Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengajak investor global untuk segera berinvestasi di Indonesia karena prospek ekonomi Indonesia yang sangat cerah. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang solid dan stabilitas makroekonomi yang tetap terjaga di tengah dinamika perekonomian global, kondusif untuk iklim investasi di Indonesia.

"Terdapat 4 (empat) sektor potensial untuk berinvestasi di Indonesia, yaitu sektor manufaktur, pariwisata, perikanan, dan infrastruktur," ujar dia dalam Indonesia Infrastructure Investment Forum (IIIF) 2019 di London, Selasa (2/7/2019).

Foto bersama dengan delegasi Rusia di Nusantara III Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (2/7). SYAFRIL AMIR

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-DPD RI mendorong percepatan masuknya investasi Rusia ke Indonesia salah satunya pembangunan proyek kereta api Trans Kalimantan. Untuk itu, perlu ada dukungan dari pemerintah pusat dan daerah agar proyek ini bisa segera terwujud pada  tahun 2019 ini.

“Kami berusaha agar perkembangan investasi Rusia di Indonesia khususnya di Kalimantan terus didukung pemerintah pusat, daerah, dan parlemen,” ucap Ketua Komite II Aji M. Mirza Wardana saat menerima kunjungan delegasi Rusia di Nusantara III Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (2/7).

Pada delegasi ini dihadiri Ketua Komite I DPD RI Benny Rhamdani, Anggota DPD RI Provinsi Kalimantan Selatan Habib Hamid Abdullah dan Sekretaris Jenderal DPD RI Reydonnyzar Moenek. Sementara dari Rusia dipimpin oleh Deputy Transport Minister of the Russian Federation Vladimir Tokarev, First Deputy Director General of JSC Russian Railways? Alexander Misharin, dan Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva

Lebih lanjut, Senator asal Kalimantan Timur itu mengatakan bahwa DPD RI juga terus mendukung kerjasama dengan Rusia. Namun bukan hanya dari transportasi barang atau batu bara, melainkan produk lain. 

“Kita juga mendorong proyek Trans Kalimantan kereta api yang dibangun ini bisa menjadi transportasi untuk penumpang. Sudah saatnya Kalimantan punya kereta api, apalagi kerjasama ini telah berlangsung 2012 lalu. Tetapi sampai saat ini belum ada kejelasannya,” ujar Aji.

Sementara itu, Ketua Komite I Benny Rhamdani mengatakan DPD RI sangat aktif pada pembicaraan kerjasama Trans Kaliamntan dengan Rusia. Salah satunya, DPD RI melakukan regional development meeting pada 2018 lalu. “Kami sangat aktif dalam pembicaraan bahkan telah membentuk tim terpadu,” paparnya.

INILAH, Jakarta - Perbaikan kinerja ekspor dan laju investasi disebut menjadi kunci utama dalam upaya menggenjot pertumbuhan ekonomi pada periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Pengamat ekonomi Universitas Indonesia (UI), Fithra Faisal di Jakarta, Senin (1/7/2019), mengatakan kedua hal itulah yang menjadi penyebab utama pertumbuhan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir terjebak di kisaran 5 persen. "Yang membuat pertumbuhan ekonomi kita terjebak di level 5 persen ini adalah karena kita terlalu mengandalkan konsumsi," ujarnya.

Fithra menuturkan, berdasarkan perhitungan, ekonomi Indonesia sepanjang 2015-2017 mampu tumbuh di atas 5%. Bahkan, disinyalir mampu mencapai 6% jika didukung kondisi ekspor dan investasi yang memadai.

ILUSTRASI. Perakitan mobil

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pasca kunjungan kerja Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto ke Korea Selatan dan Jepang realisasi investasi sektor otomotif kian benderang. Rencananya pabrikan otomotif seperti Toyota dan Hyundai mau investasi baru di Indonesia.

Pekan lalu Menperin melakukan pertemuan dengan President Toyota Motor Corp. Akio Toyoda dalam sesi One on One Meeting, Toyota akan mengembangkan kendaraan berbasis listrik khususnya hybrid di Indonesia. Rencananya, Toyota siap menggelontorkan dana sebesar Rp28,3 triliun selama empat tahun ke depan.

