SAMBUTAN

Bupati Seram Bagian Timur

Bapak Abdul Mukti Keliobas

Puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatNya sehingga sebuah buku panduan wisata yang berjudul “Travel Guide to Seram Bagian Timur” dapat diselesaikan dan dapat digunakan sebagai informasi bagi para wisatawan, baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan Manca Negara yang berkunjung ke Kabupaten Seram Bagian Timur, bumi Ita Wotu Nusa.

Sejalan dengan visi “Terwujudnya Kabupaten Seram Bagian Timur yang Sejahtera, Mandiri dan Berdaya Saing berbasis Sumberdaya Lokal”, maka prioritas untuk mengembangkan Sektor Pariwisata di Kabupaten Seram Bagian Timur dapat memberikan kontribusi yang sangat besar bagi peningkatan taraf hidup masyarakat melalui berbagai peluang usaha masyarakat serta kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya.

Penerbitan buku Travel Guide to Seram Bagian Timur ini akan menjadi bahan informasi bagi para wisatawan dan para investor untuk dapat mengenali lebih dekat lagi berbagai potensi dan daya tarik wisata dengan keindahan dan keunikan tersendiri yang tersebar di desa dan kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur.

Akhirnya saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya secara maksimal dalam pembuatan buku ini, khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Seram Bagian Timur. Semoga buku panduan ini dapat bermanfaat bagi setiap orang yang menggunakannya.

Terima Kasih!

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Seram Bagian Timur

Drs. Zainal A. Fanath, M. Si.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan anugerah-Nya sehingga kami dapat menyusun dan menerbitkan buku “Travel Guide to Seram Bagian Timur”. Buku panduan ini merupakan sarana informasi untuk para wisatawan baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan Mancanegara serta para pelaku industri usaha pariwisata yang ingin berinvestasi di Kabupaten Seram Bagian Timur.

Buku ini berisi berbagai informasi terkait dengan kepariwisaan di Kabupaten Seram Bagian Timur antara lain; deskripsi destinasi pariwisata, sarana transportasi, sarana pemerintah, pelayanan kesehatan, keamanan, komunikasi, perbankan, hotel, penginapan, restoran/rumah makan, sarana hiburan dan sebagainya.

Letak Kabaputen Seram Bagian Timur yang sangat strategis, sering dilewati oleh para wisatawan mancanegara yang berkunjung dari Banda Ke Raja Empat atau sebaliknya. Kondisi ini tentu berpeluang bagi pengembangan pariwisata melalui berbagai investasi di Kabupaten Seram Bagian Timur.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menyusun dan merampungkan buku ini dan ucapan terima kasih juga tidak lupa kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan kontribusi dalam penerbitan buku ini. Semoga kehadiran buku “Travel Guide to Seram Bagian Timur” ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi semua kalangan yang memerlukan informasi dan dapat meningkatkan arus kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke Kabupaten Seram Bagian Timur.

                     

Terima Kasih.

Sambutan Direktur PIDII

Agus Suryadi

Diawali dari sebuah kesadaran akan kebutuhan yang besar terhadap informasi industri pariwisata yang lengkap dan mampu mengintegrasikan seluruh kegiatan pariwisata serta dapat memberikan berbagai pelayanan informasi untuk para turis dan tamu yang berkunjung serta masyarakat pada umumnya, Dinas Pariwisata Kabupaten Seram Bagian Timur bekerjasama dengan Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII) dan PT. Qayris Cipta Kreasindo serta didukung oleh ASITA, memprakarsai penerbitan buku Travel Guide to Seram Bagian Timur of Moluccas Province.

Buku ini mencoba mengungkap secara lengkap tentang potensi obyek wisata di Kabupaten Seram Bagian Timur, dengan segala keindahan yang mempesona yang dimiliki serta petunjuk tentang akses menuju ke lokasi, sarana dan prasarana yang tersedia, obyek wisata dan kuliner yang tersedia dan informasi umum lainnya.

Harapan kami, semoga penerbitan buku Travel Guide to Seram Bagian Timur of Moluccas Province ini dapat meningkatkan pelayanan informasi Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur kepada berbagai kalangan yang membutuhkan informasi, baik untuk masyarakat Kabupaten Seram Bagian Timur maupun wisatawan dan tamu yang datang ke Kabupaten Seram Bagian Timur dengan berbagai kepentingan.

Pusat Informasi Data Investasi Indonesia

Sambutan Ketua Umum
Association Of The Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita)

DR. Nunung Rusmiati, M.Si

Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), mengapresiasi dan menyambut baik diterbitkannya buku Travel Guide to Seram Bagian Timur of Moluccas Province oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Seram Bagian Timur bekerjasama dengan Pusat Informasi Data Investasi Indonesia (PIDII) dan PT. Qayris Cipta Kreasindo, yang merupakan salah satu langkah maju pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan informasi kepada para wisatawan mancanegara maupun domestik yang datang ke Kabupaten Seram Bagian Timur.

