon Ellenberger dari ketiga Missionaris dibagi untuk menginjili suku-suku yang ada, Suku Damal dan Amungme menginjili oleh Tuan Don Gibbons di Wilayah suku Damal dan Amungme Kampung Beoga Distrik Beoga dan Distrik Jila, Erelma Kawia, Tembapura/waa, Aroanop.

Sejak Tahun 1939 Gereja Kingmi Sudah Ada di Tanah Papua Missionaris Amerika, New York mereka masuk di Enarotali pada 13 Januari 1939.
1. Daerah Ilaga sekarang sebut Kabupaten Puncak tahun 1956 Pdt, Donand and Alice Gibbons.
2. Daerah Beoga tahun 1960 oleh Pdt, Bill and Gracie
3. Daerah Sinak Jhon and Betty Wilson tahun 1960
4. Daerah Jila/Nduga Pdt, Andrian and Mijo Vander Bil 1961

Injil Masuk di Hari Injil Masuk Papua merupakan sebuah hari libur resmi dan cuti bersama khusus di Papua yang jatuh setiap tanggal 5 Februari untuk memperingati masuknya Injil di Tanah Papua. Hari libur resmi dan cuti bersama sehari ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur Provinsi Papua Nomor 140 Tahun 2008.

Jhon Ellenberger dengan Keluarga di Kampung Kungga distrik Omukia , Tuan Gordon Larson menginjili di Kampung Eromaga, Distrik Omukia dan Katolik di Misi Gome, Mundirok,Tagaloa. 

Nama-nama Organisasi Gereja di Kabupaten Puncak :
1. Gereja Kemah Injil (KINGMI) di Tanah Papua
2. Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII)
3. Gereja Katolik
4. Gereja Kristen injili Indonesia

Nama - Nama Masjid di Kabupaten Puncak
1. Masjid Ilaga
Bahasa yang di gunakan dalam ibadah ibadah adalah Bahasa Indonesia, Bahasa daerah/local (Damal/Dani) dominan di kabupaten Puncak mengunakan Bahasa Damal dan Dani.

Kabupaten Puncak memiliki banyak seni budaya.
1. Seni Sari
2. Seni Budaya
Seni Sari terdiri dari Tarian Waitak, Tarian Wisisi, Tarian Putar dalam tarian adat semua tubuh dan waja mereka penuh dengan perihasan agar mereka benar-benar hidup dan dalam tarian tersebut.

Alat-alat tarian adat adalah Gitar tradisional, semua serba teradisional music dimainkan oleh anak-anak muda, kalua untuk tarian Waitak atau pompa tanah cukup dengan panah dan busur untuk toki di paha
mereka agar bunyi nada bersamaan dengan lagu. Lagu Waitak tidak semua orang bisa tetapi orang-orang tertentu yang bisa untuk memain kan music kesinambungan dengan
gerakan tubuh agar khas. dan ada makna tersendiri.

Kunjungan Wisatawan

Kunjungan Wisatawan Mancanegara  (3-5 tahun berturut-turut);
1. Kunjungan Wisatawan Mancanegara amaupun domestic tahun 1980-2000 sedikit 300-500 Wisatawan di bagi melalui tiga Pintu menuju Puncak Chartenzs yaitu.

  • Ilaga,
  • Intan Jaya dan 
  • Timika

2. Kunjungan wisatawan tahun 2000- 2019 Sedikit menurun Rata-rata lama kunjungan (lama menginap);
Lama kunjungan Wisatawan melalui Kabupaten Puncak Menju Puncak chartenzs 2-5 hari 2-5 malam melalui jalan setapak base camp by Base Camp to Chartenzs. 

Rata-rata Pengeluaran Wisman. Tingkat Kemahalan di Kabupaten Puncak sangat setinggi maka wisatawan mancanegara mengabiskan Usd.10.000 atau lebih untuk domestic 25-50 jutaan.