Penumpang berjalan memasuki pesawat di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Senin (1/7/2019). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.  Baca selengkapnya di artikel "Tol Cisumdawu Dikebut Rampung 2020 untuk Akses ke Bandara Kertajati", https://tirto.id/educ

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengebut merampungkan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) untuk memudahkan akses menuju Bandara Internasional Kertajati Majalengka Jawa Barat. Tol sepanjang 61 Km diharapkan dapat memangkas waktu Bandung-Kertajati yang perlu waktu tempuh 3,5 jam setelah penerbangan domestik dari Bandara Internasional Husein Sastrategara dialihkan ke Kertajati sejak 1 Juli 2019. PUPR merencanakan proyek konektivitas itu rampung pada akhir 2020, lebih cepat setahun dari rencana awal. "Berdasarkan kontrak, Jalan Tol Cisumdawu ditargetkan selesai tahun 2021, tetapi dengan percepatan operasional BIJB Kertajati maka jalan tol ini sangat ditunggu kehadirannya karena signifikan sekali manfaatnya untuk meningkatkan pergerakan lalu lintas menuju Bandara," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi yang diterima tirto.id, Selasa (2/7/2019).

Subcategories

Back to top
Go to bottom

PARIWISATA

Gubri Syamsuar Tunggu Keseriusan Bupati Bengkalis Kembangkan Pariwisata Pulau Rupat
12 December 2019, 14:10

(Daerah),- PEKANBARU - Belum lama ini, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar membawa investor atau pengusaha dari Singapura melihat keindahan dua pantai di Pulau Rupat, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Read More
Pentingnya Label Halal Kuliner Aceh dalam Mendukung Pariwisata
12 December 2019, 14:07

(Provinsi),- Pemerintah Aceh gencar melakukan kampanye di tingkat nasional dan internasional untuk memajukan sektor pariwisata. Hal ini menyusul sejumlah penghargaan yang didapat provinsi berjuluk Serambi Makkah, sebagai destinasi wisata halal.

Read More
POJOKBOGOR.com– Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menjadi menjadi keynote speakers seminar sekaligus Grand Launching Kampus Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan (IBIK) dengan tema ‘Revolusi 4.0 Tantangan dan Peluang In
12 December 2019, 14:04

(Daerah),- SUKABUMI, INFODESAKU – Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Saba Desa Pariwisata berlokasi di Perkebunan Teh Jayanegara, Desa Kabandungan, Kecamatan Kabandungan, Rabu (11/12/2019)

Read More
Wamen Pariwisata Paparkan 5 Solusi Konkrit Tantangan Pariwisata Indonesia di Era Digital
12 December 2019, 14:03

(Natinal),- POJOKBOGOR.com– Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menjadi menjadi keynote speakers seminar sekaligus Grand Launching Kampus Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan (IBIK)

Read More
Penguatan Industri Pariwisata RI: Pemanfaatan Pengalaman Digital Jadi Kunci
12 December 2019, 14:01

(National),- Bisnis.com, JAKARTA - Pemanfaatan pengalaman digital melalui teknologi artifisial menjadi salah satu kunci utama menarik minat wisatawan pada tahun depan.

Read More
Pariwisata Kuba Sepi Turis karena Aturan Baru Donald Trump
12 December 2019, 13:59

(International), Pariwisata di Kuba turun drastis menyusul berlakunya larangan penerbangan yang dilakukan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Trump melarang seluruh penerbangan semua kota di Kuba, kecuali Havana dari Amerika Serikat pada pertengahan 2019 lalu.

Read More
Dinas Pariwisata Kembangkan Dua Objek Wisata Unggulan di Kolaka
11 December 2019, 16:06

(Daerah),- ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka bakal mengembangkan dan merevitalisasi dua objek wisata di wilayah tersebut sebagai destinasi wisata unggulan.

Read More
Wali Kota Tarakan Genjot Pariwisata Demi Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi
11 December 2019, 16:03

(Daerah),- Merdeka.com - Pariwisata apabila dikelola secara tepat, dapat menjadi sektor andalan untuk menyejahterakan masyarakat dan meningkatkan pendapatan daerah. Maka dari itu, beberapa daerah di Indonesia sedang menggenjot sektor pariwisatanya. Termasuk Kota Tarakan, yang terletak di Provinsi Kalimantan Utara.

Read More
Ini Catatan BI untuk Pengembangan Sektor Pariwisata Sulut
11 December 2019, 16:02

(Provinsi),- Bisnis.com, MANADO - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara memberikan sejumlah catatan untuk mengoptimalkan sektor pariwisata di Bumi Nyiur Melambai.

Read More
OBYEK WISATA
iden
240960
TodayToday888
YesterdayYesterday1289
This_WeekThis_Week10163
This_MonthThis_Month24192
All_DaysAll_Days240960

Free Joomla! template by L.THEME