Semoga buku ini dapat berperan sebagaimana mestinya, yaitu menjadi media informasi yang dapat membantu memandu para wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata sekaligus menjadi referensi bagi para wisatawan dalam dan luar negeri dalam mencari destinasi pariwisata unggulan daerah.

Akhir kata kami ucapkan selamat dan sukses atas diterbitkannya buku Travel Guide to Seram Bagian Timur of Moluccas Province, semoga inisiatif ini berdampak pada meningkatnya arus kunjungan wisatawan baik lokal maupun asing ke Kabupaten Seram Bagian Timur.

Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies

GAMBARAN UMUM DAERAH
Letak, Luas dan Batas Wilayah

Secara astronomis Seram Bagian Timur terletak pada 129°50’00” - 131°50’00” Bujur Timur dan 02°50’00” - 04°50’00” Lintang Selatan. Kabupaten Seram Bagian Timur yang berada di Provinsi Maluku ini dibatasi oleh Laut Seram di sebelah Utara, Laut Banda di sebelah Selatan, Laut Arafura di sebelah Timur, dan Kabupaten Maluku Tengah di sebelah Barat. Luas Wilayah kabupaten bahari ini secara keseluruhan mencapai 20.656,894 km² yang terdiri dari wilayah daratan (dataran Bula, Bula Barat, Teluk Waru, Tutuk Tolu, Kian  Darat, Kilmury, Weinama dan Siwalalat) seluas 5.779,123 km² dan wilayah perairan seluas 14.877,771 km². Secara  administratif  wilayah  Kabupaten Seram Bagian Timur terdiri dari 62 Pulau (35 pulau  tidak  berpenghuni,  sisanya didiami dan ada usaha), 132 sungai/kali dengan 198 Desa  yang  tersebar di 15 Kecamatan (Pulau Gorom, Kesui Watubela, Teor, Gorom Timur, Pulau Panjang, Seram Timur, Tutuk Tolu, Kilmury, Lian Vitu, Kian Darat, Werinama, Siwalalat, Bula, Bula Barat dan Teluk Waru).

Iklim dan Curah Hujan

Iklim Kabupaten Seram Bagian Timur adalah iklim laut tropis dan iklim  musim. Terjadinya iklim tersebut oleh karena Kabupaten Seram Bagian Timur dikelilingi oleh laut yang luas yang sangat mempengaruhi musim yang ada. Keadaan klimatologi pada Stasiun Meteorologi dan Geofisika yang menggambarkan iklim di Kabupaten Seram Bagian Timur adalah sebagai berikut: pada tahun 2018 temperatur maksimum antara 30,2oC  dan  34,6oC dan minimum antara 23,4oC dan 26,0oC; jumlah  curah  hujan  antara  21,1  mm3 (Oktober) dan 380,3 mm3 (April), sedangkan jumlah hari hujan antara 7 hari (Oktober) dan 25 hari (Mei), kemudian bulan April 20 hari. Penyinaran matahari antara 35 dan 79% dengan tekanan  udara  antara  1.007,6  dan 1.011,0 milibar dengan kelembaban antara 81 dan 87%. Kecepatan  angin  antara 14 dan 41 knot dengan kecepatan angin terbesar terjadi pada bulan Februari sebesar 41 knot.

Penduduk

gambaran umum07 adeisriah

Penduduk Kabupaten Seram Bagian Timur berdasarkan proyeksi penduduk tahun 2018 sebanyak 133.669 jiwa terbagi atas 29.860 Kepala Keluarga yang terdiri dari 68.364 laki-laki dan 65.305 wanita (rasio: 104,68) dan kepadatan penduduk 23,13 orang/km2. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) mencapai 63,23% dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) hanya 4,99%. Selain suku asli yang mendiami Kabupaten Seram Bagian  Timur  (Suku  Seram), juga terdapat suku-suku lain seperti Jawa, Sulawesi, Sumatera, dan Bali. Umumnya masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Timur menggunakan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa pengantar dan komunikasi keseharian disamping bahasa daerah seperti Bahasa Seram. Agama yang dianut  masyarakat Seram Bagian Timur yakni Agama Islam (131.832  orang),  Protestan (3.127 orang), Katolik (1.494 orang), Hindu (507 orang) dan Budha (42 orang).

Seni Dan Budaya

gambaran umum09 tari bongkoreKabupaten Seram Bagian Timur memiliki aspek  budaya  yang  sangat  kaya akan budaya, adat istiadat yang masih terpelihara hingga sekarang. Terdapat beberapa tradisi adat secara umum yang masih dapat dijumpai antara lain, tradisi Ngam (sasi), Masohi (gotong royong), Magawait (kumpul keluarga) dan lain-lain. Selain itu kesenian yang sering ditampilkan dalam berbagai acara/ pagelaran yang menujukkan kekayaan budaya Seram Bagian Timur seperti : Tarian Dabus, Cakalele, Susula, Tari Lenso dan Dageawat. Juga terdapat lagu khas daerah Seram Bagian Timur seperti lagu Nina Roti Baba, Kusobal  Ubadein, Goran Rium Nicahaya, Gumumae Ta Wotu Wanuwea, Essiriun Negeri yang indah serta alat musik tradisonal yang sering digunakan seperti tifa, rebana, gambus, gong, juk dan seruling.

