KABUPATEN ACEH TIMUR
SAMBUTAN

GEORGE HERNANDEZ Bupati Kabupaten Aceh Timur

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wa barakatuh,

Geliat Pariwisata di Kabupaten Aceh Timur beberapa tahun ini mengalami perkembangan dan kemajuan sangat pesat yang ditunjukkan dari semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung, serta bertambahnya promosi serta daya tarik wisata yang berhasil diangkat serta dilestarikan. Hal ini tentunya harus didukung dengan adanya sebuah pusat layanan informasi yang efektif, interaktif dan inovatif di pusat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur menerbitkan sebuah buku Informasi Objek Wisata (Book of Tourism Information) diharapkan dapat menjadi gerbang bagi para wisatawan untuk mengakses banyak informasi terkait kepariwisataan di Kabupaten Aceh Timur. Kita berharap agar keberadaan buku ini dapat menjadi panduan untuk memicu semangat wisatawan untuk berkunjung dan menikmati potensi wisata yang  memiliki keindahan dan daya tarik yang tiada tara di Kabupaten Aceh Timur ini, baik wisata alam, wisata budaya, wisata bahari, wisata religi, wisata belanja, desa wisata maupun wisata buatan.

Sehubungan dengan hal tersebut, penerbitan Buku Panduan Wisata Aceh Timur yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur menerbitkan uku Informasi Objek Wisata (Book of Tourism Information) ini sepantasnya disambut dengan hangat, karena buku ini merupakan data awal yang digunakan dalam pelaksanaan proses promosi objek wisata di Kabupaten Aceh Timur.

Disamping itu buku ini kita harapkan dapat dijadikan sebagai panduan pariwisata bagi para inverstor lokal, investor regional maupun investor asing yang ingin menanamkan sahamnya di Aceh Timur. Oleh karena itu diharapkan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupate Aceh Timur terus melakukan penyempurnaan Buku Panduan Objek Wisata sehingga pada masa yang akan datang berbagai publikasi wisata dengan jenis data yang beragam dapat dilanjutkan bukan hanya dengan kuantitatif, tetapi juga dalam bentuk kualitatif, sehingga masyarakat dan Pemerintah dapat menjadikan buku ini sebagai rujukan yang lengkap dan utuh. memiliki keindahan dan daya tarik yang tiada tara di Kabupaten Aceh Timur ini, baik wisata alam, wisata budaya, wisata bahari, wisata religi, wisata belanja, desa wisata maupun wisata buatan.

ASHADI, SE.MM Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wa barakatuh,

Alhamdulillah Rabbil Alamin, atas limpahan Rahmat dan TaufiqNya Buku “Informasi Objek Wisata (Book of Tourism Information) tahun 2019 dapat diterbitkan. Penerbitan buku ini dimaksud untuk memudahkan semua pihak yang berkompeten dalam rangka mengembangkan pariwisata di Kabupaten Aceh Timur. Buku ini berisi profil lingkungan dan objek wisata di abupaten Aceh Timur. Kepada semua pihak, buku ini menunjukkan keinginan yang kuat dari Pemerintah Kabupaten Aceh Timur untuk mengembangkan objek wisata yang berpotensi di Aceh Timur. 

Potensi atraksi alamiah dan budaya yang dimiliki Kabupaten Aceh Timur memiliki nilai dan keunikan yang tinggi. Slogan akan Culture, Adventure dan Nature melekat kuat di Kabupaten Aceh Timur. Kepada tim pelaksana dan semua pihak yang telah bekerjasama dalam penerbitan buku Informasi Objek Wisata (Book of Tourism Information) ini saya ucapkan terima kasih. Semoga buku ini dapat dirasakan manfaatnya sekaligus dapat menjadi panduan baik untuk para pihak yang berkompeten terhadap pengembangan pariwisata di Kabupaten Aceh Timur, maupun kepada semua pihak yang membutuhkan informasi tentang lingkungan pariwisata dan objek wisata yang terdapat di Kabupaten Aceh Timur. 