INFORMASI BERBAGAI FASILITAS PENDUKUNG PARIWISATA
DAFTAR HOTEL / RESORT / HOMESTAY/ PENGINAPAN
Home Stay Kelabo Puncak
Puncak
Chartenzs Center
Distrik Omukia
Mess Pemda
Puncak
DAFTAR RESTORAN / RUMAH MAKAN
Bakar Batu
di 25 Distrik/206 Kampung
Warung B1/B2
Ikan ilaga/Gome/Beoga/Sinak
Warung Kopi
Warkop Ilaga/Gome/Beoga/Sinak
Bakar Batu
di 25 Distrik/206 Kampung
Lalapan
Ayam/Ikan/B2di Ilaga Gome/Beoga/Sinak
Warung Kopi
Warkop Ilaga/Gome/Beoga/Sinak
DAFTAR PERUSAHAAN RENTAL KENDARAAN, TRANSPORTASI DARAT / LAUT / UDARA
Kendaraan Umum
dan Kendaraan Dinas Pemerintah
Mobil Pick Up
Truk Antar Jemput Rp. 500rb - 1jt
Roda Dua
Ojek 20rb - 100rb
TRANSOPTASI DARAT RODA DUA DAN RODA EMPAT
Ilaga - Gome
Ilaga - Mawugi
Ilaga - Ilaga Utara
Ilaga - Beoga
Ilaga - Omukia
Ilaga - Sinak
Ilaga - Gome Utara
TRANSOPTASI LAUT (PELNI)

pELABUHAN pAMAKO

di Timika (Kapal Tatamailau / Kalimutu)

Pelabuhan Nabire

jayapura-nabire-ilaga

pelabuhan doufo/iratoi

TRANSOPTASI UDARA

MAF Air Service

Trigana Air Service

Enggang Air Service

Dimonim Air Service

Jhonlin Air Transport

Tribun Air Service

Asian One Air Service

Aviastar Air Service

Pemda Dabi Air Service

Susi Air Service

Alda Air Service

Daftar Agen Biro Perjalanan Wisata
sample64
Chartenzs Travel Agen
sample64
ILUN TOUR AND TRAVEL
sample64
WEST CHARTENZS TOUR AND TRAVEL
Nama Tempat hiburan

Billiyard
(2)

Karaoke
(1)

Bar

SALON
(1)

Pangkas Rambut
(5)

Panti Pijat

Toko Souvenir dan Oleh oleh

Pasar Umum Ilaga

11

Pasar Tradisonal Sinak

15

Pasar Tradisional Bandara Ilaga

5

Pasar Tradisional Beoga

32

Pasar Tradisional Gome

8

Pasar Tradisional Gome Utara

13

INFORMASI UMUM

Transportasi

Panjang jalan raya mencapai 41,18 km (jalan Provinsi: 4,5 km dan jalan Kabupaten: 36,68 km) dengan jalan rusak hanya 2,4 km saja.

Bandara Iliga melayani:Bandara Iliga melayani:

A. Penerbangan Komersial(Garuda Airlines dan Sriwijaya Airlines)

1. JKT - UPG - TIM - DJJ ( PP ) 2 kali sehari
2. JKT - DPS - TIM - DJJ ( PP ) 1 kali sehari
3. TIM - SORONG - MANADO ( PP )1 kali setiap hari
4. TIM - DJJ - BIAK ( PP ) Selasa,Rabu, Kamis, Sabtu dan Minggu
5. TIM - DJJ - MANOKWARI ( PP ) Senin, Rabu, Jumat dan Minggu
6. ILAGA - TIMIKA Setiap Hari Senin-Sabtu
7. TIMIKA - ILAGA Setiap Hari Senin-Sabtu.

B. Penerbangan Komersial

(Johnline Air, Trigana, Aviastar, TribunAir, Susi Air, MAAF Air, Pilatus):

1. Ilaga-Nabire setiap hari Rabu
2. Ilaga-Wamena Setiap Hari Jumat
3. Ilaga-Timika Setiap Hari Kecuali Minggu
4. Ilaga –Sinak Setiap hari
5. Ilaga-Beoga Setiap Hari
6. Rute Baru Ilaga-Jayapura Tahun 2020
7. Rute Baru Ilaga Biak tahun 2020.

C. Transportasi Ilaga,Gome dan FasilitasUmum

-  Roda empat/Mobil OPD
- Motor Dinas
- Ojek
- Truk/Pick-up.