SARANA DAN PRASARANA PENDUKUNG PARIWISATA
sample38
Pelabuhan

Pelabuhan yang terdapat di Kabupaten ini adalah: Pelabuhan Sesar (di Kecamatan Bula); Pelabuhan Geser dan Penyeberangan Geser (Seram Timur); Pelabuhan Penyeberangan Air Nanang (Siritaun Wida Timur); Pelabuhan Penyeberangan Air Kasar (Tutuk Tolu); Pelabuhan Kesui (Wakate); Pelabuhan Ondor (Pulau Gorom); Pelabuhan Penyeberangan Kota Siri (Gorom Timur) dan Pelabuhan Bemo (Werinama).

sample38
Tempat Peribadatan

Pada tahun 2018 terdapat 284 masjid, 90 musholah, 12 gereja Protestan, 7 gereja Katolik, 3 Pura dan 1 Vihara.

sample38
Kantor Pos
terletak di Jl. Ampera.
sample38
Kesehatan

Kabupaten ini memiliki 1 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kecamatan Bula dengan 130 tempat tidur dengan 13 dokter umum, 9 dokter spesialis, 208 perawat, 48 bidan dan 115 tenaga kesehatan lainnya; 19 Puskesmas dengan 13 dokter umum, 4 dokter gigi, 9 dokter spesialis, 553 perawat, 176 bidan, 42 ahli sanitasi dan 208 tenaga kesehatan lainnya; 71 Puskesmas Pembantu (Pustu); 3 Klinik/Balai Kesehatan; dan 6 Pos Persalinan Desa (Polindes) serta 19 Klinik Keluarga Berencana (KKB) dan 267 Pos KB  Daerah (PPKBD).

sample38
Perbankan
  • BRI terletak di Jl. Wailola – Bula,
  • BPDM yang berada di Jl. Ampera – Bula,
  • BNI terletak di Jl. Protokol – Bula,
  • Bank Syariah Mandiri terletak di Jl. Wailola – Bula,
  • Bank Mandiri Mitra Usaha terletak di Jl. Padat Karya – Bula,
  • Bank Moderen terletak di Jl. Wailola – Bula.
sample38
Telkom

Berada di Jl. Ampera; Jaringan internet di Jl. Kelapa Dua; INDOSAT terletak di Jl. Sesar; sedangkan XL berada di Jl. Kelapa Dua.

Restoran dan Rumah Makan

Restoran dan Rumah Makan

table1

Hotel dan Penginapan

table2

table3

Rekreasi
  1. Mutiara Water Boom di Jl. Pendopo, Bula
  2. Ananda Water Boom di Jl. Kelapa Dua, Bula
  3. Acca Water Bar di Jl. Wailola,
Perhubungan/Transportasi

Panjang Jalan di Kabupaten ini adalah 647,54 km terdiri dari 90  km  (13,9%) jalan Negara, 153,4 km (23,69%) jalan Provinsi dan 404,14 km (62,41%) jalan Kabupaten; dengan kondisi 275,86 km diaspal, 196,94 km tidak diaspal dan 174,74 km berpermukaan lain-lain.

a.   Darat  Bus Umum  - Perintis Bus
- Anada Jaya 01 - 04
- Lie Sayang
- Damri
      Travel - Lintas Seram Cooperation
b.  Laut Perintis - KM. Kasuari: Bula-Wahai-Papua Barat-Gorom-Seram Timur pp
- KM. Pangrango: Ambon-Namlea-Seram Timur pp
- KM. Fajar Mulia: Sorong-Bula-Geser-Gorom pp
- KM. Cantika 77: Ambon-Bula-Geser-Gorom pp
c. Udara Terdapat 2 bandara yaitu Bandara Bula (milik Swasta dengan konstruksi kerikil) dan Bandara Tutuk Tolu (milik Pemerintah Daerah dengan konstruksi hotmix) yang melayani penerbangan perintis Kufar- Ambon pp. sebanyak 4 penerbangan per bulan menggunakan pesawat terbang jenis Cassa oleh Trigana Air.
d Telekomunikasi 550 Sentral Sambungan Telepon Otomatis (SSTO) di Kecamatan Bula
sample38
Swasta/Pelayanan Lokal
  1. Armada Jaya
  2. Alis Mulia
  3. Bintang 66
sample38
Kantor Polisi
  • POLRES SBT: Jalan Wailola - Bula. Tlp: 0822-9033-2379;
  • POLSEK BULA: Jalan Bayangkara -
  • POLSEK GESER:
  • POLSEK PULAU GOROM

Berdasarkan data kunjungan wisatawan ke Kabupaten Seram Bagian Timur pada tahun 2016-2017 berjumlah 9.208 orang terdiri dari 8.869 Wisatawan Nusantara dan 339 Wisatawan Mancanegara.