GAMBARAN UMUM
Luas, Letak dan Batas Wilayah

Kabupaten Aceh Timur terletak pada koordinat 4°09’ - 5°16’ Lintang Utara dan 97°13’ - 98°02’ Bujur Timur. Batas-batas wilayah Aceh Timur adalah sebagai berikut: Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Aceh Utara dan Selat Malaka; Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Gayo Lues; Sebelah Timur berbatasan dengan Selat Malaka, Kota Langsa, dan Aceh Tamiang; Sebelah Barat berbatasan Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah. Kabupaten Aceh Timur memiliki luas wilayah sebesar 6.040,60 Km², secara administratif 

Kabupaten Aceh Timur terdiri dari 24 Kecamatan, 512 Desa/Gampong, 1 Kelurahan dan 1.596 Dusun. Nama-nama Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Timur adalah Kecamatan Simpang Ulim, Kecamatan Julok, Kecamatan Nurussalam, Kecamatan Darul Aman, Kecamatan Idi Rayeuk, Kecamatan Peureulak, Kecamatan Rantau Selamat, Kecamatan Birem Bayeun, Kecamatan Serba Jadi, Kecamatan Ranto Peureulak, Kecamatan Pante Bidari, Kecamatan Madat, Kecamatan Indra Makmur, Kecamatan Idi Tunong, Kecamatan Banda Alam, Kecamatan Peudawa, Kecamatan Peurelak Timur, Kecamatan Peurelak Barat, Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Simpang Jernih, Kecamatan Darul Iksan, Kecamatan Peunaron, Kecamatan Idi Timur, dan Kecamatan Darul Falah.

Topografi dan Iklim

Secara umum Kabupaten Aceh Timur merupakan dataran rendah, perbukitan, sebagian berawa-rawa dan hutan mangrove, dengan ketinggian berada 0-308 m diatas permukaan laut. Keadaan tofografi daerah Kabupaten Aceh Timur dikelompokan atas 4 kelas lereng yaitu : 0-2%, 2-15%, 5-40% dan > 40%. Dilihat dari penyebaran lereng tersebut yaitu memiliki kemiringan lereng >40% hanya sebesar 6,7% yaitu meliputi Kecamatan Birem Bayeun dan Serbajadi. Sedangkan wilayah yang memiliki kemiringan lereng 0-2%,2-15% dan 5-40% meliputi seluruh Kecamatan. Kabupaten ini beriklim tropis dengan curah hujan (2017) antara  106 mm3 (April) dan 445 m3 (Januari); hari hujan antara 6 hari (Maret-April) dan 15 hari (Januari).

Demografi

Jumlah penduduk Kabupaten Aceh Timur kondisi Juni tahun 2017 adalah 419.594 jiwa, terdiri dari 209.579 laki-laki dan 210.015 perempuan (rasio: 100). Sedangkan jumlah rumah tangga pada tahun 2017 sebanyak 94.893 rumah tangga. Kepadatan Penduduk di Kabupaten Aceh Timur tahun 2017 rata-rata mencapai 69 jiwa per km2.