D. Penerbangan Perintis ke KabupatenTetanggao 

- Pesawat MAF Air serviceo
- Pesawat Jonline Air Serviceo
- Pesawat Susi Airo
- Pesawat Dimonim Airo
- Pesawat Ama Air
- DABI Air Service Milik PEMDA Puncak
- Asian One Airo Tribun Air
- Trigana Air
- Avia star
- Mimika air service

fasilitas kesehatan

Kabupaten Puncak memiliki 3 Puskesmas Kabupaten Puncak memiliki 3 Puskesmas Rawat Inap, 5 Puskesmas Rawat Jalan, 3 Puskesmas Keliling (roda-4), 6 Puskesmas Keliling (roda-2), 9 Pustu, 30 Posyandu; yang dilayani oleh 10 dokter umum, 5 dokter gigi, 48 bidAn dan 116 perawat.

WISATA ALAM

Puncak Chatenzs Pyramid 4.884m

Puncak yang juga terdaftar sebagai salah satu dari tujuh puncak benua (Seven Summit) yang sangat fenomenal dan menjadi incaran pendaki gunung di berbagai belahan dunia. Puncak Jayawijaya terletak di Taman Nasional Laurentz, Papua. Puncak ini diselimuti oleh salju abadi. Salju abadi di Puncak Jayawijaya merupakan satu dari tiga padang salju di daerah tropis yang terdapat di dunia.

Di negeri kita yang dilalui garis khatulistiwa ini, menyaksikan adanya salju di Indonesia tentunya sesuatu yang mustahil untuk bisa dimengerti. Carstenz Pyramid (4884 m dpl) adalah salah satu puncak yang bersalju tersebut. Puncak tertinggi di Asia Tenggara dan Pasifik ini terletak di rangkaian Pegunungan Sudirman. Puncak ini terkenal tidak hanya karena tingginya, tetapi juga karena terdapat lapisan salju di puncaknya. Dua jalur menuju Carstenz adalah melalui Sugapa dan Ilaga. Dari sana perjalanan memakan waktu sekitar 5-6 hari perjalanan untuk menuju puncaknya. 

Saat ini Sugapa menjadi jalur yang sering dilewati. Untuk menempuh Ilaga dan Sugapa harus dari Nabire. Dari situ naik pesawat perintis selama sekitar 45 menit dari Nabire dengan kisaran harga sekitar Rp 1 juta. Setelah itu, biasanya banyak pendaki yang menyewa porter dengan biaya Rp 500.000-1.000.000 per hari.

Dari dua desa itu nanti pengunjung akan melewati Danau Larson selama empat hari. Lalu dari situ menuju Danau Biru, camp terakhir sebelum Puncak Carstenz selama satu hari perjalanan. Ada baiknya pengunjung menyiapkan fisik sebelum memulai perjalanan. Aklimatisasi, yaitu penyesuaian dengan kondisi medan, akan menjadi halangan terberat. Setelah ketinggian 4.000 m dpl, suhu udara yang dapat mencapai 0oC akan menyerang pengunjung.

Oksigen yang semakin tipis pun menjadi tantangan lainnya. Biasanya pendaki menyiapkan diri sekitar 3 bulan sebelum menuju Carstenz. Selain fisik, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan untuk menuju Puncak Castenz, antara lain harus mengirim surat permohonan ke Menpora dan tembusannya ke beberapa departemen, seperti Kementerian Kehutanan, Pariwisata, Kehutanan, atau Kepolisian. Perjalanan ke Carstenz juga bisa melalui operator. Operator tersebut akan mengurus perjalanan ke Carstenz, operator itu seperti Rakata Adventure, Indonesia Trekking, atau Adventure Indonesia.

Setelah dari Danau Biru, biasanya para pendaki melakukan pemanasan ke Puncak Jaya. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan kondisi sebelum menuju Puncak Carstenz. Tentu, ada salju abadi di Puncak Jaya yang menanti para pendaki. Dari Danau-danau terus ke Danau Kuning lalu ke Puncak Carstenz, perjalanannya 5-6 jam. Dari sinilah tantangan lainnya menanti pendaki. Teknik tali-menali amat dibutuhkan saat mencapai Puncak Carstenz.