PROFIL OBYEK WISATA SERAM BAGIAN TIMUR
Wisata Alam/Bahari
sample38
Pantai Tanjung Owan

Pantai Tanjung Owan berada di Kecamatan Gorom  Timur  yang berjarak sekitar 100 meter dari Desa Negeri Kilkoda. Pantai ini juga merupakan salah satu pantai terpanjang di Pulau Gorom sehingga pandangan ke arah lautan seakan luas tak terbatas. Untuk menempuh pantai ini pengunjung menempuh jarak sekitar 8 jam dari ibu kota Kabupaten Seram Bagian Timur (Kota Bula), dengan  menggunakan  alat transportasi laut. Pengunjung dapat menikmati air laut yang biru, jernih dan menawan. Air laut yang sedang pasang sedikit  bergelombang, masih membungkus bibir pantai. Hamparan pasir putih di sepanjang pantai, menambah indahnya panorama alam di Tanjung ini.

sample38
Pantai Tanjung Owan

Pantai Tanjung Owan berada di Kecamatan Gorom  Timur  yang berjarak sekitar 100 meter dari Desa Negeri Kilkoda. Pantai ini juga merupakan salah satu pantai terpanjang di Pulau Gorom sehingga pandangan ke arah lautan seakan luas tak terbatas. Untuk menempuh pantai ini pengunjung menempuh jarak sekitar 8 jam dari ibu kota Kabupaten Seram Bagian Timur (Kota Bula), dengan  menggunakan  alat transportasi laut. Pengunjung dapat menikmati air laut yang biru, jernih dan menawan. Air laut yang sedang pasang sedikit  bergelombang, masih membungkus bibir pantai. Hamparan pasir putih di sepanjang pantai, menambah indahnya panorama alam di Tanjung ini.

sample38
Pantai Miran

Pantai Miran terletak di Desa Miran Kecamatan Pulau Gorom, beragam atraksi budaya akan menyambut para tamu yang datang ke pantai ini.

sample38
Pantai Miran

Pantai Miran terletak di Desa Miran Kecamatan Pulau Gorom, beragam atraksi budaya akan menyambut para tamu yang datang ke pantai ini.

sample38
Pantai Gumumae

Gumumae adalah bahasa masyarakat setempat, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti ”Mari Berkumpul”. Pengunjung dapat menikmati liburan akhir pekan di pantai yang berjarak lebih kurang 3 kilometer dari Kota Bula. Pantai Gumumae merupakan salah satu pantai yang terletak di Desa Sesar, Kecamatan Bula. Untuk dapat menikmati pesona Pantai Gumumae, para  pengunjung  akan  menyusuri jalan beraspal sepanjang 1,4 kilometer, dari jalan raya Kota Bula ke arah timur laut. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun empat untuk mencapai lokasi Pantai Gumumae. Pemerintah Kabupaten SBT telah menyediakan  lahan  parkir luas dan puluhan tempat santai dan lintasan jalan yang  memadai. Setelah tiba di lokasi wisata, pengunjung terlebih dahulu membeli karcis masuk yang harganya sangat ramah kantong, yaitu hanya Rp. 10.000 bagi kendaraan roda empat sedangkan roda dua Rp.

5.000 itu pun sudah termasuk biaya parkir. Setelah melewati pintu masuk pembayaran karcis, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pohon pinus/kasuari laut (Casuarina equisetifolia) sepanjang jalan pantai tersebut. Di Bula, pantai yang satu ini menjadi salah satu pantai paling favorit bagi masyarakat setempat khususnya Kabupaten Seram Bagian Timur. Pantai Gumumae terkenal dengan hamparan pohon pinus/kasuari laut yang menghiasi hampir seluruh tepi pantai sehingga membuat suasana di pantai ini semakin sejuk. Tidak banyak pantai yang memiliki karakter tersebut, sehingga Pantai Gumumae memiliki ciri khas tersendiri. Di tepi pantai di bawah pohon pinus/kasuari terdapat beberapa tempat berteduh seperti gazebo yang memang dibangun Pemerintah Daerah guna kenyamanan para wisatawan. Gazebo yang telah disediakan bertemakan walang (tempat teduh khas Maluku) dan cukup luas.

sample38
Wisata Pulau Geser

Pulau Geser merupakan pulau yang sejak zaman dahulu dijadikan sebagai pusat perdagangan rempah-rempah, di kelilingi laut  yang  jernih dan eksotis dengan pasir putih yang terhampar luas. Pulau ini terletak di sebelah Timur Kota Bula, ibukota Kabupaten Seram Bagian Timur, di kelilingi laut dan pulau-pulau kecil yang menyejukkan mata. Pulau Geser ini juga disebut-sebut Singapura kecil dan Maladewa-nya Indonesia. Di perairan sekeliling pulau tersebut terdapat beberapa  pulau lainya salah satunya adalah Pulau Kefing. Selain itu pengunjung dapat menjumpai keanekaragaman biota laut yang masih terpelihara dengan baik serta sangat cocok untuk kegiatan memancing dan menyelam. Untuk menjangkau pulau ini dibutuhkan waktu selama 5 jam dari Kota Bula. Pulau ini sangat cocok untuk liburan keluarga  selain memiliki lingkungan alam yang asri, di kawasan laut sekitar  pulau ini juga memiliki potensi bawah laut yang eksotik. Melalui aktifitas snorkling dan diving, wisatawan akan menikmati semua pesona alam bawah laut itu.