Informasi Berbagai Fasilitas Pendukung Pariwisata
sample64
Jalan Raya Medan - Banda Aceh
sample64
PERBANKAN
Bank Aceh, BNI, BRI dan Bank Mandiri
sample64
TERMINAL
Terminal Idi Rayeuk
sample64
TERMINAL
Terminal Peureulak
Fasilitas Umum
RSUD
dr Zubir Mahmud
Kantor Pos
Cabang Idi
RSUD
Rumah Sakit Graha Bunda
Kantor Polisi
Kantor Polisi Sektor Idi Rayeuk dan Kantor Polisi Resor Aceh
USAHA JASA INDUSTRI PARIWISATA
Hotel
Hotel The Royal Idi
Jln Raya Medan-Banda Aceh Idi Rayeuk Kab. Aceh Timur No. Tlp : +62-646 21358 +62 852 7522 7550 Email : reservation@royalidihotel.com
Wisma Ulya
Jln. HTM Yusuf , Tanoh Anoe Idi Rayeuk Kab. Aceh Timur No. Hp : 0852-7054-7054
Hotel Khalifah
Jln. Petuah Husien No. 1 Idi Rayeuk-Aceh Timur No. Tlp : 0646-21409 Fax. : 0646-21408 Email : yuspitazahra@yahoo.com
Wisma 88
Jln. Cut Nyak Dhien No.1 Gampong Jawa Idi Rayeuk Kab. Aceh Timur No. Hp : +62 852-6150-1539 Email : wisma888@gmail.com
Wisma Alatas
Jln. Sultan Iskandar Muda Gp. Jawa Teungoh Idi Rayeuk- Aceh Timur No. Tlp : 0646-7020051 Wa : 0821-6681-1210
Shafira Guest House
Jln.Medan-B.Aceh No 99 (depan Terminal Baru), Pasir Putih Peureulak Kab. Aceh Timur No. Hp : 0811-673-216
Restoran / Rumah Makan / Cafe