DESA TEROWONGAN

Menuju terowongan melewati 7 Desa/Kampung Distrik Gome jarak tempuh jalan kaki 1-2 Jam sedangkan dengan ojek 5 Menit sampai dari kampung ke kampung (Kampung Upaga, Kampung Tegelebak, Kampung Misimoga, Kampung Tanah Merah, Kampung Gome,Kampung Yongogolawi, Kampung Wako,Kampung Jengerenok, Distrik Gome): Terdiri dari 5 Terowongan:/Owi-Owa dengan nama asli terowongan
a. Pertama Terowongan Terpanjang 2 Pintu Masuk di dalam Sungai/Kali Besar yang mengalir ke arah Timur (Terowongan Yacub Magai)
b. Terowongan kedua Pindah-Pindah Mata Air Terowongan ketiga Jalan Tebing
d. Terowonan ke satu Pintu empat Terowongan (Tularin)
e. Terowongan khusus Goa Kelelawar.
f. Mata air Obat (Owinongong)
g. Wisata Agro /7 Kampung Kopi, Buah-buahan
h. Wisata Botanical garden Hutan Rimbah/Pertanian
i. Kampung Wisata
j. Wisata Kampung Budaya
k. Kios Honai
l. Atraksi Tradisional Dance
m. Atraksi Menu tradisional Bakar Batu

Jarak dari Ibu Kota Kabupaten Puncak menuju ke Terowongan :
a. Dari Kota ke Gome naik oyek 5-10 Menit
b. Jalan Kaki 1-2 Jam.

Tahun 2019 menyusun RIPPARDA (Rencana Induk PengembanganPariwisata Daerah) untuk Desa Wisata Terowongan.

Wisata Terowongan Sungai Terpanjang Terlebar (Lebar Tidak di Temukan)

Yacub Magai Lahir diatas Gunung Terowongan terpanjang nama dengan Bahasa Daerah adalah Owi-owa/alome-e dimana dalam goa tersebut orang atau wisatawan jepang buang benang agar mau mengetahui berapa lebar sungai dalam terowongan ternyata tidak sampai dan tidak ditemukan titik temu sungai dalam terowongan.

Wisata Kolam Air Panas/Belerang

Meski terkenal sebagai daerah yang cukup dingin karena berada di bawah kaki Gunung Puncak Salju Abadi Cartenz, namun Kabupaten Puncak ternyata menyimpan sejumlah potensi wisata yang belum dikenal oleh masyarakat umum, salah satunya adalah kolam air panas yang terdapat di Kampung Mayuberi Distrik Ilaga Utara, air panas ini terdiri atas dua bagian: Kolam Air Panas dan Air Terjun Panas.

Untuk menuju Kolam Air Panas ini dari Ilaga sekitar 20 menit dengan kendaraan roda-4 atau jalan kaki selama 50 menit. jalan menuju ke kampung tersebut sudah dibangun oleh Pemerintah Daerah meski belum diaspal . Selain kolam air panas yang begitu hangat, masyarakat yang terkena penyakit kulit juga bisa mandi di kolam tersebut dan penyakit kulit dipercaya bisa hilang, karena kolam tersebut ternyata memiliki kandungan belerang sehingga membantu mengatasi penyakit kulit. Disamping itu pemandangan kondisi kampung yang begitu indah, rumah adat setempat (honai) dan juga jembatang gantung yang dirakit secara tradisonal, juga bisa ditemui di kampung tersebut, sehingga mereka yang ingin menunjungi daerah tersebut, akan menikmati keindahan alam setempat, belum lagi dengan masyarakat yang begitu ramah, ketika ada yang mengunjungi kampung tersebut.

Wisata Telaga Toemburu

Wisata Telaga Toemburu di Kampung Paluga, Distrik Ilaga Utara.
- Wisata Kolam Air panas
- Wisata Air terjun Panas
- Wisata Danau/Telaga Toemburu kampung Paluga
- Agro wisata
- Kampung Adat

Wisata Telaga Kembar Jalan Chartenzs

- Telaga Agi-Ogu/Kembar atas bawah
- Telaga Agi-Ogu/Kembar atas bawah
- Telaga Giwigenak /damalome dem
- Telaga Larson and Ellenberger dekat kaki gunung chartenzs