sample38
Pulau Akat

Pulau Akat terletak di Kecamatan Tutuk Tolu. Pulau ini juga disebut sebagai salah satu wisata mangrove yang berada di wilayah setempat. Pulau Akat sejatinya harus proyeksikan sebagai pintu masuk menuju objek wisata pulau-pulau kecil yang berserakan di perairan Seram Timur, Gorom dan Wakate. Posisinya sangat strategis karena berdekatan dengan Bandar Udara Buak Uriti Kufar dan Dermaga Air Kasar, sangat potensial untuk dijadikan sebagai daerah transit wisatawan menuju Pulau Geser, Neiden, Nukus, Koon dan beberapa spot wisata yang ada di pulau Gorom dan Wakate. Pulau Akat ini juga memiliki keindahan alam yang begitu indah, pasir putih yang halus dan tumbuh beragam pepohonan kelapa bahkan mangrove dalam jumlah yang banyak. Perairan sekitar Pulau Akat sangat kaya dengan berbagai macam terumbu karang yang masih sehat sangat cocok untuk diving dan memancing. Untuk mencapai pulau ini pengunjung dapat  menggunakan kendaraan roda-empat atau roda-dua dari kota Bula ke Kecamatan Tutuk Tolu dengan jarak tempuh sekitar 2 jam selanjutnya menggunakan speed boat ke Pulau Akat dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit.

sample38
Karang Bais

Salah satu aset wisata bahari yang paling unik di Kabupaten Seram Bagian Timur adalah Wisata Karang Bais, yang saat ini masyarakat nelayan setempat lebih dikenal dengan sebutan Bais, yang sering digunakan sebagai tempat untuk mencari ikan oleh penduduk sekitar. Lokasi yang terbilang unik ini hanya merupakan tumpukan pasir yang membukit di tengah lautan tanpa ditumbuhi pepohonan. Jika air laut surut, tempat ini semakin jelas terlihat dengan permukaan pasir putih yang lebarnya kurang lebih 30 meter dan panjang kurang lebih 150 meter. Bila laut mengalami pasang, permukaan tempat ini  akan semakin kecil namun tidak sampai menenggelamkan pulau. Untuk menuju ke tempat ini pengunjung dapat melalui Bula dengan menggunakan beberapa macam alat transportasi dengan  waktu  tempuh yang berbeda-beda. Dengan speedboat waktu tempuhnya sekitar 15-25 menit, longboat sekitar 30–45 menit, dengan motor tempel (katinting) waktu tempuh 1 jam. Selain potensi  ikan  yang  cukup banyak dan beragam, juga dikenal dengan pemandangan bawah laut yang indah, dengan beraneka-macam terumbu karang dan  berbagai jenis ikan hias, sehingga cocok untuk menyelam (diving).

sample38
Wisata Pulau Neden

Pulau Neden adalah salah satu tempat wisata yang paling indah di Kecamatan Seram Timur. Pulau ini memiliki daya tarik tersendiri, karena di pulau ini terdapat pepohonan yang menghijau di tengah laut selain itu juga pulau ini memiliki hamparan pasir putih bersih. Berpadu dengan pemandangan air laut tenang yang berwarna biru berkilauan menimbulkan rasa seperti berada di surga dunia. Ditambah lagi dengan kondisi pantai yang masih terbilang sepi, dijamin pantai- pantai terindah ini serasa milik sendiri. Yang paling menarik dari pulau ini adalah pasirnya yang bersih dan airnya yang hijau dan bening sangat sesuai untuk berfoto-foto bersama keluarga. Jika beruntung, pengunjung dapat mendapati bintang laut ukuran besar. Untuk mencapai pulau tersebut dapat menggunakan transportasi laut dengan menggunakan kapal menuju Pulau Geser kemudian pengunjung melanjutkan perjalanan dari Geser ke pulau tersebut dengan menggunakan speedboat sekitar 1 jam.

sample38
Pantai Tanjung Lori

Tanjung Lori terletak di Desa Amarwatu Kecamatan Pulau Gorom. Obyek wisata ini telah dijadikan tempat rekreasi dan berwisata oleh masyarakat sekitar. Pemandangan alam sekitar obyek wisata sangat indah dan berhadapan dengan Desa Amarsekari. Pada area ini masyarakat juga dapat memancing maupun berenang atau melakukan kegiatan rekreasi lainnya.

sample38
Pantai Englas

Pantai Englas yang terletak di sebelah Timur kota Bula ini  sangat  indah, berpasir putih dan air yang jernih serta pemandangan  alam  yang menarik. Pulau ini berada di Desa Englas, Kecamatan Bula. Saat  ini obyek wisata Pantai Englas digunakan sebagai tempat rekreasi, renang dan memancing. Pantai ini dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil + 15 menit dari pusat kota (Bula).