Cita Rasa 2

Jl. Gp. Jawa Dusun, Bengkel Ind Rayeuk

Pak ulis

Jln. Medan-Banda Aceh Gp. Tanoh Anoe Idi rayeuk

Mutiara Bunda

Jln. Medan-Banda Aceh Seunebok Rambong

Baroena

Jln. Medan-Banda Aceh Peudawa Puntong

Bunda Sal

Jln. Medan-Banda Aceh Keutapang Dua Idi Rayeuk

Al-Husna

Jln. Medan Banda Aceh Gp.Kuta Blang Idi Rayeuk

Mayah

Jln. Medan Banda Aceh Seuneubok Tengoh Idi Rayeuk

Minang Baru

Jln. Gp. Ulouk Dalam Peureulak

Dua Saudara

Jln. Gp. Keude Aceh Idi Rayeuk

Panis

Jln. Gp Alue Ie Mirah Kecamatan Indra Makmur

Mutiara Rakan

Jln. Medan-Banda Aceh Kecamatan Peureulak

Putro Aceh

Gp. Keude Aceh Idi Rayeuk

Kana Caffe

Gp. JuLOK Tunong Kcmtan Julok

Labana

Gp. Tanoh Anoe Idi Rayeuk

Tiara Muhammad

Gp. Jalan Idi Rayeuk

Nasi Goreng Cekwan

Gp. Tanoh Anoe Idi Rayeuk

Mie Kocok Idi

Gp. Tanoh Anoe Idi Rayeuk

J & J Restro

Jln. Medan-Banda Aceh Kecamatan Idi Rayeuk

Rm Bunda

Jln. Medan-Banda Aceh Kecamatan Peudawa

Rm Kota Basrah

Jln. Medan-Banda Aceh Kecamatan Bayeun

Caffe Terapung

Jln. Medan-Banda Aceh Kecamatan Bayeun

Rajwa Kupi

Jln. Medan-Banda Aceh Tanjoeng Minje Kecmatan Madat

Grend Hand Caffe

Jln. Medan-Banda Aceh Tanjoeng Minje Kecmatan Madat

Mutia Caffe Box

Jln. Medan-Banda Aceh Tanjoeng Minje Kecmatan Madat

Kupi Ben Ali

Jln. Medan-Banda Aceh Tanjoeng Minje Kecmatan Madat

Beeje Caffe

Jln. Medan-Banda Aceh Gp. Jalan Kec.Idi Rayeuk

Perfect Taste

Jln. Medan-Banda Aceh Gp. Tanoh Anoe Kec.Idi Rayeuk

Sarjana Caffe

Jln. Medan-Banda Aceh Gp. Tanoh Anoe Kec.Idi Rayeuk

Holland Caffe

Jln. Medan-Banda Aceh Gp. Jawa Kec.Idi Rayeuk

Espreso Caffe

Jln. Medan-Banda Aceh Gp. Tanoh Anoe Kec.Idi Rayeuk

Agen Biro Perjalanan
SPA Salon

Faiz Salon

Jln. Medan-Banda Aceh Gp. Aceh Kec.Idi Rayeuk

Show More

Asri Salon

Jln. Medan-Banda Aceh Gp. Keude Aceh Kec. Idi Rayeuk

Show More

Mami Salon

Jln. Medan-Banda Aceh Gp. Keude Aceh Kec. Idi Rayeuk

Show More

Idi Babershop

Jln. Medan-Banda Aceh Gp. Jawa Kec.Idi Rayeuk

Show More

Lailan Salon

Jln. Medan-Banda Aceh Gp. Keude Aceh Kec. Idi Rayeuk

Toko Souvenir

Dekranas

Show More
PESONA INDAH ALAM ACEH TIMUR
sample64
wisata alam
Air Terjun Terujak

Air Terjun Terujak terletak di Kecamatan Simpang Jernih yang berjarak sekitar 70 Km dari ibukota Kabupaten Aceh Timur. Air terjun ini terletak dalam kawasan Hutan Lindung Leuser. Air terjun ini sangat indah, gemuruh air serta alam sekeliling yang masih sangat asri dan alami membuat pengunjung terpesona dan terpukau akan keindahan air terjun ini. Untuk mengunjungi objek wisata ini pengunjung tidak dapat menggunakan kendaraan bermotor, tetapi mereka harus menyusuri jalan setapak di dalam kawasan Hutan Lindung Leuser untuk menuju ke objek wisata ini. Tetapi lelah pengunjung dalam perjalanan terbayarkan akan suara burung-burung dan panorama alam sekelilingnya.

Pemandian Air Panas Terujak

Pemandian air panas ini terletak di Desa Terujak Kecamatan Serbajadi. Pemandian air panas ini letaknya tidak jauh dari sungai Waih Porak. Biasanya wisatawan mengunjungi pemandian air panas ini setelah lelah mengunjungi Air Terjun Terujak untuk merelaksasi tubuh karena lelah dalam perjalanan dari Air Terjun Terujak. Wisatawan yang mengunjungi objek wisata ini tidak lupa selalu menikmati telur rebus yang direbus langsung pada sumber air panas ini.

Air Terjun Seurule

Air Terjun Seurule terletak di Kecamatan Peunaron yang berjarak sekitar 60 Km dari ibu kota Kabupaten Aceh Timur. Kawasan yang baru ditemukan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Timur ini memiliki daya tarik yang sangat luar biasa sehingga pengunjung bisa betah di lokasi ini.

Sungai Waih Porak

Sungai Waih Porak terletak di Desa Terujak Kecamatan Serbajadi merupakan wisata alam yang dapat dikembangkan keberadaannya. Di sekitar objek wisata ini pengunjung dapat menikmati indahya pemandangan alam tersebut. Sungai ini terletak sekitar 75 Km dari ibukota Kabupaten Aceh Timur.

CRU Gajah Bunin

Terletak di Kecamatan Serbajadi Kabupaten Aceh Timur. Objek Wisata Ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Air Terjun Alue Nyamuk

Objek Wisata ini terletak di Kecamatan Birem Bayeun yang berjarak sekitar 55 Km dari ibukota Aceh Timur. Air Terjun ini memiliki daya tarik yang sangat bagus ditambah dengan lokasi yang sangat strategis membuat banyak pengunjung yang datang objek wisata air terjun ini.

sample64
WISATA BAHARI
Pantai Kuala Beukah

Pantai Kuala Beukah terletak 10 Km dari kota Peureulak atau 16 Km dari ibukota Kabupaten Aceh Timur yaitu Idi Rayeuk. Pantai ini dapat diakses dengan kendaran roda empat maupun roda dua dengan kondisi jalan yang beraspal. Pantai ini memliki hamparan pasir yang putir serta birunya air laut dapat memanjakan mata pengunjung ketika mengunjungi pantai ini. Pantai ini juga menyuguhkan rindangnya Pohan cemara sepanjang garis pantai ini. Selain menikmati panorama alam di pantai ini, pengunjung juga dapat melihat aktivitas nelayan di pantai ini.