WISATA SEJARAH BUDAYA LELUHUR
Kungga
Pusat Injil Pertama
Rumah Misionaris
Rumah Msionaris Suku Damal
Rumah Peninggalan Misionaris
Pendeta Gordon Larson dan John Ellenberger Kampung Kungga, Distrik Omukia
Kampung Budaya Terowongan
dan Sampir Kabupaten Puncak
Rumah Peninggalan Misonaris
Suku Dani di Kampung Eromaga dan Sinak
Rumah Peninggalan Misonaris
Pendeta Gibbons dan John Ellenberger Kampung Beoga, Distrik Beoga
Batu alam
Batu Gosok Kampak Batu
Rumah Peninggalan Misionaris
Gibbons dan John Ellenberger kampung Kungga, Distrik Omukia
Rumah Peninggalan Misionaris
Gibbons dan John Ellenberger kampung Kungga, Distrik Omukia
wisata Budaya Kabupaten Puncak
Menyebar keseluruh 25 Distrik dan 206 Kampung tentu satu sama lain sudah beda tradisi
RENCANA PENGEMBANGAN POTENSI WISATA KABUPATEN PUNCAK 2019 - 2023

Memperkuat Peran-serta Masyarakat dalam Mengelola Potensi Wisata di Kampung masing-masing melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)

Memperluas Jejaring Kerja.

Membangun Sarana Prasarana Membangun Sarana Prasarana Penunjang di setiap Objek Wisata

...

Meningkatkan Kualitas Sumberdaya manusia dalam bidang Pariwisata

INDUSTRI PARIWISATA
INDUSTRI PARIWISATA
1. Perwilayahan Destinasi Pariwisata Daerah
3. Meningkan Attraksi Budaya lokal
3. Pembangunan Daya Tarik Wisata
4. 
5. Pembangunan Amenitas
6. Pemberdayaan Masyarakat
7. Pengembangan Investasi di Bidang Pariwisata
1. Pembangunan Struktur Industri Pariwisata
2. Kemitraan Usaha Pariwisata
3. Kemitraan Usaha Pariwisata
4. Kredibilitas Bisnis
5. Tanggungjawab terhadap Lingkungan Alam dan Budaya
PEMASARAN
KELEMBAGAAN
1. Pengembangan Pasar Wisatawan
2. Pengembangan Citra Pariwisata
3. Pembangunan Daya Tarik Wisata
4. 
1. Pengembangan Organisasi Pemerintah, Pemerintah Daerah, Swasta dan Masyarakat
2. Pengembangan Sumber Daya Manusia
3. Kemitraan Usaha Pariwisata
Pembangunan difokuskan pada 4 Titik
1. Desa Wisata Kampung Terowongan / Owi-Owa di Distrik Gome
2. Melanjutkan Pembangunan Basecamp 2-5 atau Menata tata ruang perawatan Chartenzs Center
3. Menyusun Master Plan Telaga Toemburu (Kidem) Distrik Ilaga Utara.
3. Menyusun Perencanaan Wisata Kolam Air Panas Kampung Mayuberi Distrik Ilaga Utara
A3 PARIWISATA KABUPATEN PUNCAK: ATTRACTION (DAYA TARIK); ACCESSIBILITY (AKSESIBILITAS); AMENITIES (FASILITAS)

Accessibility / Aksesibilitas

Accessibility / Aksesibilitas

Amenities / Fasiitas

1

Pendakian Kawasan Taman Lorenzs Puncak Chartenzs Pyramid 4.884 Km

2

Pendakian Jalan Setapak Ilaga-Chartenzs Pyramid, Beoga, Wangbe dan Omukia

3

Pesta Panen raya Keladi Distrik Ilaga, Ilaga Utara, Gome ,Gome Utara , Distrik Beoga, Distrik Sinak

4

Pesta Perang Adat

5

Pesta Potong Babi

6

Traditional Dance ( Waitak, Wisisi)

7

Agro Wisata Distrik Gome, Gome Utara, Ilaga, Ilaga Utara, Beoga, Sinak, Agandugume dan Wangbe

8

Kawasan Danau Toemburu, Goa Terowongan, Kolam Air Panas Mayuberi.

1

Kawasan Laut, Amamapare, Pomako Timika, Doufo, Iratoi distrik Doufo, Sungai Ilogong, namunggum, Beogung, Noemun,Wanggogung, Sinak nogung,

2

Transportasi dari luar Papua: Garuda Indonesia, Sriwijaya Air Service, Lion Air rute Jakarta- Bali-Timika-Ilaga (6-7 Jam); dan Garuda Indonesia, Sriwijaya Air Service, Lion Air rute Jakarta- Makassar-Timika-Ilaga (6-7 Jam).