sample38
Wisata Bawah Laut Karang Daya

Wisata Laut Pulau Karang Daya merupakan wisata alam, pengunjung dapat menyelam dan melihat berbagai alam bawah laut di antaranya terumbu karang, berbagai macam ikan bidadari dan keindahan bawah laut lainnya akan membuat wisata snorkeling makin terpukau, kekaguman akan keindahan dan keagungan Tuhan dalam menciptakan panorama alam bawah laut yang sangat indah dan menyejukkan hati untuk dinikmati siapa saja. Lokasi ini dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda-dua maupun roda- empat atau menggunakan perahu tradisional yang disediakan di sekitar pantai Bula dengan waktu 1 jam perjalanan dari kota (Bula).

sample38
Wisata Ke Pulau Koon

Kabupaten Seram Bagian Timur tak hanya  kaya  akan  keunikan  budaya dan adat istiadat, daerah ini juga kaya akan alamnya. Perairan Pulau Koon adalah salah satu lokasi pemijahan ikan karang dengan kepadatan tertinggi di Indonesia Timur, sebuah komoditas bernilai ekonomi tinggi. Tak heran, Pulau Koon ditetapkan sebagai sebuah kawasan konservasi perairan yang diharapkan dapat dijaga bersama masyarakatnya. Pulau ini berada di tengah  lautan,  perjalanan  dari  kota Geser, ke Pulau Koon kurang lebih 2  jam  menggunakan  kapal laut. Selain memiliki lingkungan alam yang asri, di kawasan  laut  sekitar pulau ini juga memiliki potensi bawah laut yang eksotik.

sample38
Pantai Sesar

Pantai Sesar merupakan obyek wisata andalan Kabupaten  Seram Bagian Timur yang telah dikembangkan dan direncanakan akan dibangun sarana dan prasarana wisata yang bertaraf  internasional.  Para pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan pantai,  pasir putih dan pohon kasuari di sepanjang pantai. Disamping itu, situasi dan kondisi alam yang masih asri  dengan  pemandangan Tanjung yang menarik, kondisi sekitar yang masih alami dengan pohon-pohon kelapa dan pepohonan kasuari yang  tumbuh  di sepanjang pantai, memberikan kesan damai, tenang dalam balutan fatamorgana. Tanjung Sesar berjarak sekitar 30 menit dari pusat pemerintahan atau ibukota Kabupaten (Bula), ditempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil.

sample38
Tanjung Gusa Laut

Terletak di Kecamatan Werinama, memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan posisi tanjung yang menjorok ke  laut  dan dipenuhi dengan pepohonan sepanjang pantai. Tanjung ini banyak digunakan para awak kapal perintis sebagai  tempat  persinggahan untuk menyeberang ke Pulau Geser. Tanjung ini dapat  ditempuh  sekitar 2 jam dari Kecamatan Werinama, dengan menggunakan kapal motor (speedboat) sekitar 1 jam perjalanan. Disini dapat dijumpai obyek wisata Air Terjun Sakiak yang berada di Dusun Osong, Desa Batuasa.

sample38
Danau Sole

Di Kabupaten Seram Bagian Timur selain wisata pantai yang begitu cantik dan menawan juga terdapat salah satu tempat wisata  danau  yang unik yang dapat ditemukan yaitu Danau Sole. Danau tersebut sangatlah jernih sampai-sampai dapat dijadikan cermin. Pepohonan rindang yang teduh juga turut menjadikan Danau Sole  sebagai  destinasi yang tepat untuk kabur dari hiruk-pikuk kota. Tersembunyi diantara semak belukar dan sunyi hutan, namun menghadirkan potret indah alam milikNya. Danau Sole terletak di Pulau Manowoko, Desa Amarsekaru Kecamatan Gorom. Danau ini merupakan salah satu tempat wisata yang indah, namun, miris berbanding terbalik dengan tempat wisata lainnya di Maluku yang  sudah  cukup  terkenal. Danau ini sering dikunjungi oleh wisatawan dari dalam dan luar  daerah  karena memiliki keindahan yang cukup menarik dan tempat  pemandian yang paling asyik. Untuk menjangkau tempat ini, seperti tempat wisata lainnya yang ada di Pulau Gorom pengunjung harus menempuh perjalanan dari kota Bula dengan menggunakan kapal menuju Pulau Gorom dan diteruskan dengan menaiki longboat ke  Pulau Manowoko, Desa Amarsekaru. Danau ini memiliki dua sebutan, yaitu Sole Atas dan Sole Bawah. Area danau ini cukup luas dan menyuguhkan pemandangan danau yang sangat indah. Untuk menuju Sole Atas, wisatawan membutuhkan waktu sekitar 15 menit berjalan kaki dari area Sole Bawah. Danau air asin yang terlihat seperti terjebak dan tenang ini sangat cocok untuk di jadikan untuk tempat berenang dan memacu adrenalin pengunjung yang bernyali untuk melompat dari ketinggian.