Pantai Kuala Paree

Terletak 10 Km dari kota Sungai Raya atau 60 Km dari ibu kota Kabupaten Aceh Timur. Pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Pantai Paya Bili

Terletak 8 Km dari Kecamatan Peudawa atau 11 Km dari ibu kota Kabupaten Aceh Timur. Di pantai ini pengunjung dapat menikmati hembusan angin laut beserta segarnya air kelapa muda.

Pantai Leuge

Pantai Leuge terletak 7 Km dari kota Peureulak atau 18 Km dari ibukata Kabupaten Aceh Timur yaitu Idi Rayeuk. Pantai ini dapat diakses dengan kendaran roda empat maupun roda dua dengan kondisi jalan yang beraspal. Ketika pengunjung memasuki kawasan pantai tersebut mereka disambut dengan indahnya jajaran pohon cemara sepanjang jalan sehingga mereka mendapatkan kesan indah pada saat mereka memasuki kawasan Pantai Kuala Leuge. Pantai ini memliki hamparan pasir yang putih serta biru nya air laut dapat memanjakan mata pengunjung ketika mengunjungi pantai ini.

Pantai Matang Rayeuk

Pantai Wisata Matang Rayeuk merupakan Objek Wisata yang terletak di Ibukota Aceh Timur yaitu di Rayeuk. Untuk mencapai objek wisata ini, dapat ditempuh dengan menggunakan berbagai kendaraan. Selain pemandangan yang indah, disini pengunjung juga bisa melihat berbagai aktivitas nelayan.

Pantai Kuala Peudawa

Terletak 9 Km dari kota Peudawa atau 12 Km dari ibu kota Kabupaten Aceh Timur. Pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

sample64
Wisata Budaya
Makam Putri Nurul A’la

Makam Putri Nurul A’la terletak di Kecamatan Rantau Peureulak berjarak sekitar 52 Km dari ibukota Kabupaten Aceh Timur. Makam Putri Nurul A’la terletak di pinggir sungai Peureulak.

Vihara Murni Sakti

Vihara Murni Sakti memiliki ikatan sejarah yang kuat, dimana terdapat negosiasi antara pihak Kerajaan Idi dengan etnis Tionghoa pada masa itu yang ingin membangun vihara sebagai tempat ibadah etnis Tionghoa pada masa itu. Agar Suku Tionghoa tersebut dapat membangun vihara, maka Raja Idi mengizinkan membangun vihara dengan syarat dapat membangun istana yang terbuat dari besi untuk Kerajaan Idi. Etnis Tionghoa tersebut menyetujui permintaan raja tersebut sehingga vihara tersebut dapat berdiri di Idi. Namun saat ini vihara tersebut dijadikan sebagai cagar budaya. Sangat disayangkan, istana besi (rumoh beuso) tersebut sepeninggalan raja Idi dijual besinya oleh keturunan-keturunan raja tersebut.

Meriam Turki (Meriam Lada Sicupak)

Meriam sepanjang 2 meter dengan balutan kain putih tampak gagah di bawah atap seng yang dipagar di Desa Blang Balok, Kecamatan Peureulak Kota, Aceh Timur. Meriam ini kini menyimpan sejuta kenangan bagi para laskar Aceh yang berperang dalam melawan kaum kolonial Portugis dan Belanda. Meriam yang sudah dikilatkan dengan minyak itu menjadi salah satu bukti sejarah mengendus jejak bangsa Turki di Bumi Peureulak yang pernah tersohor dengan kerajaan Islam tersebut. Meriam ini diberi nama dengan sebutan “ Meriam Lada Sicupak” yang dibeli dari negeri Turki oleh sepuluh Laskar Kerajaan Aceh dibawah komando Panglima Nyak Dum. Penambakan nama Lada Sicupak lantaran meriam itu satu unitnya seharga sicupak lada yang diangkut dengan kapal dari Aceh. Konon kabarnya, senjata canggih di masa itu dibeli pada masa Sultan Alighaysyah Al-Khar. Masa itu, sebanyak sepuluh orang laskar (tentara) diutus untuk membeli meriam tersebut di negeri Turki,termasuk di dalamnya Panglima Nyak Dum. Dulu askar yang dipimpin oleh Panglima Nyak Dum dalam perjalanan ke Turki sempat terombang-ambing di lautan hingga pernah terdampar ke India, bahkan lada yang dibawa untuk membeli meriam banyak yang terjatuh dan digunakan untuk membeli kebutuhan makanan.