3

Transportasi di dalam wilayah Papua: Pesawat Perintis Twin Otter (Trigana Air, Airbone Air dan Aviastar) dan Carravan Air Service, Pesawat PEMDA, Johnline Air, Susi Air, Enggang Air Service dengan waktu tempuh:
a. Timika- Ilaga (20-35 Menit)
b. Nabire-Ilaga (45 Menit)
c. Jayapura-Ilaga (2 Jam)
d. Biak-Ilaga (2 Jam)
e. Wamena-Ilaga (30 Menit)
f. Mulia-Ilaga (20 Menit)
g. Jila-Ilaga (10 Menit)
h. Sinak-Ilaga (5-10 Menit)
i. Beoga-Ilaga (5-10 Menit)

4

Kapal Laut melalui Pelabuhan Pomako Timika dengan Kapal Kalimutu atau Dobonsolo dari Surabaya.

1

Kawasan Chartenzs Center Distrik Omukia Ilaga

2

Pendakian Puncak Chartenzs Pyramid 4.884 Km

3

Goa Kelelawar Terowongan Kampung Upaga , Distrik Gome

4

Kawasan Kolam Air Panas Kampung Mayuberi , Distrik Ilaga Utara

5

Kawasan Agro Wisata Distrik Gome,Gome utara, Ilaga, Ilaga Utara, Omukia, Beoga, Sinak, Wangbe, Agandugume.

6

Sungai terpanjang dan terlebar kampung upaga Terowongan

7

Terowongan 1 Pintu 4 Terowongan Kampung Upaga, Distrik Gome.

8

Danau/Telaga Temburu Distrik Ilaga Utara Kampung aiala/Paluga

PENATAAN KAWASAN RELIGI

1

Rumah Peninggalan Misionaris Kampung Kungga, Distrik Omukia

2

Rumah Peninggalan Misionaris Kampung Eromaga, Distrik Omukia

3

Rumah Peninggalan Misionaris Kampung Gome Misi, Distrik Gome

4

Rumah Peninggalan Misionaris Kampung Beoga, Distrik Beoga

5

Rumah Peninggalan Misionaris Kampung Gigowak, Distrik Sinak.

PENATAAN HOME STAY

1

Home Stay Kelabo/Penginapan 25 Kamar, Restoran

2

Home Stay Chartenzs Center, 4 Honai, 1 Restoran, 3 Pergola, 1 Kios Permata, 1 Toilet dengan 2 Pintu masing-masing untuk Pria dan Wanita

3

Mess Pemerintah Kabupaten Puncak Distrik Ilaga Kampung Kago

4

5 (lima) Kontrakan 10 (sepuluh) Rumah Makan, 10 Warung Makan

5

Belanja sovenir khas daerah, Kalung anggrek, gelang tangan, panah dll

PRIORITAS PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA KABUPATEN PUNCAK

Goa Terowongan Desa Upaga

Melanjutkan Pembangunan Base Camp 2-5 Pendakian Jalur Wisata Puncak Chartenzs Pyramid

Perawatan Penataan Kawasan Obyek Wisata Chartenzs Center Kabupaten Puncak

Penyusunan RIPPARDA Air Panas Kabupaten Puncak

Penyusunan Kajian Obyek Wisata Air Panas Desa Mayuberi Distrik Ilaga Utara.

Penyusunan Master Plan dan Bentuk Forum Destinasi Pariwisata SPKD

Pembangunan Kuliner Khas Puncak

KONTAK PARIWISATA :

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Puncak
Alamat : Jalan Raya Kimak – Air Panas
Email : dinaskebudpariwisa18@gmail.com;
magaiyacub85@gmail.com

Kontak Person :Kontak Person :
1. Bapak Obeth Murib, S.Sos / Kepala Dinas / 0813-4330-5502
2. Bapak Yacub Magai / Kabid Pariwisata / 0812-3333-5590
3. Ibu Beatrix / Kasie Budaya / 0813-4484-1790

Back to top
Go to bottom
iden
201664
TodayToday408
YesterdayYesterday1429
This_WeekThis_Week4232
This_MonthThis_Month25483
All_DaysAll_Days201664

Free Joomla! template by L.THEME