sample38
Air Panas Nif

Potensi wisata Wilayah Timur Pulau Seram patut diacungi jempol. Di dusun Nif Kecamatan Teluk Waru, terdapat sumber mata air  panas yang cocok dijadikan lokasi wisata. Wilayah yang berjarak hanya beberapa kilometer dari kota Bula ini, memiliki potensi wisata yang dapat dijadikan destinasi andalan. Tak hanya memancarkan aura keindahan dan kesejukan, namun lokasi ini juga menyimpan  cerita  batu peninggalan yang banyak diyakini mengandung  nilai  supranatural. Selain merupakan tempat rekreasi yang menyenangkan, air panas di obyek wisata ini dipercaya berguna untuk penyembuhan berbagai penyakit kulit. Di lokasi ini terdapat kolam-kolam pemandian air panas. Bentuk kolamnya memang sederhana, dan di dalamnya ada gua dan bebatuan yang sangat indah, alam yang ada di sekitarnya sangat asri bersanding dengan tebing-tebing yang ditumbuhi pepohonan. Dengan adanya perpaduan ini, suasana di Air Panas Nif kental dengan keasrian alaminya. Objek wisata yang mulai dikenal oleh masyarakat luar sejak tahun 2010 yang lalu ini sangat diminati masyarakat karena menawarkan daya tarik tersendiri. Akses menuju Air Panas Nif tidaklah sulit karena letaknya hanya berjarak sekitar kurang lebih 1 km dari Jalan Lintas Seram. Bila pengunjung memulai dari Kota Bula, jarak yang ditempuh sekitar 5 km dan memakan waktu perjalanan lebih kurang 1 jam. Pengunjung yang ingin ke lokasi ini dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda-dua maupun roda- empat. Panorama alam yang indah dan udara yang sejuk di sepanjang perjalanan menuju lokasi membuat perjalanan liburan akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

sample38
Gunung Bati

Gunung Bati yang terletak di Desa Kiandarat dan Desa Kilmoy, Kecamatan Seram Timur merupakan gunung yang terbentuk dari sebuah tanusang. Menurut sumber yang  menceritakan  tentang kejadian gunung tersebut, dahulu kala ada sebuah kapal Cina yang berlayar dan terdampar di atas sebuah tanusang.  Lambat  laut  tanusang tersebut membentuk sebuah daratan yang  luas  dengan sebuah puncak gunung yang tinggi. Hingga kini puncak inilah yang dinamakan Puncak Gunung Bati dengan anak-anak gunung sekitarnya yang hingga sekarang dapat dilihat dari Pulau  Geser,  Kecamatan  Seram Timur. Jarak tempuh ke daerah tersebut memakan  waktu  sekitar 4 jam, sekitar 10 km dari Desa Kilmoy di pesisir pantai. Kondisi daerah setempat masih sangat terbelakang dengan hanya ditempati  oleh beberapa Kepala Keluarga. Perumahan setempat hanya ditutupi dengan atap dengan kondisi masyarakat yang belum mengenal  teknologi modern, hanya saja pakaian yang dikenakan masyarakat adalah memakai pakaian leluhurnya, masyarakat biasa terbelakang. Masyarakat inipun dikenal memiliki kekuatan-kekuatan supranatural misalnya pada polemik yang muncul di masyarakat Gunung Bati dapat menghilang hanya dengan menutup mata atau terbang dengan menggunakan mantera-mantera memang sangat berlawanan dengan akal sehat namun sejarah tersebut dipercaya benar adanya oleh masyarakat sekitar.

sample38
Goa Marsegu

Gunung kecil yang berada di ujung tepi pantai Desa Tobo dan ternyata banyak menyimpan sejuta petualangan mistis pada goa-goa yang terdapat disini. Terdapat lebih dari 9 goa yang menyimpan cerita  misteri pada tiap-tiap goanya. Pada beberapa goa ini didiami oleh beberapa binatang seperti kelelawar, burung sriti,  walet,  dll.  Dipastikan bagi pengunjung yang ingin ke tempat ini akan tercengang dan terpana oleh indahnya suasana dalam goa yang sangat menarik.

sample38
Gunung Kilbadir Di Madak

Di Desa Madak terdapat Gunung Kilbadir. Gunung ini terjadi karena kehendak Tuhan. Gunung ini sebenarnya tidak berada di Desa Madak tetapi seharusnya berdampingan dengan Gunung Salagur. Hal musabab sehingga gunung ini berpindah ke Madak  karena  adanya  permasalahan agama antara kedua gunung tersebut.