sample64
WISATA RELIGI
Bekas Kerajaan Islam Peureulak (MONISA)

Kerajaan Islam Peureulak atau yang lebih dikenal dengn dengan Monumen Islam Asia Tenggara ( MONISA) merupakan kerajaan Islam Pertama di Asia Tenggara. Kerajaan ini didirikan pada tahun 840 M dengan raja pertama Sultan Akaidin Sayed Maulana Abdul Aziz Syah dan istrinya serta makam Said Machdum Alaidin Malik Abdulullah. Bekas kerajaan ini terletak 26 Km dari ibukota Kabupaten Aceh Timur atau 6 Km dari kota Peureulak.

Mesjid Agung Darusshalihin

Mesjid Agung Darusshalihin terletak tepat dijantung Kota Idi Rayeuk, Sebagai Ibu Kota Kabupaten Aceh Timur. Mesjid ini memiliki perpaduaan arsitektur Turki dan Arab sehingga
membuat Mesjid Agung Darusshalihin terlihat megah di pusat kota Idi Rayeuk. Untuk  mewujudkan Pariwisata Aceh Timur berbasis Syari’at Islam, Pada momentum hari besar Islam selalu diadakan Zikir Akbar dan Kegiatan Bernuansa Islam lainnya. 

sample64
Wisata Kuliner
Mie aceh / Café Terapung

Tidak lengkap rasanya jika para wisatawan yang berkunjung tidak menikmati Wisata Kuliner yang berada di Aceh Timur. Café terapung salah satunya, yang menyajikan Mie Aceh Seafood seperti kepiting, udang dan cumi. Sensasi menikmati Mie Aceh ini juga disuguhkan dengan panorama hutan Bakau di sekelilingnya. Café terapung terletak di Kecamatan Rantau Selamat dan berjarak sekitar 45 km dari Ibukota Kabupaten.

Boh Giri Madat

Buah yang satu ini menjadi andalan buah tangan dari Aceh Timur. Buah ini memiliki rasa manis dan segar, buah ini dapat dibeli di Kecamatan Madat dan dijual sepanjang jalan lintas Medan-Banda Aceh.

Rujak Blang Bitra

Kuliner Rujak ini terletak di desa Blang Bitra Kecamatan Peureulak Kota. Tepatnya di pinggir jalan lintas Medan – Banda Aceh yang menjadikan tempat ini menjadi sangat strategis. Sensasi perpaduan buah-buahan dibalut dengan bumbu yang pedas menjadikan sensasi tersendiri menikmati rujak ini.

Pisang Sale

Panganan kuliner ini juga sudah terkenal sebagai buah tangan khas Aceh Timur. Rasanya yang manis menjadikan Pisang Sale selalu diburu oleh wisatawan yang mengunjungi Aceh Timur. Pengunjung dapat membeli Pisang Sale tersebut dipusat oleh-oleh Lhoknibong Kecamatan Pante Bidari dan juga tepat berada di jalan lintas Medan – Banda Aceh.

DINAS PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN ACEH TIMUR
Jl. Medan - Banda Aceh
(Komplek Perkantoran Kabupaten Aceh Timur)
Kecamatan Idi Rayeuk Kode Pos 24454
Back to top
Go to bottom
iden
190038
TodayToday640
YesterdayYesterday1220
This_WeekThis_Week1860
This_MonthThis_Month13857
All_DaysAll_Days190038

Free Joomla! template by L.THEME