Wisata Budaya
Situs Bangunan Bersejarah

table4

wisata budaya09 patung  wisata budaya10 patung 
Tari Toki Gaba-Gaba
wisata budaya01 tari toki gaba gaba wisata budaya02 tari toki gaba gaba

Tarian satu ini sudah dikenal oleh masyarakat luas yang merupakan tarian asal Provinsi Maluku. Tari Gaba-Gaba atau yang disebut  juga Tari Sau Reka-Reka. Menggunakan gaba-gaba yang berjumlah 4 buah yang dipukul sebagai alunan musik dalam tari ini, mulai dari tempo yang lambat sampai cepat. Tarian ini adalah tarian penyambutan para tamu kehormatan pada acara-acara di Kabupaten Seram Bagian Timur dan Maluku secara umumnya. Pada umumnya menggambarkan  suasana hati yang gembira dari seluruh masyarakat terhadap kedatangan tamu kehormatan dan menjadi ungkapan Selamat Datang. Kombinasi pola lantai dan gerak serta ritme musik lebih memperkuat ungkapan betapa seluruh masyarakat setempat merasa sangat senang dengan hadirnya tamu kehormatan di Negeri/Desa mereka. Tarian ini menggunakan properti “gaba-gaba” (bagian tangkai dari pohon sagu/ rumbia sebagai makanan khas rakyat Maluku, dan dalam dialek Maluku disebut “jaga sagu”).

Tari Cakalele
wisata budaya01 tari toki gaba gaba wisata budaya08 tari cakalele

Tarian ini merupakan tarian tradisional yang dimiliki oleh Kabupaten Seram Bagian Timur, sejenis tarian perang. Tarian ini pada umumnya diperagakan oleh para penari pria, namun ada juga beberapa penari wanita sebagai penari pendukung. Tari Cakalele merupakan salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di Maluku dan sering  ditampilkan di berbagai acara adat maupun hiburan. Selain itu tarian  ini juga sering ditampilkan di berbagai acara budaya serta promosi pariwisata baik tingkat daerah, nasional, bahkan internasional. Sementara kostum yang digunakan dalam pertunjukan tari Cakalele biasanya menggunakan kostum khusus. Biasanya penari pria menggunakan pakaian perang yang didominasi warna merah, dengan dilumuri muka mereka menggunakan arang atau sejenisnya serta dilengkapi dengan senjata seperti parang, salawaku, dan  tombak. Untuk kostum Kapitan biasanya menggunakan penutup kepala yang dihiasi dengan kulit hewan. Sedangkan untuk penari wanita biasanya menggunakan pakaian adat berwarna putih dan kain panjang pada bagian bawah serta menggengam lenso atau sapu tangan sebagai atribut menarinya.

Tarian Adat Bongkore
wisata budaya01 tari toki gaba gaba wisata budaya08 tari cakalele

Menari Bongkore adalah bagian dari tari lenso dengan gaya khas tertentu yang dilakukan oleh penari wanita, yang jumlah penarinya di sesuaikan maksimal 12 orang dan terbagi menjadi dua baris. Tari Bongkore pada umumnya hampir sama dengan Tari Lenso  namun  yang membedakan adalah pada Tari Bongkore yang dipegang adalah kipas dengan gaya khas ada pada tari ini adalah gerakan kaki.  Tarian  ini diiringi dengan musik tifa dan seruling disertai dengan syair-syair budaya dengan menggunakan bahasa daerah dan tarian  ini  berasal  dari Kecamatan Kian Darat dan Pulau Gorom. Selain itu tarian ini biasanya di tampilkan pada acara adat serta acara resmi lainya apabila dikehendaki. Tarian ini juga menceritakan tentang budaya di daerah setempat.

Tarian Dabus
wisata budaya01 tari toki gaba gaba wisata budaya08 tari cakalele

Dabus merupakan salah satu tarian adat yang melekat pada sejumlah daerah di Kabupaten Seram Bagian Timur. Asal-usul Dabus tidak dipisahkan dari penyebaran agama Islam di Kabupaten Seram Bagian Timur, yang merupakan suatu budaya kearifan lokal. Dabus ini juga salah satu karya para pendahulu yang terus  dilestariskan  oleh  sejumlah masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Timur. Dabus  ini  juga dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan-kegiatan  yang bernuansa Islam misalnya pembuatan masjid, perjemputan jamaah  haji, hari raya Qurban dan penjemputan tamu di daerah. Tarian Dabus bukanlah tarian biasa, tetapi tarian ini jika hendak diperagakan penarinya harus berwudhu  terlebih  dahulu,  untuk  mensucikan dirinya. Jika tidak dilakukan akan mengalami kecelakaan fatal sebab tarian ini dengan didahului oleh ucapan kalimat-kalimat tertentu baru kemudian para penari menikam dada mereka dengan menggunakan besi yang ujungnya ditajamkan yang diracik seperti sebilah pisau.  Tarian ini adalah salah satu tarian yang sangat luar biasa dengan keunikan tersendiri.

Jenis tarian adat lainnya yang ada di Kabupaten ini adalah:

table5

EVENT TAHUNAN KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR
NOV
Event : Festival Kataloka
Tempat : Kataloka (Pulau Gorom)

DINAS PARIWISATA KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR Jl. Gumumae Beach No. 01, Bula,
Kab. Seram Bagian Timur
Provinsi Maluku

Telp (0915) 21155
Email: pariwisatasbt@yahoo.co.id
Website: www.dispar-serambagiantimur.or.id

Back to top
Go to bottom
iden
240960
TodayToday888
YesterdayYesterday1289
This_WeekThis_Week10163
This_MonthThis_Month24192
All_DaysAll_Days240960

Free Joomla! template by L.THEME